Unta Bertutur

Judul buku:
The Great Story of
The Night Journey and The Ascent to Heaven
-    Isra’ Mi’raj -
Penulis: Yozaf Muhammad
Ilustrator: Lutfi LAS
ISBN: 978-979-18-4450-5
Penerbit: Erlangga
Ketebalan: 24 halaman
Ukuran buku: 23 cm x 23 cm
Tahun terbit: 2003


Buku cerita anak yang ditulis dengan latar belakang peristiwa Isra’ Mi’raj sudah biasa dan sudah banyak beredar. Tetapi yang ditulis dalam POV (point of view) melalui sosok seekor unta itu tidak biasa. Buku ini melakukannya, dalam dua bahasa pula: Inggris dan Indonesia.

Kisah perjalanan Isra’ Mi’raj yang dialami Rasulullah tak dapat diterima begitu saja oleh semua penduduk Mekkah. Hanya sedikit di antara mereka yang mempercayai penjelasan beliau.



Untuk menguatkan ucapannya, Rasulullah menjelaskan tentang kafilah-kafilah yang dilaluinya kepada penduduk Mekkah, termasuk peristiwa yang terjadi ketika beliau berinteraksi dengan unta-unta milik sebuah kafilah.

Maka penduduk Mekkah menunggu kafilah yang dikabarkan hendak menuju Mekkah, untuk membuktikan kebenaran ucapan Rasulullah. Nah, unta yang menjadi “bukti” inilah yang menjadi pencerita dalam buku cerita ini. Menarik, kan?

Hal menarik lainnya, gaya penuturan buku ini disesuaikan dengan anak-anak sebagai target pembacanya. Berbeda dengan banyak buku yang hanya bergambar – menunjukkan buku itu untuk anak-anak tetapi gaya penuturannya seperti berceramah, buku ini sungguh tepat disajikan untuk anak-anak. Sayangnya buku ini sudah tak dijual di toko buku.

Makassar, 12 Juni 2014


Tulisan ini diikutkan Indiva Reading Challenge


Share :

3 Komentar di "Unta Bertutur"

  1. Owh ternyata buku for child.. Hehhe sayang ya mb kenapa ga diceetul ya

    ReplyDelete
  2. buku yg bagus untuk menambah pengetahuan anak

    ReplyDelete
  3. sayang udah ga ada di toko buku... padahal pengen beliin buat jav :(

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^