Masuk Neraka Siapa Takut: Utang yang Terbayar

Tulisan ini dibuat untuk memenuhi “undangan hajatan” di blog sobat blogger Hariyanto Wijoyo. Amat sulit menuliskannya karena harus membongkar aib sendiri dan berusaha menutupi yang lainnya. Namun bukan maksud saya menyebar aib orang-orang yang terkait di dalamnya makanya nama-nama yang terlibat saya rahasiakan. Mudah-mudahan tulisan ini menjadi pengingat bagi saya untuk tidak melakukannya lagi dan bisa menjadi bahan pelajaran untuk siapa pun yang mau belajar bersama saya.
Saya ditunjuk kawan-kawan angkatan untuk menjadi bendahara sebuah kegiatan bersama di daerah lain. Sebut saja itu kegiatan EST. Tanggal keberangkatan kami sudah ditentukan. Sebagian besar dana sudah terkumpul. Tiba-tiba pada suatu sore, A menyatakan hendak meminjam dana kami sebesar Rp. 500.000.

“Lusa dikembalikan,” demikian penegasan A.

Saya menyetujuinya saja, mengingat posisi A sebagai ketua panitia sebuah kegiatan besar di kampus. Lagi pula hanya dua hari. A sedang membutuhkan dana saat itu sementara dananya baru masuk dua hari lagi. Karena amat mendesak, ia meminjam kepada kami. Sebagai sesama fakultas, saya harus membantunya. Dengan disaksikan seorang teman yang menjabat wakil bendahara, saya memberikan uang sejumlah yang dimintanya.

Namun janji itu tak terpenuhi dua hari kemudian. A sangat sibuk karena kegiatan itu berskala besar. Sub kegiatannya banyak, pesertanya pun banyak. Hingga hari keberangkatan kami, uang itu tak kunjung kembali. Beberapa kawan mulai menunjukkan sikap tak senangnya pada saya.

Saya merasa amat tertekan. Tak enak pada teman-teman. Permintaan seorang kawan untuk memberikan tip tambahan kepada sopir bis yang mengantar kami tak saya gubris karena berusaha menghemat pengeluaran. Pikiran saya ruwet. Uang kami belum kembali padahal perjalanan masih beberapa hari lagi. Bagaimana kalau dana kami tak cukup? Untung saja seorang dermawan di antara kawan-kawan dengan tulus membantu sehingga kami tak perlu membayar penginapan.

Sumber: eofdreams.com
Secara tak terduga datang bantuan dari Makassar. Beberapa orang yang peduli, menyisihkan uang SPP dan uang kiriman orangtua mereka dari kampung. Dana yang terkumpul itu dikirimkan kepada kami. Tentu saja, setelah uang kami yang dipinjam itu dikembalikan, uang mereka harus dikembalikan. Saya pun bisa lebih menikmati perjalanan kami.

Sepulang dari EST, nyaris saja saya melupakan bantuan dana dari mereka yang baik hati itu. Hingga suatu hari B mengatakan kepada saya sesuatu yang membuat saya stres berat selama berbulan-bulan. “C dulu pinjam uang sama Saya, katanya dikirim untuk EST Kalian. Tapi sampai sekarang Dia tidak membayarnya,” ujar B.

Saya terperanjat. Saya baru benar-benar sadar kebaikan hati C. Karena khawatir kami kehabisan dana, ia mengupayakan dana itu dengan mengorbankan uang SPPnya dan meminjam sisanya kepada beberapa orang lagi. Seharusnya saya mengembalikan uang mereka!

Saya bingung sekali sementara A tidak kunjung mengembalikan uang itu. Kegiatan besar itu rupanya tidak rapi dalam urusan pendanaan. Uang yang sedianya akan diberikan kepada saya, terpakai oleh D untuk sebuah sub kegiatan. Saya tak bisa sepenuhnya menyalahkan A. Bebannya berat sekali karena banyaknya masalah yang harus dibereskannya usai kegiatan besar itu.

Untuk berterus terang kepada orangtua, saya tak berani. Saya pasti dimarahi. Di masa itu, bagaimana caranya saya yang anak pegawai swasta kecil ini sanggup mengembalikan uang orang sebesar Rp. 500.000?  Lagi-lagi saya merasa tertekan.

Saat mendengar pengurus senat mahasiswa yang baru sedang berusaha membereskan masalah-masalah yang ditinggalkan kegiatan besar itu, saya mendapatkan sedikit titik terang. Saya membicarakan masalah saya kepada pengurus senat. Alhamdulillah, mereka membantu. Sebagian dari utang itu terbayar. Utang kepada B segera saya bayar.

Saya memutar otak untuk mencari cara mengembalikan sisa utang. Masih ada dana di tangan saya yang bisa dipakai sebagai modal. Satu-satunya cara yang terpikir adalah mengusahakan pembuatan stiker islami dan menjualnya kepada teman-teman.

Saya menghubungi E. Saya menceritakan masalah saya dan memintanya untuk mendisainkan dan mencetakkan beberapa macam stiker. E bersedia, ia bahkan tak mau dibayar sepeser pun untuk jasanya.

Saya meminta bantuan beberapa kawan untuk menjualkan stiker-stiker itu. Hasilnya bisa digunakan untuk membayar semua utang yang tersisa. Bahkan masih ada sisanya. Setelah berunding dengan beberapa kawan, sisa uang itu digunakan untuk membantu seorang kawan yang amat membutuhkan. Alhamdulillah, masalah uang itu terselesaikan dalam jangka waktu setahun lebih setelah EST.

Setelah rentetan panjang berbagai kejadian tak mengenakkan, ending ini menjadi pelajaran yang teramat berharga bagi saya. Tak mudah memegang amanah sebagai pemegang uang milik banyak orang. Kalau ada masalah, tanggung jawabnya teramat berat. Harus memberlakukan perjanjian hitam di atas putih meski kepada sahabat sekali pun, untuk menjaga kemungkinan yang tak terduga. Waktu dua hari memang tak lama tapi ada saja hal tak terduga dalam jangka waktu dua hari itu.

Pelajaran terpentingnya: jangan gegabah mengeluarkan uang, harus selalu berkoordinasi dengan organisasi, terutama ketua. Ini kesalahan saya. Karena saya pikir pasti akan kembali, saya tak menolak waktu diminta oleh A. Padahal tak ada yang pasti di dunia ini.

Pelajaran terpenting berikutnya: sadari baik-baik tanggung jawab dan resiko pemegang uang milik orang banyak. Yang terakhir, saya harus mengawasi, mendampingi, dan memberi pengarahan kepada anak-anak saya bila kelak mereka terlibat dalam sebuah organisasi. Jangan sampai mengalami hal yang sama dengan saya.

Bersyukur masih ada orang-orang baik yang membantu. Ada C, pengurus senat mahasiswa, dan E. Allah masih menyayangi saya dengan memberikan jalan keluar dari permasalahan ini. Mudah-mudahan kejadian ini tak terulang lagi, juga tak dialami lagi oleh anak-cucu saya.

Makassar, 18 November 2013




Share :

41 Komentar di "Masuk Neraka Siapa Takut: Utang yang Terbayar"

  1. aamiin...iya Sob, mudah mudahan kejadian yang seperti ini tidak terulang lagi...

    ReplyDelete
  2. utang adalah sesuatu yang bisa menghambat perjalanan kita menuju surga-NYA bila tak segera diselesaikan saat masih di dunia fana.....
    alhamdulillah, terimakasih sudah berkenan berpartisipasi,
    artikel sudah terdaftar sebagai peserta....
    salam :-)

    ReplyDelete
  3. wow sampai setahun lebih yaaa... namun akhirnya dg jual stiker bisa nutupi utang. eh akhirnya A bayar ga tuh uang nya?

    ReplyDelete
  4. Memegang uang orang banyakmemang harus hati-hati ya Jeng.Maklum,janji manusiakadang tak ditepati baik jumlah maupun waktunya.
    Semoga berjaya dalam GA.

    Hayoo ikut kontesku

    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup. Kita tak bisa begitu saja percaya dengan "nilai kepastian" yang ditawarkan karena tak ada yang pasti di dunia ini.
      Hadehh ... saya kudu meras otak ikut kontes Pakdhe soalnya kayaknya bakal mirip2 dengan tahun lalu resolusinya. Ndak kreatif rasanya :D

      Makasih ya Pakdhe.

      Delete
  5. Pelajaran berharga bgt ya mbak :)

    Dan saya masih galau mo ikutan GA ini, bingung dosa mana yg mo ditulis bnyk bgt soale, dan saya masih takut masuk neraka :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kegalauan itulah yang membuat saya baru posting mbak. Karena tema ini makin menyadarkan betapa banyaknya dosa saya dan saya malu mengakuinya dan saya takut masuk neraka ... hiks

      Delete
  6. Pelajaran yang berharga, bisa diterapkan dalam berbagai hal, bukan hanya uang

    ReplyDelete
  7. Allhamdulilah ada jalan keluarnya ya mbak, smeoga kejadian tersebut tidak terulang lagi ya

    ReplyDelete
  8. Kalo kita lagi kesusahan ,,, tiba2 ada jalan keluar ya mbak..
    Untunglah masalahnya bisa diselesaikan dengan baik...
    Daku juga lagi mikirin dosa2 yang pernah di perbuat... Ya Allah mudah2an masih diberikan aku waktu untuk memperbaikinya.. Aminnnn

    ReplyDelete
  9. Ngurusin duit emang ngeri ya mbak.. Apalagi kl udh utang mengutang bahaya!! Makanya daku plg ogah kl jd bendahara :p
    Btw sukses GA nya :)

    ReplyDelete
  10. Anda perlu pinjaman mendesak untuk membayar tagihan Anda dan memulai bisnis itu? jika ya hubungi kami secepat mungkin dan kami menawarkan dalam bunga yang rendah., melalui mcvickerjoyce@gmail.com
    terima kasih atas kerjasamanya

    ReplyDelete
  11. pinjaman, Persetujuan Instan, Tidak ada jaminan, Low tingkat,
    pastikan Anda mengunjungi Racheal Hernandez Perusahaan
    Pinjaman karena perusahaan pinjaman yang tepat, kami
    menyediakan semua jenis pinjaman sebesar 2%. Jika Anda
    tertarik, Anda dapat menghubungi kami melalui email di: rachealhernandezloanfirm@gmail.com
    Dengan Tulus,
    Mrs. RachealMencari pinjaman akses mudah dari perusahaan yang sah

    ReplyDelete
  12. Apakah Anda mencari pinjaman bisnis, pinjaman pribadi, pinjaman rumah, mobil
    Pinjaman, pinjaman mahasiswa, pinjaman konsolidasi utang, pinjaman tanpa jaminan, usaha
    modal, dll .. Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank atau keuangan
    lembaga untuk satu atau lebih reasons.You di tempat yang tepat untuk
    solusi pinjaman Anda! Saya pemberi pinjaman pribadi, saya memberikan pinjaman kepada
    perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau
    2%. Bunga. Silahkan hubungi kami melalui email:
    financialfutureloanfirm@gmail.com
    financialfutureloanfirm@outlook.com

    terima kasih,
    mrs Stacy

    ReplyDelete
  13. Kami adalah organisasi yang dibentuk untuk membantu orang yang membutuhkan
    bantuan, seperti bantuan keuangan. Jadi, jika Anda akan melalui keuangan
    masalah jika Anda memiliki kekacauan finansial dan Anda perlu dana untuk
    memulai bisnis Anda sendiri, atau Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi hutang atau membayar
    tagihan, memulai bisnis yang baik, atau Anda merasa sulit
    mendapatkan pinjaman modal dari bank lokal, hubungi kami hari ini melalui e - email
    rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com
      "Jadi, jangan biarkan kesempatan ini berlalu begitu saja,
    Anda disarankan untuk mengisi dan mengembalikan rincian di bawah ini ..

    Nama Anda: ______________________
    Alamat Anda: ____________________
    Negara Anda: ____________________
    Tugas Anda: __________________
    Jumlah pinjaman yang dibutuhkan: ______________
    Jangka waktu pinjaman: ____________________
    Penghasilan bulanan: __________________
    Nomor Handphone: ________________
    Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya: ________________
    Jika Anda telah mengajukan pinjaman sebelumnya, di mana Anda diperlakukan dengan jujur? ...

    Bertindak cepat dan keluar dari tekanan keuangan, berantakan, dan tantangan
    hubungi RebeccaWilliamsLoanFirm hari ini melalui e - mail:
    rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  14. Am Mrs Jennifer, pemberi pinjaman pinjaman pribadi. kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga 2% per tahun dari EUR 100,000,000,00. Yang 500,000,000,00.in ke mata uang Anda membutuhkan pinjaman. Dengan pembiayaan proyek 100% aman dan pinjaman tanpa jaminan yang tersedia. kita dijamin untuk memberikan layanan keuangan kepada banyak klien kami di seluruh dunia. Dengan pinjaman paket tolol, pinjaman dapat diproses dan dana ditransfer ke peminjam sesegera mungkin. kami beroperasi dengan Persyaratan yang jelas dan mudah dimengerti dan menawarkan pinjaman ke salah satu pelanggan kami yang Terapan, perusahaan, korporasi, dan segala jenis organisasi bisnis, individu swasta dan investor Real Estate. hubungi kami di e-mail kami: jenniferdawsonloanfirm@gmail.com untuk rincian lebih lanjut tentang cara untuk mendapatkan pinjaman Anda ok.
    mrs Jennifer

    ReplyDelete
  15. Kami adalah organisasi yang dibentuk untuk membantu orang yang membutuhkan
    bantuan, seperti bantuan keuangan. Jadi, jika Anda akan melalui keuangan
    masalah jika Anda memiliki kekacauan finansial dan Anda perlu dana untuk
    memulai bisnis Anda sendiri, atau Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi hutang atau membayar
    tagihan, memulai bisnis yang baik, atau Anda merasa sulit
    mendapatkan pinjaman modal dari bank lokal, hubungi kami hari ini melalui e - email
    rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com
      "Jadi, jangan biarkan kesempatan ini berlalu begitu saja,
    Anda disarankan untuk mengisi dan mengembalikan rincian di bawah ini ..

    Nama Anda: ______________________
    Alamat Anda: ____________________
    Negara Anda: ____________________
    Tugas Anda: __________________
    Jumlah pinjaman yang dibutuhkan: ______________
    Jangka waktu pinjaman: ____________________
    Penghasilan bulanan: __________________
    Nomor Handphone: ________________
    Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya: ________________
    Jika Anda telah mengajukan pinjaman sebelumnya, di mana Anda diperlakukan dengan jujur? ...

    Bertindak cepat dan keluar dari tekanan keuangan, berantakan, dan tantangan
    hubungi RebeccaWilliamsLoanFirm hari ini melalui e - mail:
    rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  16. Saya MR LARRY BUKNOR, sah, diuji dan dipercaya serta uang pemberi pinjaman terkemuka. Kami adalah perusahaan dengan bantuan keuangan. Kami meminjamkan dana kepada individu, perusahaan yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit yang baik atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan penerima dapat diandalkan sebagai saya akan senang untuk menawarkan pinjaman. Minimum kredit 1000 dan maksimum 50 juta Gbps, Euro dan USD dengan tingkat bunga menyenangkan hanya 2%, saya menunggu tanggapan Anda melalui alamat email ini: worldbestloans@gmail.com

    Layanan yang diberikan meliputi;
    * Refinance
    * Perbaikan Rumah
    * Kredit Investasi
    * Auto Pinjaman
    * Hutang Konsolidasi
    * Kredit Usaha
    * Pinjaman Pribadi
    * Pinjaman International.

    INFORMASI PERTAMA YANG DIPERLUKAN ADALAH:
    Nama Penerima Dari: .........
    Negara: .........
    Hubungan Seks: .........
    Pekerjaan: ........
    Jumlah yang harus diisi ..........
    Tujuan Pinjaman ........
    Durasi Pinjaman: .........
    Rumah Nomor Telepon ..........
    Nomor Handphone ..........

    Salam.
    Nama Kontak: MR LARRY BUKNOR
    Menunggu tanggapan Anda secepat mungkin melalui surat ini
    Alamat: worldbestloans@gmail.com

    ReplyDelete
  17. salam teman, saya punya kabar baik untuk berbagi. silahkan bergabung dengan saya untuk menjadi bahagia. Aku baru saja pinjaman dari organisasi internasional pinjaman islamic sah. Ini adalah bagaimana saya mendapat kontak mereka. Aku melihat kesaksian dari salah satu Mrs mimosa Wijayanti dari Indonesia pada forum ini tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari mereka dan dia memberikan email mereka kepada semua orang (frb228815@gmail.com) Jadi saya segera email mereka dan mereka menanggapi email saya. Mereka meminta saya untuk mendapatkan ikatan asuransi PPI karena saya meminta untuk tidak agunan pinjaman tanpa jaminan. Jadi saya mengikuti saran dari mimosa Wijayanti dan diasuransikan pinjaman saya. Jujur, awalnya saya begitu banyak takut karena saya telah kehilangan uang saya untuk scam sebelumnya. Tapi, saya terkejut bahwa kurang dari 48 jam setelah, pinjaman dari $ 65.000 dolar amerika serikat i diterapkan untuk benar-benar ditransfer ke rekening saya. Seluruh proses itu sederhana. Tidak ada biaya tersembunyi. Tidak ada jaminan yang diperlukan dari saya. sampai saat ini, saya masih merasa sulit untuk percaya bahwa itu benar. Saya pikir saya sedang bermimpi ketika saya mendapat peringatan dari bank saya. Sekarang hati saya dipenuhi dengan sukacita. Saran saya yang sederhana untuk semua orang yang mencari tempat yang tulus untuk mendapatkan pinjaman mendesak yang sah untuk memulai sebuah bisnis atau mendanai proyek adalah untuk mengirim email kepada mereka sekarang dan Anda juga akan mengejutkan cara saya terkejut. Saya ingin terutama terima mimosa Wijayanti untuk menyediakan kontak mereka di forum ini. Dan jika Anda menghubungi mereka dan juga mendapatkan pinjaman dari mereka, silakan menyebarkan kabar baik ini sehingga orang lain juga bisa mendapatkan keuntungan. Terima kasih

    ReplyDelete
  18. Selamat Datang di Kcee Pinjaman Dunia
    (A layanan pribadi untuk semua kebutuhan keuangan Anda) Kcee Pinjaman Dunia Kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga yang sangat rendah 2%, kami menawarkan pinjaman pribadi, pinjaman konsolidasi utang, modal ventura, pinjaman bisnis, pinjaman pendidikan, pinjaman hipotek dan pinjaman untuk alasan apapun dan kebutuhan mendesak !. dengan durasi maksimal 30 years.Have Anda pernah ditolak oleh bank Anda? Apakah Anda memiliki kredit yang buruk? Apakah Anda memiliki tagihan yang belum dibayar? kau berhutang? Apakah perlu untuk memulai bisnis? Khawatir tidak lebih karena kami berada di sini untuk memberikan bunga kredit yang rendah. Pinjaman kami berkisar antara $ 1.000 USD (seribu dollar Amerika Serikat) $ 50, 000,000.00. (Lima puluh juta rupiah). Kami juga membayar di USA USD dan Euro !!

    Jika Anda tertarik silahkan hubungi kami dengan Email ini: KCEELOANS@OUTLOOK.COM

    ReplyDelete
  19. semoga damai Tuhan bersama Anda.
    Apakah Anda seorang pebisnis atau wanita? Apakah Anda dalam setiap
    tekanan keuangan atau apakah Anda perlu dana untuk memulai
    bisnis Anda sendiri?
    a) Pinjaman pribadi, Ekspansi Bisnis.
    b) bisnis Start-up dan Pendidikan.
    c) Konsolidasi Utang.
    Nama: ..........................................
    Negara: .........................................
    Alamat: ..........................................
    Status Perkawinan: .......................................
    Hubungan Seks: ................................................ ...
    Umur ................................................. ....
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: .........................
    Durasi Pinjaman: ...................................
    Nomor ponsel pribadi: .......................
    bulanan
    Penghasilan: .....................................
    Terima kasih Dan Memberkati Tuhan
    email: marycoleloanscompany@gmail.com

    ReplyDelete
  20. Apakah Anda mencari pinjaman bisnis, pinjaman pribadi, pinjaman rumah, mobil
    Pinjaman, pinjaman mahasiswa, pinjaman konsolidasi utang, pinjaman tanpa jaminan, usaha
    modal, dll .. Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank atau keuangan
    lembaga untuk satu atau lebih reasons.You di tempat yang tepat untuk
    solusi pinjaman Anda! Saya pemberi pinjaman pribadi, saya memberikan pinjaman kepada
    perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau
    2%. Bunga. Silahkan hubungi kami melalui email daverichardsloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  21. Aku joyce meyer. pemberi pinjaman pinjaman pribadi, yang meminjamkan uang kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan mendesak, dan mereka yang telah ditolak kredit dari bank karena nilai kredit yang rendah, pinjaman usaha, pinjaman pendidikan, kredit mobil, kredit rumah, kredit perusahaan dan banyak lagi, atau Anda ingin membayar utang atau biaya, atau sebelum Anda telah scammed oleh pemberi pinjaman uang palsu? Selamat Anda sekarang berada di tempat yang tepat, pinjaman kelompok perusahaan asuransi berlian yang handal, yang menyediakan pinjaman pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%, kami datang untuk mengakhiri semua masalah. kita menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan rahasia dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email di: joycemeyerloanfirm@gmail.com
    Banyak cinta,
    Ibu Joyce

    ReplyDelete
  22. BERLAKU UNTUK KREDIT ANDA

    Apakah Anda seorang pengusaha atau wanita? Apakah Anda stres keuangan? Anda perlu uang untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda memiliki pendapatan rendah dan sulit untuk mendapatkan pinjaman dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya? Jawabannya ada di sini, MichelleN Haward Kantor Pinjaman adalah jawaban untuk menawarkan semua jenis pinjaman kepada masyarakat atau siapa pun di Nees bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman sebesar 2% suku bunga untuk individu, perusahaan dan perusahaan di bawah kondisi yang jelas dan mudah. hubungi kami hari ini via e-mail di michellenhawardloans@gmail.com

    Catatan: Semua pemohon harus di atas 18 tahun

    ReplyDelete
  23. Halo Setiap Satu, nama saya Dwiokta Septiani dari Indonesia, aku cepat-cepat ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia yang mencari pinjaman di internet sangat berhati-hati untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak pemberi pinjaman kredit palsu di sini di internet dan beberapa dari mereka adalah asli, saya ingin meluncur kesaksian tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman dan pinjaman genue nyata yang telah mengubah hidup saya dari rumput rahmat, setelah saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman kredit di sini di internt, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran, isurance, pajak, dan setelah pembayaran saya masih tidak mendapatkan pinjaman saya. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan nomor scammed kali uang tanpa mendapatkan pinjaman dari perusahaan mereka sehingga saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari genue pemberi pinjaman kredit online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk menghubungi seorang teman saya yang baru-baru mendapat pinjaman online, kita membahas kesimpulan kita tentang masalah dan dia bercerita tentang seorang wanita yang disebut Mrs Anita Charles yang merupakan CEO dari Anita Charles Pinjaman Perusahaan. Jadi saya diterapkan untuk jumlah pinjaman (Rp430,000,000) dengan tingkat bunga rendah dari 2%, Tidak mengurus usia saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya ingin menggunakan uang tersebut untuk membangun usaha dan pinjaman saya disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan yang dibuat tentang pengalihan pinjaman dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah pendaftaran pinjaman, itu disimpan ke bank dan mimpi datang melalui saya. Jadi saya ingin saran yang membutuhkan pinjaman genue dengan cepat menghubungi dia sekarang email di anitacharlesloancompany@gmail.com. dia tidak tahu bahwa aku melakukan hal ini. Saya berdoa agar Tuhan akan memberkatinya untuk hal-hal baik yang dia telah lakukan dalam hidup saya. Anda juga dapat menghubungi saya di septianidwiokta@gmail.com untuk info lebih lanjut.

    ReplyDelete
  24. Halo, nama saya Rasheeda MUHAMMAD. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa lender online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Amanda yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari RP 250.000.000 (250 JUTA Rp) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2% . Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: amandaloan@qualityservice.com atau amandarichardssonloanfirm@gmail.com dan
    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya rasheedamuhammad10@gmail.com.
    Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    ReplyDelete
  25. HARI BAIK SETIAP SATU
    Anda membutuhkan pinjaman menerapkan jangan biarkan kesempatan ini berlalu begitu saja karena
    Yesus adalah sama kemarin, hari ini dan selamanya more.Please ini
    untuk berpikiran serius dan Allah takut People.
    Anda disarankan untuk mengisi dan mengembalikan rincian di bawah ini ..
    Nama Anda: ______________________
    Alamat Anda: ____________________
    Negara Anda: ____________________
    Tugas Anda: __________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: ______________
    Durasi Pinjaman: ____________________
    Penghasilan bulanan: __________________
    Nomor telepon seluler: ________________
    Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya: ________________
    Jika Anda telah mengajukan permohonan untuk pinjaman sebelumnya, di mana Anda diperlakukan dengan kejujuran?
    di mana perusahaan tersebut berlokasi? ...
    email: davislewisloancompany@gmail.com
    Salam Hormat
    MR. DAVIS LEWIS

    ReplyDelete
  26. HARI BAIK SETIAP SATU
    Anda membutuhkan pinjaman menerapkan jangan biarkan kesempatan ini berlalu begitu saja karena
    Yesus adalah sama kemarin, hari ini dan selamanya more.Please ini
    untuk berpikiran serius dan Allah takut People.
    Anda disarankan untuk mengisi dan mengembalikan rincian di bawah ini ..
    Nama Anda: ______________________
    Alamat Anda: ____________________
    Negara Anda: ____________________
    Tugas Anda: __________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: ______________
    Durasi Pinjaman: ____________________
    Penghasilan bulanan: __________________
    Nomor telepon seluler: ________________
    Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya: ________________
    Jika Anda telah mengajukan permohonan untuk pinjaman sebelumnya, di mana Anda diperlakukan dengan kejujuran?
    di mana perusahaan tersebut berlokasi? ...
    email: davislewisloancompany@gmail.com
    Salam Hormat
    MR. DAVIS LEWIS

    ReplyDelete
  27. HARI BAIK SETIAP SATU
    Anda membutuhkan pinjaman menerapkan jangan biarkan kesempatan ini berlalu begitu saja karena
    Yesus adalah sama kemarin, hari ini dan selamanya more.Please ini
    untuk berpikiran serius dan Allah takut People.
    Anda disarankan untuk mengisi dan mengembalikan rincian di bawah ini ..
    Nama Anda: ______________________
    Alamat Anda: ____________________
    Negara Anda: ____________________
    Tugas Anda: __________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: ______________
    Durasi Pinjaman: ____________________
    Penghasilan bulanan: __________________
    Nomor telepon seluler: ________________
    Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya: ________________
    Jika Anda telah mengajukan permohonan untuk pinjaman sebelumnya, di mana Anda diperlakukan dengan kejujuran?
    di mana perusahaan tersebut berlokasi? ...
    email: davislewisloancompany@gmail.com
    Salam Hormat
    MR. DAVIS LEWIS

    ReplyDelete
  28. HARI BAIK SETIAP SATU
    Anda membutuhkan pinjaman menerapkan jangan biarkan kesempatan ini berlalu begitu saja karena
    Yesus adalah sama kemarin, hari ini dan selamanya more.Please ini
    untuk berpikiran serius dan Allah takut People.
    Anda disarankan untuk mengisi dan mengembalikan rincian di bawah ini ..
    Nama Anda: ______________________
    Alamat Anda: ____________________
    Negara Anda: ____________________
    Tugas Anda: __________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: ______________
    Durasi Pinjaman: ____________________
    Penghasilan bulanan: __________________
    Nomor telepon seluler: ________________
    Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya: ________________
    Jika Anda telah mengajukan permohonan untuk pinjaman sebelumnya, di mana Anda diperlakukan dengan kejujuran?
    di mana perusahaan tersebut berlokasi? ...
    email: davislewisloancompany@gmail.com
    Salam Hormat
    MR. DAVIS LEWIS

    ReplyDelete
  29. Halo, saya Mrs Rose, pinjaman pribadi pemberi pinjaman company.We memberikan pinjaman kesempatan seumur hidup bagi Anda untuk membayar tagihan Anda dan utang pribadi dan memiliki business.loans Anda diberikan kepada individu dan perusahaan pada tingkat start-up dari 2% . Jadi hubungi kami hari ini via email: rosejohnsonloanfirm@gmail.com .... Tuhan memberkati

    ReplyDelete
  30. Halo, saya Mrs Rose, pinjaman pribadi pemberi pinjaman company.We memberikan pinjaman kesempatan seumur hidup bagi Anda untuk membayar tagihan Anda dan utang pribadi dan memiliki business.loans Anda diberikan kepada individu dan perusahaan pada tingkat start-up dari 2% . Jadi hubungi kami hari ini via email: rosejohnsonloanfirm@gmail.com .... Tuhan memberkati

    ReplyDelete
  31. Cahya Pinjaman perusahaan adalah salah satu perusahaan pinjaman independen terkemuka di seluruh dunia. Kami mapan dan selama bertahun-tahun telah mengembangkan pemahaman yang baik tentang kebutuhan dan kebutuhan individu. Kami berkomitmen untuk memperlakukan pelanggan kami secara adil dan menawarkan layanan yang profesional, ramah dan membantu. Prosedur kami dirancang untuk cocok Anda, untuk memastikan bahwa kami menawarkan produk yang sesuai dengan kondisi Anda, formalitas dikurangi seminimal mungkin, dan bersama-sama dengan pendekatan kami fleksibel untuk masing-masing program, pastikan Anda menyelesaikan permintaan pinjaman Anda. Kami telah membantu pelanggan mengubah dan memperbaiki kehidupan mereka selama lebih dari 47 tahun dan kami benar-benar independen, kita berada dalam posisi yang unik untuk menawarkan berbagai pinjaman untuk semua jenis bisnis dan individu. Tujuan kami adalah untuk memenuhi kebutuhan keuangan Anda dan kepuasan Anda sangat penting bagi kami. Itulah sebabnya kita harus memberikan pinjaman dengan suku bunga 2%, silakan kembali ke kami hari ini jika Anda tertarik kami services.E-mail: cahya.creditfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  32. Halo, saya Yosephine Nuli, saya disini untuk memberikan kesaksian tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari Belinda Firm Kredit. Aku melihat sebuah iklan di internet oleh Rashidat Wulandari bersaksi tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari Ibu Belinda, saya menghubungi Ikmaludin Husnah melalui emailnya rashidatwulandari@gmail.com dan dia menjelaskan semuanya di rinci kepada saya. Saya diarahkan ke Ibu Belinda dan saya menghubungi dia melalui belindaloanfirm@gmail.com atu aid.financial@finnacier.com yosephinenuli322@gmail.com adalah email saya, Anda dapat menghubungi saya melalui email ini untuk pertanyaan.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^