Srikandi Blogger: Ada Semangat dan Pembelajaran

Saya ingin mengutip pendapat Andrias Harefa[1] tentang Panggilan Kemanusiaan[2]:

Tugas, tanggung jawab, dan panggilan pertama seorang manusia adalah pembelajar. Sedangkan pelajaran pertama dan terutama yang perlu dipelajarinya adalah
belajar menjadikan dirinya sendiri semanusiawi mungkin.
Bila seorang anak manusia menolak tugas, tanggung jawab,
dan panggilan untuk menjadi dirinya sendiri,
maka ia telah kehilangan fondasi untuk menjadi manusiawi.

Sumber: http://guardian.co.uk
Pengertian manusia adalah makhluk yang berakal budi. Tapi pada kenyataannya tak semua manusia menunjukkan pengertian itu dari perilakunya karena “makhluk yang berakal budi” bukan hal yang otomatis dimiliki seseorang sejak kelahirannya melainkan diperoleh dari pembelajaran.


Sekilas Tentang Kumpulan Emak Blogger

Saya dulu pernah berpikir, mungkin tak akan pernah mendapatkan teman-teman baru, dan tak akan pernah menjelajahi dunia baru karena memutuskan untuk menjadi full time mother. Rupanya saya salah. Kesenangan saya terhadap aktivitas ngeblog akhir-akhir ini, nyatanya menambah teman-teman baru. Bahkan saya mendapat aneka pengalaman yang sangat menambah wawasan.

Rupanya blog merupakan jalan menuju dunia baru. Dunia baru ke banyak “negara” dalam ranah virtual. Saya bergabung dengan beberapa komunitas blogger. Di antaranya, yang sangat unik adalah Kumpulan Emak Blogger (KEB) yang saat ini anggotanya sudah menembus angka 900 orang perempuan, baik yang sudah maupun yang belum menikah.

Ide pembentukan KEB ini sangat tepat karena ternyata banyak perempuan Indonesia yang suka ngeblog atau paling tidak, memiliki blog walau tak aktif meng-update blognya.

Setelah bergabung, saya melihat peran KEB amat besar. Di antaranya:

  • Wadah untuk saling sharing antara sesama anggota dalam bentuk tulisan. Perempuan selalu membutuhkan sesama jenisnya untuk saling  sharing, baik itu pengetahuan maupun sekadar curhat.
  • Wadah silaturahim. Menjadi anggota komunitas seperti KEB membuat kita jadi punya teman di mana-mana. Saya suka berandai-andai bila bisa keliling Indonesia, saya punya banyak tempat yang bisa didatangi.
  • Aktualisasi diri. Ibu-ibu yang rajin menulis dapat meruntuhkan paradigma bahwa ibu rumahtangga hanya bergelut dalam urusan domestik sehingga tidak berkembang dan hanya bisa memahami gosip artis.

Sumber: http://emak2blogger.web.id
Tentang Ajang Srikandi Blogger 2013

Grup yang baru berusia setahun pada 18 Januari 2013 ini mengadakan sebuah event besar yaitu pemilihan Srikandi Blogger 2013. “Srikandi” saat ini bukan hanya menjadi sebutan untuk pahlawan perempuan tetapi juga untuk perempuan pejuang dalam bidang apapun.

Walau bukan siapa-siapa, hanya seorang penyuka menulis terutama di blog, saya memberanikan diri untuk mendaftar. Ada 150 orang yang mendaftar pada ajang bertema Aktualitas Perempuan di Era Digital ini. Dan tak dinyana begitu melihat pengumuman 50 semi finalis beberapa hari yang lalu, nama saya ada di situ. Sebagian nama lain sudah saya kenal karena kami sudah saling berkunjung di rumah maya masing-masing dan mereka adalah blogger-blogger hebat.

Acung jempol setinggi-tingginya kepada para Makmin (emak-emak admin) dan Makpan (emak-emak panitia) yang sudah menyusun format acara ini. Tak main-main, akan ada acara puncak penganugerahan Srikandi Blogger 2013 yang insya Allah dilaksanakan pada tanggal 28 April 2013 di Jakarta.

Ajang Srikandi Blogger 2013 sungguh inspiratif. “Hawa”-nya membuat ke-50 nominator menjadi makin bersemangat menulis di blog mereka tak terkecuali saya.  Mudah-mudahan ajang ini rutin digelar di tahun-tahun mendatang karena penyemangat seperti ini penting. Bukan hanya untuk aktualisasi diri para blogger perempuan, juga agar para perempuan blogger makin meningkatkan pembelajarannya terhadap apa saja di sekelilingnya.

Perempuan, tak boleh berhenti belajar karena sosok perempuan yang identik dengan sosok ibu kelak akan membentuk generasi muda bangsa yang berpengaruh di kemudian hari. Oleh karena itu pembelajaran yang kontinyu dari mana saja, dari sikon apa pun perlu dibiasakan. Begitu pun bagi saya, aktivitas ngeblog adalah juga aktivitas pembelajaran.

Sumber: facebook KEB
Perempuan blogger yang rajin update blognya, saya percaya senang belajar. Melalui menulis ataupun berkunjung ke blog lain. Ajang Srikandi Blogger mestinya dapat semakin meningkatkan pembelajaran mereka karena meningkatkan semangat ngeblog yang tentunya positif.

Pastinya akan seperti terbang ke awan jika saja saya bisa masuk 10 besar (finalis). Apalagi bila terpilih menjadi Srikandi Blogger. Waah, “sesuatu” sekali. Bila terpilih, semangat ngeblog saya bakal makin meningkat. Andai menjadi Srikandi Blogger, saya berharap bisa menjadi “penyambung lidah” KEB dengan ikut mewartakan hal-hal yang patut disebarluaskan tentang hal-hal positif dalam kegiatan KEB, barangkali lebih bagus lagi bila bersama dengan finalis lain. Supaya KEB makin eksis karena masyarakat luas makin mengenalnya.

Mudah-mudahan, saya yang orang biasa ini yang sehari-harinya hanya berkutat dengan urusan rumahtangga bisa menginspirasi para perempuan di luar sana bahwa menulis di sela-sela urusan rumahtangga bisa saja dilakukan. Menjaga semangat ngeblog pun niscaya adanya.

Mudah-mudahan pula bisa lebih membuka mata orang-orang di luar sana dalam menilai ibu rumahtangga. Bahwa ibu rumahtangga pun bisa berbagi dengan cara yang elegan, dengan cara yang cerdas, melalui blog tentunya.

Makassar, 14 April 2013

Silakan pula dibaca:





[1] Trainer, pemegang lisensi Dale Carnegie Training, penulis belasan buku, seorang pembelajar, menyelenggarakan website http://pembelajar.com
[2]  Harefa, Andrias. 2001Mutiara Pembelajar. Yogyakarta: Gloria Cyber Ministries.


Share :

41 Komentar di "Srikandi Blogger: Ada Semangat dan Pembelajaran"

  1. Wow! Mantabs bener nih uraiannya, Mak. Bakalan nembus ke 10 besar ini mah. Sukses ya, Niar.
    Tulisan2 Niar sgt menginspirasi lho. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Aduh jadi kembang kempis ni idung kak. Sukses juga buat kak Al, semoga kita sama2 masuk 10 besar :)

      Delete
  2. lanjutkan Emak..... semoga mampu menyebarkan virus2 kebaikan lewat dunia maya ini, chayo... #welkomtujakarta ^_^

    ReplyDelete
  3. keren dan mendalam ulasannya Mak. semoga masuk 10 besar ya..Mak Niar

    ReplyDelete
  4. semoga aja bisa menarik minat emak-emak yang lain untuk ikut dalam dunia maya ini ya mbak, bisa memberikan / membagi sesuatu yang bermanfaat...

    ReplyDelete
  5. Saya salut deh sama emak2 yg berbagi ilmu dengan cara yg cerdas (misal lewat blog).. apalagi emak2 yg menulis nggak sekedar menulis, tapi menularkan hobi membacanya juga ^_^

    semoga sukses yah buat mbak Niar... bravo! ^_^

    ReplyDelete
  6. mudah2n masuk 10 besar ya kak niar :), mantap tulisannya, ikut mendo'akan

    ReplyDelete
  7. semangat semangat semangat bund...! bunda niar keren deh.

    blogging menurut saya juga ajang mengalihkan diri dari kejenuhan aktivitas rumah tangga, dan tentunya memperlebar wawasan para ibu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, me time yang berguna :)
      Terimakasih

      Delete
  8. Keren nih tulisannya, saya belum buat:(

    ReplyDelete
  9. Betul sekali mbak, perempuan juga harus selalu belajar

    ReplyDelete
  10. setujuuu.. dg ngeblog perempuan bs mengungkapkan apa yg ada di dalam pikirannya utk berbagi :)

    ReplyDelete
  11. Ngga perlu jadi srikandi blogger juga tulisan mba niar udah menginspirasi kok. Semoga melaju ke 10 besar, aku menjagokanmu mbaaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aih membuatku tersipu sambil kembang-kempis saja komen mbak Win ini. Mbak WIn blognya keren juga, mudah2an kita sama2 maju yaa :)

      Delete
  12. selalu mendukungmu, mak :)
    sumber inspirasi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh .. sumber inspirasi? waaah .. jangan berlebihanlah
      *maluuu saya*

      Terimakasih yaa

      Delete
  13. Inspiratif, mak :) Maju terus ke 10 Besar #SrikandiBlogger2013 yaaa... dan terus berbagi lewat blog :)

    Saluut...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mak. Moga2 dirimu juga maju ke 10 besar :)

      Delete
  14. Emak yang hebat. Sukses ya mak, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah mak .. saya biasa saja koq. .. sama seperti yang lain.
      Terimakasih ya ... sukses juga buat dirimu :)

      Delete
  15. Maakk...
    Sukses yaa..
    Semangaat menuju 10 besar Srikandi Blogger 2013

    ReplyDelete
  16. Hidup emak blogger!

    Saya dukung mbak Mugniar masuk 10 besar dengan tulisan-tulisannya yang menginspirasi.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiduuup :)
      Aamiin. ALhamdulillah kalo dibilang menginspirasi mbak. Terimakasih :)

      Delete
  17. daku baru tau kalo anggota KEB udah tembus 900 anggota wih sebuah angka yang fantastis untuk sebuah komunitas yang berbasis online.
    semoga masuk 10 besar ya mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dikit lagi 1000 ya mak ... angka yang besar :)
      Aamiin. Semoga sama2 masuk ya maak :)

      Delete
  18. Mbak....
    Maafkan daku baru singgah kemari. Sukses untuk menuju 10 besar, Insya Allah semoga dimudahkan. Aamiin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaa tidak usah pakai minta maaf segala. SAya malah belum ke postingan Anaz :)
      SAya yang harus minta maaf ya ....
      Aamiin :)

      Delete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^