Kesempatan Memiliki Halaman Pribadi Penggalangan Dana Online dengan Marimembantu.org

Di era globalisasi yang canggih ini, apapun bisa dilakukan “di balik layar” tetapi bisa menjangkau dunia. Contohnya ngeblog. Melalui kegiatan ngeblog ini, saya jadi punya banyak teman baru dari berbagai penjuru, hanya melalui kamar tidur saya.

Bahkan membantu orang yang membutuhkan, tak perlu lagi bersusah-susah ngantri di bank untuk transfer, bisa dilakukan online, dari balik layar HP atau komputer. Dengan dukungan teknologi, misalnya melalui SMS banking atau internet banking, atau cara-cara lain, bantuan kita bisa sampai kepada yang membutuhkan.

Sebuah contoh gerakan yang banyak beraktifitas secara online adalah kawan-kawan di komunitas blogger Anging Mammiri di mana saya bergabung, misalnya urun aktif membantu mewujudkan tempat belajar bagi “sekolah gratis” bernama Ruma Sokola yang pendiriannya dulu digagas oleh Sokola, sebuah komunitas alternatif untuk pendidikan mendirikan Ruma Sokola di Makassar pada bulan Januari 2005[i].
Hal ini dikarenakan banyaknya anak putus sekolah di kampung Bayang – sebuah kampung di Makassar yang hanya berbatasan seutas rambut dengan Tanjung Bunga – sebuah kawasan yang sangat giat bertumbuh secara ekonomi dengan adanya pusat-pusat perbelanjaan, rekreasi dan diwarnai dengan pemukiman mewah dan boarding school.

Saat ini, berdasarkan banyaknya tanda empati yang berdatangan, telah dipanjar sebidang tanah untuk lokasi sekolah anak-anak ini. Gedung untuk rumah belajar yang baru sudah mulai dibangun. Sebuah blog selalu menayangkan update kegiatan belajar di Ruma Sokola, kegiatan penggalangan dana, hingga laporan keuangan terkait donasi yang diterima.

Pembangunan rumah belajar baru
Sumber: http://sekolahpesisir.wordpress.com

Saya pernah memuat tulisan Mendulang Amal Melalui 63 Orang Anak yang mampu meraih simpati seorang dermawan untuk membelikan kursi roda bagi Andika – seorang bocah penghuni panti asuhan yang memiliki banyak keterbatasan fisik yang diceritakan di dalam tulisan itu. Selain itu beberapa orang lainnya yang tersentuh membacanya langsung menyisihkan sejumlah dana, mentransfernya ke rekening panti asuhan yang ditempati Andika.

Andika, kini sudah punya kursi roda

Salah satu kamar di panti asuhan tempat Andika tinggal

Saat teman-teman di sebuah grup menulis menyatakan keinginan hendak mengadakan kunjungan sosial ke panti asuhan, saya menganjurkan untuk mendatangi panti asuhan tempat Andika tinggal, dengan memperlihatkan postingan blog saya. Teman-teman menyetujui. Kami pun mendatangi panti asuhan tersebut dengan membawa sekadar tanda simpati untuk Andika dan teman-temannya. Mengenai hal ini bisa dibaca di tulisan berjudul Kopdar IIDN – ke Panti Asuhan.

¿¿¿


Sekarang ada media di ranah maya - bernama MARI MEMBANTU.ORG yang menghubungkan orang-orang yang butuh donasi dengan para donatur sehingga saling membantu menjadi amat mudah. Media yang difasilitasi oleh  Lembaga Zakat Dompet Dhuafa ini menyediakan halaman pribadi yang mudah di-share oleh siapa saja yang butuh bantuan. Mereka yang ditimpa musibah (penyakit atau kecelakaan) maupun mereka yang butuh modal usaha. Media ini bersifat sosial, tidak membebankan biaya sepeser pun.

Terhubung dengan media sosial seperti facebook dan twitter, sangatlah mudah sedekah secara online dengan Marimembantu.org. Siapapun dapat mengumpulkan uang secara online menggunakan halaman Marimembantu.org. Pengguna Marimembantu.org sering mengumpulkan uang untuk diri sendiri atau untuk teman-teman yang ingin mereka bantu. Marimembantu.Org dirancang untuk memungkinkan orang-orang biasa untuk melakukan hal-hal luar biasa dengan uang yang mereka kumpulkan online.

Contoh halaman pribadi pemohon bantuan

Bila berminat, dan ingin mengetahui dengan lebih jelas, silakan browsing web http://marimembantu.org atau datang/kontak ke:

KANTOR PUSAT

Perkantoran Ciputat Indah Permai blok C28-29
Jl. Ir. H. Juanda No 50, Ciputat – 15419
Tel: +62 21 7416050 (hunting)
Fax: +62 21 7416070

KANTOR SUDIRMAN

Wisma Nugra Santana Lantai 10
Jl. Jend. Sudirman Kav. 7 – 8 Jakarta – 10220
Tel: +62 21 2510722
Fax: +62 21 741 6070

KANTOR RADIO DALAM

Komp. Margaguna
Jl. Radio Dalam No.11, Jakarta Selatan
Tel: +62 21 7211035
Fax: +62 21 7211005

KANTOR WARUNG BUNCIT

Gedung Harian Umum REPUBLIKA
Jl. Warung Buncit Raya No.37, Pasar Minggu
Jakarta Selatan – 12510
Tel: +62 21 7803747

KANTOR RAWAMANGUN

Jl. Balai Pustaka V No.3, Rawamangun
Jakarta Timur
Tel: +62 21 4704704
Fax: +62 21 4704704

Sikap jujur dari pengguna media ini amat diharapkan. Agar bukan hanya dana yang diperoleh tetapi juga silaturahim yang baik dengan para donatur dengan tetap mempertahankan nama baik. Bisa saja hubungan dengan donatur tetap berlangsung meski bantuan sudah tak dibutuhkan lagi. Mungkin saja ke depannya para donatur ini bisa menjadi mitra bisnis yang potensial. Who knows?

Makassar, 9 Oktober 2012


Tulisan ini diikutkan lomba review blog "Mudahnya Berbagi Secara Online"



Silakan juga dibaca:









[i] Citizen reporter Dwiagustriani menelusuri kehidupan anak-anak di kawasan kumuh di Kelurahan Lette dan Kampung Buyang, Makassar. Mengenai  ini dimuat di di Portal Panyingkul, sebuah media citizen journalism.



Share :

18 Komentar di "Kesempatan Memiliki Halaman Pribadi Penggalangan Dana Online dengan Marimembantu.org "

  1. subhanallah,
    terimakasih infonya mbak,
    ini bisa jadi solusi buat kita yang sibuk dan tak sempat langsung berinteraksi dengan mereka,
    agar jariah nya lebih tersampai..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul .... sangat memudahkan. Ikutan yuk blog review-nya :)

      Delete
  2. terima kasih buat infonya mbak. Sy coba liat dulu webnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok mbak Chi, sekalian ikutan blog review-nya yaa ^__^

      Delete
  3. ke webnya dulu ya mbak lihat lihat...

    ReplyDelete
  4. semoga banyak yang terketuk hatinya ya

    ReplyDelete
  5. Terlibat dalam aksi kemanusiaan memang mulia banget ya mbak, semoga segala sedekah dan niat baik kita menjadi amalan. Amin

    ReplyDelete
  6. Matur nuwun reviewnya, Mbak. Semoga dengan review ini banyak hati yang terketuk, membantu sesama yang membutuhkan. Amin.

    ReplyDelete
  7. semoga banyak yang terbuka hatinya ya mbak

    ReplyDelete
  8. Lomba blog ini ya kak...
    saya hampir lupa...

    Smoga dgn ikutan blog review bisa banyak yg membantu

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^