Jalan-Jalan Seru Hingga Kopdar Akbar


Acara kopdar komunitas blogger Anging Mammiri pada tanggal 28 September yang lalu menghadirkan Rere – admin pada web Jalan-Jalan Seru Makassar.

Apa itu “Jalan-Jalan Seru Makassar”?
JJS Makassar terbentuk pada tanggal 22 Januari 2012, berawal dari sebuah akun twiter @Jalan2Seru_Mks yg awalnya hanya memberikan info tentang tempat-tempat seru, tempat wisata dan potensi daerah-daerah yang ada di Sulawesi selatan. Dari info-info itu disadari ternyata banyak tempat menarik tapi masih asing yang ada disekitar Makassar, karena penasaran akhirnya banyak respon yang mengusulkan untuk berkunjung ke tempat-tempat tersebut. Seiring dengan semakin banyaknya permintaan dari, pada tanggal 17 Mei 2012 JJS Makassar melaksankan trip pertama dengan tema 1DayTrip ke Taman Batu Alam Rammang-Rammang di kabupaten Maros.

Seiring berjalannya komunitas ini, mereka tidak hanya membatasi diri pada travelling, mereka juga bersinergi dengan komunitas-komunitas lain di kota Makassar dan melaksanakan kegiatan-kegiatan di bidang sosial dan lingkungan.

Setelah trip pertama ke Rammang-Rammang itu, terlaksanalah trip-trip berikutnya, ke tempat-tempat seru lainnya. Satu tempat seru yang mereka kunjungi misalnya adalah kampung Lakkang – sebuah daerah yang masih asri-alami di tengah kota Makassar. Hal yang sangat mahal di Makassar yang sekarang bertumbuh menjadi metropolitan ini.

Kampung Lakkang terletak di kecamatan Tallo. Terasing dari kota Makassar, hanya dapat ditempuh melalui jalur sungai Tallo. Sebuah dermaga sederhana yang terletak di dalam lingkungan kampus UNHAS menjadi cara termudah yang bisa dilakukan. Moda transportasi air yang digunakan dari sini adalah katinting yang memuat 20-an orang plus 5 – 7 sepeda motor. 
Setelah berlayar selama beberapa menit menyusuri sungai Tallo, sampailah di sebuah dermaga kecil, dermaga Lakkang. Di atas  dermaga Nampak sudah menunggu beberapa warga yang akan menyeberang ke kampung Kera-kera. Menginjakkan kaki pertama kali di Lakkang kita akan langsung disuguhi pemandangan sebuah kampung dengan suasana yang damai, tenang dan bebas dari kebisingan, rumah-rumah panggung yang tertata rapi seperti blok-blok di sebuah kompleks perumahan.
 Jalan-jalan kecil yang sudah dilapisi dengan dengan paving block selebar 1 meter menghubungkan blok satu dengan blok lainnya. Di jalan tersebut hanya ada pejalan kaki, sepeda angin dan sepeda motor, jangan mencari kendaraan roda empat di Lakkang ini. Suasana yang tenang, masih asri dan dengan senyum ramah penduduknya adalah kesan pertama yang akan kita dapatkan saat menginjakkan kaki di kampung Lakkang ini. Berada di daerah ini seakan kita tidak berada di kota Makassar, pasti tak terbayangkan ada suasana pemukiman seperti ini di kota metropolitan Makassar.

Sungguh info yang sangat menarik. Selama menempati kota Makassar, saya sendiri baru mengetahui adanya kampung unik di tengah kota Makassar yang beberapa ruas jalan protokolnya sehari-harinya macet ini.

Rere mengajak teman-teman yang hobi travelling untuk melancong bareng komunitas JJS Makassar. Tak ada aturan ketat dalam keikutsertaan. Tak ada syarat seperti harus setor duit berapa atau harus punya kendaraan apa, atau harus berpakaian bagaimana. Sah-sah saja nebeng dan berbaur dengan mereka.

Setelah Rere mempresentasikan mengenai JJS Makassar, teman-teman sharing mengenai tempat-tempat seru lainnya di Sulawesi Selatan. Banyak info menarik dari mereka.

Oya, bila berminat mengontak JJS Makassar, ini dia alamatnya:

Jalan-jalan Seru Makassar
Alamat: Jalan Hertasning Barat 4 no. 59B Makassar
email : jalan2seru_mks@yahoo.com
Facebook : Jjs Makassar
Twitter : @Jalan2Seru_Mks
Website : http://www.jalan2serumakassar.com

Saya kira, teman-teman di komunitas JJS Makassar akan dengan tangan terbuka menjawab pertanyaan dan menyambut teman-teman dari luar Makassar yang ingin ditemani berjalan-jalan seru di sekitar Makassar. Mereka pernah menemani pelancong asal Solo yang berwisata ke Bira yang sebelumnya hanya dipertemukan melalui social media.

Setelah itu, giliran Ipul Daeng Gassing yang akrab disapa daeng Ipul – ketua Anging Mammiri yang mempresentasikan mengenai ajang blogger akbar yang akan digelar tanggal 9 – 12 November nanti yaitu Kopdar Blogger Nusantara. Pada perhelatan ini, daeng Ipul juga bertindak sebagai ketuanya.

Teman-teman blogger, panitia kopdar ini merancang acara unik di mana para peserta akan dapat menikmati banyak hal tentang Makassar, tidak melulu berupa seminar dan talk show. Materi-materi yang disajikan di sini pun pastinya akan sangat bermanfaat dalam menambah wawasan kita dalam ngeblog. Selain dibawakan oleh mereka yang piawai ngeblog secara “nasional” juga ada pemateri “berskala” internasional. Insya Allah bakal seru deh. So, teman-teman blogger yang di luar Makassar, yuk sisihkan tabungan Anda, mari mengenal Makassar secara dekat. J

Makassar, 10 Oktober 2012

Catatan:
Info tentang Lakkang dan Jalan-Jalan Seru Makassar, selain dari kopdar, diperoleh dari web site Jalan-Jalan Seru Makassar.




Share :

22 Komentar di "Jalan-Jalan Seru Hingga Kopdar Akbar"

  1. informasi yang menarik mbak mugniar ^^

    kalau saja sudah bekerja dan punya uang lebih, insyaAllah bisa jalan jalan ke makassar mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ingat yaa .. Insya Allah kalau berkesempatan ke MAkassar, bisa menghubungi komunitas Jalan2 Seru Makassar lho ya ^__^

      Delete
  2. belum pernah jalan2 di Sulawesi...pengen deh..
    dulu cuma pernah transit sebentar di bandara Sultan Hasanuddin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah2an suatu saat bisa ke Makassar dan berjalan2 seru ya mbak Monda :)

      Delete
  3. aku belum pernah kopdar akbar mbak.

    ReplyDelete
  4. pengen ke Makassar lagi dan kopdar sama teman-teman blogger :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah pernah ke Makassar toh, mas Arie? :D
      Ayo ... bulan depan ke MAkassarnya ...

      Delete
  5. ahh kak niar, asik nih...
    nggak ngajak-ngajak ih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lhoo .. kirain Maya sudah di Jepang? Kopdar AM (Tudang Sipulung) nanti (kira2 akhir bulan ini)ikutan yaa...

      Delete
  6. lucu juga ya mbak, ada komunitas jalan" gini, sederhana tapi seru kayanya ..
    Ntar sapa tau ke Makasar bisa tau deh mesti nanya kemana :D

    ReplyDelete
  7. Mantap, Bu! Pastinya banyak juga tempat2 keren di kampung gue yg terlewatkan! Hmmm... Pengennya piknik ke luar negeri, ke kampung sebelah aja belom kesampean...

    Hehehe, smangat Bu! ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya ya ... ternyata di sekitar kita sebenarnya banyak tempat seru :D

      Delete
  8. kapan mimi bisa bertemu Atifah yaaa ???

    ReplyDelete
  9. Ish... Jdi pengen banget Jalan2 kesana.. Keren banget mba' event'a.. next ajak2 yaa.. :D

    Seruuuu... \^0^/

    ReplyDelete
  10. Kopdarnya seruuu :) kapan2 mw ikut lagi,insyaAllah.

    ReplyDelete
  11. makasar, destinasi yg belum kesampaian. semoga masih ada kesempatan. :)

    http://damai.malhikdua.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bulan depan ..ikut kopdar Blogger Nusantara yuk :)

      Delete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^