Kopdar IIDN - di Rumahku

Nunu, Uty, dan Ayu
Ada yang berbeda dengan kopdar Ahad 4 Maret ini. Untuk pertama kalinya teman-teman dari IIDN Makassar – sebuah komunitas yang para anggotanya aktif ‘bertemu’ di dunia maya, ngumpul di rumah untuk kemudian bergerak menuju panti asuhan Annur yang letaknya hanya sekitar 200 meter dari rumah.

Karena terhalang cuaca yang tidak bersahabat, cerah dan hujan berganti-ganti, kopdar yang sedianya dimulai pukul 10.30 terpaksa molor. Teman-teman yang naik sepeda motor harus berteduh beberapa kali sebelum sampai di rumah. Belum lagi mencari alamat rumah di daerah yang penomorannya ambradul ini. Mursyidah yang bertempat tinggal di kabupaten Maros membutuhkan waktu hingga lebih dari dua jam di perjalanan. Padahal jika cuaca cerah, waktu yang ditempuhnya hanya sekitar 30 – 40 menit.


Pukul 12 akhirnya kami ngumpul juga. Ada Phuji Astuty Lipi (Uty), Marisa Agustina (Icha), Nur Sahadati Amir (Nunu), koordinator IIDN wilayah Makassar: Erlina Ayu (Ayu) beserta suami dan kedua jagoannya, Mursyidah (Ida) beserta kedua balitanya, dan saya sendiri.

Dengan suguhan seadanya (maluuu J), kami membicarakan mengenai dunia penulisan. Lebih banyak seputar ide menulis dan menerbitkan buku. Menurut Ayu yang pengalaman dalam menerbitkan buku anak (buku-buku karyanya kebanyakan diterbitkan oleh penerbit Mizan), ide menulis banyak. Tak ada ide yang benar-benar baru. Ide yang sama pun akan menjadi tulisan yang berbeda bila dituliskan oleh dua orang. Karena masing-masing orang memiliki sudut pandang yang unik. Tinggal bagaimana mengolah ide itu hingga menarik untuk dibaca.

Akbar dan Fikri, ikut kopdar ^__^
Agensi naskah menjadi pilihan yang tepat untuk orang yang baru dalam dunia menulis tetapi serius ingin menerbitkan buku. Karena agensi naskah akan menyeleksi outline yang dibuat, memberi masukan, lalu menawarkan kepada penerbit yang kompeten. Ini jauh lebih baik ketimbang mencari sendiri penerbit. Karena sekarang ini penerbit luar biasa banyaknya. Jika tak hati-hati penulis bisa saja ditipu oleh penerbit yang tak berkompeten. Sudah banyak kasus penulis yang tertipu.

IIDN Makassar memang perpanjangan tangan sebuah agensi naskah bernama Indscript Redaksi yang dipimpin oleh ibu Indari Mastuti asal Bandung. Maka sebenarnya kami-kami ini sudah sangat dekat dengan penerbit yang kompeten. Tinggal mencoba saja.

Ayu melempar ide-ide dan memotivasi agar anggotanya lebih progresif. Nampaknya kawan-kawan (termasuk diriku) masih malu-malu. Masih perlu ‘dibakar’ lagi rupanya he he he. Maklum, sebagian besar dari kami bergabung dalam grup ini karena bermula dari kesukaan menulis di blog pribadi, bukan karena kesukaan menulis untuk menjadikan ‘penulis’ sebagai sebuah profesi. Tetapi sebenarnya blogger sekaligus penulis, keren juga. Bagaimana menurut Anda?

Makassar, 8 Maret 2012

To be continued ....

Silakan dibaca juga:



Share :

35 Komentar di "Kopdar IIDN - di Rumahku"

  1. kopdar yang indah skaligus bisa belajar, makasih buat hidangannya kak niar, makasih boncengannya kak icha, makasih wejangannya teh ayu..mkasih juga buat kk nunu...
    wuihh mana ni futunya para pasukan cilik??kok akbar dan fikri doang??^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah bela2in datang Uty, padahal rumahnya jauh sekali.

      Futu2? Kan sudah liat aslinya :D

      Delete
  2. masyaAllah seru seru seru ^^
    lain kali ajak aku ke rumah kak niar dong~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aih ... harusnya saya telepon Maya ya ... Maaf ya Maya. Mudah2an kalo teman2 ngumpul di rumah lagi, saya tdk lupa telepon atau SMS.. ^__^

      Delete
  3. Kerennn,,, Kopdar IIDN dirumah lagi,, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. maap belum lengkap komennya mbak..
      seneng banget deh liat kopdar gini.. :)
      mbak Mugniar yang mana fotonya? hehe

      Delete
    2. Saya malu untuk tampil di sini mbak, biarlah teman2 saja yang tampil :D

      Delete
  4. wah seru sekali .... kopdar dengan muatan yang sangat bermanfaat.... go..go writing mba Niar... and then publish it! :)

    aku juga ingin banget bikin buku.... kapan ya bisa kesampaian, hiks...hiks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, seru.
      Wah, mbak Alaika pasti bisa deh :)

      Delete
  5. aku juga mau donk diajak kerumahnya mbak niar....mauuuu^^libur cepatlah datang:)

    ahh,pokoknya aku juga mau kopdaran nih ma mbak niar#maksa

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. Biasanya komunitas blogger/penulis di sebuah daerah kan kopdaran Ummi, paling minimal sekali setahun ...

      Delete
  7. Replies
    1. Ibu-Ibu Doyan Nulis - sebuah grup di FB, Hima. Namanya saja ibu2 tapi banyak anggotanya yang masih gadis. Kan para gadis itu nantinya menjadi calon ibu :)
      Yang di Makassar, teman2 di Makassar yang masih lajang spt Nunu dan Uty ^__^

      Delete
  8. blogger yang penulis, keren, apalagi kalau tulisan-tulisan seperti mbak Niar ini dibukukan, tentunya akan lebih keren :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh jadi malu mbak Fardelyn ...
      Saya belum seberapa :)

      Delete
  9. kopdar selalu membawa cerita yg menarik ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Lidya. Mungkin karena selama ini menulis membuat kita merasa dekat di dunia maya (karena seringnya bertemu di dumay) ya kemudian berjumpa di dunia nyata.

      Makasih sudah mampir ya mbak :)

      Delete
  10. Senang bisa kopdar d rumahx k' ^^ terima kasih
    btw, blogger sekaligus penulis mang keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakaih Nu sdh datang ke rumah :)
      Keren ya .. hehehe

      Delete
  11. ini ga sekalian arisan umi??? ahahahaha seru seruuuu :D

    ReplyDelete
  12. Ah, senangnya bisa kopdar ^^ terima kasih semua sudah meluangkan waktu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih juga ya Ayu sudah bela2in nyari rumah :D
      Terimakasih, kopdar yang bermanfaat :)

      Delete
  13. Mau ikut jugaaaa... Asyiknya bicara2 ttg kepenulisan.. hikshiks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar kalo kopdar, ikut yah ... ^__^
      #cup cup cup#

      Delete
  14. Ndak cerita tentang Mama Sedja..hiks.
    Siapa suruh telat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah, mama Sedja benar2 telat. Itu baru diposting.
      #Eh, mamanya Athifah yang telat posting hehehe#

      Delete
  15. Di tunggu ide" kreatif lainnya Buu..

    ReplyDelete
  16. wah, blogger yg juga penulis... kereeenn...
    sayang saya ga punya komitmen yg cukup kuat untuk menulis -__-a

    ReplyDelete
  17. sampai sekarang, kopdar masih hanya dalam bayangan mbak.
    saya ibu 3 putra-putri yang tidak punya asisten, juga ga ada keluarga lain di rumah yang mungkin bisa bantu jagain anak2 sebentar kalau mau keluar.
    mungkin nanti, insyaAllah saat anak-anak sudah bisa ditinggal2 sejenak, pengen juga sekali2 kopdar apalagi klo bermanfaat seperti itu, tak hanya bertemu saja, tapi ada manfaat serta tujuan yang lebih mulia ke depannya setelah pertemuan. amiiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya mbak, mudah2an nanti bisa ... ada rencana ibu korwil pingin bikin pelatihan :)

      Delete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^