5 Kasus Mutasi Genetik di Dunia Nyata

Pernah dengar berita pohon pisang yang berbuah dengan cara tidak biasa, tidak? Misalnya ada yang berbuah pada batangnya atau buah pisang yang keluar dari pangkal batang yang telah ditebangnya[1]. Nah itu contoh mutasi genetik pada tumbuhan. Ada juga kasus seperti ini: manusia yang tubuhnya tinggi sekali atau sebaliknya, sangat kerdi. Ada juga orang jumlah jemari lebih dari lima. Nah, itu contoh kasus mutasi genetik pada manusia. 


Apa itu mutasi genetik? Mari ingat-ingat pelajaran IPA – Biologi kelas 3 SMA, yuk ...

Sumber gambar: www.sridianti.com
Mutasi genetik adalah perubahan yang terjadi pada bahan genetic (DNA maupun RNA), baik pada taraf urutan gen (disebut mutasi titik) maupun pada taraf kromosom. Mutasi pada tingkat kreomosomal biasanya disebut aberasi. Mutasi pada gen dapat mengarah pada munculnya alel (pasangan kromosom) baru dan menjadi dasar bagi kalangan pendukung evolusi mengenai munculnya variasi-variasi baru pada spesies.

Setiap manusia memiliki genome (genome: keseluruhan informasi genetik yang dimiliki suatu sel atau organisme, atau khususnya keseluruhan asam nukleat yang memuat informasi tersebut - wikipedia) yang berbeda. Oleh karena itu tidak ada dua orang yang secara biologis sama persis, bahkan yang kembar identik sekalipun. Perbedaan biologis ini yang terkadang membuat seseorang pada mutasi genetik yang sangat langka dan bahkan cenderung menakutkan. Ada beberapa penyebab seseorang menderita mutasi genetik, antara lain radiasi radioaktif, radiasi sinar X, radiasi matahari, bahan-bahan karsinogen, dan akibat senyawa kimia baik yang terhirup ataupun termakan.

Berikut ini 5 contoh mutasi genetik yang ada di dunia nyata:

1. Manusia Pohon
Mutasi genetik yang hingga kini belum ditemukan obatnya ini disebut  Lewandowsky-Lutz dysplasia, sebuah mutasi genetik yang sangat langka yang membuat infeksi human papillomavirus (HPV) menyebar keseluruh tubuh. Infeksi ini kemudian membuat papula (benjolan di kulit) tumbuh liar di tangan, kaki, wajah dan terlihat seperti kulit raksasa.

Dede Koswara (almarhum), manusia akar/manusi pohon. Sumber foto: bintang.com
2. Manusia Patung
Mutasi genetik ini disebut juga dengan Fibrodysplasia Ossificans Progressiva. Mutasi genetic ini bisa membuat penderitanya berubah menjadi “patung” karena jaringan tubuh yang rusak akan tumbuh menjadi tulang sehingga menjadi sulit untuk digerakkan. Jaringan tersebut termasuk otot, ligamen, dan tendon.

3. Sindrom Putri Duyung
Dalam bahasa latin kelainan ini disebut sirenomelia. Kelainan ini terjadi saat seorang bayi dilahirkan dengan kedua kaki yang dempet sehingga terlihat seperti putri duyung. Tetapi kebanyakan bayi yang terlahir dengan mutasi genetik seperti ini tidak bertahan lama karena biasanya juga menderita komplikasi kandung kemih dan ginjal yang menyatu.

4. Capit Lobster
Mutasi genetik ini dalam bahasa latin disebut  ectrodactyly, yaitu terpisahnya telapak tangan atau kaki yang disebabkan adanya kelainan pada kromosom tujuh. Hal ini membuat bagian telapak tangan/ kaki menghilang, sehingga kalau sekilas dilihat seperti capit.

5. Progeria
Progeria adalah penyakit yang disebabkan karena mutasi pada gen LMNA, sejenis protein yang menyuplai inti sel. Penderitanya mengalami percepatan penuaan. Mutasi genetik ini termasuk langka dan juga mematikan. Biasanya anak penderita progeria hanya mampu bertahan hingga usia 13 tahun karena penuaan yang dialaminya terlampau cepat. Penderita biasanya meninggal karena stroke, serangan jantung, dan ataupun penyakit lainnya yang biasa diderita oleh manula.

Itulah beberapa contoh mutasi genetika. Masih banyak lagi sebenarnya seperti gigantisme, dwarfisme, dan lain-lain. Lalu bagaimana sikap kita kalau bertemu orang yang menderita mutasi genetik? Biasa saja, yah kawan. Jangan memandang penderitanya secara under estimate atau yang bagaimanaa gitu. Semua orang pasti mendapatkan ujian dalam hidupnya. Mereka yang mengalami mutasi genetik pastilah orang-orang luar biasa sehingga Allah menitipkan ujian yang juga luar biasa. Mereka pasti punya kekuatan luar biasa atau hal istimewa dalam dirinya, yang membuat mereka mampu memikul ujian sebagai penderita mutasi genetik. Fokus saja kepada diri kita masing-masing dengan menelisiki ujian aoa yang tengah kita terima saat ini dalam kehidupan dan bagaimana menjalaninya.

Makassar, 1 Desember 2016






[1] Psst kalau mau baca lebih lengkapnya tentang pohon pisang yang tidak biasa silakan simak di tulisan berjudul 8 Pohon Pisang yang Berbuah Paling Aneh di Dunia di: http://www.lensaterkini.web.id/2014/10/8-pohon-pisang-yang-berbuah-paling-aneh.html


Share :

18 Komentar di "5 Kasus Mutasi Genetik di Dunia Nyata"

  1. ya Allah, cuma bisa husnuzon pasti ada hikmah dibalik segala sesuatu ya mba

    BalasHapus
  2. Hiks, jadi ingat masa kuliah pas ambil matkul Teratologi, ilmu tentang cacat janin. Sama seperti mbak Kania, hanya bisa husnuzon. Allah yang Maha Tahu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya Mbak. Ujian. Allah yang Maha Tahu.

      Hapus
  3. Ternyata yang seperti ini bukan hoax. Semoga yang mengalami diberi ketabahan

    BalasHapus
  4. Sebenarnya pemicu utama mutasi genetika itu apa sih? :(

    BalasHapus
  5. Cuma bisa berprasangka baik. :)

    BalasHapus
  6. Semoga kita senantiasa dilindungi dari penyakit aneh2

    BalasHapus
  7. Masyaa Allah, ternyata ada ya mutasi genetik kayak gitu..

    BalasHapus
  8. Seram juga ya mbak hahaha....mbak tolong bantu sarannya dong...sya ud mulai nyerah sama blog ini mbak... tolong ya :(

    BalasHapus
  9. Progeria ini kayanya pernah dibahas melalui film Robin Williams yang Jack itu ya. Dimana dia menua dengan cepat. Semacam film yang bersifat mengedukasi juga jadinya.

    BalasHapus
  10. ih ternyata ada kasus yang seperti ini yah

    BalasHapus
  11. Aku ngilu geli campur kasihan liat bang dede manusia akar ... semoga beliau di terima disisi Allah

    BalasHapus
  12. manusia pohon yang dari Indonesia udah meninggal, kasihan ya..

    BalasHapus

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^