My Life Began at Forty

Perempuan itu terus saja memanggil saya dengan sebutan “Dek”. Seperti biasa, saya merasa agak terganggu. Benarkah dia lebih tua daripada saya?


Malam itu, saya menghadiri acara penyuluhan kesehatan di masjid dekat rumah. Perempuan itu memberikan testimoni mengenai penyakit kanker yang dideritanya dan bagaimana dia sembuh. Karena tertarik dengan materi penyuluhan kesehatan dan kisah yang dia tuturkan bersama seorang kawannya, saya pun melontarkan beberapa pertanyaan.

“Ibu umurnya berapa?” tak bisa menahan rasa penasaran, akhirnya pertanyaan itu terlontar juga.

“Tiga puluh lima tahun, Dek,” percaya diri sekali dia menjawab.

Wew, usia saya tujuh tahun di atasnya. Berani-beraninya dia memanggil saya dengan sebutan DEK. Apa penerangan di dalam masjid kurang memadai baginya untuk melihat prototipe perempuan usia sangat dewasa sudah tampak jelas di wajah saya?

Haha, inilah satu kekonyolan saya. Saya tidak suka seenaknya dipanggil dek oleh orang yang usianya jauh lebih muda daripada saya. Karena bagi saya, menyapa seseorang haruslah proporsional. Itu menunjukkan seberapa peduli kita dengan perasaan orang lain. Rasulullah mengajarkan kita untuk memanggil orang dengan panggilan yang disukainya, kan?

Seharusnya bangga dong, ada yang mengira dirinya lebih tua daripada saya.

Bangga? Bersyukur, kali, tepatnya! No. Biasa saja, tidak perlu bangga. Bersyukur, sih iya. Bersyukur masih ada orang yang salah mengira usia saya.

Sejak memasuki usia 35, tujuh tahun yang lalu, saya sadar telah terjadi perubahan signifikan dalam tubuh, termasuk wajah saya. Kalau sepuluh tahun sebelumnya, bahkan orang muda sekali pun masih banyak yang menyapa saya dengan sebutan “Dek”, waktu usia saya masih berkisar 28 – 30-an awal, masih banyak yang mengira saya masih mahasiswa S1. Namun sejak usia 35 tahun, biasanya, dengan melihat wajah saja, orang menyapa saya dengan sebutan “Bu”. Karena kesan ibu-ibu sudah terlihat jelas di wajah saya. Tidak ada lagi yang salah mengira saya masih anak gadis. Kerutan sudah mulai terlihat samar di wajah, bercak-bercak berwarna gelap sudah menumbuh, bintik-bintik macam biang keringat suka tumbuh di wajah, dan elastisitas kulit wajah juga mulai berkurang.

Saya suka mengikuti diskusi yang menambah wawasan. Saya tidak malu orang tahu
usia saya 42 tahun. Saya nyaman dengan itu.
Kalau banyak perempuan makin tak mau diketahui tahun kelahirannya, dengan senang hati saya bersedia membagi-bagikannya kepada siapa saja tanpa diminta. Gratis dengan bonus cerita kelahiran yang saya dapatkan dari ibu saya, kalau perlu.

Supaya apa? Supaya tidak ada yang salah memanggil saya. Silakan memanggil dengan nama saja jika sepantaran atau lebih tua dengan/daripada saya. Silakan panggil “Kak” jika lebih muda atau jauh lebih muda daripada saya tapi jangan panggil saya tante ... eh? Biar sama-sama senang. Saya senang, anda senang. Eh, memangnya pengaruh dengan kesenangan orang lain?

Di atas dari urusan wajah, usia di atas 35 tahun merupakan momentum penting dalam kehidupan saya. Karena momentum itulah, sekarang saya punya yel pribadi: my life began at forty”. Menjelang usia 37 tahun, menulis menjadi passion saya. Saya pun memutuskan untuk aktif dan serius ngeblog. Sejak itu, nyaris tiada hari saya tanpa ngeblog. Berbagai manfaat saya rasakan berkat ngeblog, di antaranya kemudahan rezeki, perluasan jaringan pertemanan, dan self healing. Di usia 40, saya merasa semakin mantap dan nyaman dengan aktivitas ngeblog. Saya mempelajari seluk-beluk ngeblog, menerapkannya semampu saya, dan makin beroleh aneka manfaat termasuk jaringan pertemanan yang makin meluas sehingga makin banyak yang mengenal saya sebagai “mamak blogger dari/di Makassar”.

Kini, di #UsiaCantik 40 + 2, banyak berkah dalam kegiatan ngeblog yang saya geluti. Dalam usia ini, saya berusaha menulis dengan topik di seputar makna kehidupan dalam pandangan saya secara lebih mendalam. Berbekal konsistensi yang coba saya tegakkan, berbagai hal tak terduga masuk ke dalam pencapaian-pencapaian saya (baca di sini). Saya mencatat ada 3 hal yang menjadi alasan mengapa ngeblog di usia cantik itu berkah
  • Cukup banyak pengalaman kehidupan yang bisa ditulis dan dibagikan.
  • Saat untuk belajar menjadi bijak dan memang secara usia sudah pantas untuk menulis seputar kebijakan.
  • Masih bisa berusaha menyaru sebagai kakak kepada mereka yang sudah pantas menyapa dengan ...  “tante”.

Jangan tertawa membaca yang nomor tiga, yah. Bagi saya itu perlu supaya bisa lebih akrab dengan banyak teman. Kebanyakan kawan baru saya kalangan muda usia. Masih mahasiswa, usia 20 hingga 30-an. Sebutan “Bu” terasa begitu formal dan menjauhkan jarak. Berbeda dengan sebutan “Kak” yang terasa memendekkan jarak, membuat saya bisa bersikap selayaknya kakak yang bisa ngakak bareng, menasihati dengan cara yang lebih asyik – bukannya dengan petuah sok bijak, atau pun bisa memarahi adik yang nakal. Menjadi “ibu” atau “bunda” bagi mereka, membuat saya merasa harus lebih menjaga sikap agar tak terlihat kekanak-kanakan di hadapan mereka padahal saya ini bisa sesekali bersikap konyol dan kekanak-kanakan juga.

Sebenarnya saya happy-happy saja dengan semua itu. Tapiiiii, ada satu masalah. Makin ke sini, koq makin tidak enak melihat wajah sendiri di cermin dalam jarak yang  sangat dekat. Jangan sampai suami merasa eneg juga melihat wajah saya. Waduh. Ini warning keras untuk perawatan wajah. Perlu juga kan menyamarkan kerutan di wajah, biar bisa lebih lama menyaru sebagai kakak dan biar makin disayang suami juga kaan.



Kemudian saya menemukan Revitalift Dermalift Centella Asiatica. Revitalift Dermalift Centella Asiatica ini merupakan keluaran terbaru dari L'Oreal Paris Skin Expert dengan kandungan tanaman Centella Asiatica, Pro Retinol A, dan Dermalift Technology. Komponen-komponen penyusun produk ini secara bersama akan menghasilkan manfaat yang dapat mengurangi kerutan sebanyak 27% dan meningkatkan kekencangan sebanyak 35% di 8 zona utama wajah. Apa saja 8 zona utama wajah itu? Ini dia: di dahi, di antara alis, kontur mata, kerutan ujung luar mata, pipi, garis senyum, rahang, dan leher. Wow.

Saya memakai krim pagi/siang, krim malam, dan milky cleansing foam (sabun wajah)-nya. Alhamdulillah, kini kulit wajah berasa lebih kenyal dan terlihat lebih cling. Kulit wajah saya yang biasanya cenderung kering jadi terasa lebih lembab dan halus. Bintik-bintik berwarna gelap pun makin tersamarkan warnanya. Kandungan dermalift-nya membantu merawat/menegangkan kekencangan kulit. Pro retinol A-nya membantu menyamarkan/mengurangi kerutan/kedutan pada kulit. Dan kandungan centella asiatica-nya membuat kulit terasa lebih kenyal. Produk ini juga memberikan perlindungan terhadap UVA & UVB untuk mencegah penuaan dini Kini, makin mudah mendapatkan Revitalift Dermalift Centella Asiatica, saya rekomendasikan satu link untuk belanja online ya kawan, yaitu di sini.

Well, itulah kisah saya di usia cantik kini. Kalau dulu, saya tidak begitu memerhatikan urusan kecantikan kulit, saat ini sudah harus memerhatikan. Bukan sekadar supaya kelihatan cantik. Bukaan. Cantik mah relatif, teman. Sebenarnya, karena kecantikan kulit itu identik dengan perawatan kulit yang juga identik dengan kesehatan kulit. Tentunya produk yang dipilih yang aman dan berkualitas, dong seperti #LorealDermalift.


Hanya itu saja? Tidak, dong. Tentunya harus diimbangi dengan hal-hal lain juga, seperti makanan yang sudah harus dijaga polanya, pola pikir yang mestinya positif, daan mestinya makin dekat ke Sang Maha Pencipta yah biar usia cantik ini makin bermakna. Ada tambahan lain?


Makassar, 30 Oktober 2016

Psst ada lomba blog bertema #UsiaCantik, lho di bulan November ini. Yang bukan usia cantik boleh ikut. Simak di sini. :)


Share :

122 Komentar di "My Life Began at Forty"

  1. Kak mugniar, prestasinya cetarr..belum kesampaian ya kita ketemu..peluuk..semoga ada rezeki daku bisa pulkam kak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, nih kapan bisa ke Makassar Mbak Dew? :D

      Hapus
    2. Banyak wanita emosi jika ditanya usianya.
      Tersinggung, makanya jangan pernah tanya usia kepada wanita.

      Hapus
    3. Saya tidak, lho Mas Djangkaru. Silakan tanya usia saya wkwkwk.

      Hapus
  2. Wuih aku tertipu. Aku kira Mbak Niar belum masuk usia 40 tahun. Seger, cantik, dan imut sih. Aktif banget pula. Saluuuut.

    Setuju, mbak. Kita harus rajin merawat diri ya. Bukan untuk keliatan cantik. Tapi sebagai usaha menjaga dan mensyukuri karunia yang sudah diterima. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss. Suka dengan paragraf terakhirnya :)

      Hapus
    2. Aku juga tertipu saya umurnya brkisar 35 thun. Pas baca ini meleset jauh..

      Salah sangka nih diriku mba kwkw

      Hapus
  3. Saya manggil 'kakak' bukan krn umur loh kak..,tapi lebih krn pengalaman dan ilmu ta lebih banyak dari saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena umur pun, ndak mengapa, Vit hehehe.

      Hapus
    2. Dalam rangka menghormati. Kan kita ngga tau kalo yg bersangkutan masih mudah atau lebih tua dari kita.

      Iya ngga? Maaf kalo diriku juga salah sebut lagi

      Hapus
  4. Iyaa, harusnya mba Niar happy dungs dipanggil Dek. Hihii. Setuju banget kalau menjaga kecantikan memang harus dari dalam juga ya mba. Tak hanay fisik saja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi saya happy-nya kalo yang manggil DEK memang lebih muda, Mbak ...

      Hapus
  5. Ceritanya lucu dan inspiratif, Mbak. Aku senang sama orang yang nggak nutup-nutupin usia. Buat apa juga, ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya ... kan bisa makin akrab karena sudah terbuka soal usia.
      Eh iyakah? Hihi

      Hapus
  6. Alhamdulillah adinda telah berhasil menulis banyak hal di usia yg telatif lebih muda dibanding saya, jangan cemberut yah dipanggil adinda krn memang pantas untk itu oleh org seusia saya, sayapun tak malu menyebutkan usia saya,52 thn keren kan sayangnya sangat terlambat menulis apalagi ngeblog dibanding adinda, tapi sy selalu menyemangati diri sendiri, tidak ada kata terlambat. Produk tsb bisa jugakah dipakai oleh ibu seusia saya atau ada alternatif lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Kak ... hehe jadi saling tahu umur yah. Masih banyak kakak2 seperti kita' yang berkarya lewat blog, bahkan Bunda Yati, bisa ... Bunda Yati itu bundanya para blogger :)

      Hapus
  7. Saya suka ini, saya suka ini.
    Fokuslah pada seberapa produktifnya kita, bukan soal usia. Gak usahlah malu dengan usia, ah..itu udah pasti kan. Yup, nanti akan saya masukkan list juga produk ini. Soalnya saya juga nanti masuk #UsiaCantik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeayy toss Mbak Lidha. Yup, untuk produktif, tidak ada kata terlalu tua :)

      Hapus
  8. Waaah boleh niih produknya.. 😊😊

    BalasHapus
  9. Saya masih lama memasuki usia cantik, Kak. Jadi suka minder sendiri kalau ada yg sudah usia cantik (di atas 40) tapi wajah masih terlihat muda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, L'Oreal yang saya ceritakan di atas cocok tuh Mbak Uwien :)

      Hapus
  10. Wah Mba satu ini memang kerwn di usia cantiknya...penuh inspirasi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dirimu juga keren Mbak Ida ^_^

      Hapus
  11. #UsiaCantik itu tidak hanya di wajah tapi juga di hatinya ya kak :*

    BalasHapus
  12. Beda 10 tahunki ternyata, Bunda...
    Dan saya sudah terlihat tua hehehe

    BalasHapus
  13. Di usia cantik malah makin produktif ya mbaaa

    BalasHapus
  14. Manggilnya harus bunda ya, biar ga salah nebak.

    BalasHapus
  15. aaa aku padamuu kakaa...
    seneng liat kak niar yg makin keren di usia cantik ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku padamu Mak Inaaa. Dirimu keren jugaa

      Hapus
  16. Aih... kelihatan lebih muda dari aku ...
    Ga nyangka uda 40 plus...

    Suka dengan kuotenya cara asyik nulis ya ngeblog..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mak, ngeblog itu cara nulis paling asyik :D

      Hapus
  17. betul bgt mba Niar, pola pikir dan makanan juga harus sehat. kalau tidak ,melakukan perawtan kulit akan percuma ya

    BalasHapus
  18. waahahha bener sih, emang kadang keriput gabisa diumpetin ya mbak :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaah akanya sebagian orang merasa perlu menyamarkannya :D

      Hapus
  19. Wah mba mugniar selain usianya cantik tp cantik juga hatinya.. menebar kebaikan dmn2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh ... masih berusaha koq Mbak hehehe

      Hapus
  20. Waahh mba niar, saya juga ngira masih kisaran tiga puluh sekian lhoo

    BalasHapus
    Balasan
    1. 30 pulu Mbak ... 30 lebih ... lebihnya lebih dari 10 tahun hehehe

      Hapus
  21. Saya udah kenal Mba Mugniar sejak lama, sejak mulai ngeblog. Gak nyangka ternyata mba Niar udah berusia di atas 40, kliatan awet muda. Ternyata harus pinter ngerawat kulit dan mengatur pola hidup yg sehat ya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya baru belakangan ini lebih perhatian, Mbak .. sebelumnya cuek dengan perawatan :)

      Hapus
  22. Wah prestasinya mbak Mugniar ga main-main nih ☺️ Keren mbak, sudah 40+ tp ga kelihatan sama sekali loh πŸ™πŸ»

    BalasHapus
  23. Sejak awal kenal Mugniar ini, aku selalu kagum dengan keaktifan dia menulis. Selalu banjir ide, bahkan ide untuk menulisnya seperti tidak terbendung. Luar biasa keren.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aih Mbak Ade jauh lebih keren.

      Hapus
  24. Nah, ini dia teman sebaya aku.. *toss!
    Sejujurnya, seperti dirimu ya, aku juga sempat khawatir dengan kulit kusam, kerutan halus dan flek di wajah.Tapi, alhamdulillah ketemu Loreal Revitalift. Baru pakai jelang dua minggu kulit terasa lembab, kenyal dan cerah. Nggak kusam lagi. Bahagia banget rasanya. Meski usia udah cantik, tampilan bisa tetap cantik juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahhay toss, sebaya :D
      Iya benar Mbak Waya, terasa sekali ya efeknya, walau belum begitu lama memakainya

      Hapus
  25. Produk dari Loreal memang bagus dan berkualitas semua ya mbak, istri saya juga sering make produk dari Loreal...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, tidak diragukan lagi kalo L'Oreal

      Hapus
  26. Mba, boong banget udah 42... Coba sini mana KTPnya XD
    Aku kayaknya jauh dari bijak nih mba hhihihi, tapi anehnya banyak yg minta saran sama aku... apakah itu tanda2 aku menua?

    BalasHapus
    Balasan
    1. *sodorin akte kelahiran*
      wkwkwk Mbak Sandra

      Ih, banyak yang minta saran itu berarti karena bijak dong Mbaaak.

      Hapus
  27. aih... jadi pengen nyobain, soalnya mulai ada nih kerutan tipis di wajah :)

    BalasHapus
  28. Salut sama prestasi-prestasinya Mbak. Umur saya hanya beda beberapa tahun saja dengan Mbak, tapi prestasinya kalah jauhhhh wkwkwk. Setelah membaca ini, jadi tambah semangat nih untuk berkarya wkwkwk...

    BalasHapus
  29. Mbak Niar itu super keren... TOP banget deh. Rajin menulis dan tulisannya cerdas. Awet muda pula. Wes, pokoke diborong kuabeh ini, saya "mengintili"di belakangmu

    BalasHapus
  30. ngga percayaaa.. saya kira 34-35 tahun lho Mbaa.. beneraaan.. :)

    BalasHapus
  31. Wuihhh..40-an betulanmi kah?
    #ndakpercaya

    BalasHapus
  32. Mak Mugniar keren, wajahh cantik, prestasi sudah banyak.
    Sukses terus di Usia Cantik ya

    BalasHapus
  33. Kak, biasanya mulai pakai ini di usia berapa? Aku sudah hampir 30 tahun nih. :)

    BalasHapus
  34. Betul ya Mba, ngeblog di usia matang lebih banyak pengalaman yang bisa dishare, prestasinya Mba mugniar begitu luar biasa, sukses ya, saya pun pake loreal

    BalasHapus
  35. akupun tetap nyaman di usia cantik :)

    BalasHapus
  36. wuihhh,,kerenx ini tulisan Dek Mugniar,,jd mengingatkan pengalaman pribadi di panggil Dek jg :)

    BalasHapus
  37. Mbak mah prestasinya cetar, keren... Usia cantik semoga menjadi tambah dalam kebijaksaan dan kearifan hidup. Amin

    BalasHapus
  38. Kalau saya, pake anti aging produk lain.

    BalasHapus
  39. Mba Niar imut, awet muda, Cerdas dan aktif. Inspirasi buat akuuu

    BalasHapus
  40. Kalau gak tau usia seseorang, biasanya saya lebih memanggil Mbak/Mas. Lebih aman hihihi.

    Berarti terbukti kalau Mbak Niar lebih awet muda sampe dipanggil 'Dek' sama yang usianya 7 tahun lebih muda :D

    BalasHapus
  41. Kak Niar emang dari dulu cantiiik, saya siap jadi saksi :D

    BalasHapus
  42. Yeeeay keren, salut banget ama mbk.Mugniar ini sudah cakeeep dan punya prestasi luar biasa.Patut dijadikan suri tauladan deh, blogger wanita tangguh😊

    BalasHapus
  43. Usia hanyalah angka ya mak, keren deh mak Mugniar ini cantik dan hebat

    BalasHapus
  44. Nggak percaya mbak mugniar umurnya udah segitu,wah harus panggil kk yaa

    BalasHapus
  45. aku mau pake jugaaa, biar awet kece seperti kak Niar :)

    bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
  46. Aku sih tiga puluh (lebihnya dibatin saja) :D
    Kata temen, life begin at forty, yaaah, klo forty naek mersedes forty masih muda laaah, klo forty naek motor bebek yaaa, sudah cukup tuaaa...
    #jleb

    BalasHapus
  47. aku juga begitu mbak.. ada yang manggil dek padahal usiaku lebih tua, tapi kadang dipanggil ibu aku juga keberatan karena pengen di panggil kakak haha :D

    BalasHapus
  48. Saya sepakat dengan selalu berpikir positif, Mak :)

    BalasHapus
  49. Mak Niar ini imut, gak nyangka udah 35 plus2... kirain seumuran haha. Kuncinya selalu berpikir positif ya, Mak.

    BalasHapus
  50. Motto hidupku juga Life begin at fourty.. Usia tsb aku menemukan kematangan dlm hidup.. Baik kematangan cara berfikir maupun berperilaku..

    BalasHapus
  51. Usia cantik..peestasi juga cantikk..😊

    BalasHapus
  52. Deh Kak suka ku saya dipanggil dek sama yang lebih muda 😌 biasanya langsung dipanggil kak karena gendong ghaza πŸ˜‚ biar yang lebih tua panggil tong kak 😭

    BalasHapus
  53. kak mugniar keren bgt prestasinya. one of my inspiration

    BalasHapus
  54. Tulisan mba Mugniar selalu meninggalkan satu kesan yang mendalam.

    Semoga di #usiacantik makin membuat kita bersyukur atas segala nikmat dan pencapaian selama ini.

    Kereeen mba... ^^

    BalasHapus
  55. Mbak Niar nggak keliatan kok udah 40+2. Mungkin, selain perawatan wajah yang cocok, self healing lewat menulis, itu membuat tampak selalu awet muda :)

    BalasHapus
  56. Oke aku panggil kakak aja,hihi. Masih pantes juga dipanggil demikian karena masih awet muda sungguuuh.. *langsung ngaca*

    BalasHapus
  57. Sayangnya kosmetiknya cuma buat cewek ya Mugniar? Coba kalau ada yang buat cowok juga, bisa-bisa saya yang sudah diatas kepala 6 ini bisa balik ke kepala 4 lagi... hehehe

    BalasHapus
  58. Mba Mugni, pingin rasanya bisa bertemu secara langsung deh :)

    BalasHapus
  59. Kak Niar, salah satu perempuan yang menginspirasiku :)

    BalasHapus
  60. Dan saya semakin banyak belajar juga dari Bunda Niar...

    BalasHapus
  61. Semakin bertambah usia..semakin banyak prestasi nih 😊 good luck kak niar....

    BalasHapus
  62. Tapi masih banyak blogger yang belum ihklas karya tulisannya dicopas orang, marah-marah sambil mengunpat. Diwidgetnya tertera nama-nama pencuri yang dianggap teleh mencuri artikelnya.
    Aku sendiri bingung, apakah blog memang tempat yang layak untuk menulis.
    Usia genteng boleh ikut ??

    BalasHapus
  63. Maunya seperti kak Niar... Wanita 42 thn yg semangatnya melebihi anak muda 25 thn

    BalasHapus
  64. Saya pernah dengar, usia dewasa dan matang mulai dari 40-an, seperti Rasulullah yang menerima wahyu pada usia 40 tahun. Maka, usia tersebut bisa dikatakan sebagai ekspresi usia cantik lahir dan batin.

    BalasHapus
  65. Saya juga kak terus terang tidak begitu senang dipanggil dengan kata "ibu" krn sy blom jadi ibu2 n rasanya tua bgt hehehe... Lbh senang dipanggil "kakak" atau "mbak" apalg d panggil "dek"

    Memasuki usia 30 apalagi yg sdh 40an mmg perlu perawatan biar tampak awet muda...

    Semoga awet mudah trus kak dan sukses lombanya 😊

    BalasHapus
  66. Kak Niar selalu cantik lahir batin. Sarat prestasi tapi tetep humble

    BalasHapus
  67. Nuniek Fardianty7 Desember 2016 10.47

    Tulisan yang menginspirasi (as always).

    Btw, ternyata itu krim rahasia cantik dan awet mudanya yaa.. mau beli aahh, kebetulan krim ku lagi habis..

    makasih info peoduknya yaa say 😊😊😊

    BalasHapus
  68. Semoga kak Niar panjang umur agar makin banyak inspirasi yang ditebarkan. Aamiin

    BalasHapus
  69. Sangat menginspirasi sekali tulisannya Mba Mugniar.. semoga blognya selalu bermanfaat bagi banyak orang.

    BalasHapus
  70. Tulisan yang menarik... saya sampai minta istri ikut baca artikel ta' ...

    BalasHapus
  71. Tante shopper, kapan ya kita kopdar. Hihihi. Tapi aku dipanggil dek ya.

    BalasHapus
  72. Yang jelas tetap produktif di usia cantik dong ��

    BalasHapus
  73. Kirain kita seumuran, ternyata aku lebih muda 4 tahun *malu*

    -de-
    Masrafa.com

    BalasHapus
  74. Sehat2 terus kak niar..andalan memang kakak satu ini 😘

    BalasHapus
  75. oh gitu ya mbak, wah mbak niar sih akan terlihat cantik krn punya prestasi banyak juga bikin terpancara auranya

    BalasHapus
  76. Kecantikan dari wajah akan terpancar jika kita percaya dirinya dan menginspirasi seperti mba Niar :)

    BalasHapus
  77. wah... saya malah kebaliak, sering di bilang mbak atau ibu. hehehe sehat terus kakak

    BalasHapus
  78. Sy selalu salut dengan keseriusan kak niar ngeblog. Awet muda jg. Good luck lombanya kak :)

    BalasHapus
  79. Kalau saya udah cocok pakai ini?
    Usia cantik ta makin kita bersinar ya Bunda

    BalasHapus
  80. Umur saya 33tahun, tepatnya 14 Maret 1983. Semoga informasi ini bermanfaat.
    Hehehehe, maaf kak. Alur tulisannya keren. Nanti saya juga akan tulis #UsiaGanteng nggak mau kalah, eh.

    BalasHapus
  81. Tahun depan saya sudah 40...pingin awet muda kayak mbak Niar

    BalasHapus
  82. Kakakkss.. Tapi emang sih perempuan diatas 37 tahun itu kesannya oke bnget..apalgi yg pintar merawat diri..hehe

    BalasHapus
  83. ahh beneran usianya 40 tahun mbak..ya alloh terlihat lebih mudah loh dari umurnya hehehe

    BalasHapus
  84. Usia Cantik....hm...apa tutu...?

    BalasHapus
  85. Masa sih Kak Niar udah 40an? masih 30an kali, Mbak. Awet mudaaa :D

    BalasHapus
  86. gak pervaya kalo usia mba 40 an saya lait usia mba itu 30 :v

    BalasHapus
  87. Mba kan emang imut & awet muda :)

    BalasHapus

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^