3 Tempat Wisata Unik di Solo yang Wajib Dikunjungi oleh Traveler

Ada beberapa tempat di Indonesia yang mengundang rasa penasaran saya untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Yogyakarta atau Jogja. Walau sudah pernah satu kali ke sana, saya masih penasaran. Selain Jogja, ada satu daerah di pulau Jawa, yang provinsinya bersebelahan dengan Jogja yang bikin saya penasaran. Nama daerahnya adalah Solo. Solo sudah menggugah saya sejak mengetahui lagu Bengawan Solo yang menggambarkan Sungai Bengawan Solo.



Tidak jauh berbeda dengan Jogja, Solo juga menyimpan banyak sekali tempat wisata yang unik dan jarang diketahui banyak orang. Di tempat ini, kita bisa menemukan beraneka ragam destinasi wisata. Bagi yang menyukai wisata sejarah bisa berburu candi-candi yang sebagian besar masih tersembunyi. Sedangkan penyuka wisata alam bisa menjelajah ke hutan untuk menemukan air terjun yang sangat memukau.

Mengunjungi Solo katanya akan membuat kita merasakan pengalaman yang menakjubkan. Aneka destinasi wisata di tempat ini bakalan membuat kita jatuh hati dan terus-menerus ingin kembali. Berikut ini bocoran tiga tempat wisata unik di/tak begitu jauh dari Solo yang bisa dijadikan referensi untuk menghabiskan liburan di Solo dan sekitarnya:

Candi Sukuh


Yang menyebabkan Candi Sukuh sangat unik jika dibandingkan dengan candi yang lain adalah letaknya yang sangat tinggi. Candi yang konon dibangun pada abad ke-15 ini berada di ketinggian 1.200 mdpl dan tepat berada di lereng Gunung Lawu yang berudara sejuk. Mengunjungi Candi Sukuh akan membuat betah karena suasana di sekitar candi masih sangat asri sebab dipenuhi pepohonan hutan.

Sumber : www.triptrus.com
Selain masalah ketinggian, candi ini juga memiliki punden berundak yang cukup unik. Jika dilihat-lihat mirip sekali dengan bangunan suku Inca atau bahkan piramida di Mesir. Pengunjung bisa naik ke atas candi yang dahulu digunakan untuk persembahan. Oh ya, di candi ini banyak sekali relief yang menunjukkan organ kelamin pria dan wanita yang disebut sebagai lingga dan yoni. Hal ini bisa dimaklumi karena kedua simbol tersebut dianggap sebagai keberuntungan di masa lalu.

Museum Purbakala Sangiran


Bagi mereka yang menyukai hal-hal berbau purbakala, tempat ini adalah surga. Di museum ini, bisa ditemukan banyak sekali peninggalan sejarah dari zaman purba yang ada di kawasan Sangiran. Fosil-fosil manusia purba serta hewan yang hidup di masa lalu dipajang di setiap sudut museum.

Sumber: Wikipedia
Meski jarang dikunjungi dan kurang diminati banyak orang, museum ini memiliki nilai pendidikan yang tinggi. Bayangkan saja, tempat ini menyimpan banyak sekali fosil yang tidak bisa ditemukan di daerah lain. Bahkan, ada yang menyebut bahwa Museum Purbakala Sangiran adalah museum terlengkap di kawasan Asia. Di tempat ini kita bisa mempelajari perkembangan manusia purba yang bisa saja menjadi nenek moyang kita di zaman prasejarah.

Air Terjun Jumog


Air terjun Jumog adalah salah satu air terjun terbaik yang terletak 40 km dari pusat Kota Solo. Di tempat ini, kabarnya kita bisa menemukan air terjun yang indah dengan bagian kiri dan kanannya merupakan hutan yang masih sangat lebat.

Sumber : jalankemana.com
Akses untuk ke kawasan ini cukup susah. Pengunjung harus naik angkutan umum beberapa kali dari Solo ke Tawangmangu dilanjutkan ke Ngargoyoso, dan berakhir di Karangpandan. Dari sini, Anda bisa naik ojek melalui kawasan hutan yang rimbun sebelum akhirnya sampai di pintu masuk air terjun.

Itulah tiga tempat wisata unik di Solo yang konon masih jarang didatangi oleh banyak orang. Kalau Anda ingin mengunjungi semua tempat wisata di atas, disarankan untuk menginap selama beberapa hari di Solo. Di kota ini, bisa booking hotel murah yang nyaman sejak beberapa minggu sebelum perjalanan wisata dilaksanakan.

Kalau bingung untuk memilih hotel yang murah di Solo, cobalah untuk menggunakan layanan Airy Rooms. Operator hotel virtual ini memiliki jaringan hotel terluas di Indonesia sehingga mudah untuk ditemukan dan kerap melayani para budget traveler.


Untuk masalah fasilitas, kita tidak perlu khawatir, hotel-hotel yang tergabung dengan Airy Rooms memiliki fasilitas yang lengkap, seperti AC, kamar yang bersih, hot shower, hingga TV LCD. Terakhir, untuk memesannya, hanya perlu mengaksesnya melalui website,  aplikasi android, hingga menghubungi langsung customer service atau melalui WhatsApp.

Asyik dan mudah ternyata ya, untuk ke Solo di zaman sekarang?


Makassar, 13 September 2016


Share :

14 Komentar di "3 Tempat Wisata Unik di Solo yang Wajib Dikunjungi oleh Traveler "

  1. waaah, berulang kali ke Solo tapi malah belum pernah ke tempat-tempat ini. thanks rekomendasinya ya:)

    ReplyDelete
  2. Kemana2 skrg gampang ya kak, sisa duitnya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha betul skali. Apa-apa gampang asal ada duit.

      Delete
  3. waah..kel. bapakku wong solo kabeh
    Tapi kalo diajak jalan2 hanua ke Sangiran aja, ampe bosen xizizi

    nanti2 minta anter ke air terjun jumog aahhh..

    ReplyDelete
  4. Wah aku belom ke jumong. Sekarang perut udh gede ga bisa jauh2 perginya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. TEnaaang. Nanti kalau dah lahiran jalan lagiii :D

      Delete
  5. Catet, ah, suatu saat semoga bisa ke tempat2 ini.

    ReplyDelete
  6. sebenrnya 3 tempat td agak jauh dari solo sih mbak, aku mlh anggabnya luar kota krn lumayan jauh :D.. hihihihi, makanya kalo ke solo aku lbh seneng kulineran, makanya 3 tempat td jujurnya blm prnh dtgin sih :D hahahah, malu jg sbgai istri yg suaminya solo asli :D ..ntr ah, kalo ke solo lg mau kesana... tp yg paling pgn bgt didatangin, museum sangiran itu.. aku penasaran bgt udh lama.. tp ga jd2 aja pas dtg kmrn ;(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Owh .... lain kali kalo ke sana, saya nitip foto2 saja ya Mbaak. Mudah2an bisa ke sana juga nanti.

      Delete
  7. Noted! kalau ke Solo, mampir ke tempat-tempat ini ah... Makasih infonya Mbak :)

    ReplyDelete
  8. Saya cuma pernah ke Air Terjun Jumog, tempatnya asri banget,,

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^