Pengalaman Pentingnya Dukungan Support System Saat Melahirkan

Pengalaman Pentingnya Dukungan Support System Saat Melahirkan – Video dari page Facebook milik Dokter Indra Tarigan, dokter spesialis kebidanan dan kandungan di Langkat, Sumatera Utara lewat di beranda Facebook saya. Video yang tayang 18 Februari itu menggambarkan proses perjuangan seorang ibu mudah berusia 16 tahun melahirkan bayi pertamanya. Suaminya yang berumur 17 tahun setia menemani di sisinya dan membantu istrinya memperjuangkan kehidupan bayi mungil mereka.

Dukungan Support System Saat Melahirkan


Dokter Indra terlihat begitu tulus memperlakukan bayi yang baru lahir dalam berkomunikasi dengan pasiennya. Dia juga memberikan nasihat kepada kedua orang tua baru tersebut. Saya melihat video-video lainnya. Dokter yang selalu ceria ini juga terlihat sama tulusnya dan perhatiannya kepada pasien dan bayinya.

Mau tak mau, ketika melihat video yang ada proses melahirkan di dalamnya itu membuat saya flash back. Tiga kali melahirkan normal, alhamdulilah ditemani suami yang rela jadi pendorong tubuh ketika harus mengejan. Rela kena cengkraman kuku istrinya yang butuh tambahan kekuatan saat dorongan dari dalam rahim kuat sekali untuk mengejan dan sesekali memberikan minuman saat tenggorokan kering.

Melahirkan pertama kali hampir 23 tahun lalu, bayi kami terjebak selama 30 menit di jalan lahir dengan 2 lilitan tali pusar yang nyaris mencekik lehernya. Terasa kepalanya keluar-masuk berulang kali di jalan lahir. Setelah diteliti oleh bidan Olla melalui alat-alat canggih yang terpasang di tubuh saya dan mengintip ke dalam mulut rahim, bidan tersebut menemukan cara yang tepat untuk membantu saya melahirkan. Alhamdulillah saya merasaa terbantu menjadi lebih kuat dengan adanya Bidan Olla yang tenang dan sabar hingga berhasil melahirkan Affiq secara normal.

Melahirkan kedua kali, prosesnya sangat cepat. Dalam hitungan normal, seharusnya bayi baru keluar berjam-jam kemudian namun Athifah berhasil lahir. Wajahnya putih bersih, matanya sipit mungkin karena ketarik pipi bulatnya. Usai melahirkan, secara diam-diam bidan mempersiapkan susu formula tanpa bertanya terlebih dulu kepada kami apakah inginnya memberikan ASI atau susu formula.

Mendengar ada kasak-kusuk “susu formula” di ruang belakang, spontan kami mengungkapkan penolakan. Bu bidan menganjurkan kami untuk memberikan susu formula karena katanya bayi baru lahir biasanya berwarna kuning. Alhamdulillah, kami satu suara keukeuh menolak pemberian susu formula. Kami sudah punya pengalaman mengASIhi anak sulung, masa tega memilih susu sapi untuk anak kedua? Akhirnya bu bidan cuma bisa gigit jari.

Melahirkan ketiga kali, harus operasi tanpa bius di jalan lahir sebab ada pendarahan dalam pada dinding vagina akibat varises vagina akhirnya membuat saya terbantu menjadi kuat dengan Dokter Fatma yang tenang, sabar, dan cekatan serta dijenguk Dokter Anna yang mau meluangkan waktunya. Saya didampingi 2 dokter sebab saat kontrol rutin ke Dokter Anna Sari Dewi dan melahirkan di rumah bersalin tempat Dokter Fatma bertugas.

Tak kalah pentingnya ... selalu ada dua ibu selalu ada di depan ruang bersalin dengan melangitkan doa-doa mereka. Ibu saya yang mudah panik tetap berusaha bersabar selama proses menunggu. Ibu mertua yang memang sabar juga berusaha menguasai kegelisahannya dengan tetap bersabar.

Cerita melahirkan itu tidak akan pernah terlupakan ya. Akan jadi kenangan manis ketika support system sigap dan ikhlas. Banyak-banyak terima kasih support system-ku, terkhusus kepada suami yang tidak pernah berkeberatan ikut merasakan rasa mual-mual di awal kehamilan hingga bersama-sama merawat anak-anak kami sejak bayi.

Makassar, 23 Februari 2024



Share :

1 Komentar di "Pengalaman Pentingnya Dukungan Support System Saat Melahirkan"

  1. Betul ya, apalagi aku merantau jauh dari ibu dan mertua , jadi dukungan suami itu sangat membantu

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^