Mungkin Tol Langitnya Demikian

Mungkin Tol Langitnya Demikian – Saya menyenangi obrolan dengan seorang kawan yang jarak usianya cukup jauh. Saya memahami beberapa hal seperti apa yang dia tuturkan. Kami dalam persepsi yang sama, kurang lebih begitu. Ketika dia mengatakan dia akrab dengan seorang tokoh karena melihat sisi manusiawinya, lengkap sepaket kelebihan beserta kekurangan, saya pun demikian. Saya menghargai relasi yang mana saya sudah melihat dua sisi seseorang, selama sisi jeleknya tak membuat orang lain mudharat.

Maka ketika dia menceritakan mengenai sejumlah aktivitas kesehariannya saat ini, mulai dari bisnis dan aktivitas sosial-politiknya, saya pun memahaminya. Dia mengatakan tak seperti dulu lagi, dia tak mengakrabi komputer sebagaimana dulu komputer menjadi bagian dari pekerjaannya sehari-hari.

Tol Langit

Dia menceritakan beberapa aktivitas keseharian yang dinikmatinya dan dengan mudah saya memahaminya sebagai jalan kehidupannya – mungkin “tol langitnya” demikian. Semua aktivitas keseharian sebagai seorang ayah dijalaninya dengan senang hati, tanpa beban – terbukti pula dari volume tubuhnya yang mengembang. Keceriannya dalam bercerita membuat saya menyimpulkan semua aktivitasnya seperti passion saja baginya.

Maka ketika dia menceritakan seseorang mengatakan “Masa kamu begini-begini saja” saya agak mengernyitkan kening. Tanggapan seperti itu buat saya seperti tanggapan seseorang terhadap orang lain dari sepatunya sendiri karena beda standard kesuksesannya. Hanya karena sekarang seseorang itu dengan mudahnya wara-wiri ke luar negeri, bukan berarti standard kesuksesan setiap orang pun demikian.

Kami ngobrol cukup lama pagi itu di lobi hotel tempat saya menginap. Teman yang saya anggap adik ini bela-belain mengunjungi saya menjelang saya balik ke Makassar September lalu. “Selfie, yuk,” ajak saya. “Ndak usah mi di share di grup, Kak,” ujarnya. “Nanti saya kasih lihat Kak Chullink saja palek,” ujar saya lagi. Saya mengatakan akan memperlihatkan foto kami pada suami saya yang juga mengenalnya dengan baik.

Sewaktu masih tinggal di Makassar dulu, beberapa kali dia main ke rumah kami dan berbincang lama dengan kami. Sekian tahun tak bertemu, rupanya obrolan panjang kami masih bisa sefrekuensi. Senang dikunjungi olehnya padahal sudah saya sampaikan tidak usah memaksakan diri, dia tetap mengupayakan mengunjungi saya.

Beberapa waktu yang lalu, seorang kawan baik menawarkan kerja sama yang menarik. Saya ditawarkan untuk mengikuti pelatihan yang nantinya bisa menjadi bekal untuk menjadi konsultan dalam bidang pendidikan. Saya yang memang menyenangi bidang pendidikan dan pengembangan diri merasa tertarik.

Tapi …

Setelah menimbang konsekuensinya, saya tahu kesibukan seperti apa yang akan saya jalani jika mengambil tawarannya. Saya katakan padanya, saya minta waktu untuk menjawab tawaran itu karena saya butuh melakukan shalat istikharah dulu. Saya butuh bertanya pada Allah, apakah baik untuk saya mengambil tawaran itu atau tidak.

“… boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (Q.S. Al-Baqarah 216).

Tak dinyana jawaban 40 hari shalat istikharah tanpa putus yang saya lakukan adalah TIDAK. Allah tentu Maha Tahu apa yang terbaik bagi saya. Saat ini saya masih tetap dengan aktivitas menulis dan blogging yang saya lakukan sepenuh hati. Aktivitas yang tidak banyak orang  tahu telah mendatangkan banyak rezeki untuk saya. Bukan hanya dalam bentuk materi, rezeki dalam bentuk nonmateri juga.

Aktivitas menulis dan blogging sekaligus juga menjadi tol langit saya. Jalan saya berefleksi, bersedekah, dan berbagi bermacam hal. Jalan yang saya ikhtiarkan untuk memperoleh amal jariyah. Terkadang jalan itu bentuknya tidak melulu dalam bentuk menulis, bisa dalam bentuk berbagi pengalaman dengan yang membutuhkan dan sebagainya.

So, bisa jadi jika seseorang tak seperti standard kesuksesan dalam pikiranmu, dia sedang dalam standardnya sendiri bahkan mungkin dalam “tol langitnya”. Di mana aktivitasnya membuatnya merasa dekat dengan Tuhannya dan membuatnya merasakan dan membagikan banyak manfaat. Atau, di situlah dia menemukan makna kehidupan dan dirinya.

Makassar, 1 November 2022



Share :

1 Komentar di "Mungkin Tol Langitnya Demikian"

  1. Setiap orang memang mempunyai jalannya sendiri untuk ke langit termasuk menggeluti hobi. Sering banget dengar kalimat, "Masa kamu begini-begini saja" padahal setiap orang punya proses dan caranya sendiri untuk sampai ke tempat yang dituju. Terima kasih sharingnya!

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^