10 Tips Memilih Kamar Kost

10 Tips Memilih Kamar Kost – Lebih dari 3 dekade yang lalu, daftar kost hanya diperoleh dari mulut ke mulut dan dicatat manual. Diperoleh dari pengalaman orang-orang yang lebih dulu berada di daerah yang disasar. Misalnya, jika orang yang berasal dari daerah/kabupaten ingin melanjutkan kuliah di ibu kota provinsi maka harus tahu dulu siapa saja orang sedaerah asal yang sudah pernah ngekost di dekat kampus yang akan ditempati belajar. Lalu tanya-tanya, kos-kosan mana saja yang memadai untuk ditempati.

Saya tidak pernah mengalami hidup di tempat kost karena bersekolah dari jenjang taman kanak-kanak hingga kuliah di kota tempat berdomisili bersama orang tua di ibu kota provinsi. Jadinya ya, di rumah orang tua terus.

Tips memilih kamar kost

Berbeda halnya dengan suami yang dulu tinggalnya di kotamadya berbeda dari kampus. Untuk tempat kost, ibunya yang memilihkan dan membayarkannya. Beliau tinggal datang dan menempati kamar yang bisa ditempati.

Ada suatu kejadian, di mana kamar yang ditempati seseorang ternyata sudah ada lubang-lubang di dinding tripleks pembatas dengan kamar sebelah. Dulu, dua kamar bersebelahan itu ditempati oleh dua bersaudara, kakak perempuan dan adik laki-lakinya.

Dikarenakan si kakak perempuan sering sakit, agar mudah memantaunya maka si adik laki-laki membuat lubang-lubang di dinding pembatas kamar mereka. Dengan demikian dia bisa memantau gerak-gerik si kakak setiap saat. Jika tiba-tiba pingsan bisa segera ditolong olehnya.

Keduanya tak tinggal selamanya di kamar-kamar itu dong. Masalah muncul ketika penghuni kamar-kamar itu berganti. Salah seorang laki-laki penghuni kamar berikutnya langsung mencari solusi dengan mencoba menutup kembali lubang-lubang dengan lakban yang kuat sebisanya. Dia yakin dengan kualitas lakbannya bisa menjadi solusi penutup lubang-lubang di dinding. Hingga suatu ketika …

Cewek penghuni kamar sebelah baru menyadari adanya lubang-lubang pada dinding pembatas kamarnya dengan kamar sebelah. Kala itu dia pulang malam dan masuk kamar dalam keadaan gelap karena lampu kamar belum dinyalakan sementara lampu kamar sebelah menyala dan menunjukkan keberadaan lubang-lubang di dinding.

Alhasil dia mempertanyakan kepada lelaki penghuni kamar sebelah, apakah lelaki itu mengetahui perihal lubang-lubang di dinding kamar. Lelaki itu menjawab tidak tahu karena memang saat itu dia juga tidak mengetahui sebagai penghuni baru. Dia pun heran mengapa lakban yang menempel erat bisa tiba-tiba lepas dari tempatnya.

Jadilah dia dicurigai sebagai tukang intip cewek kamar sebelah padahal itu tidak dilakukannya. Ketiban sial. Soalnya tidak tahu juga mau menjelaskan bagaimana sementara dia sudah mengupayakan menutupi celah-celah ketika pindah ke kamar itu. Lalu terjadi begitu saja, secara tiba-tiba dia melihat lakban sudah terlepas dari posisinya.

Well, masalah itu menjadi pelajaran bagi kita saat ini ketika memilih kamar kost. Perlu pertimbangan yang sangat matang dalam memilih kamar agar kelak tidak menimbulkan masalah yang tak diharapkan. Eh, siapa sih yang mengharapkan adanya masalah, ya 🤭.

Situs Kost Online

Tips memilih kamar kost berikut ini bisa dijadikan pegangan dalam memilih kamar yang nyaman untuk ditinggali:

1. Sesuaikan budget.

Jangan sampai kamar tidur yang dipilih jauh dari jangkauan kantong atau jau dari kondisi keuangan orang tua. Kalau memang hanya bisa mendapatkan kamar kos yang sederhana, apa boleh buat, jangan bergaya hidup mewah karena psti menimbulkan masalah 🙈.

2. Jangan terburu-buru.

Cari kamar kost sejak jauh-jauh hari sebelum harus datang di kota yang dituju untuk menempuh pendidikan atau untuk bekerja supaya puas dalam memilih dan ada banyak pilihan yang bisa dilihat-lihat terlebih dulu. Jangan terburu-buru menentukan. Keputusan yang diambil secara tergesa-gesa jarang yang memuaskan.

3. Lokasi ideal.

Tentunya tempat tinggal yang diharapkan sedekat mungkin lokasinya dari kampus atau kantor. Jika bisa, hanya berjalan kaki 5 menit saja sudah sampai namun pastikan juga hal-hal lainnya sesuai dengan keinginan.

4. Adanya fasilitas penunjang di sekitar tempat kost.

Cek, apakah ada sejumlah tempat makan, tempat nge-print (jika belum punya printer tersendiri), rumah ibadah, toko atau warung atau minimarket di sekita rumah kos yang ditempati. Hal ini tentunya agar kita tinggal di situ merasa nyaman, segala hal terkait kebutuhan bisa diakses dengan cepat.

5. Cek fasilitas tempat kos.

Bagaimana fasilitas yang disediakan? Apakah kosong atau ada isinya? Apakah ada kamar mandi di dalam kamar atau tidak? Apakah air di lokasi itu lancar? Apakah ada wifi? Sekali lagi, sesuaikan dengan budget juga, ya.

6. Bebas banjir?

Perlu untuk mengecek apakah ketika curah hujan sedang banyak-banyaknya, di daerah tersebut bebas banjir atau justru menjadi daerah yang selalu banjir? Pastinya tidak nyaman kan jika kamar kita jadi langganan banjir setiap tahunnya atau beberapa kali dalam setahun.

7. Cari tahu penghuni dan bapak/ibu kos.

Usahakan mencari tahu tentang para penghuni kosnya. Apakah rumah kost itu campur atau hanya untuk jenis kelamin tertentu saja? Pertimbangkan baik-buruknya, lebih baik lagi jika melibatkan orang tua dalam memutuskannya. Agar maksimal orang tua memberikan restu dan doanya selama anaknya merantau.

Penting juga mencari tahu tentang bapak/ibu kos atau penjaga kos. Hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan atau di luar kendali. Misalnya ketika tiba-tiba sakit … ya … yang namanya manusia kan ada ujian sakitnya toh? Jika tiba-tiba sakit, pasti kita butuh orang yang membantu untuk membelikan obat atau membawa ke layanan kesehatan terdekat, atau memberitahukan orang tua kita.

Daftar Kost Indonesia


8. Cari tahu peraturan kos.

Ingat pula untuk mencari tahu peraturan kos. Untuk menjaga diri, lebih baik menempati rumah kos yang mempunyai peraturan yang masih menjaga norma sebagai orang timur. Misalnya nih yang memberlakukan jam malam atau yang punya peraturan ketat terhadap tamu kost. Hal ini membantu juga dalam membentengi diri kita dari hal-hal yang tak diinginkan.

9. Membandingkan harga.

Alangkah bagusnya jika bisa survei keliling rumah-rumah kos di sekitar kantor atau kampus lalu membandingkan harga dan fasilitas antara satu sama lain. Makanya harus dari jauh-jauh hari sebelumnya bisa menyediakan waktu khusus untuk ini.

10. Cek dulu di situs kost online.

Untuk mengefisienkan waktu dan tenaga, lebih baik cek dulu kamar-kamar kos yang available melalui situs kost online terpercaya. Salah satu contohnya adalah Duniakost.com. Dari website-nya, kita bisa mengecek deskripsi dari kamar kost yang ditawarkan. Mulai dari harga, fasilitas, kosong atau ada isinya, jarak dari kampus, letak dari rumah sakit terdekat, untuk laki-laki, perempuan, atau campur, dan sebagainya.

Jika sudah benar-benar merencanakan dan mempersiapkan diri dengan matang dalam mencari kamar kost lalu menentukan pilihan dari daftar kost yang sudah dibuat dari survei mendalam melalui website kos online, in syaa Allah kejadian seperti yang saya ceritakan di atas tidak akan terjadi karena sudah diantisipasi secara maksimal sebelum menempati kamar kost.

Makassar, 28 Juli 2022



Share :

6 Komentar di "10 Tips Memilih Kamar Kost"

  1. Waah enak yaa s3karang mencari kos-kosan tinggal masuk.ke situs kost online. Aku sampai kuliah bukan anak kos tapi mulai kerja jadi anak kos karena di luar kota.

    Dulu cari kos masih manual.alias tanya tanya datang langsung

    ReplyDelete
  2. Iya mba dulu waktu saya ngekost informasi hanya dari mulut ke mulut saja mana yg bagus, dan alhamdulillah kostan di dekat kampus saya banyak yg dipisahkan gitu, misal kostan cewek dan kostan cowo, kostan sekarang lebih lengkap fasilitasnya bahkan bisa cari secara online ya, cakep banget deh

    ReplyDelete
  3. Dengan adanya situs kos online memudahkan sekali yaa untuk mencari kos cukup mager dari rumah.

    Tinggal cek di tkp paling ga kita sudah tau harga sewa dan ketersediaan kamar. (Gusti yeni)

    ReplyDelete
  4. Saya merantau dua kali. Udah kenyang pengalaman nyari kos manual. Keliling naik motor, Pak, Bu, ini kosan? Kalau iya mereka persilakan masuk buat liat-liat. Kalau tempat mereka penuh, mereka kasi tau tempat lain. Kalo bukan kosan, mereka kasi tau rumah yang mana. Di Jogja pindah kosan dua kali. Di Jakarta tiga kali. Penting banget periksa keamanan dan bebas banjir. Trus mesti dekat akses ke mana-mana. Sekarang enak, ada situs khusua cari kosan atau appnya.

    ReplyDelete
  5. Wah betul banget mb. Makanya kenapa saya kalo nyari tempat kos itu pertama yg khusus putri dulu. Kalau kosan campur tuh agak gimana gitu ya. Nice info mb

    ReplyDelete
  6. Dulu kos2an juga masih tidak sebanyak sekarang, teringat saat itu seperti minum kopi tubruk dgn sedikit gula, ada manisnya ada pahitnya...tapi jadi pelajaran tak terlupakan di masa setelahnya...

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^