Mengenang Pertemanan 30 Tahun Angkatan 92 FTUH

Mengenang Pertemanan 30 Tahun Angkatan 92 FTUH – Ketika melihat deretan nama yang saya tulis sendiri, tiba-tiba saja saya merasa agak gemetar. Setelah 30 tahun berteman, baru saya sadari mereka sudah jadi orang sukses di mata kebanyakan orang. Tell me lebay, tak mengapa karena kalian tak mengalami masa pertemanan 30 tahun yang mana saat bertemu sekarang pun kami masih merasa mahasiswa padahal rambut sudah memutih.

Mengenang 30 tahun

Kerennya Teman-temanku 😍

 

Saya menghubungi via japri satu per satu koordinator jurusan angkatan 92 FT Unhas untuk meminta nama dan gelar akademis lengkap mereka. Sempat sedikit geak dengan Iccank (Ichsan) yang mengatakan, “Biar mi tidak usah pake gelar nah ... ini kan untuk kita semua ji ketemu-ketemu.” Namun setelah saya jelaskan penulisan gelar itu untuk rilis pers di media online, akhirnya dia memberikan juga nama dan gelar lengkapnya sebagai koordinator untuk Geologi.

Berdosanya saya kasian kalau menuliskan nama-nama mereka tanpa gelar akademis sementara press release akan dibaca banyak orang di 4 media daring yang memuatnya 😳. Sebagai pembuat rilis, saya tak menghargai nama-nama ini jika menuliskannya tanpa gelar dan akan dibaca oleh publik secara luas.

Secara institusi, bisa mengangkat nama baik Unhas (Universitas Hasanuddin), khususnya FakultasTeknik juga kan. Nah, yang saya bahas sampai hampir 200 kata ini adalah untuk mendapatkan 1 paragraf berikut ini di dalam press release:

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kegiatan ini, silakan hubungi koordinator angkatan masing-masing: Dr. Ridwan Andi Kambau, S.T.,M.Kom. (Teknik Elektro), Ir. Akbar, S.T.,M.T. (Teknik Mesin), Dr. Eng. Ir. Irwan Ridwan Rahim, S.T.,M.T. (Teknik Sipil), Abdul Haris Djalante, S.T.,M.T. (Teknik Perkapalan), Hasmunir, S.T.,M.Sc. (Teknik Arsitektur), Dr. Ichsan Invanni, S.T., M.Sc. (Teknik Geologi).

Masya Allah … keren ya teman-teman saya ini … sudah tentu saya ikut bangga dan terharu lebay. Bisa dibilang nama-nama ini “mewakili” teman-teman bukan saya yang tersebar di seluruh Indonesia hingga luar negeri.

Sambutan 3 Dekade Teknik Unhas

Sebagai bagian dari panitia yang berasal dari semua jurusan, saya dan teman-teman sudah berusaha sebaik-baiknya melaksanakan acara pada tanggal 7 Mei lalu. Ketua panitia – Hartono Sutrisno benar-benar support anggotanya, khususnya dengan penguatan "kampung tengah” jadinya segenap panitia powerfull hingga hari H. πŸ˜ƒ

Ketika kami rapat dan kalian bertemu kami di tempat-tempat makan eh … tempat meeting, mungkin kalian bakal heran, anak Teknik tapi kenapa seperti banyak mamak-mamaknya? Yah, begitulah, teman-teman cewek ternyata lebih rajin datang rapat sampai H-1 acara di lounge Hotel Swiss Belinn. Mungkin juga kami yang paling butuh asupan gizi makanya pada rajin hadir 😁. Nah, pada hari H barulah terlihat kami yang sebenarnya minoritas di dalam fakultas maskulin ini.

Pada awalnya kami tidak bisa memprediksi jumlah peserta yang hadir karena terlihat acuh tak acuh di dalam grup Whatsapp Angkatan 92 FTUH namun pada hari H kami sangat bersyukur karena jumlah yang hadir melebihi ekspektasi, sekira 85 persen dari kursi yang kami sediakan.

 

3 Dekade Angkatan 92 FT Unhas Acara Internal Maka Dibuat Informal

 

Ketua panitia dalam sambutannya menyampaikan bahwa melalui acara bertajuk REconnect & UNIfy ON 3 Decade  yang catchy ini dapat menjadi trigger bagi semua dalam bertukar pengalaman dan membagi keberhasilan yang dibumbui dengan cerita-cerita indah serta lucu semasa kuliah dulu. Diharapkan reuni 3 dekade angkatan 1992 ini  menjadi momentum untuk berkhidmat bagi diri, teman, sesama, dan juga negeri kita tercinta mengingat tema acara memiliki arti  menyambung kembali (reconnect) dan menyatukan (unify).

Reuni 3 Dekade

Menurut Hartono, reuni ini lebih jauh diharapkan menyambung kekuatan dan potensi hebat yang dimiliki masing-masing, apapun dan di mana pun berkarya agar bisa menghadirkan semangat dan energi yang kuat berberdampak positif, berdaya guna yang dapat dikontribusikan secara aktif, produktif, serta konsisten untuk kemajuan bersama.

Setelah itu Prof. Isran Ramli, Dekan FT Unhas yang baru dilantik pada Maret lalu yang juga bagian dari angkatan 92 ini hadir dan memberikan sambutan. Beliau menyampaikan informasi mengenai adanya perubahan. Bahwa dahulu hanya ada 6 jurusan di Fakultas Teknik, sekarang ada 13 departemen dan setiap departemen terbagi-bagi lagi menjadi beberapa program studi (prodi). Prof. Isran juga menyampaikan ajakan kepada alumni dari angkatan 92 untuk sesekali datang ke kampus Teknik di Kabupaten Gowa.

Acara kami sengaja dibuat informal, tidak ada macam-macam sambutan, cukup dari beliau berdua saja – ketua panitia dan Pak Dekan. Kami lebih banyak ngobrol santai sebab kebanyakan dari kami baru bertemu setelah 25 tahun dan sudah tersekat oleh pandemi selama 2 tahun. Ketika ada yang pegang mikrofon dan berbicara pun, banyak yang tetap bercakap dengan teman yang duduk semeja dengannya. πŸ˜… Jadi memang rasanya lebih pas untuk membuat acara yang santai dan berkesan untuk internal kami saja.

Sejumlah teman yang tak dapat hadir menyimak lewat Zoom. Selain kedua kata sambutan, ada sejumlah peserta diminta berbicara untuk menceritakan kesan-kesannya akan acara ini dan kenangannya semasa kuliah, termasuk yang berada di ruang virtual. Meski koneksi yang hilang-timbul, mereka tetap berada di dalam ruang Zoom dan ngobrol sesama peserta di ruang virtual, salah satunya membahas pembentukan grup alumni angkatan 92 yang berada di pulau Jawa.

Reuni Angkatan 92 FT Unhas

Acara yang kental dengan nuansa anak Teknik Unhas – merah-hitam ini rencananya tidak hanya berhenti di sini. Dalam tulisan berjudul Apa Setelah 3 Dekade Angkatan 92 FT Unhas? sudah saya ceritakan rencana ke depannya.

Memang belum dirumuskan dengan mendetail namun ada itikad baik untuk menjadi orang-orang yang lebih bermanfaat lagi bagi sesama ke depannya di sela-sela kesibukan masing-masing. Rencananya saya masih ingin membuat tulisan lagi terkait acara reuni ini tapi masih menyesuaikan dengan aktivitas saya yang lainnya juga.

Makassar, 24 Mei 2022


Share :

25 Komentar di "Mengenang Pertemanan 30 Tahun Angkatan 92 FTUH"

  1. Sudah tiga dekade tapi tak ada yang berubah dari pertemanan, beginilah yang diinginkan setiap orang saat reuni. Luar biasa para senior ini, semangat untuk rencana selanjutnya. Terima kasih telah berbagi kisahnya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang berubah bentuk fisik tapi pada gak merasa wkwkwk. Aamiin, makasih Mbak Nisa.

      Delete
  2. Hebat, Kak Niar, bisa membuat orang mau datang ke pertemuan alumni setelah 30 tahun lebih. Saya aja belum tentu mau disuruh datang ke pertemuan alumni meskipun saya baru 15 tahun lulus kuliah. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, mungkin sewaktu 15 tahun sejak lulus saya belum tentu mau datang, Mbak Vicky tapi setelah 30 tahun dan sebelumnya memang tidak ada pertemuan angkatan seperti ini, maka kali ini saya datang dan mau saja diajak jadi panitia :D

      Delete
  3. Rasanya ikut bangga ya kaka kalo punya temen bisa sukses. Kaka mugniar jg terbilang sukses menurutku. Tetap terus jalin silaturahmi ya ka, support jg temen2 lama yg sedang dibawah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, teman2 yang lebih sukses memang berminat support teman2 yang "sedang di bawah", Mbak Resi. Terima kasih yaa.

      Delete
  4. luar biasa sekali bisa menjaga tali silaturahmi antar alumni yang jangka waktunya sudah 30 tahunan, semoga bisa terus terjaga dan bisa terus berjejaring

    ReplyDelete
  5. Anak tehnik rupanya kak Niar ya,


    Meng-arrange acara besar seperti ini memang susah-susah gampang.

    Bonusnya adalah banyak insight yang didapat dari teman-teman lama yang telah bermetamorfosa dan juga meningkatkan memori saat masih muda dulu ya.

    MaasyaAllah, semoga umur dan amalan berkah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar ... sempat ada candaan, kalau memang tidak banyak yang berminat ya kami bikin acara sesama panitia saja dengan anak-anak kami :D Eh alhamdulillah banyak yang berminat.

      Delete
  6. Masyaallah. Bangga ya berteman dengan orang2 hebat dan berproses bersama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masya Allah ... menyenangkannya, bertemu kembali masih seperti dulu, tidak pada jaim.

      Delete
  7. Masya Allah sudah 3 dekade FTUH angkatan '92. Berkah untuk semua ya, Mbak Niar. Senangnya bisa berkumpul begini, tanpa sekat dalam acara yang akrab penuh kekeluargaan.
    Sepantaran sama suami saya nih , angkatan '92 juga..nanti Juli mereka baru ada acara 3 dekade FE UI, tapi sudah dicicil sebelum puasa lalu ada kegiatan naik gunung Lawu

    ReplyDelete
  8. Gak bisa ngomong saya kak. Gelarnya temen kakak kebanyakan memang bikin bangga yang mengenal. Selama 30 tahun pasti seru sekali ketika berkumpul lagi ya kak.
    Ya Allah aku tu beda berapa tahun ya sama kak mugniar.. Hihi

    ReplyDelete
  9. Saya bisa dibilang salah satu yg minder dan tidak pernah datang pada acara reuni, sekolah atau angkatan manapun. Masalahnya yaitu teman teman kok pada keren, pada sukses, sementara saya?
    Gelar memang bikin bangga, ya dan saya salah satu yang tidak memiliki kebanggaan itu

    ReplyDelete
  10. Tak heran jika keterikatan kami di CAPPA'NA 09 UH bisa sekuat ini sejak mulai pozma hingga skrg krn hasil doktrin persatuan & tempaan dari kanda² zenior angkatan 92 FTUH yg luar biasa. Selamat & sukses di REUNION 30 tahun ta kanda², do'akan kami juga bisa ber RE-connecting & se-UNity ini ON every event 'TILL THE END
    #KOFTTEπŸ’ͺ🏻

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Nany ... dinda sekaligus ponakanku.

      In syaa Allah Cappa'na 09 lebih solid lagi karena sudah lama punya jejaring yang kuat. Semoga sukses semua kegiatan Cappa'na.

      Delete
  11. Keren keren banget lulusannya mba.. Termasuk mba.. ^^ Indahnya pertemanan selama 30 tahun ^^ Gak terasa ya waktu cepat berlalu..

    ReplyDelete
  12. Sesuatu banget ini bisa kumpul dengan teman-teman lagi. Silaturahmi sekalian bisa update progress ya. Ditunggu kelanjutannya Bunda

    ReplyDelete
  13. Reuni angkatan 92, wah saya masih ada dilauhul mahfudz mbak hehe. Ngomong-ngomong soal reuni saya belum pernah menghadiri reuni akbar seperti itu. Kadang saya malah minder kalau misalnya reuni akbar, karena pada pamer pencapaian masing-masing lah sedangkan saya masih gitu gitu aja hehe

    ReplyDelete
  14. Ikutan berbunga-bunga, kak Niar..
    Reuni ini hal yang paling dinantikan apalagi sudah banyak sahabat seangkatan yang pastinya kini dihormati di Sulawesi.
    Semoga selalu terjalin silaturahm yang baik di FT Unhas angkatan 92.

    ReplyDelete
  15. Selamat dan sukses gelaran reuni 30 tahun angkatan 92 Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin ya Kak... keren semua orang2nya termasuk kakak. Btw, kampus saya juga sudah menghelat reunian pada 2019 lalu. 20 Tahun angkatan 1999 FH UGM. Terharu ya time flies so fast, kl ketemuan rasanya msh mahasiswa S1 aja

    ReplyDelete
  16. JADI terkenang sama reuni SMAku mba...
    Rencana mau bikin reuni perak pas 2019 yang lalu.
    Tapi jadinya reuni online karena situasi pandemi yang tak memungkinkan untuk kumpul-kumpul.

    ReplyDelete
  17. Seneng banget ya mbak masih bisa kompak dengan teman-teman alumni di Unhas. Apalagi misal ada program alumni yang bisa bermanfaat, pasti pertemanan juga aka sangat terasa kekompakan nya

    ReplyDelete
  18. wah luar biasa banget masih menjaga silaturahmi setelah sekian lama tak bertemu

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^