Masa Depan Kekuatan Narasi

Ah, kata-kata mendapat tempat di sini, mari sambut masa depan kekuatan narasi! Kalimat itu terbetik di benak saya ketika menyimak secara keseluruhan International Conference Likupang-North Sulawesi, Discover The Hidden Paradise pada tanggal 8 Maret 2022. Materi berjudul Kekuatan Kata untuk Promosi Pariwisata adalah yang pertama kali membetot perhatian saya terkait “dunia kata” – dunia yang saya geluti sejak 16 tahun lalu.

Kekuatan narasi

Kekuatan Narasi untuk Promosi Pariwisata Hingga Apa Saja

 

Likupang adalah salah satu destinasi super prioritas (DSP) yang terletak di Sulawesi Utara. Materi Kekuatan Kata untuk Promosi Pariwisata tersebut dibawakan oleh Aries Prasetyo (wartawan ekspedisi Wallacea Kompas). “Manusia adalah makhluk bertutur, makhluk pencerita,” ungkap Aries.

“Cerita yang dikemas bisa memengaruhi dalam bentuk persepsi individu yang mendengar, membaca, atau menyaksikan yang akhirnya membentuk atau menentukan perilaku, perubahan, serta dalam pengambilan keputusan seseorang (Walter Fisher, 1987)” – Aries mengutip dari Jurnal Komunikasi Indonesia (Maret 2018, oleh Febby Amelia dan Hifni Alifahmi).

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyatakan adanya istilah STORYNOMICS TOURISM, yaitu strategi yang menonjolkan kisah/narasi/cerita untuk menggaet wisatawan datang. Dalam konteks pengembangan wisata, diharapkan bisa menggali kekuatan cerita (kearifan lokal) dengan narasi yang baik, diperkuat oleh gambar, foto, grafis, dan video, lalu mempromosikannya melalui media massa, media sosial, dan sebagainya.

Menurut Aries, tanpa kekuatan narasi/cerita/kisah maka Likupang akan tetap  menjadi hidden paradise, tidak dikenal orang. Kekuatan narasi dalam pariwisata maksudnya adalah “menjual pariwisata” dengan mitos, dongeng, legenda, atau hikayat yang melatarbelakanginya. Misalnya kisah 7 bidadari yang mandi di Air Terjun Tumatenden. Cerita atau kisah atau narasi akan membuat orang penasaran dan berkunjung.

Saya excited menyimak topik kekuatan narasi yang bagi saya ditunjang dengan kebiasaan bermain kata. Sebagai orang yang setiap harinya bermain kata di blog atau media sosial, hal ini menarik mengingat sekarang banyak orang yang lebih tertarik menyimak video ketimbang membaca tulisan.

Eh, sebenarnya video pun dibuat dengan menyusun story board-nya dulu terlebih dulu, ya. Mereka yang terbiasa bekerja dengan konsep akan “bermain kata” dulu – membuat tulisan (konsep) sebelum membuat videonya.

Bukan hanya Aries, ada 2 narasumber lain yang mengungkapkan pentingnya kekuatan narasi dalam mempromosikan pariwisata di Likupang. Mereka adalah Paquita Widjaja (Project Development Head PT MPRD) dan Chef Ragil Imam Wibowo.

Presentasi Paquita berjudul KONTEN ADALAH KUNCI, Mengembangkan Potensi Integrasi Pariwisata Kawasan Likupang. Apa yang disampaikannya, kurang lebih sama dengan yang disampaikan oleh Aries. Intinya, orang akan aware dan tertarik jika ada narasi di balik sebuah destinasi.

Kekuatan konten dalam makanan

Dalam presentasi yang berjudul “Merangkai Kuliner Menjadi Destinasi Unggulan”, Chef Ragil juga menyinggung pentingnya narasi di balik kuliner, misalnya dalam mengidentifikasi keunggulan kuliner dari Likupang dibanding tempat lain jika ada persamaannya di samping mengolah kreativitas dalam  menyajikan food & beverage sebagai oleh-oleh.

“Makanan juga harus memiliki konten. Memiliki apa yang bisa diceritakan untuk disebarluaskan,” ujar Chef Ragil.

Di sini saya terpikir, betapa beruntungnya orang yang terbiasa menyusun narasi melalui blog. Mengapa? Karena peluang untuk pekerjaan dalam bidang lain yang membutuhkan “kekuatan narasi” ini terbuka.

Dan tahukah jika KEKUATAN NARASI dibutuhkan bukan hanya untuk mempromosikan parwisata, melainkan juga untuk MEMASARKAN apa saja? Saya pernah nonton video Prof. Rhenald Kasali di kanal YouTube beliau yang juga membahas tentang ini. Judulnya adalah Welcome to A Dream Society.

“Story merupakan peradaban yang penting hari ini yang menyebabkan sejumlah produk tumbuh secara eksponensial,” ungkap Prof. Rhenald. 

Salah satu contoh yang disebutkannya adalah makanan yang diserbu penggemar Kpop karena promo makanan itu menggunakan narasi Kpop.

 

Blogger dan Kekuatan Narasi

 

Dalam kesehariannya, bloger “dituntut” untuk menggali kisah dari sebuah topik yang hendak ditulisnya. Blogger harus meramu semua kisah terkait dengan bernas dan kreatif, tanpa kehilangan fokus.

Sekarang ini, banyak blogger yang juga menjadi content creator di media sosial. Saya terkoneksi dengan banyak content creator. Ada yang bermula dari bloger namun ada juga yang hanya menekuni media sosial, khususnya Instagram.

Saya melihat sebuah perbedaan dalam cara kerja keduanya. Content creator di medsos yang juga punya blog, biasanya membuat caption lebih story telling, tidak ujug-ujug menceritakan pesan sponsor. Yah, kadang-kadang ada juga yang hard selling tapi lebih banyak yang berusaha soft selling.

Mengapa demikian? Jawabannya adalah, karena bloger memang sudah terbiasa dengan story telling atau menggali dan menampilkan kekuatan narasi/kisah.

Advan Tab VX

Fasilitas tentunya memegang peranan penting bagi seorang blogger yang juga content creator di media sosial. Bekerja dengan smartphone sebenarnya sudah memadai. Jauh lebih memadai lagi jika bisa bekerja menggunakan tablet seperti Advan Tab VX yang dengannya dapat membantu melakukan semua aktivitas ngeblog dan ngonten.

 

Advan Tab VX: Dukungan Perangkat Bagi Blogger dalam Menyusun Kekuatan Narasi

 

Dengan UNISOC T618 dan RAM 8GB-nya, Advan Tab VX sangat mumpuni untuk aktivitas bekerja seperti email, browsing mencari informasi, membuat presentasi, mengadakan Zoom meeting, nonton Youtube, aplikasi Chat, hingga remote working. Advan TAB VX didesain untuk #BisaSemua, termasuk membuat financial budget dan aplikasi Project Management.

Tahu kan, blogger jaman now itu perlu belajar edit foto dan video, juga membuat infografis? Maka dari itu, butuh banget perangkat yang mumpuni. Dengan Advan Tab VX, bisa banget tuh mengedit video full HD 1080p dan foto on-the-go, bisa dilakukan di tanpa nge-lag.

Sehari-harinya, saya menggunakan komputer untuk melakukan pekerjaan. Hal ini membuat saya agak  malas keluar rumah karena jadwal yang cukup padat bisa terganggu saat keluar rumah. Cocok sekali dengan saya yang introvert ini. Tapi kan sesekali ada hal yang membuat saya mau tak  mau harus keluar rumah. Nah, saat itulah saya butuh perangkat yang mumpuni yang bisa multitasking.

Asyiknya Advan Tab VX ini, penggunanya bisa nonton streaming film dengan full HD 1080p dengan layar format lebar WUXGA 10.4”, mirip seperti di bioskop dengan dukungan 4 stereo speaker. Lumayan ya bisa buat mengisi waktu, menyimak streaming di YouTube, aplikasi nonton, atau Instagram.

Atau ingin mengisi waktu dengan main game? Well, perangkat dengan baterai 6200 mAh ini bisa diajak main mobile gaming seperti Mobile legend, PUBG, dan COD Mobile karena bisa di atur ke grafis yang tinggi  tanpa lagging.  Konon, untuk bermain Genshin Impact juga bisa tanpa lagging. Sistem pendingin pada perangkat ini membuatnya tidak mudah panas dibandingkan brand lain.

Bisa Semua Semua Bisa

Ketika harus mobile karena ada urusan mendesak atau mudik, Advan Tab VX bisa diandalkan. Bisa sembari meeting dan mengerjakan pekerjaan yang tertunda penyelesaiannya. Bisa split screen antara aplikasi Zoom Cloud Meetings dan Microsoft Word. Selain itu, front camera-nya wider sehingga bisa capture wajah dan badan secara lebih proporsional. Suara lawan bicara pun terdengar jelas karena adanya 4 speaker.

Kalau kesulitan menggunakan layar sentuh, bisa menggunakan keyboard, menggerakan mouse, ataupun menulis dengan stylus. Kecepatan pengiriman data antarperangkat juga lebih cepat dan stabil.

Setelah mengecek, ternyata harga Advan Tab VX ini amat terjangkau, lho. Sekitar 3 jutaan rupiah. Tergolong murah malah ya. Soalnya kemampuan komputerisasinya canggih. Bisa diandalkan untuk pekerjaan, juga hiburan. #BisaSemuaSemuaBisa!

Bagi yang berminat, silakan baca-baca di website-nya: advandigital.com, follow Instagram dan Facebook @AdvanIndonesia untuk mendapatkan informasi terbaru. Tablet dengan spesifikasi di atas rata-rata produk sejenisnya ini bisa dibeli online di: Advan Official Store di Tokopedia, Shopee, dan ecommerce lain. Disegerakan saja karena stoknya terbatas.

Makassar, 18 April 2022



Share :

16 Komentar di "Masa Depan Kekuatan Narasi"

  1. Setuju banget dong kalau membuat konten tentang kuliner itu memang penting untuk mempromosikan wisata kuliner. Jadi pengen beli tablet ADVAN setelah baca postingan ini karena tablet yang biasa aku pakai sudah nggak bisa dipakai lagi.

    ReplyDelete
  2. betul mba, dan belajar narasi dan story telling itu ga mudah, walaupun punya blog dan dibilang blogger, tetep harus banyak aku pun buat belajar narasi dan story telling sampai saat ini

    ReplyDelete
  3. Konten is king ya mba, konten yang dilengkapi narasi yang baik agar orng mudah tertarik percaya. Pake tablet advan jdi praktis ya ngonten dimana saja

    ReplyDelete
  4. Yang namanya kata-kata dan kalimat itu bisa banget buat menggerakkan orang lain. Apalagi kalau kalimatnya atau kata-katanya itu penuh makna, maka bisa jadi membawa dampak yang positif bagi orang lain.

    ReplyDelete
  5. Sebuah kata dan kalimat bisa mempengaruhi orang lain yah, jadi jangan pernah malas untuk terus menulis, siapa tau tulisan kita bisa merubah dan menggerakan hati orang lain, aamiin

    ReplyDelete
  6. Rasanya memang kekuatan narasi, selalu mendukung segi visual maupun audio ya, Bunda.

    Pun memahami ilmu bernarasi begini, nggak bisa ujug-ujug, dan bloger biasanya punya nilai lebih sebab terbiasa terjun di dalamnya.

    Duh, Acha jadi penasaran sama si Tablet Advan ini. Sepertinya bakalan menyenangkan banget kalau kerja pakai tablet, jadi nggak perlu repot bawa laptop dan segala perlengkapannya kalau sedang keluar rumah tapi harus selalu on call urusan pekerjaan selama di perjalanan.

    ReplyDelete
  7. Dalam hal menulis blogger sudah terbiasa dengan story telling, aha ini benar banget kak Niar.Aku terkadang story tellingnya panjang,hiks. Mungkin karena aku nulis rata-rata organik tanpa pesan sponsor ya. Btw tab Advannya keren nih.Bisa membantu pekerjaan blogger

    ReplyDelete
  8. kulihat kalau promosi wisata emang bagusnya pakai narasi atau metode storytelling gitu ya mba.. ngga cuma lewat kata2, biasanya lewat video maupun foto juga

    ReplyDelete
  9. Senang banget kalau bisa split screen mba. Jadi bisa mendengarkan zoom tapi satu sisi juga langsung bisa mencatat. Soalnya kebiasaan aku tuh gitu

    ReplyDelete
  10. Naksir banget begitu tahu advantab ini bisa digunakan dengan keyboard atau stylus karena kalau nulis panjang aku ga bisa pakai keyboard manual :)))

    ReplyDelete
  11. Aku tu masih pengen berlatih sampai bisa menulis dengan narasi yang lebih baik, kalau skrng masih lbh banyakan haha hihi, pengen jg bikin tulisan indah hehehe
    Wah tablet Advan ini sangat membantu kalau lagi ngerjain kerjaan juga ya mbak

    ReplyDelete
  12. wah kalau speknya sampai bisa untuk main ML, PUBG, dan COD Mobile ini udah spek gahar banget nih. Palagi harganya cuman 3 jutaan. jadi pengin nih

    ReplyDelete
  13. kuliner emang lebih mengena kalau dijelaskan dengan story telling mba, biar makin banyak yang pingin menggali daerah tsb. Wah asik banget nih Advan Tab VX harganya ternyata 3 jutaan aja. Boleh juga tuh colek suami hehe

    ReplyDelete
  14. Advan Tab VX ini tuh bener-bener satu gadget yang bisa dipakai semua. Mulai dari menulis, main game, meeting online, mencari berbagai informasi di internet, dll. Dan yang terpenting, harganya pun terjangkau.

    ReplyDelete
  15. Dulu blogku juga banyak membahas pariwisata di Indonesia dan trafficnya lumayan tinggi bahkan beberapa kali mendapat hadiah sebagai ucapan terima kasih dari pengelola karena sudah mengulas tempat mereka .

    Dulu awal ngeblog aku juga pakai Tab karena lebih fleksibel dari laptop, sekarang pakai hape jadi gampang capek. Jadi pengen Advan Tab juga supaya bisa lebih produktif lagi dalam menulis seperti dulu.

    ReplyDelete
  16. Saya percaya narasi akan terus berkembang dan membawa kita ke arah yg lebih baik dan pembaca nya pun merasa beruntung

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^