Futsal, Cosmo dalam Timnas

Futsal, Cosmo dalam Timnas – Penasaran dengan olahraga FUTSAL, sejak kapan ngetop di Indonesia, saya mencari tahu di internet. Sepanjang ingatan saya, olahraga ini baru saya dengar marak di Makassar saat balik dari perantauan awal tahun 2002 lalu tapi lupa persisnya kapan.

Futsal di Makassar

Sekilas Futsal di Indonesia dan Makassar

 

Dari situs lapanganfutsal.id saya mendapatkan informasi bahwa futsal dikenal di negara kita sejak tahun 1998 – 1999 namun demikian sejarah futsal dikenal di Indonesia sejak 2002. Informasi ini menguatkan kenyataan bahwa ingatan saya masih cukup baik, kan hehe.

Pada tahun 2002 itu Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah oleh Asian Football Confederation (AFC) untuk menyelenggarakan putaran final kejuaraan futsal tingkat Asia di Jakarta yang berlangsung pada tanggal 22 – 30 Oktober 2002.

Olahraga ini makin diminati karena praktis, tidak membutuhkan lapangan luas. Dengan lapangan yang jauh lebih kecil daripada lapangan sepak bola, yaitu seluas 25 m x 15 m yang bisa diselenggarakan di dalam ruangan, futsal menjadi permainan menarik yang bisa dilakukan kapan saja.

Seiring dengan makin meningkatnya animo orang Indonesia terhadap futsal, lapangan futsal bahkan menjadi ladang bisnis bagi sejumlah orang. Bagaimana tidak, mulai dari remaja hingga para eksekutif korporasi menjadikan futsal sebagai salah satu rutinitas mereka di akhir pekan di sela-sela rutinitas harian yang monoton sepanjang week days.

Tak jarang, film-film juga memanfaatkan lapangan futsal sebagai salah satu latar tempat dalam scene film. Kegiatan tahunan semacam reuni juga menggunakan futsal sebagai ajang kumpul-kumpul setelah sekian tahun tak bertemu, seperti ikatan alumni Teknik Unhas, almamater saya. Terakhir kali, tahun 2020 lalu digelar Red Black Futsal League 5.0 yang diikuti oleh 8 tim.

Futsal Teknik Unhas

Dalam tulisan berjudul Maskulinnya Home Zweet Home 2018, salah satu kegiatan yang saya ceritakan dalam ajang Halal Bihalal Alumni Fakultas Teknik Unhas adalah turnamen futsal antarangkatan. Kerennya, langganan pemenang dalam turnamen tahunan ini adalah angkatan 87 yang usianya rata-rata sudah kepala 5, lho!

Untuk tahun ini, in syaa Allah akan diselenggarakan reuni akbar lagi pada tanggal 6 – 8 Mei. Acara intinya berlangsung di Tokka Tena Rata, di Kecamatan Moncongloe, Kabupaten Maros. Olahraga tetap ada, namanya juga fakultas “maskulin”, yaitu badminton, mini soccer, archery, dan tarik tambang 3 arah namun futsal tak masuk lagi dalam aktivitas yang dimainkan.

 

Timnas Indonesia di AFF Futsal Championship Thailand

 

Tak bisa nonton futsal yang menarik bagi saya lagi di Makassar, tak apa, perhatian saya teralihkan kepada AFF Futsal Championship Thailand 2022 yang berlangsung pada 2 – 10 April 2022. Ada yang menarik, nih. Mohammad Hashemzadeh (pelatih timnas futsal Indonesia asal Iran) telah memilih 4 pemain dan 2 official dari Cosmo JNE FC untuk memperkuat timnas.

Ke-4 pemain tersebut adalah M. Rizki, Firman Adriansyah, Dewa Rizki, M. Iksan Rahadian, dan Xavier yang kapabilitasnya berada di atas rata-rata pemain lainnya sehingga mereka dapat menjadi pemain inti dalam tim nasional dari olahraga yang 1 timnya terdiri atas 5 pemain ini.

Hal ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi JNE karena orang-orang pilihan tersebut merupakan hasil pencapaian Cosmo JNE FC yang sekarang menduduki peringkat 2 Liga Futsal Profesional Indonesia 2021. Perolehannya adalah 26 poin dari 8 kali menang, 2 kali seri dan 1 kalah.

Cosmo JNE

Dalam siaran persnya, M. Feriadi Soeprapto, selaku Presiden Direktur JNE menyampaikan harapannya agar Cosmo JNE FC selain berprestasi di lapangan, dapat sekaligus memperkenalkan nilai-nilai dan budaya positif perusahaan JNE ke masyarakat luas. Yaitu bahwa JNE suka berbagi, memberi dan menyantuni sehingga taglineconnecting happiness” dapat terwujud untuk selalu memberikan manfaat seluas-luasnya untuk seluruh masyarakat  Indonesia.

Berita terkini mengenai AFF Futsal Championship yang hari ini berlangsung di di Indoor Stadium Huamark, Thailand. Kamboja menjadi lawan terakhir Indonesia pada pukul 3 WIB sore ini. Secara peluang, Indonesia punya peluang besar menuju semifinal. Mau dukung permainan timnas futsal Indonesia? Bisa lho dari rumah, melalui live streaming RCTI+ atau iNews.

Makassar 6 April 2022



Share :

13 Komentar di "Futsal, Cosmo dalam Timnas"

  1. Jadi pengin lihat futsal lagi, udah jarang karena kesibukan apalagi TV cuma jadi pajangan di rumah ga pernah ada yang nonton bola. Padahal banyak yang antusias dan ngomongin timnas, jadi penasaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat saya, lebih menarik futsal daripada sepak bola, Mbak ... nonton streaming pun bisa nih.

      Delete
  2. Dulu sevelum menikah saya hobi nonton bola dan kadang antar teman futsal. Sekarang boro-boro deh kak, nggak ngerti sama sekali berita bola. Semoga timnas futsal sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang lagi dibahas AFF ini, Mbak .. saya juga baru tahu. :)

      Delete
  3. Wah aku tim nonton futsal aja, soalnya ga sanggup kalau main. Tapi keren ternyata futsal sebegitu berkembang pesat di Indonesia, sampai juara gini

    ReplyDelete
  4. keren nih, JNE support tim futsal Indonesia, dukungan bagi anak bangsa bertarung demi nama baik Indonesia

    ReplyDelete
  5. Saya justru kenal tau soal olahraga futsal akhir SMP tahun 2009 kalau tidak salah, wah ternyata sekarang eksistensinya juga gak kalah keren ya.

    ReplyDelete
  6. Wah, hebat sekali tim futsal Indonesia Cosmo JNE FC bisa berprestasi di kancah internasional. Bangga banget pastinya dong. Dukungan JNE di bidang olahraga seperti ini sangat ditunggu2 masyarakat ya. Makin semangat deh ikutan turnamen :) Semoga berkesinambungan menang terus ya aamiin.

    ReplyDelete
  7. Futsal memang banyak lebih enaknya ya dibanding sepak bola. Lapangan nggak luas. Indoor, mau hujan panas pun kita nyaman aja melakukannya.

    ReplyDelete
  8. belum pernah nonton langsung futsal sih, tapi kayaknya emang lebih praktis ini futsal ya, secara di indoor pelaksanaannya, walau hujan tetap bisa bertanding :D
    hari ini final AFF Thailand ini dong ya? Moga Timnas Indonesia, Cosmo JNE FC menang, yeaayyy :)

    ReplyDelete
  9. dan ternyata nonton pertandingan futsal itu, tidak kalah menariknya dengan menonton bola. Terlebih hajatan futsal yang besar saat ini adalah AFF Futsal Championship di Thailand. Semoga sukses ya Timnas Indonesia.

    ReplyDelete
  10. Wah, futsal menjadi salah satu olahraga favorit waktu jaman kuliah.. berkat membaca tulisan ini, saya baru tahu kalau ada hajatan besar seperti AFF Futsal Championship d Thailand. Sukses Timnas Indonesia...

    ReplyDelete
  11. Wah selain UMKM, JNE juga support olahraga di Indonesia, ya. maju terus JNE.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^