Aplikasi Al Quran, Belajar Jadi Lebih Mudah

Aplikasi Al Quran menjadi salah satu properti ibadah yang saya butuhkan. Saya tak menggunakan al-Qur’an cetakan dan lebih memilih aplikasi al-Qur’an karena alasan kepraktisan. Aplikasi di dalam smartphone lebih mudah dibawa-bawa. Hurufnya pun lebih terbaca oleh saya yang rabun dekat ini. Saya baru bisa nyaman membaca huruf dalam ukuran yang agak besar.

Selain ukuran huruf, pencahayaan ruangan juga berpengaruh bagi kenyamanan mata. Kadang-kadang cahaya dalam ruangan tidak bisa dikompromikan namun dengan menggunakan handphone, cahayanya bisa diatur sendiri.

Aplikasi Quran

Terakhir, ukuran HP jauh lebih ringan, zaman now, benda ini sudah seperti sahabat yang bisa digenggam sekian lama. Memegangnya dalam waktu lama nyaris tak ada rasanya. Selain membuka ponsel untuk membuka media sosial, mengapa tidak dipergunakan juga untuk tilawah selama Ramadan ataupun di luar waktu puasa Ramadan?

Jadinya kita bisa membuka Qur’an kapan saja, kan. Baik itu sedang menunggu antrean untuk layanan publik misalnya, atau di kala beperjalanan jauh, di atas kereta api atau pesawat misalnya. Membawanya pun bisa dengan meletakkannya di dalam saku baju atau celana, rok, gamis, atau diselipkan di dalam tas kecil. Dengan cara belajar al Quran dari smartphone seperti ini sebenarnya bisa jadi motivasi untuk semakin rajin lagi mempelajari al-Qur’an.

Aplikasi Quran Belajar & Hafalan adalah salah satu aplikasi yang bisa dipergunakan kaum muslim. Bukan hanya untuk tilawah dan tahfizh, dengan aplikasi ini kita bisa mengetahui waktu-waktu shalat fardhu berdasarkan lokasi di mana kita berada. Jadi jika bepergian ke tempat yang jauh, tidak sulit lagi mencari waktu salat yang tepat, tinggal buka aplikasinya.

Aplikasi al Quran

Untuk mempelajari Qur’an, bisa pula secara tematik, yaitu dengan mencari ayat-ayat sehubungan topik tertentu, semisal topik sholat, infaq, atau zakat. Jika mengetikkan kata kunci tertentu, akan ditampilan ayat-ayat yang sehubungan dengan itu.

Misalnya jika mengetikkan kata sabar, pencarian memunculkan 25 ayat dari 15 surah. List pencarian memunculkan nama surahnya. Tertera seperti ini pada 3 list pertama:

  • Al-Baqarah, terdapat 5 ayat.
  • Ali Imran, terdapat 3 ayat.
  • Al-An’am, terdapat 1 ayat.

Jika kita klik pencarian 5 ayat untuk al-Baqarah, ditampilkan 5 ayat tersebut, yaitu ayat 45, 153, 155, 177, dan 249. Bisa nih dipergunakan untuk mencari solusi atas permasalahan kehidupan. Sedang bingung mencari pemecahan soal hak waris misalnya, ketikkan saja kata waris maka 7 ayat di 4 surah akan diperlihatkan.

 

Kelebihan Aplikasi Quran Belajar:

 

Berikut ini saya rincikan kelebihan dari aplikasi Quran Belajar & Hafalan Karya alQosbah Digital:

1. 8 al-Qur’an GRATIS

Dengan 8 pilihan al-Qur’an gratis ini maka belajar membaca al-Qur’an bisa jadi lebih mudah.

2. Al-Qur’an Hafalan 8 Blok

Fitur ini memiliki 8 blok warna pada setiap halamannya sehingga memudahkan dalam menghafal.

3. Al-Qur’an Latin Tajwid

Dalam aplikasi al Quran ini ada bacaan latin dan tajwid untuk mempermudah belajar Qur’an.

4. Al-Qur’an Indonesia Per Ayat

Fitur ini memudahkan untuk belajar membaca al-Qur’an ayat per ayat.

5. Al-Qur’an Indonesia Per Halaman

Fitur ini merupakan tampilan mushaf standard Indonesia.

6. Al-Qur’an Indonesia Per Halaman Tajwid

Dengan adanya tajwid, makin memudahkan dalam memahami hukum bacaan al-Qur’an.

7. Al-Qur’an Indonesia Per kata Tajwid

Memudahkan Anda memahami arti setiap kata dan hukum bacaannya.

Belajar al Quran

8. Al-Qur’an Madinah

Tampilannya seperti mushaf standard Madinah.

9. Al-Qur’an Madinah Tajwid

Merupakan tampilan mushaf Madinah dengan tajwid yang memudahkan pembacanya dalam memahami hukum bacaan.

10. Jam Shalat

Dengan adanya jam shalat maka penggunanya bisa terbantu menjaga waktu salatnya agar selalu tepat waktu.

11. Histori Tilawah

Bacaan terakhir kita terekam berkat adanya fitur Histori Tilawah ini. Dengan demikian, memudahkan untuk melanjutkan membaca al-Qur’an.

12. Pencarian

Memudahkan pencarian terjemah dengan satu kali klik

13. Audio Qori

Mengarkan lantunan ayat suci alQuran dari Qori favorit Anda

14. Kompas Kiblat

Dengan fitur ini di mana pun berada, arah kiblat bisa dipastikan.

Kalau saya bilang, sekarang ini kalau kita mau jadi cerdas bisa banget. Banyak sekali tersebar di internet bahan pelajaran yang bisa dimanfaatkan, salah satunya aplikasi Quran Belajar & Hafalan ini. Tapi itu adalah pilihan masing-masing, tergantung kitanya sih ya … memilih untuk menjadi cerdas atau mengabaikan pilihan untuk cerdas.

Makassar, 22 April 2022



Share :

2 Komentar di "Aplikasi Al Quran, Belajar Jadi Lebih Mudah"

  1. Jangankan hapal, baca alquran aja berat kadang memang sulit buat membuka alquran. Nah, aplikasi alquran online ini solusi banget apalagi mempermudah, lagipula ponsel selalu dibawa dan lebih praktis. Tapi, tetap ga boleh lupakan alqurannya bukan buat pajangan :)

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^