Mendelegasikan Pekerjaan Rumah untuk Memanfaatkan Waktu

Mendelegasikan Pekerjaan Rumah untuk Memanfaatkan Waktu – Menghabiskan waktu secara berfaedah seharusnya dilakukan setiap orang dewasa tak apa ada pekerjaan rumah yang didelegasikan. Apa daya, bagi seorang ibu rumah tangga yang full mengerjakan pekerjaan rumah seorang diri – syukur-syukur jika suami membantu, adanya waktu senggang sedikit dimanfaatkan untuk menghibur diri. Alih-alih baca buku atau nonton talkshow di televisi ataupun streaming yang mana bahasannya serius, mendingan nonton hiburan atau scroll time line media sosial. Biarlah yang serius jadi bagian orang lain.

Padahal nonton talkshow atau webinar yang bahas pendidikan, pencemaran lingkungan, bahan bakar, pendidikan, ekonomi, dan sebagainya sebenarnya dibutuhkan juga oleh ibu rumah tangga selain ceramah agama karena bisa mengembangkan wawasan dan akan terkait dengan cara memandang kehidupan dan cara mengasuh anak juga.


Mendelegasikan pekerjaan rumah

Kan termasuk perkembangan zaman now, harus diikuti supaya tak ketinggalan meski rasanya “agak-agak makro” karena tidak bersentuhan langsung dengan kita, materi-materi “serius” itu pasti akan berefek suatu saat. Misalnya soal vaksin covid-19 untuk diri sendiri dan vaksin covid anak.

Jangan sampai menganggap keperluan vaksin tersebut hanya supaya bisa ke mal padahal sebenarnya untuk keehatan pribadi yang lebih utama. Jangan sampai juga menjadi antipati karena termakan kabar hoax yang beredar di grup-grup keluarga tanpa cek dan ricek apakah informasi tersebut benar adanya atau tidak.

Sekarang kabar hoaks terbungkus sedemikian rupa sehingga jika tidak jeli, kita mengira yang tertulis itu benar semua apalagi jika ada embel-embel pangkat atau profesi tertentu padahal belum tentu orang dengan profesi tertentu itu ada di dunia ini. Bisa saja hanya karangan penulisnya. Soalnya saya pernah menemukan hal seperti ini dan ada yang percaya.

Sebagai ibu rumah tangga yang pekerjaan rumahnya tak ada habisnya sejak pagi hingga malam hari, sesekali memanjakan diri sendiri memang perlu agar bisa rileks dan jeda sejenak lalu refresh. Kalau semuanya dikerjakan sendiri ya memang sulit sekali menemukan waktu untuk diri sendiri. Yang ada malah badan remuk dan bawaannya kesal terus apalagi jika masuk masa PMS.

Makanya penting untuk mendelegasikan beberapa pekerjaan rumah tangga, setelah membicarakannya dengan suami. Ya kali, ibu rumah tangga beda dengan pembantu rumah tangga. Masa semua-semuanya dikerjakan sendiri tak ada habisnya? Bersyukur jika ada bala  bantuan dari suami dan anak-anak tapi kan tidak bisa diharapkan setiap saat juga. Maka perlu pandai-pandai mendelegasikan pekerjaan kepada pihak ketiga.


Pekerjaan rumah yang bisa didelegasikan:

 

1. Mencuci.

Mencuci pakaian sekarang menjadi lebih mudah bagi yang memiliki mesin cuci, apalagi jika mesin cucinya dari teknologi terbaru. Atau pilihan lainnya adalah menggunakan tenaga bantuan berupa ART atau ke laundry terdekat. Untuk hal ini saya dibantu oleh mesin cuci bukaan depan. Sementara mesin cuci berputar, bisa mengerjakan yang lain, deh.


Delegasikan pekerjaan rumah

2. Menyeterika.

Menyeterika bisa didelegasikan di jasa laundry atau melalui tenaga paruh hari. Paling simple, kita bisa memilah mana pakaian yang bisa diseterika dan mana yang tidak, tak perlu semuanya diseterika. Kalau kata saya sih: “tak ada orang yang meninggal hanya karena pakaiannya tak diseterika.

3. Memasak.

Masak sekarang mudah saja didelegasikan kepada siapapun. Yang penting punya duitnya saja hehe. Asalkan terpercaya yang memasakkan. Banyak cara memesan makanan secara online saat ini, jasa ojek online salah satu penyedianya.

Memasak adalah salah satu pekerjaan rumah yang paling menguras waktu. Dimulai dari membeli bahan, mempersiapkan, hingga mengolahnya. Tanpa bantuan siapapun, hal ini melelahkan sekali dilakukan tiap hari selama tahunan. Belum lagi jika harus mencuci peralatan yang dipakai masak dan makan.

4. Membersihkan rumah.

Pendelegasian paling tradisional dalam urusan membersihkan rumah adalah menggunakan jasa ART paruh waktu. Saat ini, yang paling modern adalah dengan menggunakan Smart Robot Vacuum Cleaner Avaro X1. Vacuum cleaner impian saya ini berupa robot pintar yang mampu memberikan solusi otomatis untuk membersihkan area rumah. Ibu-ibu tinggal ongkang-ongkang kaki deh, bisa baca buku atau kursus online gratis selama dia bekerja.


Smart Robot Vacuum Cleaner Avaro X1

Dengan kecerdasan buatan, perangkat ini mampu menolong membersihkan rumah secara menyeluruh sampai kepada area yang sulit terjangkau. Ibu-ibu bisa juga menjadwalkannya dengan mudah melalui aplikasi di ponsel pintar! Silakan ongkang-ongkang kaki sembari nonton berita. Enjoy your life and let Avaro take the Cleaning.

Smart Robot Vacuum Cleaner Avaro X1 diciptakan dengan teknologi artificial intelligence (kecerdasan buatan) canggih yang mana dapat mengetahui situasi ruangan/kamar. Memiliki sensor yang bekerja secara robotik. Sinar UVC-nya bisa membantu membersikan lantai dari virus ataupun bakteri di lantai. Disertai aneka fitur canggih lainnya yang sangat mempermudah pekerjaan membersihkan rumah/ruangan.

Penasaran sama Smart Robot Vacuum Cleaner Avaro X1? Silakan ceki-ceki di Avaro Official Store. Mana tahu bisa langsung masuk keranjang belanja, kan? 😀


Artificial intelligence vacuum cleaner

Makassar, 28 November 2021



Share :

18 Komentar di "Mendelegasikan Pekerjaan Rumah untuk Memanfaatkan Waktu"

  1. Nah bener banget ini memang perlu mengatur waktu untuk mengatur waktu dalam mengerjakan pekerjaan rumah.

    ReplyDelete
  2. Ish..makin tergiur deh dengan smart vaccum cleaner satu ini.. Bersihkan rumah jadi praktis banget ya mba..bisa disambil keg kain nih..

    ReplyDelete
  3. Saya suka bantu istri, biasanya setrika. Kasian istri, seharian ga ada istirahat.

    ReplyDelete
  4. Nah benar banget kalau ada yang bisa didelegasikan kenapa cari stress ha ha ha. Si smart yang di cari nih

    ReplyDelete
  5. Mulai kels 6 SD udah dikasih tugas untuk cuci piring meski yg ringan, nyapu, ngepel, tapi kalau ada robo vacum, pekerjaan rumah jadi ringan ya

    ReplyDelete
  6. setrika, cukup sering orang rumah minta tolong ke saudara sendiri atau orang terdekat untuk membantu menyetrika tumpukan baju-baju dirumah yang nggak sempet kesentuh sama sekali
    sambil nungguin mbak-mbak selesai, kita bisa nyambi kerjaan lain, kayak masak

    ReplyDelete
  7. Dulu aku kerjaan rumah dikerjain sendiri semua. Lama2 penat, sekarang udah mulai mendelegasikan banyak tugas ke anak dan suami juga jadi. Jadi bagi2 beban kerja walau ibunya tetap supervisi. Robot vacuum nya bagus banget ya. Jadi pengen

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah ya Mba Niar sekarang sudah lumayan banyak tugas yang bisa didelegasikan, jadi ada waktu untuk me time atau melakukan hal lain lagi ya.

    ReplyDelete
  9. Wah baru tau ada alat yg bisa bantu bebenah rumah, malin canggih aja nih. Mama-mama bisa santai deh.

    ReplyDelete
  10. Semua yang mba niar tulis udah saya delegasikan.. Hahaha.. Kecuali masak sama bebenah rumah. Ini enak juga ya kalau ada robot vacum gini. Tinggal leha2 lantai dah bersih.

    ReplyDelete
  11. Betul banget, dengan mendelegasikan tugas kita memiliki lebih banyak waktu untuk mengerjakan banyak hal

    ReplyDelete
  12. mantap ...
    aku dibantu mbah cuci, setrika dan beberes. dia pulang hari. dulu waktu sibungsu bayi - umur 10 tahun ada mba yang bantu masak dan nemenin anakku main. sekarang gak lagi he3 ... karena anakku sudah pesantren.

    salam semangat

    ReplyDelete
  13. Take it easy ya mbak, aku juga gitu si mbak. Mana pekerjaan yang harus banget aku yang pegang, atau pekerjaan yang mungkin bisa digantikan orang lain dulu, soalnya kita bukan robot to..

    ReplyDelete
  14. memang jaman sekarang lebh banyak praktis dengan adanya robot, adanya jasa laundry dll. Tapi yang terpentinga dalah manajemen waktu

    ReplyDelete
  15. Ya Allah semoga aku bisa punya Smart Robot Vacuum Cleaner Avaro X1 hehee
    biar kerjaan makin enteng, tapi sebagian rumah mertua masih tanah BUn, jadi ya paling yang bisa dibersihkan ruang jahit ama ruang tengah.

    ReplyDelete
  16. Seiring berkembangnya masa, kini beberapa hal jadi kian mudah. Misalnya banyak yg buka penawaran jasa yg bisa sedikit2 bantu pekerjaan rumah
    Btw vacum cleanernya keren bgt. Teknologi yg mirip2 aku sering liat di drakor

    ReplyDelete
  17. Mauuu~
    ini praktis banget menggunakan Smart Robot Vacuum Cleaner Avaro X1. Rasanya rumah bersih dari debu. Aku mau kepoin produk rekomendasi kak Niar dalam mendelegasikan pekerjaan rumah tangga.

    ReplyDelete
  18. Ih bener bgt, jaman sekarang pekerjaan bisa dikerjain sama robot2 yak.
    Tahun lalu aku hampir beli alat ini, Mbak buat di kosan, tp ternyata budgetnya kepake buat keperluan lain haha.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^