Dengan Tryout CPNS dan SBMPTN Songsong Kelulusanmu

Dengan Tryout CPNS dan SBMPTN Songsong Kelulusanmu – Pendaftaran CPNS dan PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja)  guru dan non guru resmi dibuka 30 Juni kemarin. Anak-anak bangsa kembali berduyun-duyun mencoba peruntungan mereka. Guru-guru honor di sekolah si bungsu kembali mengikuti rangkaian tes agar bisa menjadi pengabdi negara.

Saya masih ingat tahun-tahun kemarin, mereka sampai ke luar kota, ada yang ke luar pulau untuk menjalani tes. Mengencangkan ikat pinggang dalam menjalani kehidupan selama berada di perantauan sebelum balik kembali ke kampung halaman.

Tryout CPNS

Ketika dewi fortuna belum berpihak pada mereka, pada tahun selanjutnya, mereka kembali menjalani tes CPNS, sebagian bergelut dengan try out CPNS online gratis 2021. Menjadi pegawai negeri sipil itu masih jadi dambaan sebagian masyarakat kita ya.

Begitu pula orang tua yang anaknya hendak mengikuti SBMPTN (seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri), sibuk mempersiapkan buah hatinya mengikuti tes masuk perguruan tinggi favorit, bersaing dengan jutaan lulusan SMA di seantero negeri.

Kalau perlu ada yang mencari orang dalam bahkan rela membayar agar mendapat posisi yang diidam-idamkan padahal kasus penipuan dengan modus lulus tes CPNS masih saja ada. Sangat disayangkan ya padahal banyak kok orang berusaha bersungguh-sungguh bisa lulus dengan murni.

 

Tips Lulus CPNS dan SBMPTN

 

Berdasarkan tips yang dibagikan orang-orang di internet dan pengalaman mereka yang sudah lulus, tips lulus CPNS dan SBMPTN secara garis besar hanya 2, yaitu: mempersiapkan diri dan berdoa. Mengenai berdoa, tak usahlah dibahas panjang lebar ya, setiap orang tentunya tahu cara berdoa dalam agamanya masing-masing.

Sekarang mari kita kulik sedikit bagaimana mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian untuk menjadi CPNS dan PPPK guru dan non guru, juga mempersiapkan diri menghadapi ujian masuk perguruan tinggi negeri.

 

Mempersiapkan Diri Lulus Tes CPNS/PPPK dan  Lulus SBMPTN

 

Persiapan yang paling penting tentunya dimulai dari persiapan fisik dan mental, harus sehat lahir batin dong sebelum tes dijalani. Jangan sampai jelang waktu tes tiba-tiba jatuh sakit, kan. Banyak-banyaklah bertanya pada yang sudah lebih dulu mengunyah asam-garam ujian CPNS dan SBMPTN serta menuai kelulusan.

Persiapkan mental juga, jangan melambungkan angan terlalu tinggi sebab kalau jatuh rasanya bakal sakit sekali dan bisa membuatmu patah hati. Jangan mengira begitu gagal, dirimu bisa menggunakan uang untuk memasuki perguruan tinggi ataupun institusi idaman “lewar jendela”. Ingatlah, di sini ada pertarungan harga diri juga.

Menanglah dengan gagah, kalahlah dengan terhormat. Kegagalanmu adalah sukses yang tertunda. Pasti ada hikmah di baliknya. Ketahuilah, kunci kemenanganmu saat ini tidak berada di tangan orang dalam.

Persiapan terakhir yang mutlak harus dilakukan adalah latihan menjawab soal-soal atau uji coba alias try out. Carilah soal-soal tryout CPNS dan pembahasan soalnya untuk kalian yang mau jadi pengabdi negara dan soal-soal try out online SBMPTN bagi kalian yang mengidamkan kuliah di perguruan tinggi negeri.

Tryout
Kini tak perlu lagi menghadapi buku sebanyak
ini karena bisa try out online. Sumber: Pixabay.

Try Out Sebagai Persiapan Rutin

 

Istilah try out sekarang ini lazim digunakan oleh kita, mulai dari jenjang sekolah dasar hingga bagi mereka yang hendak jadi pegawai. Ada situs-situs yang menyediakan try out online gratis maupun berbayar. Sah-sah saja mencari yang gratis namun biasanya jumlah dan variasi soal yang disediakan terbatas.

Melalui Tryout.id, silakan coba versi gratisnya namun dengan hanya merogoh kocek Rp 30.000 per tahun, bisa latihan soal sepuasnya. Tersedia 3.700 soal tryout CPNS dan pembahasan. Sedangkan untuk tryout SBMPTN, tersedia beragam soal untuk ananda. Kedua macam try out online ini bisa jadi bahan pelajaran dengan menggunakan 2 mode, yaitu mode belajar dan ujian.

 

7 Tips Mudah Sukses Mengerjakan Soal Try Out

 

Lalu bagaimana caranya agar bisa mengerjakan soal try out dengan mudah? Keberhasilan dari soal-soal satu ke soal-soal lainnya tentunya akan mempermudah langkah para pejuang CPNS dan SBMPTN dalam menuai keberhasilannya.

Berikut ini beberapa tips yang saya sarikan dari pengalaman sendiri dan pengalaman orang-orang lain:

1. Tentukan target.

Buat target, mengerjakan berapa soal dalam sehari. Misalnya dalam satu hari harus mengerjakan 100 soal dan konsisten mengerjakannya setiap hari.

2. Banyak latihan soal.

Perbanyak latihan soal adalah keharusan, hal ini beriringan dengan target yang ditentukan. Sesuaikan dengan kesanggupan, mulailah dalam jumlah yang tidak terlalu banyak dan pelan-pelan tingkatkan lalu jadikan target harian.

3. Manajemen waktu.

Mengusahakan manajemen waktu, mau tak mau harus dilakukan ya jika ingin bisa konsisten hingga hari puncak perjuangan alias hari dilaksanakannya tes CPNS/SBMPTN.]

4. Dahulukan soal yang mudah.

Dahulukan soal yang mudah tentu saja harus dilakukan. Kalau di awal mendapatkan soal yang tingkat kesulitannya level atas, tinggalkan dulu, kerjakan soal berikutnya. Kalau belum apa-apa sudah sibuk mengerjakan soal yang sulit bisa-bisa waktumu habis di situ.

5. Perhitungkan waktu.

Jangan terlalu lama mengerjakan soal, ya. Hal ini terkait dengan poin di atas. Kalau soal sulit Anda hadapi lebih dulu, berpindahlah ke soal berikutnya. Jika sudah selesai, kembali lagi dari awal untuk mengerjakan soal yang sulit tadi tapi lagi-lagi … jangan mentok di situ sebab harus menyediakan sisa waktu untuk memeriksa seluruh jawaban Anda.

6. Periksa kembali jawaban.

Periksa kembali jawaban juga sebuah keharusan. Jangan gegabah. Sering kali kita mendapatkan kesalahan menjawab ketika memeriksa kembali jawaban yang sudah dikerjakan.

7. Evaluasi hasil belajar.

Evaluasi hasil belajar jangan dilupakan ya. Setelah selesai mengerjakan semua soal, silakan cocokkan dengan kunci jawaban. Jika masih ada yang salah dan tak mengerti, bertanyalah kepada orang yang mumpuni dalam bidang tersebut.

tryout sbmptn

Demikian ya, kawan mengenai persiapan diri. Setelah semua persiapan diri dilakukan secara maksimal, tidak luput pula berdoa maka serahkan semua hasilnya kepada keputusan akhir. Mau itu lulus ataupun tidak, semua upaya maksimal pasti akan berbuah kebaikan.

Makassar, 1 Juli 2021

Keterangan: gambar pertama dan ketiga bersumber dari tryout.id

Baca juga:



Share :

14 Komentar di "Dengan Tryout CPNS dan SBMPTN Songsong Kelulusanmu"

  1. Benar sekali kalau menjadi PNS masih menjadi minat yang tinggi saat ini, dan tentunya idaman. Karena situasi sekarang, bergeser juga motivasi untuk merasa lebih aman dan stabil, yah semuanya ada perjuangannya ya :D tentu saja usaha doa dan juga tawakal, semoga sy bisa juga rezekinya di cpns. Sebenarnya sih ada rasa ragu, namun usaha dlu kan ya. Oh iya terima kasih atas informasi tryout.idnya, bisa untuk latihan :)

    ReplyDelete
  2. Wah ulasannya lengkap sekali. Makasih ya, ada tips buat sy share nanti ke siswa jelang Try Out. Trus tips tembus CPNS juga boleh banget nih ke adek2 guru honor di skul yg usiax masih bisa tembus CPNS.

    ReplyDelete
  3. Bermanfaat banget nih buat teman2 yg mau daftar CPNS, sayangnya aku kurang minat jadi PNS. Semoga pada berhasil teman2 yg daftar CPNS lewat tips2 ini.

    ReplyDelete
  4. Kalo tes CPNS, aku ga tau rasanya, Krn dari dulu ga tertarik jadi PNS :D.

    Tapi ngerasain gimana bersaing Ama ribuan orang yg mau masuk PTN :D. Dulu pas aku mulai namanya UMPTN hihihi.. seneeeeng sih lulus, di 2 PTN , dan aku akhirnya pilih yg jurusan akuntansi. Tp cm ngerasain 3 semester, malah pindah ke Malaysia Krn di sana aku juga lulus ujian masuk collage yg aku incer sejak dulu :D. Ya sudah, PTN di Indonesia yg udh dapet aku tinggalin.

    Tapi memang berasa bgt seru dan kompetitifnya mba. Aku trutama suka suasana begitu. Menantang soalnya :). Bareng temen2 ikutan tryout dibanyak bimbel. Begitu lulus puaaaas banget :). Pembuktian diri kalo mampu.

    ReplyDelete
  5. Menarik sekali tips-tips persiapan seleksi CPNS-nya. Saya sepertinya tahun ini tidak mendaftar dulu, udah pupus harapan hehe. Semoga teman2 yang baca komen ini dan sedang ikut CPNS tahun ini lolos yaa aamiin!

    ReplyDelete
  6. Dalam menghadapi segala sesuatu memang perlu banget persiapan yang mateng. Semakin siap persiapannya, semakin baik pula hasil akhirnya biasanya....

    Apalagi kalo sudah bahas soal CPNS, kudu persiapan sejak lama-lama hari biar mantep dan hasilnya memuaskan

    ReplyDelete
  7. Sangat bermanfaat ini mbak, semua ujian endingnya kudu pasrah pastinya yg ptg uda maksimalin usaha benerr

    ReplyDelete
  8. Wah anakku kudu ikutan nih. Walopun human untuk CPNS. Tapi untuk tes PTN. Aku baru tahu nih dengan TRYOUT.ID nih. Aku ke tekape deh cari-cari info dulu.

    ReplyDelete
  9. Hahahhaa iya inget banget dulu pas mau ujian pasti buanyak banget bukunya. Dan bertumpuk gitu hahaha. Sekarang sih lebih praktis yaa karena bisa mengerjakan try out secara virtual.

    ReplyDelete
  10. Saya ingat tahun-tahun sebelum sistem zonasi diberlakukan, guru-guru sibuk urusi anak-anak yang ikut try out agar bisa lulus di SMA pilihannya.
    Sekarang ini, anak-anak sudah bisa mengikuti try out mandiri bagi yg ingin daftar dan tes di perguruan tinggi maupun CPNS.

    ReplyDelete
  11. Aku termasuk pejuang tes CPNS pada zaman-zaman fresh graduated, kak Niar.
    Dan rasanya mengurus keperluannya sebelum ujian ini berat lalu persiapannya juga.
    Jadi percaya bahwa yang terpilih memang manusia pilihan.

    Persiapan yang matang dan faktor luck tak dapat dihindari.
    Hehehe..

    ReplyDelete
  12. Yang penting niat, usaha, dan konsisten belajar ya kak. Insyaallah lancar ujiannya. Apalagi kalau dibantu fasilitas yang oke begini.

    ReplyDelete
  13. Semoga yang sedang proses buat tes dilancarkan belajarnya aamiin
    dimudahkan urusannya.Terima kasih tipsnya bun

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^