4 Alasan Memilih Perumahan Syariah

Alasan memilih perumahan syariah saya ketahui dari informasi yang beredar di sekeliling saya. Pemahaman mengenai syariah Islam membuat banyak orang memutuskan memilih tinggal di perumahan syariah. Beberapa orang saya tahu, memilih meninggalkan pola hidup konvensional dan berusaha hidup sesuai prinsip syariah, termasuk dalam memilih tempat tinggal.

Wawasan mengenai properti syariah baru akhir-akhir ini saya pahami. Saya salut dengan orang-orang yang beralih kepada kehidupan yang lebih sesuai dengan tuntunan syar’i untuk tujuan mendapatkan berkah dari Allah. Mereka saya  temui di mana-mana, baik di dunia nyata maupun di dunia maya.

Tak segan saya sampaikan rasa salut dan dukungan dalam bentuk doa kepada mereka karena saya memang mengagumi keinginan tulus untuk memperoleh berkah dan saya tahu pasti ada saja masalah dalam perubahan yang terjadi ketika berpindah dari satu pola kehidupan ke pola kehidupan lainnya.

“Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turuti langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu.” (QS. Al Baqarah: 208)

Rosalie Hills

Mereka yang rela meninggalkan pola hidup konvensional secara keseluruhan dan beralih kepada kehidupan syar’i secara keseluruhan (kaffah) pasti memegang teguh ayat 208 dalam surah al-Baqarah tersebut. Islam masuk ke dalam semua sendi kehidupan mereka, termasuk pilihan dalam menentukan tempat tinggal.

Lalu, apa alasan orang memilih perumahan syariah? Saya mencoba memaparkannya di sini, mengapa banyak orang ingin tinggal di rumah yang dibeli berdasarkan prinsip syar’i:

 

1. Ingin hidup dalam nilai-nilai Islam secara kaffah.

 

Keinginan kuat untuk berkehidupan sebagai muslim/muslimah bukan hanya ditunjukkan melalui pakaian atau penampilan yang bercelana cingkrang atau berhijab. Semua aspek kehidupan juga harus berlandaskan Islam. Ya … seperti cara makan, melakukan sesuatu yang selalu disertai doa. Pun dalam menentukan pilihan kepada properti syariah, dilakukan karena menghindari jual beli yang mengandung riba.

Ketika bersepakat di awal akad untuk memperoleh rumah secara syariah, developer akan menunjukkan harga yang sifatnya tetap atau tidak berubah.

 

2. Ingin hidup tenteram dengan orang-orang yang sevisi.

 

Dalam perumahan syariah diharapkan para penghuninya sudah sama-sama paham mengenai bagaimana menjalankan agama Islam dengan baik, termasuk dalam bertetangga dan menjaga adab, dalam bersikap/berperilaku. Islam sudah memberi tuntunan tentang bagaimana menjadi tetangga yang baik, hal ini jika dipegang dengan baik tak ada kasus pertikaian antar tetangga.

Banyak orang yang ingin tinggal dalam lingkungan yang saling mengingatkan akan kebaikan dan saling menjaga ukhuwah, seperti shalat berjamaah, mengadakan kajian keislaman bersama, pandangan terjaga karena warganya menutup aurat, dan mengembangkan ta’awwun atau budaya saling tolong.

 

3. Lokasi strategis.

 

Nah, sebagaimana perumahan yang dibeli dengan sistem konvensional, perumahan dengan sistem syariah jaman now biasanya lokasinya strategis. Dekat dari pusat-pusat kegiatan atau aktivitas masyarakat atau fasilitas umum, seperti dekat dengan sekolah, pusat perbelanjaan, dan rumah sakit.

Properti syariah

4. Tanpa sita, tanpa denda.

 

Bertransaksi untuk memiliki properti syariah tidak dikenakan bunga, denda, dan penyitaan. Proses transaksi menjadi sah melalui akad antara 2 penjual dan pembeli. Setelah bayar DP, rumah pun menjadi hak kita. Seperti itulah yang dilakukan untuk mendapatkan hunian di Rosalie Hills.

Rosalie Hills terletak di Rosalie Hills Raya, Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jawa Barat. Kawasan yang sejuk dan asri ini terletak dekat dari pusat kota dan aneka fasilitas umum. Akses ke masjid jami mudah, juga akses angkot. Mini market dan sekolah mudah dijangkau dengan berjalan kaki.

***

Tentunya mawas diri perlu ya supaya bisa memilih properti syariah yang benar-benar sesuai dengan prinsip syariah. Jangan mudah tergoda dengan tawaran harga murah. Cek dan ricek kembali mengapa harga yang ditawarkan murah. Apakah karena tanah di daerah itu memang murah harganya ataukah ada hal lain.

Penting pula untuk mengetahui secara detail mengenai profil dari developer atau penjual. Ketahui pola landasan otoritas apa yang ditetapkan untuk menentukan sistem syariah untuk memperoleh rumah memang benar syariah adanya sesuai fatwa Dewan Syariah Nasional MUI.

Ketahuilah, developer rumah dengan klaim syariah harus memiliki Dewan Pengawas Syariah (DPS)[1] yang direkomendasikan oleh Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI). Sudahkah dicek?

Makassar, 26 Juni 2021


Keterngan:
Gambar-gambar berasal dari rosaliehills.com.

[1] https://www.republika.co.id/berita/q5jkwy349/kesyariahan-pengembang-rumah-syariah-perlu-dipastikan



Share :

19 Komentar di "4 Alasan Memilih Perumahan Syariah"

  1. Bismillah, tahun 2021 aku bisa memiliki perumaan syariah. Allahumma shaliala sayyidina muhammad

    ReplyDelete
  2. Bener banget kak, kalo perumahan syariah gitu enaknya bisa satu visi misi. Ibadahnya bisa bareng2, tetanggaan jd berasa lebih dekat dan akrab, juga lebih seru aja gitu, gak ada sungkan kalo mau ngadain kegiatan yg berhubungan dg keislaman 😇😇

    ReplyDelete
  3. Bagus banget ya Kak Niar.
    Aku juga tertarik buat pilih perum syariah, moga2 ada rezeki dan kesempatan.

    Poin ini perlu dicatat: Tentunya mawas diri perlu ya supaya bisa memilih properti syariah yang benar-benar sesuai dengan prinsip syariah. Jangan mudah tergoda dengan tawaran harga murah. Cek dan ricek kembali mengapa harga yang ditawarkan murah. Apakah karena tanah di daerah itu memang murah harganya ataukah ada hal lain.

    ReplyDelete
  4. Belum banyak perumahan syariah. Semoga hal ini akan booming perumahan syariah dan bisa banyak orang memiliki rumah sendiri

    ReplyDelete
  5. oh saya malah baru tahu tentamg sistem perumahan syariah begini. Sepertinya belum banyak ya mba.. Di kota kecil kami belum ada hehe.. Terima aksih sharingnya mba..

    ReplyDelete
  6. Semoga terus bertumbuh perumahan syariah dengan konsep yang holistik, mulai dari akad jual beli, lokasi, suasana dll

    ReplyDelete
  7. Teman alumni tinggal di komplek perumahan syariah Alhamdulilah vibes-nya jadi bagus bgt karena banyak juga kegiatan keagamaan yang dilakukan, masjid selalu ramai. Orang-orang shaleh pun kebanyakan memilih perumahan Syariah. Daerah Cikarang, Karawang termasuk banyak juga model sistem perumahan syariah begini. Bagus-bagus dan fasilitas lengkap.

    ReplyDelete
  8. nggak hanya tabungan aja yang ada konsep syariah ya mbak, memilih perumahan juga ada pilihan syariahnya.
    aku kurang info kalau soal perumahan syariah, taunya asal bayar DP dan masih banyak proses administrasi lainnya yang kudu diselesaikan

    ReplyDelete
  9. kalau tanpa denda dan penyitaan, bagaimana jika ada yang menunggak, Mbak Niar? Enak juga kalau ada perumahan syariah dengan fasilitas masjid dan lingkungan yang sevisi. Bertetangga jadi lebih adem

    ReplyDelete
  10. Ah mau banget itu..cita citaku punya lingkungan yg kondusif, nyaman dan menentramkan hehe...

    ReplyDelete
  11. Sudah paling nyamaan kalau tinggal di lingkunngan yang memadai dan ini perintah Allah bahwa penting sekali memberikan lingkungan yang baik untuk anak keturunan agar terbentuk kepribadian islami.

    ReplyDelete
  12. Perumahan Syariah tanpa interest dan tanpa sita. Betul sekali. Salah seorang keponakan membeli rumah melalui Leasing ber-tahun2 membayar cicilan rumah yg ternyata dr jumlah yg dibayarkan sebagian besar utk bayar bunga sedangkan sebagian kecil saja utk Cicilan. Setelah mendalami mengenai perumahan syariah dia telah beryekad mennual rumahnya - dilunasi hutangnya ke Leasing kemudian dia membeli rumah secara cash wlp kecil di sudut kota hujan nzmun dia terlepas dari beban bunga dan tak kan pernah sitaan karena rumah sendiri, hehe...Makasih, Niar, sharingnya yg lengkap dan jelas tentang Perumahan Syariah.

    ReplyDelete
  13. Mulai banyak ya dibangun perumahan syariah, aku juga tertarik nih mbak. Semoga ada rezeki dan pindah ke sana. Nah tugas kita sebelum memilih perumahan syariah itu harus diteliti dulu ya apakah betul-betul melakukan prinsip syariah atau judulnya saja

    ReplyDelete
  14. Jujur sih mbak saya juga suka kalau ada label syariah berasa aman aja soalnya sudah ada ketentuan hukum yang berlaku sesuai agama.

    ReplyDelete
  15. di kotaku belum ada perumahan syariah ini. Kayaknya seru yaa, tinggal di perumahan syariah ini

    ReplyDelete
  16. Benar mbak, memilih rumah itu sama dengan memilih keluarga, karena nantinya kita akan bersama-sama di dalam sebuah lingkungan dengan beragam orang. jika sevisi semisi akan lebih nyaman ya, apalagi jika sama-sama ingin masuk surga. bakalan betah berada di dalam kompleks yang sama

    ReplyDelete
  17. Iya ya mencari keberkahan juga ya. Dan baru tau nih tanpa denda dan sita juga. Semoga perumahan syariah makin banyak yes.

    ReplyDelete
  18. Barokallah udah ada perumahan syariah begini jadi tambah hepi kalau punya ya bun, semoga ku ada rejeki punya rumah sendiri nggak nebeng mertua lagi aamiin

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^