Fun Talk: Keterbatasan Mampu Membangkitkan Kreativitas

Keterbatasan mampu membangkitkan kreativitas – empat kata ini membentuk keywords khusus dalam benak saya ketika mengikuti percakapan live Instagram bertajuk: Berani Berkreasi dan Gapai Mimpi, Fun Talk #AyoMajuBersama pada 23 September malam.

Erix Soekamti – seniman, pentolan band Endank Soekamti yang juga pendiri Does University ini membagi kisahnya tentang keberadaan Does University – sebuah sekolah informal yang mengembangkan minat dan bakat anak-anak muda. Sekolah ini diselenggarakan gratis di Yogyakarta dan Ungaran dan akan dibuka di Bandung .


Fun Talk

Does University adalah uneg-uneg pribadi karena mau cari sekolah susah maka membuat alternatif sehingga anak-anak yang seperti Erix Soekamti di masa lalu punya kesempatan untuk belajar,” pengakuan Erix, menjawab pertanyaan Bambang Susanto – Creative Lead Home Credit Indonesia yang dulu menjadi drummer grup band Base Jam.

 

Keterbatasan Adalah Cara Belajar untuk Berkembang

 

Mengomentari keserbabisaan Erix, Bambang menyebutnya sebagai praktisi seni yang merambah bidang-bidang lain, seperti pembuatan video dan travel. Erix mengatakan, hal-hal tersebut bermula dari keterbatasan, seperti ketika terbatasnya kesempatan untuk tampil di televisi maka kanal YouTube menjadi pilihannya.

Tentunya setelah itu timbullah pertanyaan, “Bagaimana membuat konten-konten kanal televisi ini?” Pertanyaan ini dijawab dengan gigih belajar membuat konten, membuat video yang akhirnya keterusan hingga terbentuklah production house.

 

Kreativitas Datang dari Keterbatasan

 

“Kreativitas datang dari keterbatasan karena kalau semuanya berkecukupan, kita tak perlu solusi lagi,” ungkap Erix.


Fun Talk

Setuju kan? Saya sih setuju karena mengalaminya sendiri. Keterbatasan sebagai ibu rumah tangga yang sejak menikah di rumah saja membuat perjalanan hidup saya dipertemukan dengan kegiatan menulis dan ngeblog yang ternyata kemudian membuat saya “bisa ke mana-mana” melalui internet dan berjejaring dengan banyak orang dengan berbagai latar belakang.

Nah, bagi Erix dan Endank Soekamti, rekaman musik di dalam studio, menjadi sebuah “keterbatasan” yang kemudian mendatangkan ide untuk melakukan rekaman di outdoor.

 

Passion Mendukung Kreativitas

 

Dukungan passion bermusik yang kuat menjadi pendukung utama Erix untuk kreatif dalam bermusik. Menurutnya justru banyak ide segar yang diperoleh dengan melakukan rekaman di alam. Bukan sebuah kebetulan jika ide rekaman outdoor kemudian menjadi ide bisnis traveling sembari rekaman.

Iwan Fals dan Fiersa Besari adalah dua dari sederet artis besar yang pernah ikut serta bersama rombongan tur mereka.


Fun Talk

Kemauan adalah modal besar yang harus “dibawa” serta dalam tur rekaman outdoor karena sebelum berangkat banyak sekali pertanyaan bermunculan yang bisa melemahkan keinginan berangkat. Misalnya, nanti makan di mana? Nanti biayanya bagaimana? Bagaimana kalau tidak ada listrik?

Setelah kemauan kuat mengalahkan aneka pertanyaan dan menjalani perjalanan, malahan pertanyaan-pertanyaan yang awalnya muncul itu bukanlah halangan berarti yang penting persiapan sebelum berangkat sudah matang dan survei dulu.

 

Berbisnis dengan Passion

 

Erix menyarankan untuk menggali passion. Pengalamannya menunjukkan bahwa menjalani passion itu sangat menyenangkan dan membuatnya mampu berkarya. Setelah itu lahirlah ide-ide untuk berbisnis dengan passion yang mana bisnisnya terkait dengan passion yang dimilikinya.

Bisnis terakhirnya adalah mikrofon yang sangat dibutuhkan oleh vlogger. Jangan terbatas pada satu pilihan, coba untuk menggali passion. Jadi ingat aktivitas saya beberapa tahun yang lalu. Saya pernah menjadi mystery shopper.

Mystery shopper. Kalau dilihat sekilas, seperti tak ada hubungan antara kegiatan ngeblog saya dengan mystery shopper tapi buat saya ada karena dengan menjadi mystery shopper, saya jadi terlatih menulis “review” dalam bentuk laporan yang harus saya kirimkan ke perusahaan usai menjalankan tugas.

 

Berkreasi pada Masa Pandemi

 

“Lihatlah pandemi sebagai ladang kreativitas karena di saat pandemi semuanya serba terbatas. Sarang kreativitas selalu ada di mana kita dihadapkan dengan keterbatasan,” tutur Erix.


Fun Talk

Erix juga menjelaskan bahwa pandemi covid-19 ini pasti berefek pada para pekerja seni sehingga terpaksa harus keluar dari zona aman karena dikelilingi oleh keterbatasan. Kalau tak keluar, pasti “tutup”.

Pada dasarnya kreativitas adalah solusi. Adanya solusi karena masalah. Kalau tak ada masalah berarti tak ada solusi. Kalau tak ada solusi ya berarti tidak kreatif. Mengapa Erix mengatakan pandemi sebagai ladang kreativitas, karena itu berarti akan ada banyak solusi yang menjadi peluang besar.

Bingung membacanya, kawan? Semoga tidak, ya. Tapi kalau Anda bingung yuk dicerna pelan-pelan saja dulu, dibaca kembali dari atas. Semua yang dipaparkan Erix dalam Fun Talk pada Instagram akun @homecreditid dan saya tuliskan kembali di sini bisa menjadi motivasi. Motivasi untuk mengasah kreativitas pada masa pandemi dan menciptakan solusi-solusi baru.

Makassar, 24 September 2020



Share :

80 Komentar di "Fun Talk: Keterbatasan Mampu Membangkitkan Kreativitas"

  1. Setuju banget. Berkarya sesuai passion jadi lebih greget gitu. Fun talknya menarik sekali mbk, ini setiap minggu selalu ada ya

    ReplyDelete
  2. ini keren, idenya mengalir terus, tak banyak mengeluh untuk dapat bangkit meskipun banyak keterbatasan.

    ReplyDelete
  3. bener banget nih, biasanya kreatif kalo udah kepepey yaa.. hahaha.. aku lumayan banyak nih sampingan yang dilakukan sekarang. beruntung mulai ada peningkatan.

    btw Erix sama Omesh caranya beda ya. kalau Erix bisnis dengan passion, Omesh mikirin realita dulu baru passion. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah keren, Mbak Cindy ... bagi tipsnya dong selain kreativitas apa?

      Delete
  4. Wah kemarin aku ketinggalan nih live ig nya. Padahal penasaan banget. Tapi beruntung sih aku karena masih bisa baca artikel ini. Lengkap banget dan bisa di pahami. Terima kasih ya kak atas sharing informasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha sama dengan aku kak. Ternyata informasi dari sini bisa mengobati rasa penasaran. Btw. Aku juga memulai sesuatu dari keterbatasan yang dulunya kuanggap kekuranganku.

      Delete
    2. Ternyata bisa dijadikan motivasi buat diri sendiri talshow-nya hehe.

      Delete
  5. Dan biasanya kreativitas, ide ide, muncul karena terpaksa kreatif, seperti uraian mba di atas.
    Pernah ngalamin juga, walaupun jarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, sebenarnya bisa ya manusia kreatif di saat terbatas.

      Delete
  6. Itulah kenapa saya seringkali salut dengan yang punya kreatifitas. Seringkali mampu menerobos keterbatasan. Bahkan menciptakan sesuatu yang baru yang akan diikuti banyak orang

    ReplyDelete
  7. Wah aku baru tau erix soekamti mendirikan does university, keren bangeeeet.. Setuju, bisnis mungkin paling enak dijalankan kalo yang sesuai dengan passion yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pun baru tahu saat mau ikuti talkshow-nya Mbak hehe. Keren ya. Gratis pula.

      Delete
  8. Sejujurnya saya baru ngeh secara lebih detail tentang Erix Soekamti ini kemaren, ternyata keren banget ya, dalam keterbatasan malah membuatnya bangkit dan terus berkreatifitas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan yang paling bikin merasa kagum adalah, bagaimana Mas Erix yang selalu langsung action, nggak kebanyakan mikir, bahkan learning by doing, segalah masalah diselesaikan sambil jalan, makanya hasilnya langsung keliatan :)

      Delete
    2. Nah iya ... tidak kayak kebanyakan orang yang mikirnya lama. Eh itu mah saya hahaha.

      Delete
  9. Zaman pandemi ini kita semua dipaksa untuk tetap memiliki ide dan mengeksekusi. Proses produktif dan kreatif ngga bisa ditawar

    ReplyDelete
  10. Saya setuju sama Erix.
    Kita bisa bertahan dalam keterbatasan jika kita kreatif.
    Ada hikmah di balik pandemi. Tuhan menyuruh kita di rumah saja untuk menggali potensi diri yang selama ini terkubur karena kesibukan.

    ReplyDelete
  11. Pandemi gak menghalangi untuk terus berkarya ya mba. Harus tetap kreatif walau situasi dan kondisi terbatas, gak seperti biasanya

    ReplyDelete
  12. mbak Mugniar terimakasih banyak ya, coretan ini beneran bisa jadi motivasi disaat kita sedang putus harapan lho Mbak, jadi penyemangat gitu. Belajar dari Erix soekamti di fun talk bareng home credit seru banget ya mbak

    ReplyDelete
  13. Wuahh tumben nih Fun Talk dengan dua pembicaranya. Jadi semakin banyak insight yang bisa kita dapatkan saat menonton acara ini yaa. Penasaran ih bakal ada siapa lagi yang jadi pembicara di episode berikutnya.

    ReplyDelete
  14. Aakk,bener nih THE POWER OF KEPEPET
    Dari keterbatasan, lahir kreativitas ya
    Sama kayak kondisi pandemi gini, ternyata banyak juga yg jadi kreatif

    ReplyDelete
  15. Betul banget mb di masa seperti ini kreatifitas yang mendobrak memang dibutuhkan banget yaa. Karena semua terkena dampaknya dari pandemi. Sehat selalu dan saya pun jadi kepikiran mau apa yaa biar tetap kreatif apalagi menghasilkan

    ReplyDelete
  16. Salut sama orang yang bisa terus berkreasi meski dalam keterbatasan. Dia termasuk orang yang jeli dalam melihat peluang dalam kesesakan.

    ReplyDelete
  17. Pada dasarnya kita punya potensi terpendam yang akan keluar begitu diusahakan dalam situasi sulit.
    Kreativitas selalu terbuka bagi yang ingin berkembang atau keluar dari situasi stagnan.
    Saya pikir kita punya sesuatu untuk dijadikan amunisi demi berjuang. Sesuatu yang pada mulanya tidak terpikirkan sama sekali, seoert pandemi ini. Banyak anggota komunitas Indonesia Saling Follow yang berusaha keluar dari zona sulit dengan menawarkan sesuatu yang tetap bisa menghasilkan rezeki. Termasuk saya juga yang mengubah sistem acara saling follow waktu itu karena lelah alami masalah berulang yang bikin eungap kumat plus kurang istirahat tanpa penghasilan. Siapa nyana perubahan sistem yang cuma untuk proteksi dan menyortir Itu malah bisa menghasilkan, menjadi pintu pembuka rezeki lewat silaturahim dalam simbiosis mutualisme.

    Hidup yang keras insya Allah, akan selalu ada jalan keluar. Jalan pilihan saya yang pada mulanya demi mempertahankan idealisme itu juga bisa membantu banyak orang. Kebahagiaan tersendiri begitu diri ini bermanfaat bagi banyak orang.
    Insan seperti Erix Itu adalah teladan. Menembus keterbatasan sehingga menjadi seperti sekarang.

    ReplyDelete
  18. Betul, orang yang bisa beradaptasi di tengah masalah biasanya akan berhasil... satu pintu tertutup akan terbuka pintu lainnya.. jualan mikrofon itu bisnis potensial kan.. perlu tau ilmu teknisnya juga...

    ReplyDelete
  19. Aku jadi semangat untuk menggali semua potensi yang ada dalam diri. Semoga rintangan bukan menjadi alasan.

    ReplyDelete
  20. Salut juga aku jadinya sama Erix yang bisa mendirikan Does university. Betul betul potensi seseorang terkadang muncul pada saat tekanan penuh ya.

    ReplyDelete
  21. Saya pernah nonton talkshow yang nara sumbernya mas Erix ini, penampilannya sih sangar, tapi ngomongnya cerdas lho. Gak nyangka ^_^

    ReplyDelete
  22. Setuju dimana ada kemauan disitu pasti ada jalan memang setiap perjuangan pasti butuh proses. ya kak. Tapi percaya hasil tak pernah menghianati proses hehehe

    ReplyDelete
  23. memang paling enak kalo berbisnis itu mengikuti passion. jadinya enak dan ngga mumet memikirkan ide dan langkah yang harus diambil dalam menjalankan bisnis

    ReplyDelete
  24. Bener banget Mba mugniar.. keterbatasan memang melahirkan solusi. Dan terkadang kita butuh keadaan sempit agar terlahir kreativitas.

    ReplyDelete
  25. Sekarang tuh orang makin kepepet makin kreatif...eh dr dulu juga gt kan ibarat dikejar anjing tau2 bisa loncat pagar. Positifnya, orang bisa menggali minat dan bakat alias potensi yg dimiliki demi mencapai tujuan.

    ReplyDelete
  26. Aku pun setuju mbak, karena kreativitas itu biasanya lahir karena keterbatasan. Banyak hal yang bisa dilakukan juga kok, contohnya seperti sekarang ini banyak teman-teman juga yang kreatif dari rumah.

    ReplyDelete
  27. Ah memang kok...
    Semua klo sesuai passion pasti keren, termasuk untuk berbisnis

    ReplyDelete
  28. Setuju, mba. Keterbatasan itu akan membuat kita menjadi kreatif dan mampu menemukan solusi-solusi yang belum ada. Makanya kita dituntut untuk kreatif dalam situasi dan kondisi apa pun. Termasuk saat pandemi seperti sekarang.

    ReplyDelete
  29. Bener banget itu passion. Passion dalam beraktivitas ibarat pernikahan. Sesuatu tanpa passion bisa sih berhasil tapi rasanya ga dahsyat. Kalo dalam pernikahan tapi ga cinta bisa sih punya anak tapi apa bahagia? 😁

    ReplyDelete
  30. Berkarya sesuai dengan passion pas banget nih kalau sesuai dengan keinginan pastinya tetap akan bisa bertahan apalagi di saat pandemi seperti ini

    ReplyDelete
  31. iya yaa kebayang para pekerja seni kan freelancer. Mereka sekarang ga bisa konser dengan bebas, event offline masih jarang banget. Mau bikin online concert gimana ya, apa animonya dan incomenya bakal sama seperti biasa?

    ReplyDelete
  32. Setuju banget mbak bisa berbinis dengan passion akan menghasilkan sesuatu yang maksimal karena passion adalah sebuah kebutuhan dalam menjalankan usaha.

    ReplyDelete
  33. Passion itu motor penggerak kreativitas dan keuletan. Makanya lebih baik mengenali passion dan berkembang di situ saja.

    ReplyDelete
  34. Wah betul juga ya mbak, keterbatasan bisa menjadi pemicu bagi kita untuk lebih kreatif...

    ReplyDelete
  35. Keren banget kl bs berbisnis berdasarkan passion ya Mba... pasti lebih bersemangat menjalankannya, pekerjaan adalah hobi yg dibayar kata Kang RK ya Mba hehe

    ReplyDelete
  36. Keterbatasan bangkitkan kreativitas..setuju, berapa banyak bermunculan kreativitas baru saat pandemi ini. Dan ini bikin salut saya. Termasuk apa yang disampaikan Erix Soekamti ini. Biasa saat kepepet , ide kreatif memang muncul dan jika kita bisa menangkap peluangnya bisa jadi besar berkembangnya.

    ReplyDelete
  37. dari makassar berkelana ke seantero nusantara. yeeeaaayyy! :) erix soekamti ini memang asik ya orangnya

    ReplyDelete
  38. setuju banget saya merasakan sendiri, dengan segala keterbatasan malah mendorong kita makin berkreatifitas, mengeluarkan ide-ide dengan segala kemungkinan yang bisa dilakukan, mencari cara gimana caranya supa bisa berhasil

    ReplyDelete
  39. rangkaian acara FunTalk ini memang selalu dinanti deh, pas banget dengan kondisi perekonomian ada yg bisa berbagi ilmu dan maju kayak mas Erik buat berbisnis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener ya mbak, jadi tetap bisa belajar dan mendapatkan insight dari para ahli/narasumber meski di rumah aja. Dan pastinya, selalu penasaran minggu depan bakal dapat ilmu dari siapa lagi.

      Delete
  40. setuju banget karena kreativitas tidak memandang batas dan hasil karya kita pun harus memiliki yang bagus dan sesuai yang kita mau. Keren yaa bisa ktemu salah satu musisi lokal hardcore soekamti

    ReplyDelete
  41. Saya highlight yg ini Mba Mugniar, "Kreativitas datang dari keterbatasan karena kalau semuanya berkecukupan, kita tak perlu solusi lagi" Ini yg dikhawatirkan seorang konglomerat kemaren dia takut anak2nya gak bs sesukses dia krn terlahir dalam keadaan sudah makmur

    ReplyDelete
  42. Mas Erix bener bener menginspirasi banget, kita jadi semangat lagi buat kejar passion nonton fun talk nya Home Credit bikin aku semangat

    ReplyDelete
  43. Membaca nama Endanx Sukamti langsung terlempar ke masa mahasiswa. Lagi jaya-jayanya musik bandnya dia 😁 lalu jejingkrakan di halaman rumput UGM waktu konsernya. Ahahaha. Pas baca bagian mistery shopper, saya jadi keinget pernah daftar jadi mistery shopper, nanti kayaknya enggak keterima. Habis ndak ada kabarnya sampai sekarang. Tapi memang iya sih kita memang perlu strategi survive di masa kayak sekarang.

    ReplyDelete
  44. Pandemi jgn sampai bikin putus asa dan stress ya tp mencari celah peluang, dituntut kreatif

    ReplyDelete
  45. Bener banget nih. Pokoknya apapun idenya harus action ya mba. Aku ketinggalan nyimak ig live nya nih. Untung baca ini

    ReplyDelete
  46. Orang kreatif memang keren ya. Mau itu kesempatan yang terbuka lebar, atau pun bahkan keterbatasan, bisa aja tetap kreatif dan produktif. Malah motivasinya semakin kuat. Kudu jadi teladan nih yang begini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. baca kisah seperti ini tuh bikin malu deh. Aku suka cengeng dengan keterbatasan. Padahal kita bisa sebenernya ya berdaya. Suka terlalu asyik dengan zona nyaman sih ya.

      Delete
  47. Mudah2an Does university ini bisa membantu semua anak-anak yang kurang beruntung ya.

    ReplyDelete
  48. salute with Mr Erix, extra ordinary person . i love him, is cool

    ReplyDelete
  49. Walaupun di tengah pandemi, kita emang mesti tetep kratif ya mak kalo mau memulai bisnis.. Cara termudah mungkin emamg bisa cari ide lewat passion kita dulu ya, biar ngerjainnya juga makin semangat kaaaan

    ReplyDelete
  50. SEtuju sama Erix, harus kreatif kalo tetap ingin bertahan selama pandemi ini.
    Aku jadi ingat deh dia dan grup nya keliling kampung, lewat depan rumah dan nyanyi gitu. Udah terkenal loh, tapi waktu itu programnya dia berkunjung ke seorang fans nya giu yang kebetulan rumahnya satu RT dengan ku, hihiii... Ramah orangnya

    ReplyDelete
  51. Inspiring banget apa yang disampaikan mas Erix. Memang kreativitas tidak timbul karena tidak ada masalah. Termasuk di masa pandemi ini, semoga kondisi baru ini membuat kita juga lebih kreatif dan mengeluarkan hal-hal out of the box lainnya untuk memecahkan masalah

    ReplyDelete
  52. umkm indonesia tuh tapi emang kreatif dan tahan banting loh, melalui krisis ya tetep jalan weh, dan survive, kereenn emang mereka

    ReplyDelete
  53. Salut sama musisi yang terus berkembang dan gak banyak mengeluh di sela-sela pandemi begini.
    Berbagi begini, seru ya....kak Niar.

    ReplyDelete
  54. baca ini tidak membuat saya bingung mbak, justru dapat pencerahan. Dari awal dibilang "Keterbatasan Adalah Cara Belajar untuk Berkembang" itu langsung ... jleb!

    Iya ya, iya ya ... sama halnya yang dibilang orang-orang "the power of kepepet" hehe, thx you mba insight-nya. Salam sehat selalu, aamiin

    ReplyDelete
  55. Keterbatasan membuat kita jd kreatif y mba Niar. Sy juga kenalan lg dengan ngeblog karena keterbatasan sbg IRT yg ingin menyalurkan hobi di rumah walau fasilitas seadanya

    ReplyDelete
  56. Memang diakui klo pandemi ini membuat org jadi susah semua. Tp utk bertahan dr ketidaknyamanan apakah bisa? Yah, qt hrus bisa!!

    ReplyDelete
  57. Bener mb, power of kepepet itu memang sering kali menghasilkan kekuatan tak terduga. Intinya jangan menyerah. Oh ya, saya saya penasaran dengan mistery shopper itu. Pernah ditawari tapi masih ragu. Kayak detektif ya itu? Hihi...ntar saya baca artikelnya ya

    ReplyDelete
  58. Selama pandemi bertabur acara bermanfaat yang bisa dinikmati di rumah ya.

    ReplyDelete
  59. Dulu saya menjunjung tinggi sekali yang namanya passion, tapi semakin ke sini, berkarya di mana saja selama produktif menghasilkan sesuatu.

    ReplyDelete
  60. Berbisnis yang menyenangkan itu memang yang sesuai passion kok mbak. Aku juga pengin bisnis nih tapi bingung mau mulai dari mana. Tapi hebat ya para pekerja seni yang tetap kreatif di masa pandemi

    ReplyDelete
  61. “Kreativitas datang dari keterbatasan karena kalau semuanya berkecukupan, kita tak perlu solusi lagi,” benar banget. Ketika adanya keterbatasan akhirnya muncul sebuah kreatifitas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali . Terkadang keterbatasan lah yang memunculkan kreatifitas

      Delete
  62. Bner banget nih walaupun keadaan semuanya terbatas tapi tidak bkin kreativitas mati ya mba..malah kalo lagi sulit smua ide jadi lancar nih berdasarkan pengalaman

    ReplyDelete
  63. Aku setuju banget. Ketika situasi atau keuangan terbatas, justru manusia jadi makin kreatif mengembangkan apa yang dimiliki. Keren nih acaranya

    ReplyDelete
  64. banyak hal bisa dilakukan di masa pandemi, bisa dipelajari juga.

    ReplyDelete
  65. Fun talk ini keren banget ya topiknya..sesuai dengan kebutuhan sekarang...narsumnya juga pas banget

    ReplyDelete
  66. Bener banget sih, kalau ada passion tuh kita jadi lebih semangat dan gigih yaaa menghadapi semua permasalahan hehe

    ReplyDelete
  67. Jadi ingat kata seorang temanku, orang yg suka bekerja menjelang deadline itu adalah orang uang kreatif dan menyukai tantangan karena waktu yg terbatas memaksa berimajinasi dan memberi solusi. Wkwkwk jadi manggut2 juga dengarnya 🤣

    Btw setuju sekali dengan pernyataan ini kak Niar :
    Kreativitas datang dari keterbatasan karena kalau semuanya berkecukupan, kita tak perlu solusi lagi,

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^