Berkah Ngeblog: Perluasan Jejaring Pertemanan

Berkah Ngeblog: Perluasan Jejaring PertemananSejak aktif ngeblog tahun 2011, saya bertemu banyak orang yang menginspirasi dalam berbagai bidang di kota ini. Bersyukur, saya telah “keluar dari tempurung”, tempat saya berada saat ngeblog tahun 2006 – 2009 dulu. Kalau wawasan blogging saya masih seperti dulu, pasti hanya sedikit manfaat ngeblog yang saya rasakan.

Beruntung sekali saya bisa memasuki dunia yang sama sekali berbeda dengan dunia saya sebelumnya. Beririsan dengan banyak orang pada bermacam lingkaran pergaulan hingga akhirnya jejaring pertemanan saya meluas saat ini. Saya jadi mengenal dan berteman dengan banyak orang dari beragam latar belakang/aktivitas.😍


Ketika putri saya yang kepo bertanya, “Itu teman apanya Mama?” saat kami bertemu orang-orang yang mengenal saya, sering kali saya tak bisa menjawabnya lagi karena pertemuan kami ternyata tidak hanya pada satu kegiatan atau satu lingkaran saja. Bisa saja bertemu dalam beberapa lingkaran.

Tapi kalau dirunut ke belakang, yang membuat saya kemudian berteman dengan si A, B, C, D, dan seterusnya adalah kegiatan ngeblog saya. Jika saya tidak mengenal dunia blogging, saya tidak sampai mengenal mereka.

Sebuah keajaiban bagi saya yang memulai semuanya hanya dari rumah. Yang sehari-harinya berkegiatan di rumah, sebagai ibu rumah tangga. Sering kali saya takjub sendiri saat bertemu orang-orang yang saya kenal di tempat atau kegiatan yang tak saya duga sebelumnya akan bertemu seseorang yang saya kenal.

Saya duduk di belakang Mbak Mawar dari HKI.

Misalnya ketika mendampingi kepala sekolah anak bungsu saya menerima Tamu dari Helen Keller International Indonesia, saya bertemu dua orang yang saya telah kenal sebelumnya – Hendra Saltra dan Mbak Mawar.

Saya sudah beberapa kali bertemu Hendra sebelumnya karena dia salah satu relawan LeMina (Lembaga Mitra Ibu dan Anak) yang sering menunggui sekretariat LeMina yang letaknya dekat dengan rumah saya. Saya sempat cukup akrab dengan LeMina dan beberapa kali menulis tentang kegiatan kerelawanan LeMina.

Sementara Mbak Mawar, sering saya lihat sebagai MC atau moderator pada kegiatan-kegiatan yang saya hadiri. Beliau salah satu MC kondang di kota ini. Saya tak menduga, Mbak Mawar masih ingat nama saya dan mengatakan: “Ibu Mugniar?” ketika kami berjabat tangan. Begitu pun Hendra, dia langsung menegur saya.

Coach Ochy dan bloggers.

Begitu pula sewaktu mengikuti pelatihan Leader as Coach, saya bertemu dua teman SMA, dua teman lama dari komunitas IIDN (Ibu-ibu Doyan Nulis), dan berjejaring lagi dengan teman-teman baru. Dua teman dari komunitas menulis adalah Cheeqa (Fransiska Amir) dan Ana (Satriana Alwy). Keduanya saya kenal sekira 5 tahun lalu dalam kesempatan-kesempatan berbeda.

Sewaktu masih aktif di Telkomsel, Cheeqa pernah membantu memfasilitasi kopdar IIDN Makassar di salah satu ruangan di Gedung Miring Telkomsel. Sementara dengan, Ana – kami bertemu ketika Ana mengikuti kopdar IIDN di DiLo dan Gramedia. Sungguh dunia menulis ini sangat menarik karena mempertemukan saya dengan orang-orang seminat dari latar belakang berbeda.

Pada pelatihan Leader as Coach yang diselenggarakan oleh Insight Indonesia yang didirikan oleh Coach Ochy, Cheeqa bertindak sebagai coach pendamping Coach Ochy (Fauziah Zulfitri), sementara Ana – sama seperti saya, kami menjadi peserta. Pertemuan dengan Coach Ochy pun dilatarbelakangi kegiatan menulis yang saya lakukan.

Coach Cheeqa (di tengah lingkaran). Saat pelatihan
Leader as Coach. Foto: Insight Indonesia. 

Mulanya, saya sudah kenal Coach Ochy karena  beliau ini dulu adik kelas semasa SMP dan SMA. Saya mengenalinya dan mengajak berteman di Facebook. Suatu ketika saya dan teman-teman bloger lain mengikuti dan meliput Points of You Coaching Game, sejak itu kami jadi sering berkomunikasi dan akhirnya merencanakan sesuatu.

Tidak menyangka juga tapi saya – seperti pula keyakinan Coach Ochy – kami yakin sedang berjalan dalam skenario Allah. Bisa-bisanya minat saya pada bidang-bidang: psikologi populer, pendidikan praktis, dan pengembangan diri nyambung dengan beliau yang merupakan seorang profesional dalam ketiga bidang tersebut.

Coach Ochy memiliki rekam jejak panjang sebagai profesional yang menggeluti ketiga bidang itu sementara rekam jejak saya adalah dalam hal minat terhadap ketiga bidang tersebut dan dunia menulis. Siapa sangka kami bisa bertemu untuk sebuah kolaborasi yang membuat saya belajar banyak.

New networking. Sumber: Insight Indonesia.

Minat saya pada bidang psikologi populer, pendidikan praktis, dan pengembangan diri ini sudah ada sejak zaman kuliah – tahun 90-an. Maka buku-buku dan artikel yang saya baca pada rentang 90-an hingga saat ini banyak yang berkaitan dengan ketiga bidang tersebut. Kalian bisa membacanya pada tab Jejak Saya” di blog ini, saya menuliskan secara khusus ketiga bidang tersebut sebagai minat saya.

Saya punya beberapa pengalaman menakjubkan sehubungan kegiatan ngeblog ini. Tentunya tak bisa saya tuliskan semuanya walaupun ingin sekali menuliskan semuanya sebab yang ini saja sudah sepanjang lebih dari 700 kata. 😅

Maka tak berlebihan jika saya menyebutkan perluasan jejaring pertemanan yang saya alami hingga saat ini merupakan salah satu “BERKAH NGEBLOG”, manfaat blog yang saya rasakan. Maka tak berlebihan pula jika saya mengatakan makin mencintai dunia blogging dan berharap Allah memberi saya kesehatan untuk terus menggelutinya sampai akhir hayat.

Makassar, 5 Maret 2020

Punya cerita menakjubkan tentang networking dari kegiatan ngeblog? Share, yuk.

Baca juga:




Share :

61 Komentar di "Berkah Ngeblog: Perluasan Jejaring Pertemanan"

  1. Wah keren banget, kapan ya aku bisa kopdar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo kopdar, biasanya ada info di komunitas hehe

      Delete
  2. Benar-benar saya rasakan juga Mbak Niar, blogging memang menambah jaringan pertemanan. Tambah kawan, tambah ilmu, tambah rezeki.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya Mas Rudi. Nambah teman saja sudah berupa rezeki kan ya. Rezeki juga teman yang banyak. :)

      Delete
  3. Nggak nyangka ya semakin bnyk ikut event blogger maka pertemanan pun bertambah. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sering kali malah bukan event blogger yang saya datangi tapi bisa berupa acara relawan atau diskusi dan saya menuliskannya, Mbak hehe

      Delete
  4. Hebat banget bisa ketemu dengan teman teman yang super super.
    Saya masih dalam tahap belajar mengenal blog. Masih pemula gitulah, jadi minder jika langsung bertemu dalam sebuah event atau komunitas

    ReplyDelete
  5. Dengan adanya aktivitas saling mem-follow, saling berkomentar sebagai seorang blogger pastilah memberi dampak positif yaitu meluasnya network/jaringan perkenalan kita dengan blogger yang lain. Kalau cerita menakjubkan dari kegiatan ngeblog saya sendiri salah satunya sudah bisa membentuk lingkungan menulis yang baik dibanding sebelumnya. Tinggal konsistensi menulis saja yang masih kurang panas hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah yah, lingkungan orang seminat dan menjaganya konsisten itu bikin bahagia.

      Delete
  6. Asyik banget ya mbak, meski ibu rumah tangga, dari ngeblog bisa mempunyai jejaring yang luas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masya Allah, Mbak. Luar biasa bagi saya hehe

      Delete
  7. berkat ngeblog juga jadi bisa kenal sama kak niar yg keren.
    sayang pas dulu tinggal di makassar belum ada komunitas ngeblog tempat kita ketemu di dunia maya. mudah2an bisa ketemu kak niar di dunia nyata, aamiin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aah iya nih Mak Inna. Waktu di Makassar kita belum pernah ketemu ya. Semoga suatu hari bisa ketemu kita. 😊

      Delete
  8. Ngeblog emang powerfull banget buat nyari teman. Apalagi kalo dia bikin blog personal, menceritakan sesuatu sesuai dengan sudut pandang doi. Bikin diriku yang baca merasa dekat.

    Tapi sayang temen temen aku yang ngblog pada jauh, gapernah ketemu, cuma bersapa di kolom komentar. Nggak ada event blog juga di kotaku hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya malah bukan cuma event blog sih, event di luar blog dan diskusi saya hadiri, saya tulis, dan share alhamdulillah nambah teman 😊

      Delete
  9. Alhamdulillah masih ada blogger senior yang masih rajin ngepost. Belum sempat baca baca, mbak. Masih keliling keliling nyariin temen lama, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Mas Rawins ngeblog lagi? Mau lihat blognya ah.

      Delete
  10. memang begitu ya mbak, bisa saling kenal dengan banyak orang itu bikin asyik

    ReplyDelete
  11. Bener-bener berkah ngeblog ya mbak, jadi nggak hanya ilmu dan rezeki saja tapi juga jejaring pertemanan makin luas. Senangnyaaaa, apalagi kalau bisa kopdar langsung dengan teman-teman blogger yang biasanya hanya bersapa di dunia maya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meluasnya jejaring pertemanan pun rezeki buat saya, Mak. Bukan hanya berupa materi atau uang :)

      Delete
  12. Ini betul banget Mbak. Jarngan pertemanan menjadi luas yang dibina dari persahabatan lewat ngeblog.
    Beberapa malah sangat membantu ketika saya berkungjung ke kota tempat mereka tinggal. Setidaknya saya rasakan ketika mengunjungi Yogja dan Semarang. Dari asalnya mengunjungi kedua kota itu hanya untuk menghadiri festival jazz, berkat mereka malah saya bisa jalan-jalan ke tempat-tempat obyek wisata yang ada di kotanya.

    Salam dari saya di Sukabumi,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, dengan sesama blogger saja jadi meluas ya pertemanannya, Pak. Bisa juga jadi berjejaring dengan yang bukan blogger :)

      Delete
  13. Mampir ke sini juga karena ngeblog loh...hehhe..tapi sayng belum pernah kopdar satu pun..tapi tau dari jauh .
    Kagum dengan semua tulisan yg menginspirasi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaa, bisa ke blog Mbak Nova juga karena ngeblog

      Delete
  14. Setuju mba sejak ngeblog jadi nambah kenalan, nambah teman, nambah informasi seputar daerah2 yang belum pernah dikunjungi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah, makin bikin kesengsem sama dunia blog, ya Mbak :)

      Delete
  15. Betul mbak , banyak banget berkah ngeblog, mulai dari nambah teman, pengalaman, wawasan, dan nambah pundi-pundi rupiah, heheheh

    ReplyDelete
  16. Yihaaaa...!
    Aku juga bersyukur banget bisa jadi blogger dan punya banyaaaaakk teman :)
    Seruuuu!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuul, saya jadi kenal Mbak Nurul meskipun belum pernah bertemu kita yaa.

      Delete
  17. mungkin beberapa orang berkeyakinan kalau salah satu alasan ngeblog adalah untuk mencari uang, yah memang itu salah satu alasan kenapa orang ngeblog, lalu di beberapa forum ada yang bertanya, "selama kamu ngeblog sudah menghasilkan berapa rupiah ?", kalau saya ditanya justru saya jawab, ngeblog itu bukan tempat saya untuk menghasilkan uang, tapi buat hambur2 in duit, ada sih sedikit asa untuk monetise blog, soal berhasil tidak di harap, kadang sampai gagal, terus di tanya lagi "lha kenapa masih lanjut bloggingnya", saya jawab lagi tidak semua harus dinilai dengan uang, ada alasan tertentu kenapa saya masih ingin ngeblog, salah satu alasanya seperti yang ibu tulis di postingan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah benar sekali. Ada kenikmatan tersendiri yang rasanya bagaikan anugerah ya. Orang yang tidak menyukai dunia ini atau yang terlalu berpikiran materi alias materialistis tidak akan bisa merasakannya. :)

      Delete
  18. Seru banget ceritanya Mbak karena aku pun mengalami banyak sekali hal-hal yang menyenangkan selama menjadi blogger. Banyak ilmu, banyak teman, banyak pengalaman dan tentunya menambah penghasilan.

    ReplyDelete
  19. Berkat ngeblog saya bisa kenal mak mugniar yang tinggalnya jauh dari tempat tinggal saya, dan juga banyak teman lainnya. Meskipun sekarang blog sudah bisa dimaksimalkan dengan monitize diberbagai sisi tapi tetap saja bagi saya blog telah membuka wawasan dan jaringan pertemanan lintas kota dan daerah bahkan negara.

    ReplyDelete
  20. Alhamdulillah sama kayak mba Mutia, berkat ngeblog aku jadi kenal mba Mugniar dan banyak teman2 lainnya. Serta dapat banyak sekali informasi dan persahabatan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuull, sayangnya kita belum pernah ketemu ya Mbak,

      Delete
  21. Berkah dari ngeblog itu macem-macem banget ya. Kenal dengan berbagai orang dan bermacam-macam latar belakang. Bisa menjadi inspirasi kita juga. Selain itu, bisa menjadi teman yang baik yang selalu support dalam dunia blogging.

    ReplyDelete
  22. Aku juga merasakan manfaat positif dari blogging ini. Nambah tau, nambah rejeki dan namnah temen. Ga pemalu amat kayak dulu dan sekarang terdampar di sini, blognya Mbak Niar. Meskipun belum kesampaian ketemu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaa, kujuga tidak sepemalu dulu hehehe. Kapan ya kita ketemuan Mak Efi.

      Delete
  23. Punya banyak temen dan awet juga ya berkah ngeblog.

    ReplyDelete
  24. Kita belum pernah kopdar ya mb Niar sejak kenal dari ajang Srikandi Blogger 2014. Semoga ada rejeki kita bisa kopdaran

    ReplyDelete
  25. Asyik banget ya mbak berkat nge blog bisa nambah banyak temen gitu ..emang yaa aku juga dlu awalnya cm iseng nge blog

    ReplyDelete
  26. Iyang banget deh. dengan ngeblog aku pun jadi punya temen baru. Dulu waktu belom ngeblog, aku sering sedih. Gak punya temen. Setelah ngeblog, meski seringnya ngobrol online, tapi aku ngerasa punya banyak temen.

    ReplyDelete
  27. Alhamdulillah ternyata banyak banget ya Mbak manfaat ngeblog baik secara material maupun immateril.

    ReplyDelete
  28. Bener banget mba Niar, ngeblog membawa aku memiliki dunia baru yang pernuh warna. Bahkan mempunyai banyak teman baru dari berbagai kota, seakan udah kenal lama meski belum pernah bertemu

    ReplyDelete
  29. Kalau kami jadi pindah Makasar, mudah2an ada kesempatan kopdar ya Mbak Niar..daaaaan, ketemunya dari blog hahahaha

    ReplyDelete
  30. Saya juga merasa ngeblog ini mempertemukan sya dengn banyak org, gak cuma dr bidang nulis tapi jga bidang lainnya yang memungkinkan berkolaborasi ya mbak :D

    ReplyDelete
  31. Masya Allah, seru banget mbak bisa ikut berbagai pelatihan yang diawali dari ngeblog. Iya ya, aku juga merasakan manfaat serupa, bisa nambah jejaring dengan para blogger lain.

    ReplyDelete
  32. Sayapun mba ngerasain berkah ngeblog ini, edisi saya belum lama nge blog & ga serajin mba mugniar,
    Jadi nambah teman & ilmu, teman teman blogger itu ramah & welcome, seruu

    ReplyDelete
  33. alhamdulillah, ngeblog jadi kita menambah silaturrahmi ke sesama blogger di seluruh indonesia

    ReplyDelete
  34. Banyak banget manfaat yang didapat dari ngeblog ini ya kak.
    Selain itu, dunia ini emang kecil. Kita bisa saja saling terhubung satu sama lain yang punya keterikatan keluarga atau pertemanan.

    ReplyDelete
  35. deh btul skali ini, saya banyak teman2 baru dari sini. bahkan klo traveling biasa numpang2 di t4 mereka, haha sangat bermanfaat pokoknya nge blog

    ReplyDelete
  36. Bener mba. Aku pun ngerasain banget manfaat dari ngeblog salah satunya adalah lingkungan pertemanan aku jdi semakin gendut.

    ReplyDelete
  37. Salah satu berkah ngeblog yang saya rasakan adalah, saya bisa dikenal sebagai bloger.
    Sekarang saya sudah coba memberanikan diri sharing soal blogging online maupun offline

    ReplyDelete
  38. Saya pun merasakan hal serupa kak. Bisa mengenal kak Mugniar ini juga termasuk berkah yang saya dapatkan dari ngeblog meski belum pernah bertemu :)

    ReplyDelete
  39. Berkah dari sebuah blog yang nilainya lebih dari apapun. Ternyata sudah lama ibu ngeblognya, pantesan banyak postingan di blog ini. Tetap semangat terus menulis dan berkarya bu.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^