Pasti Dikasih Lebih Sama PRUlink

Kata “generasi baru” membuat saya penasaran. Kali ini, ada frasa kata itu di Goedang Popsa. Tepatnya pada tanggal 25 September lalu. Pagi itu saya menghadiri launching PRUlink Generasi Baru dan PRUlink Syariah Generasi Baru yang mengusung tagar #PastiDikasihLebih. Wih, apa pula ini.


Usai registrasi, saya yang datang bersama Abby – teman blogger dikasih es krim cone berbalut kertas merah bertuliskan PASTI DIKASIH LEBIH. Ah, ini kejutan yang manis. Belum apa-apa kami sudah “dikasih lebih”. Pas pula, saya memang dari kemarin-kemarin pengen ngemil es krim cone dan warung dekat rumah kehabisan es krim jenis ini.

Masih menunggu beberapa lama sampai acara dimulai. Saya beserta hadirin lainnya dipersilakan mencicipi kue-kue dan teh/kopi yang disediakan. Saya mulai berkeliling, mengambil gambar di dalam ruangan. Saat sedang asyik mengeker obyek potret, seseorang menghampiri saya.

Prudential, Tetap Bermanfaat dan Makin Kekinian dengan Aplikasinya

Selama sepersekian detik, memori saya berkelana. Mencoba mengingat siapa pemilik wajah yang familiar dengan senyum khasnya itu. Ah,ya, saya ingat. Saya langsung membalas senyumnya. Dia Subhan – yunior saya di kampus dulu. Suami saya pernah bergabung dalam jaringannya di Prudential. Ingatan tentang Subhan mengemuka. Dia salah satu leader Prudential Indonesia di Makassar. Sebelum bertemu Subhan, saya juga sempat berkenalan dengan Ibu Nur Asmah yang akrab disapa Ibu Ugus, salah seorang leader juga. Ah, ya … rupanya ada leader-leader Prudential juga di acara ini.

Pak Subhan dan aplikasi Prudential

Saya ngobrol cukup lama dengan Subhan. Darinya saya tahu kalau sekarang Prudential sudah punya aplikasi dan pengisian form polis asuransi beserta tanda tangannya bisa melalui aplikasi. Wuih, Prudential mengikuti perkembangan zaman dan menjadi perusahaan yang paperless juga, ya.

Subhan juga bercerita tentang seorang tukang bakso – nasabah Prudential yang berasal dari pulau Jawa. Sembari bercerita, dia perlihatkan fotonya kepada saya. Tampak seorang lelaki berusia dua puluhan yang ceria. Tiba-tiba si penjual bakso meninggal dunia saat belum setahun memiliki polis asuransi. Jenazahnya harus dipulangkan ke pulau Jawa. Biaya kepulangan jenazah yang ditanggung keluarga mendadak menjadi utang si jenazah. Untungnya polisnya bisa dicairkan. Utang terbayar bahkan sebagian besarnya (senilai 50 juta rupiah) bisa diberikan kepada ibundanya sebagai harta peninggalannya.

Dari pengeras suara terdengar pemberitahuan bahwa acara akan segera dimulai. Kami pun kembali ke tempat duduk masing-masing. Ada yang menarik dari acara ini. Pantun menjadi salah satu warnanya. Seorang lelaki membuka dan menutup acara dengan pantun-pantun indahnya. Ya, produk generasi baru dari Prudential yang dibicarakan pada hari ini juga dekat dengan pantun. Bahkan hadirin diminta menuliskan pantun pada secarik karton dan dipilih dua pantun terbaik yang diumumkan di penghujung acara.

Ibu Kamelia


Berkenalan Lagi dengan Prudential

“Investasinya makin lama makin jadi, proteksinya aman sekarang hingga nanti,” Bu Novi Imelda – Chief Investment Officer Prudential Indonesia melantunkan pantun Prudential. Prudential yang berbasis di UK ini sudah berpengalaman selama 157 tahun. Pada tahun 1999 Prudential melebarkan sayapnya ke Indonesia dan sekarang sudah menjadi market leader dalam bidang asuransi. Pada akhir tahun 2017, total aset Prudential sudah mencapai 81 triliun rupiah.

Pada akhir tahun 2016, Prudential mengadakan survei yang melibatkan banyak sekali nasabah, calon nasabah, dan tenaga pemasar. Tujuannya adalah untuk mengetahui mengapa seseorang membeli asuransi jiwa dan apa sebenarnya produk yang diinginkannya.

Ibu Novi Imelda 

Dari survei tersebut diketahui bahwa sebenarnya kebutuhan setiap orang beragam dan sesuai dengan tahapannya masing-masing. Mereka yang masih remaja, kuliah, selesai kuliah, baru mulai kerja, baru menikah, baru punya anak, baru pensiun, dan yang sudah pensiun mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda.

Nah, listening dan understanding yang dilakukan oleh Prudential melalui survei tadi membawa kepada terciptanya dua produk baru yaitu PRUlink Generasi Baru dan PRUlink Syariah Generasi Baru. Mengapa “generasi baru”? Apa bedanya dengan produk Unit Link yang lama?


Karena memberikan keleluasaan. Secara jangka panjang memberikan hasil investasi yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia baik di dalam maupun di luar negeri. Selain itu yang beda dengan kami di saat ini adalah ‘PASTI DIKASIH LEBIH’, Bu Novi memberikan sedikit gambaran mengenai PRUlink Generasi Baru dan PRUlink Syariah Generasi Baru.

Tantangan bagi Prudential adalah menjadi lebih kompetitif lagi dalam hal pemasaran. Selain itu Prudential juga bertekad mewujudkan komitmen untuk meningkatkan literasi keuangan dan inklusi keuangan masyarakat Indonesia. Data dari survei terakhir yang diperoleh Prudential dari OJK menunjukkan bahwa literasi keuangan masyarakat Indonesia masih rendah sekali, yaitu di bawah 30%. Dalam hal berasuransi, literasinya masih berkisar 15%.

Sheila Widya Nanda 

Inklusi keuangan masyarakat kita masih 62%, untuk asuransi masih 18%. Sementara target pemerintah pada tahun 2019 inklusi keuangan naik hingga 75%. Rendahnya literasi dan inklusi keuangan di negara kita menyebabkan masih banyaknya orang yang belum paham akan pentingnya proteksi serta investasi masa depan untuk kesejahteraan mereka.

Adalah tanggung jawab kita semua untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan. Khusus untuk media (saya kira blogger juga), Ibu Novi mengatakan bahwa media menjadi ujung tombak untuk komunikasi ke masyarakat yang lebih luas lagi.

Apa Saja yang Dikasih Lebih?


Nara sumber berikutnya: Sheila Widya Nanda – Product Development Manager Prudential Indonesia menjelaskan lebih rinci mengenai PRUlink Generasi Baru dan PRUlink Syariah Generasi Baru. Ada 6 keunggulan dari kedua produk generasi baru ini:
  • PRUbooster Investasi – pertama kali di pasar, di mana nasabah mendapatkan tambahan alokasi investasi setiap tahunnya.
  • PRUbooster Proteksi. Dengan ini nasabah boleh memilih agar Uang Pertanggungannya (UP) meningkat setiap tahunnya tanpa perlu adanya pernyataan kesehatan.
  • Alokasi investasi terbentuk sejak hari pertama.
  • Nasabah memperoleh 2x nilai Uang Pertanggungan apabila terjadi meninggal dunia akibat kecelakaan.
  • Tidak ada biaya administrasi apabila menggunakan transaksi elektronik dan autodebit rekening, sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.
  • Beragam pilihan manfaat tambahan (riders) termasuk dua rider baru: PRUtotal & permanent disablement dan PRUcritical hospital cover. Keduanya memiliki opsi konvensional maupun syariah, serta dana investasi sesuai toleransi risiko nasabah.

Mengenal PRUlink Syariah Generasi Baru yang Unggul di Kelasnya

Launching PRUlink Generasi Baru dan PRUlink
Syariah Generasi Baru

Oya, perbedaan asuransi syariah dan konvensional adalah pada syariah prinsipnya adalah risk sharing sementara pada asuransi yang bukan syariah, prinsipnya adalah risk transfer. Risk transfer di sini, nasabah mentransfer risikonya kepada pihak perusahaan asuransi. Sedangkan risk sharing maksudnya adalah share risiko nasabah ke antar sesama peserta asuransi tersebut.

Pada PRUlink Syariah Generasi Baru, masing-masing peserta berkontribusi kepada peserta lain yang dimasukkan ke dalam dana kumpulan (dana tabarru’). Kalau terjadi apa-apa sehingga terjadi klaim, dananya diambil dari dana tabarru’. Kalau di akhir tahun dana tabarru’ sudah dikurangi dengan semua yang harus dikeluarkan dan masih ada sisa, sisa itu disebut surplus underwriting.


Perbedaan surplus underwriting pada PRUlink Syariah Generasi Baru dengan produk syariah lainnya di pasaran adalah Prudential memberikan 65% surplus underwriting kepada nasabah. Tidak ada asuransi sejenis yang memberikan sebesar ini kepada nasabahnya. Well, ini #PastiDIkasihLebih yang ke sekian dari Prudential.

Testimoni Nasabah

Bukan hanya menyimak presentasi dari Bu Novi dan Mbak Sheila, kami yang hadir juga menyimak penuturan dari Pak Sofyan – nasabah Prudential yang telah merasakan manfaat asuransi dalam menopang masalah kesehatan anaknya. “Masuk rumah sakit tanpa bawa uang sepeser pun,” ungkapan Pak Sofyan mengenai benefit yang pernah diterimanya.

Pak Sofyan (tengah)


Manfaat yang Saya Peroleh Sebagai Peserta Acara

Pak Sofyan mengaku dirinya bukanlah orang yang rajin menabung sehingga menjadi nasabah Prudential amatlah berarti baginya karena bisa sekaligus menabung dengan investasinya dan bisa meng-cover biaya kesehatan.

Puncak acara hari ini adalah peluncuran PRUlink Generasi Baru dan PRUlink Syariah Generasi Baru di Makassar yang ditutup dengan pengumuman peraih pantun terbaik. Nanie – kawan blogger dan salah seorang wartawan menjadi pemenangnya.

Bloggers berfoto dengan Ibu Ugus.
Sumber: www.abbyonety.com
Foto keluarga eh foto bersama. Sumber: www.abbyonety.com

Ini nih yang paling menarik bagi saya: acara ini menggiatkan pantun. Pantun dari kacamata saya adalah merupakan cara yang unik dalam berliterasi. Butuh kecerdasan tersendiri dalam menyusun kata-katanya sehingga tidak semua orang bisa melantunkannya. Sudah begitu, pantun merupakan bentuk kebudayaan Indonesia sejak jaman old.

Jujur saja, saya butuh energi ekstra untuk menyusun pantun karena tingkat kesulitannya berada di atas tingkat kesulitan membuat puisi. Yang jelas, saya senang. Hari ini bukan hanya mendapatkan penjelasan mengenai produk baru Prudential namun juga mendapatkan tambahan wawasan pengetahuan terkait literasi keuangan sekaligus diajak melestarikan pantun sebagai budaya bangsa. Two thumbs up buat Prudential Indonesia.

Makassar, 26 September 2018

#PRUlinkGenerasiBaru #PRUlinkSyariahGenerasiBaru #PastiDikasihLebih



Share :

60 Komentar di "Pasti Dikasih Lebih Sama PRUlink "

  1. Sepertinya kita memang perlu melakukan asuransi semacam ini ya mbak, karena kita tidak pernah tau kapan akan terkena musibah semacam sakit pada anak atau anggota keluarga lainnya.

    ReplyDelete
  2. Seru banget ya mbak acaranya, selain memberi wawasan tentang literasi keuangan acaranya juga membuat peserta semakin melestarikan budaya berpantun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, saya suka keunikannya ... kami diminta buat pantun sementara buat saya itu susah sekali hehehe

      Delete
  3. Setelah baca ini kok jadi tertarik ingin bergabung PRUlink Syariah ya.

    ReplyDelete
  4. Wah, bagus banget ya latar belakang dari PRUlink Syariah Generasi Baru atau PRUlink Generasi Baru. Sangat memperhatikan kebutuhan setiap kalangan masing-masing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, yang pengen ekonominya syariah bisa milih yang syariah

      Delete
  5. Betul banget mbak, memang banyak sekali yang belum memahami betapa pentingnya perlindungan dan investasi di masa yang akan datang.

    ReplyDelete
  6. BRUlink Generasi Baru ini mengingatkan saya pada kata pepatah, sedia payung sebelum hujan hihi.

    ReplyDelete
  7. Waah udah ada aplkasinya ya untuk pengisian form, pastinya jadi lebh mudah ya, pakai premi syariah pastinya merasa jadi lebih tenang ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, keren sudah ada aplikasinya ternyata. Dan senangnya karena memperhatikan yang mau syariah. Jadinya lebih tenang. Betul kata Mbak Rani

      Delete
  8. Wah Pru sudah ada aplikasinya dan makin banyak produknya ya. Jadi pilihan buat masyarakat. Semoga lancar menabung di Pru nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jadinya masyarakat bisa memilih yang sesuai kebutuhan dan termasuk yang sesuai prinsipnya, ya Mbak

      Delete
  9. Wah saya baru tahu nih ada syariahnya juga ternyata ya.. TFS ya mba..jadi lebih mengenal Prudential ni..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ALhamdulillah kala syariahnya memang sudah lama ada, Mbak. Nah ini produk baru, juga masih ada syariahnya

      Delete
  10. Banyak yg belum sadar asuransi padahal ini penting untuk masa depan. Sekarang Prulink enak karena ada syariahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. BEnar banget, kita jadi merasa aman dan nyaman, sesuai tuntunan agama

      Delete
  11. Sekarang makin beraneka ragamnya produk produk layanan dari lembaga keuangan syariah. Makasih ya, Mbak ini tambahan lagi nih referensi untuk diskusi saya dengan mahasiswa 😍👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. ALhamdulillah ya Mbak, sekarang prinsip syariah dalam ekonomi diperhatikan dan sudah banyak masyarakat yang membutuhkannya

      Delete
  12. Wah enaknya dikasi kelebihan es krim. Eh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak doong haha mana pas banget lagi mimpi-mimpi selama berhari-hari pengen yang cone hahaha

      Delete
  13. Ihiiyy enaknyaa... begitu dateng, langsung dikasih es krim. Semoga bikin tenang yg mau ikit asuransi dgn adanya Prulink Syariah ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, adem pas datang ada es krimnya lalu dengar ada yang syariah jadi senang deh

      Delete
  14. Kalau pakai autodebit rekening ga ada biaya transaksi? Atau maksudnya biaya admin gitu ya mba? Setau saya prudential kan ada biaya yang harus dibayarkan bulanan gitu ya sekitar 10.000an kalau ga salah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sistem autodebet masih ada Mbak Asti. Kata teman saya begitu, waktu di pertemuan tempo hari. Kayaknya masih ada ya biaya adminnya.

      Delete
  15. Dengan munculnya asuransi syariah seperti Prulink syariah ini, kita sebagai umat muslim gak perlu was-was lagi yaa untuk berasuransi :)

    ReplyDelete
  16. Kalau ada aplikasi gini lebih memudahkan ya mba, ada produk syariah bikin meyakinkan dan tenang deh proteksinya pakai prulink

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mempermudah sekaligus menenangkan ya Mbak Rani

      Delete
  17. Aku jarang banget catat keungan nih mba. harus mulai dari sekarang kayanya nih yaaa

    ReplyDelete
  18. Semoga prudential kapan-kapan ngadain gathering di Pekalongan atau Semarang nih, biar bisa nyimak secara langsung ilmunya. Apalagi ada yang syariah duh mupeng.

    ReplyDelete
  19. seru yah kak acaranya. kalau baca blog kak niar rasanya bwrada diacar itu so lengkap bangt

    ReplyDelete
  20. sayapun bukan tipe penabung, tapi saya mencoba untuk investasi. Penting banget yang namanya asuransi itu ya, Mbak. Saya pernah menjadi nasabah Pru di tahun 2006 an, pelayanan agennya bagus saya senang menjadi nasabah Prudential

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya Mbak sudah dapat manfaat di Prudential

      Delete
  21. Aku baru tahu kalo Prudential sekarang juga ada produk syariah. Makin nyaman ya mba, jadi nggak perlu mikir panjang kalo mau gabung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar, Prudential sudah lama ada produk syariahnya, Mbak jadi akan tetap ada.

      Delete
  22. Prudential makin keren aja ya, produknya makin macam2 dan menyasar banyak lapisan :)

    ReplyDelete
  23. Mudahan Prudential mengadakan gathering di Balikpapan.
    Kebetulan aku sudah ikut asuransi link sejak 2010.
    Proteksi sekaligus investasi.

    ReplyDelete
  24. Semoga semua program yg ditawarkan amanah ke nasabah ya, Kak.

    ReplyDelete
  25. wah keren ya ada syariahnya. Bermanfaat juga itu literasi keuangannya, penting untuk mamak-mamak

    ReplyDelete
  26. Banyak juga ya keunggulan PRUlink generasi baru ini. Dikasih lebih lebih, deh 😀

    ReplyDelete
  27. Banyak info Pru Link ini ya jadi melek tentang asuransi syariah ya. Makin nyaman ya tahu ini sudah syariah.

    ReplyDelete
  28. Dari acara ini aku jadi tahu bedanya asuransi tradisional dan unitlink. Keren deh unitlink ini. Proteksi sekaligus investasi. Aku tertarik ddengan PSGB-nya :)

    ReplyDelete
  29. Ya Allah, untung banget ya bapak penjual baksonya itu. Jadi keluarga yang ditinggalin jadi nggak bingung.

    ReplyDelete
  30. Saya pakai Prudential syariah sejak tahun 2011 mba.. and I love it

    ReplyDelete
  31. Mba Niar...
    Kalau ikutan asuransi itu perlu cek kesehatan segala gak siih?

    Aku tiba-tiba kepikiran masalah yang mba Niar tulis di atas mengenai penjual bakso yang mendadak meninggal padahal baru ikut asuransi beberapa bulan.

    ReplyDelete
  32. Wah aku jd pengen tau lbh ttg asuransi ini mbak Mugniar.
    Oh iya kalau sbg ortu baiknya kita asuransikan diri kita atau pilih anak2 kita dulu ya?

    ReplyDelete
  33. Dikemas secara asyik dengan berpantun ria ya mba, jadi lebih dekat di hati. Peserta pun jadi kian memahami keunggulan proteksi sekaligus inbestasi dari Prudential. Yg syariahnya boleh juga niihhh

    ReplyDelete
  34. PRULInk memang tau ya kalau nasabahnya selalu mau lebih. Waku aku menghadiri launching PruLink generasi baru jadi mengela lebih dalam

    ReplyDelete
  35. Wah. Bagus juga ya asuransi ini.
    Pilihan yg ingin berasuransi tp tetep memepehatikankan kehalalannya

    ReplyDelete
  36. Aku tertarik dengan PRUlink Syariah nya :)

    ReplyDelete
  37. Seru ya acaranya mba. Banyak ilmu dan nambah pengetahuan. Lagi pelajari beberapa asuransi syariah nih. Makasih sharingnya ya mba.

    ReplyDelete
  38. Sekarang Pru sudah ada aplikasinya dan pilihan produknya makin banyak ya. Semoga bisa jd pilihan buat masyarakat.

    ReplyDelete
  39. Belum pernah coba berasuransi mungkin karena gaji saya pas-pasan hehehe...
    Pantun di? Itu yang paling susah buat saya lebih susah daripada bikin puisi.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^