Hasilkan Uang dari Internet dengan Lima Cara Ini

Siapa saja saat ini terhubung ke internet yang dapat dimanfaatkan siapa saja untuk menghasilkan uang. Banyak cara yang dapat bisa dilakukan untuk menghasilkan uang dari internet, lho. Kalau Anda bingung harus memulai dari mana dan cara seperti apa yang paling efektif untuk mendapatkan uang dari internet, boleh deh disimak tulisan ini.


Berikut ini lima cara efektif menghasilkan uang dari internet yang bisa saya paparkan di sini:

Menjadi Penulis

Menjadi penulis tidak melulu soal menulis buku. Penulis semakin beragam, salah satunya adalah content writer. Content writer adalah penulis yang menulis konten atau artikel website atau blog. Namun, seperti yang selalu saya bilang, jangan semata tergiur dengan kata-kata “menghasilkan”, ya karena syarat dan ketentuan berlaku. Yaitu, harus konsisten dan tidak bosan.

Semakin banyaknya media online, semakin besar juga kebutuhan konten. Media-media tersebut membutuhkan konten dan Anda bisa menyediakan konten. Biasanya bayaran dihitung berdasarkan jumlah artikel dan jumlah kata per artikel yang dibuat.

Selain mengirimkan tulisan ke media-media online, Anda juga bisa mencari pekerjaan menulis freelance melalui situs-situs pencarian pekerjaan freelance seperti Sribulancer.com dan Freelancer.com. Biasanya melalui situs freelance, pekerjaan yang ditawarkan adalah per proyek dalam jangka waktu tertentu. Misalnya, freelance untuk menulis konten lifestyle selama enam bulan dan per bulan harus menghasilkan sekian artikel.



Membuat Blog

Masih berhubungan dengan tulis menulis. Anda juga bisa menghasilkan uang melalui blog. Dibandingkan cara pertama, cara kedua ini membutuhkan waktu lebih lama, lho karena Anda perlu membangun blog dengan reputasi yang bagus terlebih dahulu.

Setelah berhasil membangun blog dengan reputasi bagus, Anda baru bisa menghasilkan uang dengan berbagai cara. Anda bisa mendaftarkan blog ke program Google Ads yang memungkinkan blog Anda diisi iklan dari Google. Selain itu, Anda juga bisa menjalin kerjasama dengan perusahaan untuk meng-endorse produk-produknya di artikel Anda. Tapi sebenarnya ada banyak cara yang bisa dijalani asalkan gigih, konsisten menulis, dan berkomitmen kuat.

Afiliasi

Nah, jika Anda sudah memiliki blog, Anda juga bisa mengikuti program afiliasi. Program afiliasi adalah program di mana Anda memasang banner logo sebuah perusahaan di blog. Jika ada yang membeli produk perusahaan tersebut melalui banner yang terpasang di blog, Anda berhak mendapatkan komisi sesuai kesepakatan dengan perusahaan.

Banyak perusahaan yang menyediakan program afiliasi, dari Lazada, Zalora, sampai Niagahoster.

Selain itu, salah satu cara menghasilkan uang melalui program afiliasi (affiliate marketing), yaitu Dr.Cash - salah satu program afiliasi CPA terbesar di dunia yang bisa dijajal.

Mereka yang bergabung dengan dr.cash, bisa memilih produk dan mengiklankannya. 

Nantinya bisa dapat komisi ketika ada penjualan.

Hingga saat ini, ada 2.402 penawaran dari 46 kategori produk kecantikan dan kesehatan yang bisa dieksplorasi.


Dengan banyaknya penawaran, kita bisa memilih secara spesifik produk yang sesuai untuk dipromosikan di blog atau website.

Jasa Desain

Desain juga menjadi hal penting dewasa ini. Jasa pembuat desain dibutuhkan bukan hanya di dunia nyata pada saat ini, melainkan juga di dunia maya. Pembuatan banner, logo, brosur, poster, atau spanduk tidak bisa asal-asalan, kan. Jika Anda memiliki bakat di bidang desain dan bisa mengoperasikan software seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, atau Corel Draw, Anda bisa membuka jasa desain online.



Anda bisa memamerkan karya-karya yang Anda hasilkan melalui situs seperti Dribbble. Dengan begitu orang-orang bisa mengetahui karya Anda dan menyewa jasa Anda.

Membuat Toko Online

Cara terakhir ini mungkin yang paling populer, yaitu membuka toko online. Apapun bisa dijual secara online saat ini, dari barang kecil seperti souvenir, kaos kaki hingga yang berukuran besar seperti furnitur. Yang perlu Anda lakukan adalah membuat barang jualan Anda bisa diakses melalui internet, baik di media sosial, market place, dan yang paling penting adalah website toko online.

Adanya website resmi akan membuat toko online Anda lebih dipercaya oleh calon konsumen. Sering kali masyarakat mencoba menyelidiki toko online melali website-nya. Tahu kan, mendapatkan kepercayaan konsumen adalah hal yang paling penting dalam berjualan online karena konsumen tidak bisa melihat secara langsung barang yang Anda jual.

Oleh karena itu, Anda perlu membuat website resmi untuk toko online Anda. Anda bisa menggunakan WooCommerce dari WordPress untuk membuat website toko online yang bagus dengan mudah. Ah, ya kalau Anda berminat, bisa membaca lebih lanjut mengenai jasa yang disediakan Niagahoster. Pst, sekarang sedang ada promo diskon sebesar 50%, lho! Selengkapnya silakan simak ulasan Niagahoster, ya. 


***

Di atas semuanya, yang paling penting adalah kelima hal tersebut harus dijalani sembari terus belajar. Step by step saja belajarnya yang penting konsisten. Boleh percaya boleh tidak, di blog ini sudah ada lebih dari 2.100 tulisan – hanya 70-an yang ditulis sebelum tahun 2011. Selebihnya ditulis sejak Januari 2011 sampai sekarang ini. Semua saya lakukan karena senang dan in syaa Allah, saya berharap bisa konsisten sampai di akhir masa hidup saya.

Makassar, 29 Januari 2018



Share :

20 Komentar di "Hasilkan Uang dari Internet dengan Lima Cara Ini"

  1. saya tertarik dengan afiliasi nih. Semoga saja banyak tawaran yang menghampiri blog saya. Biar dompet cepat tebal.

    ReplyDelete
  2. Dari sekian banyaknya cara menghasilkan uang dari internet, yang paling digemari kaum hawa adalah mendirikan online shop hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hm, sepertinya yaa. Mudah sih soalnya bisa dari rumah saja

      Delete
  3. semakin pesat teknologi di zaman modern ini, pekerjaan juga semakin bermacam-macam ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semakin banyak, Mbak. Sebenarnya banyak sekali ya tapi tidak bisa dibahas semua. Biar 5 saja dulu

      Delete
  4. Terima kasih informasinya,, sangat bermanfaat skli.

    ReplyDelete
  5. 2100 artikel? Keren banget, mbak. Alhamdulilah aku udah pernah satu kali dapat uang dari salah satu job tentang kuliner di Semarang gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya Ida. Semoga lancar dan sukses

      Delete
  6. youutber kok ga masuk yah, padahal banyak juga yang dapat duit dari youtube

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah iya ya Mbak. Maafkan, iya bisa tuh dimasukkan. Lupa ya dibahas di sini.

      Delete
  7. Jasa desain aja yg ga dicoba..soalnya gabisa desain

    ReplyDelete
  8. saya pengen banget bisa mandiri dengan toko online, tapi bener-bener manajemen waktunya mesti bagus kalau mau ngurus begitu.Ya udahlah terampil ngeblog dulu

    ReplyDelete
  9. Afiliasi aku yang kurang banget ini hehehhe jadi pengen deh diafiliasi brand

    ReplyDelete
  10. Tinggal yg afiliasi yg ak blom pernah coba kaka

    ReplyDelete
  11. Tekhnologi semakin berkembang ya kak.
    Gak boleh gaptek karena dari internet pun kita sudah bisa menghasilkan duit.

    ReplyDelete
  12. Keren ya jika internet bisa dimaksimalkan dalam hal hal yanh positif. Bisa mengisi pundi pundi buat traveling

    ReplyDelete
  13. Dulu aku permah coba buat online shop, nampaknya gak jodoh. As a blogger aja yang baru jodoh hihihi

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah aku juga sudah mencoba praktek ini dan mendapatkan hasilnya Terima kasih tips tambahannya ya mbak.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^