Beda Usia Sama Cantiknya

“Kulit itu dirawat bukan di-edit,” kata MC. Beberapa kali MC mengulangi kalimat ini ketika saya berada di acara yang diselenggarakan oleh penyedia suplemen vitamin E alami untuk kulit yang sudah berusia 40 tahun ini.

Speech pembuka dari pengelola Hotel Melia sedang berlangsung ketika saya tiba di lokasi Beauty & Smart Talkshow di lantai 7. Saya dan Abby mengambil tempat. Saya ke moshola untuk shalat ashar dulu, mumpung acara inti belum mulai.


Saat kembali ke ruangan, talkshow inti belum mulai. Masih menunggu beberapa jenak hingga acara yang saya tunggu-tunggu berlangsung. Para nara sumber: dr. A. Miranty Paturusi, DPDK (pemerhati kesehatan), Rita Fransisca (Duta Lampung 2013), dan Viki D. Santoso (dari Natur-E) segera mengambil tempat di atas panggung.

Acara yang berlangsung live di radio Smart FM ini dihadiri sejumlah wakil dari beberapa komunitas di Makassar yang didominasi ibu-ibu. Ibu-ibu pengen cantik, dong. Makanya pada konsentrasi menyimak berlangsungnya acara. Saya merangkumnya di sini, buat Anda yang tidak hadir di sana.

Beda Usia Sama Cantiknya

Dokter Anty langsung memaparkan yang mana ciri-ciri kulit sehat dan tak sehat. Kulit sehat itu kulit yang cerah/warna merata, bebas noda, lembut, lembab, halus, dan kenyal. Sedangkan kulit tak sehat itu yang: kusam/warna tak merata, ada flek/noda, kasar, kering, tidak elastis, dan berjerawat.

Untuk merawat kulit agar sehat, dibutuhan perawatan baik dari luar maupun dari dalam. Kita harus tahu jenis kulit kita apa untuk memilih jenis produk yang tepat. Kalau perawatan dari luar contohnya makan buah, cuci muka maka perawatan dari dalam adalah dengan meminum suplemen vitamin E untuk kulit. Perawatan dari dalam lebih penting daripada perawatan dari luar.

Viki, dokter Anty, dan Rita.

Cara perawatan kulit yang paling benar adalah:
  • 25 persen dari dalam, dengan konsumsi buah dan sayur. Kita harus perhatikan nutrisi apa saja yang dikonsumsi dan kulit juga butuh suplemen yang mencukupi untuk kulit.
  • Pada mereka yang berusia 35 tahun ke atas, mudah terjadi hiperpigmentasi pada kulit. Untuk usia ini sudah dibutuhkan perawatan di malam hari. Gunakan krim malam. Pada usia ini suplemen yang dibutuhkan adalah Natur-E 300 (yang jenis ini kandungan antioksidannya tinggi). Buat yang ingin mengurangi kerutan di wajah, konsumsilah Natur-E Advanced.
  • Tidur 5 jam saja memadai, yang penting berkualitas. Orang dewasa tidak harus tidur selama 8 jam, koq.
  • Perawatan dari luar: bersihkan wajah, gunakan pelembab wajah, spa, lulur, gunakan body lotion, pakai sun block. Dan, jangan malas mandi. Percuma dong, melakukan semua perawatan ini kalau tidak mandi, tooh? 😆
Nah, ketahui jugalah faktor-faktor yang merusak kulit. Apa saja itu? Ini dia: kurang/tidak berolahraga, polusi udara, AC, asap kendaraan, sinar matahari, penggunaan kosmetika ilegal (yang tidak ada keterangan dari badan POM-nya), pertambahan usia, perawatan kulit tidak teratur, dan masalah hormonal. Khusus mengenai kosmetika ilegal, dokter Anty berpesan agar hati-hati karena ada yang mengandung merkuri atau hidrokinon yang justru berbahaya bagi kulit. Bahan-bahan berbahaya itu bisa menyebabkan hiperpigmentasi, kulit menjadi kasar dan kerutan bertambah dengan lebih cepat.

Presentasi dokter Anty ditutup dengan penjelasan mengenai problem kulit berdasarkan usia. Apakah itu? Mungkin Anda mengalaminya juga. Seperti: wajah berjerawat atau kulit kusam (usia 18 – 25 tahun), kulit kering atau warna tidak merata (usia 25 – 35 tahun), dan kerutan yang semakin banyak, flek hitam, dan kolagen yang berkurang (pada usia di atas 35 tahun). Lagi-lagi dokter yang sehari-harinya mengonsumsi Natur-E Advanced ini menekankan:
“Lakukan perawatan dari dalam dulu. Kalau dari dalam oke, dari luarnya gampang!”

Why Natur-E?


Selanjutnya giliran Viki – satu-satunya nara sumber lelaki. Dia memulai presentasinya dengan mengingatkan sinar ultraviolet yang berbahaya bagi kulit di atas pukul 8 pagi. Selanjutnya, Viki membahas mengenai 3 kategori Natur-E yang ternyata sekarang sudah ada produk berupa lotion untuk kulit dan wajah pada setiap kategorinya:
  1. Untuk usia 18 – 25 tahun: Natur-E 100 IU (skin moisturizer).
  2. Untuk usia 25 – 35 tahun: Natur-E 300 IU (skin intense moisturizer). Menjadikan kulit ekstra lembab, kenyal, dan cerah merata. Nah, yang ini cocok buat traveler.
  3. Untuk usia 35 tahun ke atas: Natur-E Advanced (skin firming), untuk mengencangkan kulit. Kandungan Astaxanthin-nya 6000 kali lebih kuat daripada vitamin C.
Nah, kenapa Natur-E ini bagus untuk kulit perempuan Indonesia? Well, kita bisa pertimbangkan ketiga hal ini: alami, halal, dan formulasinya khusus (untuk perawatan dari luar dan dalam) yang cocok untuk perempuan Indonesia. Untuk hand and body Natur-E Advanced, misalnya: kandungan Astaxanthin, vitamin E dan Lycopene dari tomat terbukti efektif mengurangi garis halus, kerutan dan flek hitam yang membuat kulit tampak lebih muda. Nah, kandungan vitamin E-nya ada dalam butiran e-beads yang mampu terserap lebih dalam masuk ke kulit akan melembabkan dan meregenerasi kulit.

Rita Fransisca membagikan caranya merawat kulit. “Cantik untuk suami supaya tidak berpaling,” tutur perempuan 25 tahun ini. Baginya, perawatan alami dan berolahraga tetap yang utama. Perawatan alami yang dilakukannya adalah dengan tanaman-tanaman seperti lidah buaya, dan putih telur. Selain itu, Rita juga banyak meminum air putih sebelum tidur di malam hari karena saran dokternya dulu. Konon, metabolisme tubuh berlangsung cepat saat tidur. Untuk makanan, Rita menyukai sayur bening.


Olahraga yang ditekuninya adalah nge-gym. Suplemen alami yang dia konsumsi adalah Natur-E 300 dengan pertimbangan sering traveling karena ikut suami berpindah tugas dan sembari mengurus kafenya di Sumatera. Untuk kulit, dia menggunakan Natur-E lotion yang Advanced karena jenis kulitnya cenderung kering.

Mitos Tentang Efek samping Natur-E

Natur-E menggemukkan?

Mana mungkin. Kalori Natur-E kan nol. “Ketidakseimbangan kalori yang masuk dan keluar tubuh, itu yang bikin gemuk,” sergah Viki. Nah, ibu-ibu kalau tidak mau gemuk, jangan makan lebih dari 1.500 kalori. Pada usia di atas 30 tahun, ada hormon yang sudah tidak bekerja dengan baik, hal itulah yang menyebabkan seseorang gampang gemuk. Jadi bukan karena Natur-E-nya, ya ibu-ibu.

Bikin jerawat?

Salah! Justru mengurangi bekas jerawat. Harus diperiksa kembali perawatan wajah dan makanan yang dikonsumsi selama ini.


Berpengaruh tidak baik terhadap ginjal?

Tidaklah. Vitamin E kan sifatnya larut di dalam lemak jadi, tidak memberatkan ginjal. Seperti juga vitamin A, D, dan K, pengeluaran vitamin E berlebih adalah melalui feses.

Pada sesi tanya-jawab – menjawab pertanyaan tentang seseorang disuntik vitamin C yang berakibat kulitnya kuning, dokter Anty berpesan untu hati-hati dengan suntikan vitamin C. Jangan sampai barang palsu atau yang menyuntikkannya tidak kompeten. Sebagai dokter, dalam melayani permintaan melakukan suntik vitamin C, dokter Anty selalu memeriksa riwayat kesehatan pasiennya. Vitamin C bagus tapi sebenarnya fokusnya ke daya tahan tubuh pengkonsumsinya. Kalau ditujukan untuk kulit, efeknya 5 – 10%. Kalau untuk kulit, ya vitamin E jawabannya.



Sampai juga di penghujung acara. Sebelum foto bersama, saya dan keempat penanya lainnya mendapatkan hadiah berupa produk Natur-E. Saya mendapatkan hand and body lotion Natur-E Advanced 245 ml. Saat testing dengan kawan, kami sama-sama mengakui aromanya yang segar. Harum tetapi tidak kelewatan harum. Kadar wanginya pas. Saat diusapkan ke kulit, lotion-nya menyerap dengan cepat dan tidak lengket. Pas, nih persediaan hand and body lotion saya sudah mau habis. Terima kasih Natur-E.

Makassar, 29 Desember 2017




Share :

3 Komentar di "Beda Usia Sama Cantiknya"

  1. KapsuL Natur-E udah terkenal sejak dulu ya kak

    ReplyDelete
  2. Usia kalau semakin bertambah juga harus pintar pintar dijaga ya mba. Natur E sempat aku konsumsi tapi sekarang udah agak jarang sih. Makasih jadi pengingat ya

    ReplyDelete
  3. Aku mulai pake yg advanced :). Krn umur udh msk 35. Udh lama sih mba aku konsumsi natur e ini, sejak kuliah. Mulai dr yg 100iu, sampe skr yg advanced. Kalo efeknya sendiri, alhamdulillah ampe skr blm ada kerut.. :D. Moga2 bisa memperlama aging lah yaaa

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^