Tips Memilih Tempat Duduk Kereta Api yang Nyaman

Kereta api kini menjadi salah satu pilihan transportasi saat berlibur ke suatu tempat. Walau tinggal di pulau Sulawesi yang belum memiliki moda transportasi ini, sedikitnya, saya pernah merasakan kenyamanan dan ketidaknyamanannya karena pernah travelling dengan kereta api bersama pak suami di pulau Jawa di awal pernikahan kami.


Fasilitas kereta api yang nyaman, bersih dan dengan pelayanan terbaik menjadi alasan utama para traveller memilih angkutan umum ini ketimbang menggunakan bus. Perlu kita beri apresiasi pada usaha perbaikan dan peningkatan mutu oleh PT. KAI sebagai pengelola jasa kereta api. Karenanya, moda transportasi ini semakin baik dan banyak dipilih oleh masyarakat. Jujur saja, saya masih kepengen naik kereta api melintasi pulau Jawa seperti dulu. Kalau baca-baca cerita teman-teman melalui internet, pastinya jauh lebih nyaman dibanding dulu.

Apalagi, kini jauh lebih mudah dan cepat mendapatkan tiket kereta api. Zaman digital, gitu loh. Banyak hal yang dipermudah berkat kemajuan teknologi zaman now. Salah satu kemudahan adalah kita tidak perlu lama lagi datang dan mengantre di stasiun untuk mendapatkan tiket kereta api. Pemesanan tiket dapat melalui situs-situs travel secara online. Traveloka juga menyediakan pemesanan tiket kereta api dengan harga terjangkau. Bahkan kita bisa mendapatkan harga promosi untuk tiket yang dipesan di Traveloka, lho.

Namun, sebelumnya kita perlu mengetahui apakah tempat duduk yang kita pilih saat memesan secara online dapat mempengaruhi kenyamanan perjalanan dalam kereta? Nah, buat Anda yang seperti saya ini, ingin menikmati perjalanan berkereta api di pulau Jawa ataupun di tempat lain, saya menemukan beberapa tips memilih tempat duduk kereta api berikut ini agar jadi pertimbangan untuk memilih tempat duduk terbaik di kereta api demi sebuah liburan yang nyaman. Simak, yaa.

Pilih duduk dekat jendela atau dekat koridor?

Sumber:wikipedia.org
Memilih duduk dekat jendela atau koridor sebenarnya menyesuaikan dengan kebutuhan kita sendiri, sih. Dengan duduk dekat jendela, kita bisa dekat dengan colokan listrik jika sewaktu-waktu harus mengisi baterai ponsel. Hayo, angkat tangan yang selalu butuh colokan listrik? 🙋 Selain itu dekat dengan jendela membuat kita memiliki sandaran kepala saat tidur. Dengan kata lain, bisa memilih lebih banyak aneka gaya tidur, yes? Namun, jika kita lebih membutuhkan akses ke toilet atau sekadar berjalan-jalan, lebih baik memilih duduk dekat koridor. Saat kamu hendak keluar dari kursimu, kamu tidak perlu mengganggu penumpang di sebelahmu. Nah, yang terakhir ini buat mereka yang “itchy feet” alias yang kakinya suka gatal atau tidak jalan dalam setengah jam.

Memilih kursi yang tidak bising

Untuk perjalanan yang cukup jauh, akan lebih nyaman menghindari gerbong yang berisik. Gerbong yang  dekat dengan lokomotif dan restorasi  biasanya memiliki suara yang cukup mengganggu kenyamanan. Lokomotif pastinya berada di ujung kereta, sedangkan gerbong makan atau restorasi biasanya berada di tengah rangkaian kereta api.

Jarak antara kursi dan bordes atau toilet

Sumber:@keretaapikita
Bordes itu maksudnya ujung gerbong tempat naik turunnya penumpang, dan akses keluar masuk antar gerbong. Pada area bordes ini biasanya terdapat toilet. Jika kita orang yang terganggu dengan lalu-lalangnya orang-orang, ada baiknya hindari kursi dekat dengan area ini. Namun, jika membutuhkan akses ke toilet dengan mudah, pilihlah tempat duduk yang dekat dengan bordes. Beberapa kereta memberikan akses ruang gerak kaki yang besar di area ini namun di beberapa kereta lainnya, seat dekat bordes memiliki ruang gerak kaki yang sempit. Selain itu tempat penyimpanan barang di area dekat bordes biasanya lebih sedikit.

Getaran di dalam gerbong

Bagian tengah gerbong adalah bagian dengan getaran paling lemah. Kita bisa pilih kursi di area ini kalau menyukai tempat yang minim getaran. Biasanya, orang yang suka mabuk perjalanan suka duduk di bagian ini, ya. 😓 Bagian ujung gerbong atau bagian dekat bordes biasanya memiliki getaran paling terasa. Nah, saat memilih kursi ketika pemesanan tiket, kita perlu mengetahui kode kursi dalam gerbong untuk mengetahui mana kode kursi dengan posisi di tengah gerbong.

Arah datangnya sinar matahari

Sumber:endonesanegeriku.blogspot.co.id
Satu hal lagi yang perlu juga kita perhatikan saat memilih tempat duduk di kereta api adalah arah datangnya sinar matahari. Posisi gerbong kereta bisa terbalik antara kode A dan E, maka posisi paling aman dari sinar matahari adalah kursi dengan kode C. Jika kita mendapat kursi menghadap sinar matahari, tentu mata akan terus menerus silau dan tidak nyaman. Namun, jika berangkatnya dengan kereta malam maka hal ini tidak perlu dikhawatirkan.

Semoga tips-tips tersebut dapat berguna buat karib dan kerabat yang ingin liburan akhir tahun dengan jasa kereta api, yaa. Dan semoga perjalanannya menyenangkan dengan transportasi ini. Selamat berlibur.

Makassar, 27 Desember 2017



Share :

8 Komentar di "Tips Memilih Tempat Duduk Kereta Api yang Nyaman "

  1. kalo aku senang duduk di jendela biar bisa lihat pemandangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapa tahu sempat motret or buat film, ya Koh.

      Delete
  2. Dari dulu aku suka banget naik kereta api. Posisi yang dekat jendela selalu jadi pilihan utama.
    Kereta ekonomi itu duduknya berhadap hadapan, beda dg kelas bisnis. Saya selalu pulih kursi yg menghadap depan dan menghindari yg menghadap belakang

    ReplyDelete
  3. Saia paling suka duduk deket jendela. Memandang bentang alam dan merenungu masa depan yang masih absurd, hehe!

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^