Ingatkan Saya Tentang Adab Bersosialisasi di Dunia Maya, Kawan!

“Janganlah kamu jadikan (nama) Allah dalam sumpahmu sebagai penghalang untuk berbuat kebajikan, bertakwa dan mengadakan ishlah di antara manusia. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (Al-Baqarah: 224 ).

Banyak sekali hal sehubungan tentang adab. Salah satunya dalam berhubungan dengan sesama manusia.

Baru-baru ini, seseorang japri kepada saya tentang sebuah program untuk amal. Karena nomornya tidak ada di dalam daftar kontak saya maka saya bertanya dia siapa dan dapat dari mana nomor saya (dengan kata "maaf" terlebih dulu). Pesannya langsung saya jawab karena kebetulan saya sedang memegang HP. Lalu saya katakan juga kalau HP saya baru di-reset (karena ada trouble). Kalau saya mau ngotot-ngototan, saya bisa saja tidak melakukan itu. Saya bisa mengacuhkan saja pesannya dan ngotot mengatakan yang salah dia bukan saya, kan? Tapi karena melihat programnya bagus dan minta di-share makanya saya menyapanya. 😇


Sayang sekali, pesan saya tidak dibalasnya sama sekali padahal dia membaca pesan saya (gampang kan mengetahui pesan saya dibaca atau tidak). Saya sedikit tersentak. Merasa sangat disayangkan kalau hal yang mengusung dakwah seperti itu tidak memperhatikan adab/etika. Selama hampir satu jam, saya menunggu pesan saya tak juga kunjung dibalas. Pun setelahnya tak kunjung dibalas.

Alangkah baiknya kalau memiliki tujuan mengirim pesan pribadi seperti itu dimulai dengan salam, memperkenalkan diri dulu dari mana, dapat dari mana nomor saya lalu menyampaikan hajat. Atau jawab saja pertanyaan saya, saya kan sudah bertanya baik-baik, dengan permintaan maaf pula karena nomornya tak ada dalam list saya. Terus terang, ini bukan kali pertama saya mendapatkan pesan yang kontennya bertujuan mengumpulkan derma tetapi pengirim pesannya tak memperhatikan adab. Sangat disayangkan.

Kalau ujug-ujug minta sumbangan seperti itu, tidak didahului sapaan terlebih dahulu dan sapaan saya tak dijawab pula, rasanya itu seperti ada orang yang ujug-ujug masuk rumah, tanpa kata-kata pembuka, langsung bicara kepada maksud dan tujuan tanpa memberikan salam sama sekali. Saat ditanya dia diam saja, hanya menatap saya selama puluhan menit hingga berjam-jam. Nah coba bayangkan, bagaimana perasaan kita mendapatkan tamu seperti itu. Apa yang Anda lakukan kalau tamunya seperti itu? 😅

Kalau kita masih ingat pelajaran di sekoah dasar dulu bahwa hak kita dibatasi oleh hak orang lain, dalam hal yang seperti ini kita perlu memperhatikan adab. Adab terhadap orang yang disampaikan pesan, tentunya merupakan perbuatan baik yang tidak boleh dilupakan. Kalau bahasa umumnya: "Bersikaplah yang etis".

Kawan, jika suatu hari saya berbuat khilaf di mata Anda, seperti kasus yang saya ceritakan ini. Tolong tegur saya, ya. Please jangan membuat saya membayar harganya di akhirat.


Makassar, 25 September 2017 


Share :

11 Komentar di "Ingatkan Saya Tentang Adab Bersosialisasi di Dunia Maya, Kawan!"

  1. iya nih, saya juga pernah dapat yang seperti itu tanpa ada salam sapa terlebih dahulu

    ReplyDelete
  2. bisa juga org tsb hanya mengatasnamakan suatu badan amal, pdhl niatnya buruk

    ReplyDelete
  3. Banyak memang orang berseliweran di dunia maya tanpa memegang pakem aturan dan asas kepatutan dan kesopanan. Karena merasa tidak saling ketemu muka dan bertukar sapa secara langsung jadi kayak kucing nyelonong ke dapur. silangsungang mi nda sopan. bae ji kalo nda buka kulkas, comot cemilan, dan .... ah kayak begitu mi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih, apa mi kalo buka kulkas dan comot cemilan -_-
      Diapai mi bagusnya itu, dih?

      Delete
  4. Kalau ketemu yang begituan, aku juga pasti bakal kesel. :'( Nggak salam nggak apa, ujung2nya minta sumbangan.

    ReplyDelete
  5. Betul sekali. Yang terpenting, kita harus menjaga sikap etis. :)

    ReplyDelete
  6. orang yg aneh ya mba :D.. aku prnah ngalamin, tapi konteksnya ga utk minta sumbangan sih... Pas aku tanya itu siapa krn nomornya ga ada di kontakku, malah dibilang, "sombong banget sih ga save no ku" . Hadeuuuuh aku males tuh layaninnya.. yg ada aku bls cuekin dan ga mau lanjutin lg wa nya... jangan2 malah org yg punya maksud nipu :D

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^