Menyalakan Lilin Melalui Buku untuk Indonesia

Better to light a candle than to curse the darkness. Atau dalam bahasa Indonesia berarti: lebih baik menyalakan lilin daripada mengutuk kegelapan adalah kalimat  motivasi yang terkenal di seluruh dunia. Di Indonesia kalimat ini dipopulerkan oleh Anis Baswedan dalam gerakan Indonesia Mengajar. Kalimat yang patut dilayangkan kepada mereka yang suka mencaci-maki pemerintah tetapi tak mampu melakukan apa-apa, hal positif yang kecil sekali pun.

Dalam bentuk lain, baru-baru ini saya kembali mendengarkan motivasi seperti ini dari mulut Andy F. Noya – jurnalis terkenal dari Metro TV yang sekaligus Duta Baca Indonesia tahun 2016. Saat itu saya menyimak penuturan Andy sebagai nara sumber pada talkshow Buku untuk Indonesia di panggung acara Fun Walk BCA pada tanggal 23 Juli lalu. Bertepat di satu sisi pada Lapangan Karebosi Makassar, Andy yang pernah menjalani masa kecilnya di kota Makassar pada tahun 1960-an ini mengatakan, “Jangan selalu berharap pada pemerintah.”

Lakukan Sesuatu Meski Itu Hanya Menyalakan Sebatang Lilin

Gubernur Sulawesi Selatan (Syahrul Yasin Limpo) tengah bercakap dengan Andy F. Noya
Sumber foto: Eryvia Maronie (www.emaronie.om)
Melalui paket donasi kepada masyarakat luas yang kemudian dikonversi menjadi buku, BCA berkomitmen untuk menumbuhkan kembali minat membaca di berbagai pelosok Indonesia. Gerakan “Buku untuk Indonesia” berhasil mengundang banyak partisipasi dari masyarakat Indonesia. Pada periode I penggalangan donasi yang berlangsung sejak tanggal 15 Maret hingga 14 Juni 2017, dana yang terkumpul sudah lebih dari 1 miliar rupiah. Bisa Anda tebak, dari mana pemberi donasi terbesar pada gerakan ini? Makassar, yes! Ternyata masih banyak orang Makassar yang mau menyalakan lilin!

Nah, rencananya BCA akan membagikannya kepada 104 sekolah penerima donasi di 60 titik di Indonesia. Donasi minimal sejumlah seratus ribu rupiah bisa dilakukan di kantor BCA atau di gerai-gerai BCA, misalnya yang ada di Lapangan Karebosi saat cara ini berlangsung. Melalui donasi yang diberikan, BCA memberikan kepada Anda kenang-kenangan berupa kaos jersey. Mudah dan murah.

Frengky, Andy, dan Widya.
Penjelasan tentang program Buku untuk Indonesia ini dijelaskan oleh Kepala Kantor Wilayah BCA – Frengky  Chandra Kusuma dan Vice President Kerjasama Transaksi Perbankan BCA – Liza L. Widyasari saat mendampingi Andy di atas panggung talkshow Buku untuk Indonesia. Mengenai minat baca di Indonesia yang (konon katanya) rendah, Andy berpendapat bahwa itu tidak sepenuhnya benar. Menurutnya, banyak wilayah yang sulit terjangkau di negara ini. Anak-anak Indonesia banyak yang berminat terhadap buku, hanya saja akses mereka kepada buku amat terbatas.

Oya, tentang minat baca Indonesia yang rendah, hal ini diungkapkan oleh sebuah hasil studi tahun 2016. Studi itu berjudul Most Littered Nation in The World, dilakukan Central Connecticut State University. Di situ dinyatakan bahwa Indonesia negara ke-60 dari 61 negara soal minat baca. Negara kita berada persis di bawah Thailand dan di atas Botswana.

Lilin Berupa Buku untuk Indonesia

“Semoga Aksi Berbagi ini dapat berkontribusi positif dan menjadi pengingat kita semua akan pentingnya akses buku yang luas bagi tunas-tunas bangsa sebagai aset berharga dalam menggapai harapan dan cita-cita. Menjawab animo masyarakat yang tinggi, periode II gerakan berbagi Buku untuk Indonesia akan berlanjut hingga akhir tahun 2017. Kunjungi laman www.bukuuntukindonesia.com atau www.blibli.com untuk berpartisipasi dalam gerakan ini,” pungkas Frengky.

Sebagian peserta
Ah iya, hampir lupa. Sebelum talkshow, usai gubernur Sulawesi Selatan – Syahrul Yasin Limpo meninggalkan lokasi acara, sebanyak 11 kepala sekolah menerima secara simbolis donasi Buku untuk Indonesia. Mengapa secara simbolis saja? Karena buku yang mereka terima, masing-masing sebanyak 200 buku untuk satu sekolah. Kebayang kalau harus menerima buku sebanyak itu di atas panggung, hehe.

Ke-11 sekolah yang beruntung itu adalah: SDN Balang Baru, SDN KIP Bara-baraya II, SDN Inpres Borong, SD Negeri No 11 Bontojai, SDN Inpres Barombong 03, SD Inpres/Negeri BTN Pemda, SD Labuang Baji II, SDN Mamajang I, SD Inpres Gontang, SD Inpres Lanraki 2, dan SDN 178 Inpres Lamangkia.

Gerakan Buku untuk Indonesia mulai diselenggarakan sejak ulang tahun BCA yang ke-60. Sebelum di Makassar, beberapa wilayah sudah lebih dulu menjadi tempat pelaksanaannya, seperti di Jakarta, Semarang, dan Lampung.

Andy berfoto bersama para kepala sekolah dasar penerima donasi buku.
Setelah di Makassar, aksi berbagi Buku untuk Indonesia ini juga serempak diadakan di 5 daerah dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional. Kelima daerah tersebut adalah Garut mewakili Jawa, Manado mewakili Sulawesi, Kupang mewakili Indonesia Bagian Timur, Aceh mewakili Sumatera, dan Singkawang mewakili Kalimantan.

Melalui gerakan yang dilaksanakan dalam rangka HUT yang ke-60 ini, BCA berkomitmen untuk Menjadi Lebih Baik melalui tiga pilarnya belajar lebih baik, melayani lebih baik, dan memberi lebih baik. Aksi berbagi Buku untuk Indonesia ini merupakan perwujudan komitmen BCA untuk memberi lebih baik kepada masyarakat dengan harapan dapat berkontribusi meningkatkan minat baca di berbagai pelosok di Indonesia yang penting dalam menciptakan generasi muda yang cerdas, berkualitas, dan berakhlak mulia.

Kalau Anda-anda ingin ikut “menyalakan lilin” melalui gerakan ini, masih bisa, lho. Buku untuk Indonesia masih berlangsung hingga tanggal 15 September 2017. Segala sesuatunya terkait Buku untuk Indonesia bisa dilihat di website Buku untuk Indonesia (noted: sudah selesai).


Well, semoga lilin-lilin ini menyala abadi dan kelak bisa mendongkrak Indonesia menjadi 10 besar dunia dalam hal minat baca. Tidak mustahil, kan?

Makassar, 14 Agustus 2017




Share :

18 Komentar di "Menyalakan Lilin Melalui Buku untuk Indonesia"

  1. Minat membaca masyarakat kita memang masih rendah banget. Membaca buku maksud sy. Skrg org lebih suka membaca digital. Baca berita ataupun informasi yg dibutuhkan,saat ini sering dilakukan secara digital,lewat gadgetnya. Minat baca buku pada anak2pun tak kalah menghawatirkan pula. Support bgt deh dg semua kegiatan utkmenghidupkan kembali senang membaca buku.

    ReplyDelete
  2. yah saya ketinggalan informasi acaranya, padahal mau ikut juga. Ternyata orang-orang Makassar suka memberi donasi yah, mudahan-mudahan kedepannya Makassar bisa menjadi lebih baik lagi dengan membantu menyumbangkan buku-buku ke sekolah-sekolah lainnya.

    ReplyDelete
  3. Gerakan yg sangat bagus, smg minat baca masyarakat meningkat

    ReplyDelete
  4. Support, semoga bisa meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia :)

    ReplyDelete
  5. Langsung ke TKP deh mbak, biar semangat lagi baca bukunya

    ReplyDelete
  6. Setuju kak. Daripada mengeluh dengan kondisi sekarang, lebih baik kita bergerak dari diri sendiri. Program BCA berbagi buku ini menarik. Untuk berdonasinya mudah dan dapat berdampak baik untuk masa depan Indonesia.

    ReplyDelete
  7. Semoga dengan seringnya acara seperti ini, maka semakin mendongkrak pula minat baca yang ada di Indonesia ini.

    Keren, ada Andy Noya...

    ReplyDelete
  8. Syukur ada program seperti ini yang bermanfaat untuk meningkatkan minat baca rakyat Indonesia. Semoga sukses apa yang ingin diwujudkan, hingga lahir nantinya generasi penerus bangsa yang cerdas dan berakhlak mulia:)

    ReplyDelete
  9. Dukung nih program BCA karena sekarang makin minim ya yang baca buku :(

    ReplyDelete
  10. selamat buat yang dapat donasi buku, moga minat bacanya bertambah dan jadi anak-anak berilmu yang berguna bagi kebaikan bangsa.. amin

    ReplyDelete
  11. Setuju kak. Menyalakan lilin dengan menyukseskan program BCA ini adalah salah satu langkah untuk menerangi kegelapan.

    ReplyDelete
  12. Semoga dengan semakin banyak gerakan berbagi buku seperti ini, bisa mendongkrak minat baca buku. Btw dulu ada jg program Berbagi Kasih Berbagi Buku dari AM hihihi

    ReplyDelete
  13. Makassar emang keren, menjadi kota dengan donasi terbesar untuk program ini 👍

    ReplyDelete
  14. Bener kak.. Kita jgn hanya bisa komplen tp gak ngapa2in. Smoga program ini bisa jalan terus yaa

    ReplyDelete
  15. Terima kasih kak, baca artikel ini jadi bersemangat lagi...

    ReplyDelete
  16. Semoga harapan2 melalu gerakan ini bisa terwujud ya kak.. AAMIIN 😇

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^