Sintamilia – The Real Mompreneur and Blogger from Bandung

Mengasyikkannya blog walking itu kalau tulisan kawan blogger yang blognya disambangi mengalir. Tidak terasa saja sudah beberapa tulisan terbaca. Apalagi kalau tulisan-tulisannya informatif atau edukatif, atau inspiratif. Memang, sih membaca tulisan di blog itu biasanya seperti sedang ngobrol dengan si empunya blog. Di sini bedanya dengan menulis di media mainstream ataupun di media online yang pakai aturan baku dalam menulis. Dalam ngeblog, Anda akan sering mendapatkan tulisan yang saat membacanya Anda akan merasa seperti sedang bercakap-cakap dengan penulis blognya.

Nah, salah satu yang baru saya sambangi dan saya rekomendasikan adalah blog kepunyaan Sintamilia di http://www.sintamilia.com ini. Tidak terasa, sekali duduk saja saya sudah membaca beberapa tulisannya termasuk yang mengetengahkan tentang bisnis online. Hal yang jarang saya lakukan (membaca beberapa tulisan dalam sekali duduk).


Sinta, blogger Bandung beranak satu ini memang giat menjalankan bisnis online. Selain itu, dia senang belajar lika-liku bisnis online dan menuliskannya di dalam blog. Mungkin alasannya sama seperti salah satu asalan saya dalam ngeblog, yaitu untuk mendokumentasikan pengalaman. Namun bagi saya, Sinta lebih dari sekadar menuliskan dokumentasi pengalamannya, dia itu the real mompreneur and blogger. Nanti saya paparkan mengapa saya katakan tulisannya lebih dari sekadar dokumentasi.

Menarik sekali membaca tulisannya yang berjudul Pengalaman Seru Belajar di Mentoring Jualan Online Batch 1 Free. Di situ Sinta memaparkan bagaimana kelas yang diasuh secara online oleh Andre Hanusa (namanya mirip penyanyi yang top tahun 90-an, ya: Andre Hehanusa) memberikannya tambahan wawasan meski gratis.
Untuk yang FREE, syarat agar tetap bisa ngikutin semua materi kan harus selalu mengerjakan tugas. Kalau gak setor, bakal dikeluarin dari grup. Sementara untuk yang PREMIUM alias bayar, gak ngerjain tugas juga ga akan di DO.

Tulisan ini kemudian menjadi lebih dari sekadar dokumentasi bagi saya karena tiga alasan berikut:
  1. Saya jadi mengenal siapa itu Andre Hanusa dan sekilas stalking akun Facebook dan website-nya.
  2. Wawasan saya mengenai seluk-beluk  berjualan online bertambah dengan membaca tulisan Sinta.
  3. Sinta mempromosikan jenis barang jualannya, villa kepunyaan uwaknya sekaligus mempromosikan pelatihan yang diselenggarakan oleh Andre Hanusa.
Nah ketiga hal ini merupakan manfaat ngeblog. Kembali kepada niat penulisnya, manfaat seperti ini akan menjadi amal baik.


Lalu begitu saja, jari-jemari membawa saya membaca tulisan-tulisan Sinta yang lain. Berkutnya saya masih tertarik membaca pengalamannya sebagai mompreneur. Saya membaca tulisan berjudul Satu Alasan Orang Menolak Produk yang Anda Tawarkan. Tulisan ini berisi curhat bermanfaat ala Sinta tentang SPG (Sales Promotin Girl) yang praktik cross selling dengan cara tidak tepat.
Cross selling dilakukan SETELAH konsumen MEMBELI sesuatu. Tujuannya adalah agar konsumen semakin banyak belanjanya. Seperti di mini market yang kasirnya selalu nawarin pulsa tiap ada yang SELESAI belanja. Lah ini? Saya beli aja belum. Kan baru lihat-lihat..

Saya membaca tulisan ini dengan sungguh-sungguh sampai habis. Saya seperti orang yang sedang menjalankan bisnis saja sampai sebegitu seriusnya menyimak tulisan Sinta. Ya, bisa jadi, suatu saat saya jad pebisnis, tulisan ini akan sangat bermanfaat bagi saya - aamiin. Sekali lagi, saya menemukan kekuatan pemaparan Sinta dalam tulisan ini. Lagi-lagi, sekali merengkuh dayung, dua-tiga pulau terlampaui, seperti pada tulisan terdahulu. Di tulisan ini:
  • Sinta menuliskan mengenai bagaimana praktik cross selling yang pernah dipelajarinya dengan cara unik: membuat percakapan imajiner antara seorang SPG dan seorang calon pembeli.
  • Tulisannya memberikan tambahan wawasan, membuat orang jadi paham bagaimana cara cross selling yang baik dan benar.
  • Dengan cerdas, Sinta menyelipkan “pesan sponsor” mengenai produk yang sedang dijualnya.
Cara menulis Sinta sungguh keren. Sekali lagi saya terpesona!

Begitulah, saya lalu membaca tulisan-tulisannya yang lain seperti Dear Customers yang Butuh Urgent, Segeralah Pergi ke Pasar!, Pengalaman Transaksi dengan Seller Menyebalkan di Shopee, dan 3 Benda yang Kita Butuhkan untuk Jadi Pebisnis Online Ideal.

Bukan cuma itu tulisan Sinta yang menarik. Semua hal dituliskannya dengan cara yang mengalir yang asyik, seperti bertutur. Sinta pandai menyelipkan pesan-pesan dalam setiap tulisannya (terutama pesan sponsor hehe) tanpa pembaca merasa dia sedang beriklan. Begitu pun dalam menyampaikan pesan moral yang diyakininya, dia menuliskannya tanpa menggurui. Kalau tidak percaya, simak, deh tulisannya yang berjudul #SaturdayLove Merebut pacar orang lain itu SAH! (isinya tentang topik hot tahun lalu yang saya baru tahu ... ck ck ck, ke mana saja saya selama ini?).

Makassar 4 Juni 2017

Keterangan:
  • Foto-foto berasal dari blog Sintamilia.
  • Untuk Arisan Link Grup 4 komunitas Blogger Perempuan.




Catatan buat Sinta:
  1. Kenapa belum update blog lagi sejak April? Sayang, lho.
  2. Perhatikan URL judul tulisan, jangan sampai ada yang terpotong. Kalau kata mereka yang jago SEO, itu juga harus diperhatikan. Saya lihat judul tulisan Sinta, pada URL banyak yang terpotong secara tidak pas. Sekadar masukan saja, yaa. Bukan berarti saya lebih jago.
  3. Keep blogging, yah. Sinta sudah punya banyak kelebihan dalam menulis. 



Share :

5 Komentar di "Sintamilia – The Real Mompreneur and Blogger from Bandung"

  1. Seru banget, ya? :D Pengen ikutaaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cus langsung ke akun ybs, Mbak Nisa hehe.

      Delete
  2. Ngeblog emang banyak banget manfaatnya, asal kita pandai2 saja mengolahnya ya, Mbak?

    ReplyDelete
  3. Terima kasih banyak atas potongan ini Mbak :')

    Aku jawab di sini ya untuk 3 poin di akhir postingan.

    1. Kenapa blm up date blog? Karena lagi fokus bisnis. Jelang lebaran ini peak season. Insya Allah abis lebaran up date lagi. Aamiin

    2. Benar URL postingan sebaiknya SEO friendly. Saya nya aja yang memang ga terlalu memperhatikan (masih cuek dgn SEO) . Jangan ditiru. Heuheu

    3. Siap, insya Allah aamiin

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^