Mengusir Tikus dengan Bunyi yang Tak Terdengar

Pernah merasakan tidak enaknya rumah kemasukan tikus? Saya pernah. Duh. Melihat kotorannya berceceran di mana-mana, sangat menjijikkan. Masih untung kalau dia tidak mendapatkan makanan di atas meja makan. Kalau lolos sampai ke atas meja makan, apa boleh buat, makanan yang sudah tercemari harus dibuang juga. Soalnya si tikus ini makan makanan kita sembari kencing dan BAB di situ. Bayangkan penyakit yang bisa disebabkannya (seperti leptospirosis, pes, dan kutu tikus). Waks!


Sebenarnya rumah kami aman dari serbuan tikus kalau semua pintu tertutup rapat. Jalan masuknya tikus adalah pintu dapur. Hewan mengerat ini masuk dari got pembuangan di halaman belakang. Got itu bersambung ke saluran pembuangan air di depan rumah.

Ketika pintu tertutup, tak ada tikus yang bisa masuk. Namun, sesekali ketika pintu dapur terbuka dan kami lengah, masuklah dia. Kalau sudah masuk ... ampun deh. Yang lalu-lalu, ketika si tikus berhasil masuk rumah, suami saya yang berhasil mengusirnya. Pak suami mengusirnya dengan cara mengejarnya lalu menggebuknya tanpa ampun. Di masa mudanya, beliau memang pernah menjadi pendekar pengusir tikus di rumah orang tuanya hihi.


Lain lagi cara ayah saya. Ayah menyebar lem tikus di tempat-tempat yang dilalui tikus. Kadang-kadang cara ini apuh namun tidak selalu. Kalau tikusnya pandai, makan yang berada di sekitar lem tikus diambilnya tetapi dia sendiri tidak terperangkap haha. Konon, tikus termasuk hewan yang pandai. Perangkap pun tak selalu bisa menjebaknya. Kalau dia mau, makan di dekat perangkap bisa dia bawa tanpa terganggu oleh perangkap tersebut. Hebat, ya?

Sudah lama tak kedatangan tikus, kira-kira 3 minggu yang lalu di halaman belakang terlihat kotoran-kotoran hewan ini. Kami sempat mengira ada yang masuk ke dalam rumah, untungnya tidak terjadi. Kalau sudah terlihat kotorannya bertebaran, kami sudah harus waspada lagi. Kebetulan sekali, saya mendapatkan informasi tentang EXTRO. EXTRO adalah electronic pest repeller, merupakan produk pengusir tikus dari Tissor. Kami pasanglah perangkat ini di gudang, dengan harapan bunyinya yang tak terdengar bisa memengaruhi makhluk malam yang berkeliaran di sekitar rumah kami.

Jangan heran dengan istilah “bunyi yang tak terdengar” karena perangkat ini bekerja secara elektrik dengan menghasilkan bunyi yang frekuensinya tak dapat didengar oleh manusia tetapi amat mengganggu bagi tikus.

Tutorial Alat Pengusir Tikus Extro

Mengapa bunyi yang dihasilkan oleh EXTRO ini tidak terdengar oleh manusia? Karena EXTRO menghasilkan bunyi dalam ranah gelombang ultrasonik, yaitu 35.000 Hz. Sementara manusia mendengarkan suara pada range 20 Hz sampai 20.000 Hz (istilahnya “audible”). Bunyi pada ranah di bawah 20 Hz dan di atas 20.000 Hz tidak dapat didengarkan oleh manusia tetapi masih bisa didengarkan oleh hewan-hewan lain. Nah, gelombang 35.000 Hz itu terdengar oleh tikus serupa bunyi yang meresahkan. Mirip-mirip kita yang diberondong dengan sirine setiap saat. Pasti tidak nyaman, bukan?

Selain itu, alat ini juga menghasilkan gelombang elektromagnetik. Gelombang ini dapat mengganggu sistem syaraf tikus tetapi tidak mengganggu manusia, hewan peliharaan, dan tidak meningkatkan daya elektromagnetik dari kabel listrik di rumah kita. Hal ini dijamin oleh perusahaan pembuatnya. Gelombang elektromagnetik akan membuat tikus merasa berada di daerah musuh sehingga mereka merasa gelisah dan menghindar.

Setelah megikuti petunjuk yang ada di dalam kemasan EXTRO, tidak terlihat lagi kotoran tikus di halaman belakang rumah kami. Alhamdulillah. Semoga seterusnya hewan pengerat itu tidak balik lagi ke sini.


Makassar, 28 Maret 2017


Share :

34 Komentar di "Mengusir Tikus dengan Bunyi yang Tak Terdengar"

  1. Waah, boleh dicoba nih tipsnya. Makasih banyak ya Mas infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakaaan. Makasih yaa sudah mampir ke sini.

      BTW, I'm not "a mas" -_-

      Delete
  2. semakin canggidunia, maka tikus yang tidak memiliki teknologi tentu tidak dapat mengantisipasi penemuan teknologi baru manusia untuk mengusir mereka dari rumahnya sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penduduk asli di rumah saya tidak ada tikus, Mang. Jadi perlu diusir :)

      Delete
    2. padahal sebelum rumahnya berdiri mereka sudah ada disitu jauh sebelumnya...kan kakek buyut mereka pernah bilang kesaya tuh

      Delete
    3. Waduh Mang Lembu punya kemampuan bicara dengan tikus yah :D

      Delete
  3. pinter ya pencipta alat ini..
    tikus2 dikasih bunyi begini jadi merasa bising dan langung kabur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hwhw iya Kak kira2 seperti iti prinsip kerjanya

      Delete
  4. Wah ngebukin tikus! bisa kena marah nih "pak suami" olh asosiasi pecinta & pelindung hewan. :D bertaun2 baru tau klu ada alat seperti itu, berkat artikel ini akhirnya.. mau coba tapi belinya dimana harganya brapaan!!? Semangat, lanjutkn penulisan2nya biar para pembaca brtambah wawasannya & kegemarannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dalam Islam kan, boleh membunuh binatang yang menjijikkan dan berpotensi menyebarkan penyakit, toh :)

      Belinya, bisa ngecek di http://tissorindonesia.com/ yaah.

      Aamiin makasih yaah.

      Delete
  5. Alatnya mesti dicoba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa cek di website-nya yaa http://tissorindonesia.com/

      Delete
  6. Tikus emang ngeselin, Kak. Hehehe... Saya juga pernah makai alat pengusir tikus yang dicolok ke listrik gitu. Dan pernah konslet waktu rumah lama kami tinggalkan. Untunglah ga sampai kebakaran. Jadi hati2 aja kalau rumah lama ditinggalkan :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooh ya Allah. Mesti hati2 ya. Terima kasih Mbak Yanti.

      Delete
  7. Bisa dicoba nih. :'D Banyak tikus dan memang gak mempan meski dikasih jebakan. Tikus sekarang pandai2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, konon tikus itu pandai. Dia belajar juga dari jebakan2 yang ada di sekitarnya, bagaimana menghindarinya ...

      Delete
  8. pengen coba kak.. dmn beli alatnya?
    Di kantor ku banyak tikus, ,sudah mi dikasi lem kanan kiri tetap ji ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tikus pintar menghindar Sari, apalagi kalau di situ-situ ji diletakkan lem tikusnya.

      Di www.tissorindonesia.com kita' beli

      Delete
  9. Bagus nih buat ngusir tikus rumahan. Mampu gk yang usir tikus berdasi hihihii

    ReplyDelete
  10. Tikus emang ngeselin banget, udah perabotan rusak mana bikin kotor lagi, pengen pakai racun tikus tapi ada kehkawatiran, mungkin mau coba cara ini
    terima kasih sharenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mbak Maya. Senang bisa membantu

      Delete
  11. Menarik alatnya daripada dikasih racun

    ReplyDelete
  12. Bau bangaki tikus itu mb..ampun deh..kalo doi mau pergi, mending diusir aja deh aripada ada nyawa melayang, wkwkwk

    ReplyDelete
  13. Aku dah pernah pake lem juga..malah gak tega..la setelah nempel tikusnya gak bisa dilepas dr lemnya..jadi dibiarin gt aja kan sampe mati..pake racun jg udah..haha..musuh beneran ya ama tikus. Alhmdlillah ada alat ini..mengusir dengan cara yang aman dan ramah lingkungan 😊

    ReplyDelete
  14. Waah keren ini tipsnya Mba Mugniar, patut dicoba :)

    ReplyDelete
  15. Sebenarnya kita sendiri gak tega klo tikus itu dah kena perangkap, tp kan si tikua juga ngeselin huhu, memang lebih baik diusir aja ya kan Mak, jgn dibunuh

    ReplyDelete
  16. Bebas bau dan ramah bumi produk ini, langsung mencuri hati!
    Aku juga baru tahu ada alat seperti ini.

    ReplyDelete
  17. Waaaa, aku butuh iniii. Di rumahku & rumah mamaku ampun deh, parah tikusnya. Tiap hari berkeliaran. Merusak barang2 plastik. Tuppy mamaku banyak yg rusak. Harga alat ini mahal ga yaa? Aku udah pernah nyoba pakai lem tikus, lumayan ampuh. Tapi suka geli sendiri kalau mau buangnya.

    ReplyDelete
  18. wahh lagi perlu banget ini... di depan n belakang rumah banyak tikus. sebel takut masuk ke dalam rumah. jadi ngotorin tiap hari, hiks

    ReplyDelete
  19. aku penasaran jadi pengen nyoba heheehe tikus rumahku ada satu tapi kok susah banget ditangkap

    ReplyDelete
  20. Senang ya Mbk bisa mencoba alat ini dan sukses bebas tikus. Benaran deh aku happy bangets

    ReplyDelete
  21. Ditempatku sepertinya belum ada produks semacam ini, adanya obat tikus dan perangkapnya.
    Hebat juga tu.

    ReplyDelete
  22. Alhamdulillah....masalah tikus kelarrr karena Extro.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^