Gathering Smartfren – Blogger dan Promo yang Bikin Ngiler

Saya terlambat datang ke gathering blogger dengan Smartfren pada tanggal 16 Desember lalu. Saya menghadiri acara di Regus dulu dan usai shalat maghrib baru ke sebuah kafe di jalan Bau Mangga, tempat berlangsungnya acara. Saat tiba di tempat acara, Mas Al sedang memaparkan sesuatu. Saya belum sempat mencatat apa yang disampaikannya, pembicara keburu beralih ke Mas Andika, anggota tim Product Smartfren.


Mas Andika bertutur tentang bagaimana kepedulian Smartfren terhadap jenis gadget yang akan dipasarkan di Indonesia. Terlebih dahulu Smartfren mengadakan riset pasar, mengenai kebutuhan orang Indonesia. Meskipun ada yang diproduksi di China, tetap diperhitungkan mengenai kecocokannya dengan orang Indonesia. Oya, Smartfren juga memperhitungkan himbauan pemerintah mengenai minimal 30% komponen dibuat di dalam negeri, lho.

Saat sample dikirimkan oleh produsen, produk masih dites lagi. Tujuannya untuk mengetahui apakah spesifikasi yang diminta sudah sesuai. Seperti fitur dan handset-nya, apakah sudah sesuai dengan kebutuhan masyarakat.


Acara malam itu berlangsung santai. Walaupun demikian, pihak Smartfren memberikan penjelasan dengan lengkap. Tidak ada pengeras suara tetapi suara orang yang berbicara bisa terdengar oleh saya yang duduk merapat pada sebuah dinding di ruangan yang terletak di lantai 2 kafe itu karena struktur semua meja dan kursi peserta di ruangan itu mengarah ke “titik pusat” di tengah ruangan.

Sesekali pembahasan mengenai produk Smartfren diselingi candaan. Teman-teman blogger yang hadir memang pada suka bercanda. Namun demikian, mereka memperhatikan penuturan setiap nara sumber. Demikian halnya dengan Mas Andika. Dia tetap kembali kepada pokok pembahasan.


Saat menjelaskan mengenai dua jenis sinyal 4G, dia menganalogikannya dengan sinar senter yang didekatkan dan dijauhkan dari obyek. Sinyal 4G TDD jangkauannya sempit tapi jelas, ibarat senter yang menerangi obyek dari jarak dekat. Sedangkan Sinyal 4G FDD memiliki jangkauan luas tetapi kurang tajam, ibarat senter yang menerangi obyek dari jarak jauh. Untuk saat ini, baru Smartfren yang mempunyai kedua teknologi ini. Jaringannya pun terluas di Indonesia, mencakup 200 kota dan kabupaten. Catat, ya ... baru Smartfren!

Kembali ke tes sample produk. Setelah menjalani tes tersebut, ada market survey. Testing diadakan di tengah masyarakat. Ada FGD (focus group discussion) yang akan “mencoba” produk tersebut. Selanjutnya assembling (perakitan) dilakukan di Indonesia. Setelah itu masuk proses quality control. Berikutnya monitoring. Lalu launching, deh. Life cycle sampai launching produk Smartfren adalah berkisar 6 – 7 bulan atau tergantung pasar. Bisa juga lebih cepat, tergantung sikon (situasi dan kondisi).

Sesudah launching, apakah berhenti sampai di sini? Tidak. Masih ada riset mystery shopper-nya. Eh, siapa tahu Smartfren butuh mystery shopper, saya mau deh asalkan bayarannya sesuai. Sudah setahun lebih saya menjadi freelancer program Mystery Shopper dari sebuah perusahaan yang berkantor di Belgia. Hingga saat ini saya masih enjoy-enjoy saja menjalaninya.


Oke, kembali ke pokok pembahasan. Perlu diketahui, Smartfren menggunakan teknologi VoLTE (Voice over LTE). Pengguna bisa melakukan baik panggilan suara maupun video melalui jaringan 4G LTE Advanced dari Smartfren. Dengan teknologi ini, suara terdengar jauh lebih jernih, video call lebih stabil, dan bisa telepon sembari tetap browsing atau download pada saat yang bersamaan.

Saat ini sementara ada promo produk akhir tahun produk-produk canggih Smartfren hingga 31 Desember 2016, yaitu:
  • Pembelian paket Smartplan 65 GB seharga hanya Rp. 650.000, gratis Andromax A.
  • Penawaran harga spesial untuk pembelian Andromax E2+ dan Andromax A bagi pemegang kartu member Hypermart.
  • Penawaran harga spesial untuk pembelian Andromax E2+, Andromax A, dan MiFi Andromax bagi pemegang kartu member Lotte Mart.
  • Penawaran harga spesial bagi pemegang kartu kredit Bank Mega bagi mereka yang melakukan pembelian Andromax E2+, Andromax A, Andromax R+, dan MiFi Andromax di Carrefour.
  • Penawaran harga spesial untuk Andromax A dan Andromax E2+ di Giant Supermarket, bagi mereka yang berbelanja minimal Rp 200.000,-.
  • Program Big Kuota MiFi Andromax di Alfamart dan 7 -Eleven
  • Gratis headphone, bagi pelanggan yang membeli Andromax A, Andromax E2+, Andromax R+, dan Andromax R2 di Wellcomm Shop.

VoLTE Smartfren

Bukan hanya itu, beberapa teman blogger beruntung mendapatkan promo gratis dadakan: MiFi dan ponsel Andromax sebagai hadiah dari kuis-kuis yang diberikan oleh Pak Robin dan kawan-kawannya. Saya cuma bisa menatap mereka yang beruntung dengan ngiler sembari menetralisirnya dengan menghabiskan seporsi bubur Manado dan segelas cokelat panas yang ada di hadapan saya. Dalam hati saya berkata pada diri sendiri, “Mudah-mudahan rezeki saya ada di tempat lain.”

Makassar, 28 Desember 2016

Referensi:
http://www.smartfren.com/






Share :

3 Komentar di "Gathering Smartfren – Blogger dan Promo yang Bikin Ngiler"

  1. baca ini pun saya malah udah ngiler nih...apalagi sejak awal peluncurannya saya yang paling duluan beli...kudunya yang paling pertama punya dapet bonus..ya iya lah daripada yang ikut ghatering, tapi nggak beli...coba?

    ReplyDelete
  2. senang banget pasti kalo dapat prize di acara gathering seperti itu, mantap jiwa

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^