Semaraknya Gathering Blogger dengan OPPO Community

Permulaan yang menyenangkan di acara OPPO Community, O-Fans, and Blogger Gathering, Experience OPPO F1s pada tanggal 31 Agustus lalu itu adalah bagi-bagi tiket nonton gratis di beberapa bioskop di Makassar! Pilih-pilih bioskop mana yang dituju ternyata cukup lama juga. Saya dan teman-teman blogger yang perempuan saling mencocokkan waktu, agar bisa nonton bareng. Haha dasar perempuan, ribetnya untuk urusan tiket nonton saja sementara teman-teman blogger yang laki, dikasih tiket untuk bioskop mana saja nurut. Untungnya Mas Khalil yang membagi-bagikan tiket sabar meladeni kami.



Tentang OPPO Community


Acara ini dilaksanakan di kafe Bistropolis, dekat KFC jalan Sultan Hasanuddin. Sembari menyantap hidangan pembuka, berlanjut dengan hidangan utama dan penutup, kami – para blogger Makassar beserta O-Fans dan OPPO COMMUNITY menyimak presentasi dari Mas Khalil alias Sang Pena (beliau blogger juga, lho ternyata), Mas Vany Ghifari  alias Ofan, Mbak Mawarni, Mas Fernando Wijaya, dan Daeng Ipul.

Untuk peluncuran produk OPPO F1s, Kota Makassar terpilih menjadi kota pertama diadakannya gathering produk ini di Indonesia. Begitu pun sepanjang usia OPPO Community yang baru 1,5 tahun, inilah kali pertama diadakannya pertemuan dengan blogger – khususnya blogger Makassar. OPPO Community adalah sebuah komunitas berskala internasional untuk para user OPPO. User-nya bisa siapa saja, baik itu pengguna OPPO maupun yang bukan pengguna OPPO. Saat ini, untuk Indonesia saja, anggotanya sudah mencapai 42.000 user.

Sekilas Tentang Fitur OPPO F1s


Mas Khalil yang juga menjadi admin media sosial OPPO menceritakan tentang OPPO Community. OPPO Community itu mirip-mirip Kaskus, merupakan tempat share dan meet up mengenai segala sesuatu tentang OPPO. Jenis kegiatan yang diselenggarakan OPPO Community ada dua macam: online dan offline. Contoh yang online seperti Latest News, First Hands On, Review, dan Contest. Kegiatan offline adalah Gathering (seperti malam inilah, contoh acaranya) dan Community Engagement. Mas Khalil mempersilakan, kalau punya proposal event keren, silakan mengirimkan ke OPPO. Kalau proposalnya mantap, OPPO bisa mensponsorinya. Komunitas Blogger Perempuan adalah satu contoh komunitas blogger yang pernah bekerja sama dengan OPPO.


Pada sesi berikutnya, Mas Vany menyampaikan secara umum mengenai OPPO F1s. Brand yang menjuluki dirinya sebagai “selfie expert” ini memiliki:
  • Kamera depan 16 MP dengan sensor 1/3.1 inci. Wow!
  • Fitur Beautify 4.0 sehingga menampilkan “kecantikan” natural (ehm, untuk cowok berarti “kegantengan natural”, yah). Ada tiga level mode beautify yang berbeda mulai dari Weak, Medium hingga Strong untuk hasil selfie yang lebih baik. 
  • Memiliki 7 tingkat kecerahan filter-nya: cafe, bright, candy, shine, soft, fade, dan mono.
  • Screen flash bekerja sama dengan proximity (kecerahan) sehingga bisa “mengeluarkan” cahaya di tempat gelap untuk menghasilkan foto bagus.
  • Panorama selfie.
  • Palm shutter. Cukup dengan melambaikan, eh angkat telapak tangan menghadap ke kamera maka kamera akan langsung menghitung mundur untuk mengambil gambar.
  • Rear camera (kamera belakang) 13 MP. Dengan fitur Ultra HD-nya bisa menghasilkan output gambar dengan resolusi dan ukuran yang lebih baik, bisa menghasilkan resolusi gambar hingga 6240 x 8320. Wuiih keren.
  • Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).

Tentang Color OS 3.0


Selanjutnya giliran Mas Fernando menjelaskan dengan detail, lengkap dengan istilah teknis mengenai operating system yang digunakan OPPO F1s, yaitu: Color OS 3.0 yang merupakan pengembangan dari Color OS 2.1.


Berikut ini beberapa hal mengenai Color 3.0 yang disampaikan oleh Mas Fernando:


Menu unik di Color 3.0.
Menunya bisa di-set real time, dengan mengikut tanggalan dan cuaca hari itu. Ikon-ikon dinamisnya menunjukkan situasi dan kondisi yang sebenarnya.

User friendly.
Pembersihan bisa dipersonalisasi, dengan menentukan waktu semisal dalam sejamkah, satu harikah, atau ketika dikunci.

Hemat daya.
Berfungsi untuk mengaktifkan aplikasi yang memakan batere berlebihan


Perlindungan privasi.
Mode “tamu” merupakan pengembangan dari versi terdahulu. Di OS yang ini, bisa bikin kunci sama tetapi “isi dalam”-nya berbeda. Hm, seolah-olah sama, ya dengan punya kita tetapi buat si tamu tampilannya khusus buat dia, tidak bisa lihat foto dan dokumen pribadi kita.

Penguncian majalah 2.0.
Oya Mas Fernando juga menceritakan mengenai fasilitas “penguncian majalah” dari Color OS 3.0. Saya tidak mencatat dengan detail, hanya sempat menangkap bahwa dengan fasilitas penguncian majalah ini, pengguna bisa update secara berkala, semisal seminggu sekali foto pribadinya, bukan itu-itu saja.

Manajemen RAM.
Ada fasilitas untuk memudahkan user untuk membuang “sampah”. Misalnya ada aplikasi yang double, dengan Color OS 3.0 ini jadinya lebih simple karena bisa otomatis dihapus. Ada pula fitur “manajemen jalan otomatis”. Dengan fitur ini, aplikasi akan muncul secara otomatis. Dengan manajemen RAM pula bisa dilipih aplikasi mana yang tetap diaktifkan dan mana yang tidak. Tidak seperti pada gadget lain yang walau sudah dinonaktifkan, masih muncul juga notifikasinya.

Asyiknya acara blogger, berlangsung serius tapi santai
Scan virus.
Pengguna OPPO F1s tidak perlu lagi download anti virus dari Play Store karena OPPO dengan Color OS 3.0 ini sudah punya bawaan sistem sendiri.

Modus mudah.
Tersedia cara mudah menggunakan OPPO F1s bagi pengguna manula dan anak-anak. Cocok buat mereka yang teramat sangat gaptek memakai HP.

Dirac HD sound.
Bagi penikmat musik, menggunakan OPPO F1s bisa memfasilitasinya. Dengan dukungan Color OS 3.0, bisa setting sendiri bass, treble, dan equalizer.

Sebelum nara sumber terakhir tampil, Mbak Mawarni sebagai MC memperkenalkan jajaran service center OPPO Makassar. Saya mengapresiasi sesi ini. Dari sekian event serupa ini yang saya ikuti di Makassar, baru kali ini ada yang memperkenalkan pegawai lokalnya kepada para peserta event. Ini penghargaan yang baik kepada karyawan, menurut saya.

Daeng Ipul dan OPPO F1s


Nara sumber yang satu ini cocok sekali dipilih OPPO untuk mempresentasikan pengalamannya menggunakan OPPO F1s. Di samping sebagai blogger senior yang keandalannya sudah tak diragukan lagi dan suka fotografi, Daeng Ipul ini saat ini sedang bergiat membuat vlog (video blog), sering tugas ke luar kota, bahkan ke luar pulau, dan bisa disebut sebagai social media influencer. Bagaimana saya tahu tentang kompetensinya? Seperti yang saya bilang tadi beliau ini seorang social media influencer yang senang berbagi di media sosial, makanya saya tahu, begitu. Maka saya menerima bulat-bulat semua yang dituturkannya karena yakin dengan kompetensinya itu.


Saya tidak bisa mencatat dengan detail semua istilah teknis fotografi yang disebutkan oleh Daeng Ipul tetapi pada dasarnya, dari apa yang dikatakannya, saya bisa menyimpulkan hal ini:
  • OPPO F1s memadai sekali digunakan oleh blogger. Salah satu alasannya adalah, “Bisa update blog sambil edit foto.” Salah dua alasannya adalah mampu diajak multi tasking. Blogger kan kerjaannya multi tasking. Bukan hanya saat memakain komputer blogger melakukan banyak hal, saat menggunakan gadget pun demikian.
  • Untuk pengguna HP berkamera, dalam tataran kelasnya, OPPO F1s ini sangat baik.
  • Body-nya oke. Layar 5.5-nya bersama fisik yang kokoh dan desain elegan, layar cerah, desain ikon simple dan modern membuat gadget ini nyaman digunakan.
  • Kamera depannya memadai untuk membuat vlog. Daeng Ipul memperlihatkan vlog-nya menggunakan OPPO F1s ketika bertugas di sebuah daerah. Vlog-nya itu diambil sambil bergerak. Kelihatannya oke.
  • Foto pemandangan di alam terbuka bisa lebih detail gambarnya, begitu pun foto di tempat yang minim cahaya, bisa lebih jelas.
  • Keunggulan lain OPPO F1s adalah: fast charging dan 6 bulan garansi untuk batere tanam.


Keseruan berlangsung sepanjang acara. Selain karena para peserta boleh mengikuti acara sembari santap malam, aneka hadiah dibagikan melalui kuis dan door prize. Sayangnya, saya tidak kebagian keberuntungan hari ini. Yah, mudah-mudahan ada keberuntungan lain nanti. Terima kasih telah mengundang saya, OPPO.

Makassar, 17 September 2016



Referensi:
  • Sebagian besar berasal dari: Gathering dengan OPPO pada tanggal 31 Agustus di kafe Bistropolis.
  • Sebagian kecil, sebagai pelengkap, saya ambil dari:
-  http://www.oppo.com/id/smartphone-f1s
-  http://community.oppo.com
-  http://www.gsmarena.com/oppo_f1s-8239.php




Share :

27 Komentar di "Semaraknya Gathering Blogger dengan OPPO Community"

  1. Acaranya keren bu. Kapan bisa ikutan nih. Hehe

    ReplyDelete
  2. namanya gathering blogger dengan oppo, kebayang yang datang para blogger kelas kakap, apalagi sponsornya Oppo, pasti ada dorpraisnyah Oppo juga ya...asik-lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wiih gak ada, Mang. Mudah2an dapat hadiah lomba nulisnya. Lagian saya bukan blogger kelas kakap, cuma blogger kelas manusia hehehe

      Delete
  3. seneng bgd ya mbk niar bs ikut acara sekece ini, dpet ilmu pulak dr daeng ipul
    tengkiu share ilmunya ya mbk

    ReplyDelete
  4. Sayangnya saya gak sempat hadir iniii T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah iya yah, Qiah ndak datang ... sakit ya waktu itu.

      Delete
  5. Makin banyak aja ya Mba hape canggih dan keren.. Salah satunya OPPO F1.. bagi yang suka ngambil foto dan selfi2an memang hape ini juaranya deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini nih, buat yang suka selfie. Sama yang suka bikin vlog sambil mengarahkan kamera ke wajahnya ... pas nih, Mbak.

      Delete
  6. yah, gak dapet hape gratis ya? huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidaak kakaaaak. Huhuhu.
      Eh :P
      HP-nya nanti hadiah lomba rview, nih kaka :D

      Delete
  7. Asyik ya Mbak kumpul blogger gini. Santai tapi serius :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, serunya acara blogger ya seperti itu, Mbak. Asyik :D

      Delete
  8. Wah heboh banget yah acaranyaaaaa :D

    btw aku udah nyobain OPPO F1s nya.. hasilnya Daebaaakkkkk!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seruuu. Waah asyik sudah cobain, saya belum .... *hiks*
      (salah sendiri waktu ditanya Daeng Ipul siapa yang mau coba, saya ndak angkat tangan ya)

      Delete
  9. Kayaknya ini cocok buat saya yang suka motret-motret outdoor. Heee nunggu tahun depan deh belinya, atau udah ada yang lebih keren lagi ya

    ReplyDelete
  10. Jadi tambah ngerti ttg oppo setelah baca tulisan k niar

    ReplyDelete
  11. Acaranya keren, Hp nya juga keren, apalagi orang2nya.. luar biasa dah...

    ReplyDelete
  12. acaranya seru tuh pastinya, oppo memang hp yang recommended banget... cocok untuk selfi dan speknya pun juga gahar,..

    ReplyDelete
  13. OPPO keren, mendekat ke komunitas

    ReplyDelete
  14. Dapat voucer ta mbak? hehe pengen beli HP oppo nih :D sapa tau ada kupon yang bisa kasih diskon hehe

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^