Makan Daging-Dagingan, Ini Tips Sehat Saat Idul Adha

“Sesungguhnya Kami telah memberikan karunia sangat banyak kepadamu.
Maka shalatlah untuk Tuhanmu dan sembelihlah qurban.”
(Q. S. Al-Kautsar 1-2)

Tak terasa ya, hari Raya Idul Adha hampir tiba. Seperti tahun-tahun lalu, seakan hukum alam saja, harga hewan qurban 2016 ini sudah merangkak naik. Yang memang sudah pasang niat kuat untuk berqurban mesti punya kiat tersendiri untuk mewujudkan niatnya.

Sebagaimana yang termaktub dalam Qur’an surah Al-Hajj ayat 36, orang yang berqurban juga berhak memakan daging qurbannya. Maka tak jarang, orang Islam saling mengundang di hari raya ini. Naaah, di sinilah warning-nya.

Buat mereka yang usianya sudah di atas 40-an harus ekstra hati-hati, nih. Yang usia 20 – 30 tahunan juga sudah harus mulai waspada terhadap daging-dagingan. Jaga kesehatan! Tidak lama lagi bakal banyak olahan daging. Jangan sampai kebablasan. Buat sebagian orang, alarm “bahaya”-nya bakal diaktifkan. Iya, bahaya, program diet bisa luntur begitu saja. Takutnya, berat badan akan tiba-tiba meningkat. Susah kan menolak mentah-mentah sajian olahan daging?

Meski cukup menggoda, sebenarnya kita tetap bisa sehat saat Idul Adha nanti, lho. Nah, berikut tips sehat saat Idul Adha yang mungkin akan berguna. Jangan khawatir!

Asal dambar dari: www.vectorstock.com

Ini Dia Tips Sehat Saat Idul Adha yang bakal kurangi rasa khawatir

1. Makan dengan porsi yang kecil

Meski bertabur makanan berlemak, bukan berarti kita tak bisa tahan diri, kan teman? Rasa tetap akan sama walau kita makan banyak sekalipun, kan? Tahan diri, yuk, untuk batasi porsi makanan – yang penting ‘sudah tahu rasa’ saja!

2. Perbanyak serat

Supaya makin seimbang, kita bisa perbanyak makan serat. Saluran pencernaan kita akan cukup sulit untuk mengolah makanan yang dikonsumsi kalau kurang serat. Selain itu, serat juga membantu tubuh untuk melunturkan lemak. Tidak perlu juga terlalu paranoid terhadap lemak, sih sebenarnya.

3. Perbanyak konsumsi air putih

Selain serat dari sayur dan buah, memperbanyak konsumsi air putih juga wajib hukumnya. Air putih akan membuat sisa makanan yang sudah terolah dalam tubuh “berjalan” dengan semestinya ke sistem pembuangan tubuh. Selain air putih, minuman hangat seperti air jeruk hangat ataupun air putih yang hangat akan membantu tenggorokan lebih lega, lho.

4. Masak dengan cara yang lebih sehat”

Nah, kalau ambil andil memasak daging qurban – cobalah cara memasak yang lebih sehat. Salah satu caranya adalah pisahkan daging kambing dari lemaknya. Kemudian, pilih mengolah daging dengan memanggangnya ketimbang menggoreng dengan menggunakan minyak agar semakin tak berlemak. Nah, lebih sedap lagi kalau ditambahkan bumbu rempah sebelum memanggang daging.

5. Kurangi makanan berlemak dan bergula lainnya

Sudah jadi hal yang lazim di Indonesia, meja-meja akan diramaikan oleh makanan dan minuman yang berlemak serta bergula. Contohnya saja, sudah dihidangkan daging-dagingan, eh, ternyata ada makanan yang manis seperti kue dan lainnya dan juga sirup serta minuman manis lainnya. Wah, berat badan bisa-bisa naik dratis! Untuk itu, butuh pengendalian diri tinggi dari kita untuk bisa menahan diri mengonsumsi semua hidangan tersebut. Terlebih lagi dalam porsi besar.

Oh ya, jangan lupa aturan jam makan, ya. Sebisa mungkin hindari makan “besar” sebelum tidur. Oleh karena cukup banyak sisa daging yang masih terhidang, kamu malah tergoda untuk makan malam hari sebelum tidur. Eits! Tunggu saja besok kali untuk dikonsumsi lagi.

Yang pasti, ingatlah untuk berbagi daging qurban – yang memang sudah diikrarkan untuk disumbangkan. Hanya sepertiga dari total daging qurbanlah bagian kita. Sebagian besar lainnya bisa disumbangkan melalui panitia untuk dibagikan kepada umat Muslim yang membutuhkan.

Sudah menyiapkan hewan qurban yang akan diqurbankan? Jika belum, Anda bisa bergabung dengan ACT Indonesia dan Global Qurban untuk penyaluran qurban ke umat Muslim lainnya yang butuh. Sila akses halaman Bukalapak untuk mengetahui cara menyalurkan dana untuk harga pembelian hewan qurban 2016 tersebut. Ada pula pilihan mencicil per bulannya agar tak memberatkan, lho.

Selamat menunaikan ibadah Hari Raya Idul Adha! Semoga berkah dan tetap sehat selalu.


Makassar, 29 Agustus 2016


Share :

19 Komentar di "Makan Daging-Dagingan, Ini Tips Sehat Saat Idul Adha"

  1. Sebentar lagi qurban, makasih tipsnya bu.

    ReplyDelete
  2. padahal kambing itu tidak mengandung kolesterol lho, karena kambing hanya mengandung anak kambing.... he he

    ReplyDelete
  3. Topik yang bagus menjelang Qurban bu. Dan walau enak memang kesehatan tetap nomor satu. Salam kenal.
    Deco

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal, terima kasih sudah mampir yaa.

      Delete
  4. Hmmm makan dengan porsi kecil ya.. hm hm hm, agak susah nih mak :D

    ReplyDelete
  5. menjelang Idul Adha tentu tak bisa dilepaskan dengan makan daging, dengan adanya tips sehat ini, makan daging bisa terus dilakukan, dengan tetap sehat tentunya dong ah

    ReplyDelete
  6. yg pasti sih harus dimasak dulu ya.hihihih. Apa kabar nih?

    ReplyDelete
  7. nah ini kalau lebaran susah dapar serat karena jarang mamak2 smua bikin sayur hahahahahahahahaha

    ReplyDelete
  8. Kalau Kambing vs Sapi, mana yang lebih tinggi?

    ReplyDelete
  9. Bisa juga siapkan memang habbats oil banyak-banyak, kak hehehe

    ReplyDelete
  10. Terimakasih tipsnya mba, saya tidak berani makan banyak daging, riwayat ayah hipertensi akhirnya menurun ke saya, harus jaga makan dan kondisi... TFS mba

    ReplyDelete
  11. serba daging memang kalau idul aha, alhamdulillah
    temgkiu tipsnya ya mak niar, praktekin bsok ah

    ReplyDelete
  12. Nice info, kak. Biasanya sudah tau tipsnya, tapi pas lebaran tetap kebablasan juga. Atau saya ji yang kayak begitu. Hehehe

    ReplyDelete
  13. Umur 20-an harus mulai waspada, pas baca bagian ini langsung ngelirik diri sendiri, aku udah diusia waspada ternyata untuk makan daging2an

    ReplyDelete
  14. Yang paling saya ingat itu kalau pas Idul Adha maka warung-warung coto, palbas, konro dll di Makassar pasti tutup selama beberapa hari :D :D

    ReplyDelete
  15. harus..tetap makan sayuran.. misalnya abis makan kambing.. terus minum jus lemon.. atau mentimun sebagai penetralnya..

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^