Kiat Agar Tetap Aktif dan Sehat Selama Berpuasa

Dalam rangka menjalani suatu hal yang berarti, seseorang biasanya akan mempersiapkan diri. Setuju? Setuju dong, ya. Misalnya saja dalam menghadapi bulan Ramadhan. Untuk menghadapi dan kemudian menjalani puasa Ramadhan, 3 hal  ini menjadi perhatian umat Islam: mental, finansial, dan fisik.


Dalam mempersiapkan mental, tentunya agar bersemangat, kita perlu tahu dalil-dalil agama dan akal yang berhubungan dengan puasa. Salah satunya adalah dalam hadits Jâbir, ‘Utsman bin Abil ‘Âsh, dan Abu Hurairah radhiyallâhu ‘anhu riwayat Imam Ahmad dan selainnya, Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Puasa merupakan tameng terhadap neraka, seperti tameng salah seorang dari kalian pada peperangan.”

Secara finansial, di zaman ini perlu persiapan khusus mengingat harga-harga barang bisa naik berkali-kali menjelang bulan Ramadhan hingga menjelang lebaran. Finansial yang cukup tentu membuat hati lebih tenang menjalani puasa dan ibadah-ibadah lainnya selama bulan Ramadhan.

Mbak Fa, Area Marketing Oriflame Makassar
Terakhir, fisik, juga butuh pengetahuan khusus dalam mempersiapkannya agar mantap menjalani puasa dan aktivitas selama bulan Ramadhan. Nah, sehubungan dengan hal ini saya mau cerita tentang kegiatan saya pada tanggal 3 Juni lalu. Saat itu saya menghadiri acara yang membahas bagaimana kiat agar tetap aktif dan sehat selama berpuasa. Acara ini difasilitasi oleh si kembar Oci – Oca Matuh dan Oriflame di kantor Oriflame, di jalan Urip Sumoharjo.

Area Marketing Oriflame Makassar – Nisfahairah yang akrab disapa Fa mempresentasikan kepada kami – para blogger, materi berjudul Segar Berenergi di Bulan Ramadhan.

Menurut Mbak Fa, ada 3 kebiasaan tidak sehat yang dilakukan sejumlah orang di bulan Ramadhan: tidak makan sahur, bermalas-malasan/tidak giat dalam beraktivitas selama berpuasa, dan “balas dendam” (mengonsumsi banyak makanan dan minuman ketika berbuka puasa). Bahayanya lagi, kebiasaan balas dendam, bisa berlanjut ketika lebaran tiba. Yaitu dengan banyak mengonsumsi makanan/minuman yang tinggi kadar lemak, tinggi kadar gula, dan rendah serat. Karenanya, berat badan bisa bertambah sangat banyak. Ulala!

Karena “ancaman” 3 hal ini, ditambah memang tubuh kita perlu dijaga nutrisinya walaupun menjalani pola hidup sehat selama berpuasa, perlu adanya asupan nutrisi yang bisa mendukung kita agar tetap aktif dan sehat selama bulan Ramadhan,

Blogger Makassar menyimak presentasi Mbak Fa

Wellbeing Road >> untuk memaintain berat badan ideal,
½ Sayuran warna-warni, ¼ Sumber Karbohidrat kompleks (Nasi merah) ;
¼ Protein (Ikan, tahu, tempe) Dan Nutrishake sebelum makan
minimal 2 kali dalam sehari(sumber: presentasi Mbak Fa)


Mbak Fa memperkenalkan NUTRISHAKE. Nutrishake adalah minuman lezat & sehat penjaga berat badan yang mengandung 70 kalori, protein dari 3 sumber alami (kacang polong, telur, dan susu), serat, omega 3 & omega 6.

Oya, Oci dan Oca yang sudah mencapai posisi Diamond Director dalam menjalani bisnis Oriflame memaparkan testimoni mereka mengenai Nutrishake. Bukan hanya menjaga tetap fokus, Nutrishake mereka rasakan sangat mendukung aktivitas mereka sehari-hari. Dalam kondisi hamil sekali pun, badan selalu terasa fit ketika berkegiatan.

Ada 4 alasan, mengapa Nutrishake perlu menjadi asupan tambahan selama berpuasa:

1. Memungkinkan kita untuk tetap berenergi sepanjang hari.

Indeks Glikemik (GI) Nutrishake yang rendah (hanya 28). Asupan dengan indeks glikemik rendah mengalami pencernaan dan penyerapan yang lebih lambat sehingga peningkatan kadar glukosa dan insulin dalam darah akan terjadi secara perlahan-lahan. Makanan dengan indeks glikemik rendah telah terbukti memperbaiki kadar glukosa dan lemak pada pasien-pasien diabetes melitus dan  memperbaiki resistensi insulin. Di samping itu, asupan dengan indeks glikemik rendah juga membantu mengontrol nafsu makan, memperlambat munculnya rasa lapar sehingga dapat membantu mengontrol berat badan konsumennya[1].

Praktik membuat penganan berbahan dasar Nutrishake oleh Oca Matuh
2. Membuat kita tetap fokus sehingga mendukung aktivitas harian.

Nutrisi dari Nutrishake yang kaya mampu memaksimal kerja otak sehingga membuat konsumennya bisa tetap fokus dan berkonsentrasi. Nutrishake terdiri atas bahan-bahan pilihan: kacang polong, telur dengan Omega-3 (dari ayam yang diberi makan biji rami), telur ekstra albumin, protein whey (dari susu), apel, rosehip, dan serat dari bit gula. Semuanya merupakan bahan makanan alami yang disatukan untuk menjaga keseimbangan optimal antara protein, lemak, dan karbohidrat. Tidak ada lemak, maupun asam lemak jahat dalam formulasinya. Karbohidrat di dalam Nutrishake berasal dari rosehip yang lambat diserap tubuh sehingga dapat mengontrol kadar gula darah. Rosehip dan apel kaya akan vitamun, khususnya vitamin C yang merupakan antioksidan penting. Nutrishake mengandung serat larut dan tidak larut yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan fungsi usus. Warna merah muda berasal dari bit dan rasa manis alami dari sukrosa non-kalori. Komplit dan amat berkhasiat, kan?

3. Mencegah ngemil yang manis-manis.

Nutrishake yang diminum saat berbuka puasa dapat menstabilkan kadar gula darah. Hal ini akan membuat kita lebih cepat kenyang dan mencegah cemilan-cemilan manis yang berlebihan karena Nutrishake merupakan makanan serat tinggi yang mengandung karbohidrat kompleks sehingga dicerna lebih lama dibandingkan karbohidrat sederhana.

4. Mencegah makan berlebihan.

Tidak perlu khawatir menjadi gemuk karena Nutrishake merupakan makanan pelengkap sebelum makanan utama dengan kalori yang rendah hanya 70 kkal. Nutrishake jika dikonsumsi secara teratur selama berpuasa dan menjaga pola hidup sehat, dapat mengontrol berat badan Anda sehingga berat badan Anda ideal. Nutrishake yang dikonsumsi sebelum makan malam bisa mencegah nafsu makan berlebihan.

Mbak Fa melanjutkan pembahasannya mengenai roadmap plate model, paket menu selama bulan puasa, dan puasa sebagai proses detoksifikasi[2]. Komplit, deh pokoknya. Tak ketinggalan pula, ia menyelipkan tips sehat saat berpuasa.

Oci Matuh
Ini dia 3 tips sehat saat berpuasa dari Mbak Fa:
  1. Kurangi makan-makanan tinggi kalori dan tinggi lemak. Perbanyak makan sayur dan buah warna-warni. Jangan lupa perbanyak minum air putih saat sahur dan malam hari.
  2. Istirahat yang cukup dan teratur. Sebaiknya sehabis sahur tidak tidur lagi. Boleh tidur siang tidak lebih dari 1 jam.
  3. Lakukan olahraga fun, yang ringan ke sedang secara teratur setiap hari 2 jam menjelang berbuka puasa selama minimal 30 menit . Perbanyak aktivitas agar puasa tidak terasa sulit.
Mbak Fa lalu menekankan pentingnya menjaga berat badan. Mengapa? Karena kematian terbesar di Indonesia  adalah  penyakit jantung dan pembuluh darah. Sebanyak 500.000 penduduk Indonesia terkena stroke setiap tahun. Data Litbangkes  Depkes RI pada tahun 2013 menunjukkan bahwa 32,09% penyebabnya adalah kelebihan berat badan!


Whey adalah cairan semi-transparan yang tertinggal selama proses pengendapan dalam
pembuatan keju. Warnanya kuning-kehijauan, rasa yang sedikit asam,
dengan aroma yang agak harum(sumber: presentasi Mbak Fa)
Semua yang disampaikan oleh Mbak Fa dan duo kembar Oci dan Oca amatlah masuk akal. Mengingat Oriflame yang berdiri sejak tahun 1967 menampilkan produk-produk wellbeing berkualitas tinggi, aman, dan alami. Di samping itu, penting untuk diketahui bahwasanya formula Nutrishake diciptakan dan dipatenkan oleh Stig Steen telah melalui serangkaian penelitian intensif selama lebih dari 8 tahun terlebih dahulu[3]. Stig Steen adalah seorang profesor bedah kardiotoraks, sekaligus ahli resusitasi dan transplantasi jantung serta paru-paru terkemuka di dunia. Salah satu minat utama lelaki kelahiran tahun 1948 ini adalah nutrisi dan dampaknya terhadap kesehatan. Nutrishake adalah salah satu adikaryanya dalam bidang kesehatan yang sudah terbukti khasiatnya pada banyak konsumennya.

Makassar, 28 Juni 2016




[1] Sumber: http://diabetesmelitus.org/pengertian-indeks-glikemik/

[2] Saat berpuasa tubuh akan menggunakan lemak sebagai sumber energi. Penggunaan lemak untuk energi membantu menurunkan berat badan, mempertahankan massa otot, dan dalam jangka panjang akan mengurangi kadar kolesterol darah. Proses detoksifikasi juga terjadi pada saat berpuasa, karena zat racun yang tersimpan lemak akan larut dan dikeluarkan dari tubuh. Setelah beberapa hari berpuasa, beberapa hormon tertentu (endorfin) mengalami peningkatan dalam darah, sehingga kita menjadi lebih awas dan secara umum kondisi mental menjadi lebih baik/meningkat.--> dan akan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini (sumber: presentasi Mbak Fa).

[3] Dilaksanakan di Igelsa Life Science Comuunity, sebuah pusat penelitian yang didirikan pada tahun 1998 dan berjalan paralel dengan karyanya di Lind University, Swedia (Sumber: Wellbeing by Oriflame – Panduan Produk)


Share :

11 Komentar di "Kiat Agar Tetap Aktif dan Sehat Selama Berpuasa"

  1. aku dulu males banget sahur hehehe, sekarang semangat,solanya nyusuin hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Kasihan dedek dan Mbak Hanna kalo masih malas sahur ya :D

      Delete
  2. kadang karena puasa kita jadi kelamaan berleha2 yg akhirnya tubuh jadi lemes beneran :)

    ReplyDelete
  3. Saya juga minum Whey protein Bu, tetapi warnanya koq gak kekuningan ya malah agak bening gitu. Biasanya whey saya konsumsi saat buka puasa.

    Nutrishake emang enak ya di olah macem macem? menurut saya sih, enak apa adanya. atau buat smoothy aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dicampur susu, cokelat, atau kopi pun enak, Mas Budi. Diminum begitu saja juga enak. Warnanya sepertinya memang kekuningan, ya whey itu ....

      Delete
  4. Kalo minum nutrishake bisa bikin gemuk gak Mba? Soalnya tubuhku termasuk yang ramping ..pengen agak gemukan dikit..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Katanya menyeimbangkan berat badan, Mbak Rita. Bisa saja ada yang minum BB-nya naik. Bisa juga ada yang tetap.

      Delete
  5. Setuju juga sih penjelasan mbak Fa, makan sahur itu penting banget untuk aktivitas pagi harinya. Dan aku selama ini sahur pakai buah aja, jadi nggak mudah ngantuk.

    ReplyDelete
  6. Nutrishake cukup mengenyangkan, kok. Kalau rasa pengen ngemil itu datang ditengah malam, Nutrishake bisa dijadikan andalan.

    ReplyDelete
  7. tipsnya oke banget mba..setiap buka dan sahur saya selalu menyiapkan sepiring buah dan sayur segar. Enaaak

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^