Trik Belanja Online Murah Memanfaatkan Diskon dan Kupon

Mengapa sekarang saya agak sering menulis tentang belanja online? Karena promo online shop sekarang ini begitu sering terlihat wara-wiri di dunia maya. Tengok saja di media-media sosial, website atau portal berita, hingga di blog-blog pribadi. Ini pun jadi salah satu alasan kenapa belanja online lebih menguntungkan saat ini, terutama bagi mereka yang tinggal di kota. Praktis, hemat biaya bensin, dan kita bisa melakukannya kapan saja. Nah, bagi yang hobi belanja online murah, sudahkah Anda tahu tentang trik yang biasanya dilakukan para retailer online? Ini bisa jadi senjata untuk mendapatkan harga terbaik, lho.

Sebelum menyimak trik untuk mendapatkan harga terbaik, mari kita lihat cara “normal” yang biasanya dilakukan. Cara normal ini beberapa sudah saya lakukan. Walau tidak selalu belanja online, saya bisa tahu informasi dari online shop yang bersangkutan:

1. Ikut newsletter (yang dikirimkan melalui e-mail)

Bergabung menjadi subscriber (pelanggan) akan memastikan bahwa kita mendapatkan informasi produk terbaru beserta promonya.

2. Mengikuti akun media sosial

Toko-toko online sekarang mempunyai 2-3 akun media sosial. Jika mengikutinya, kita bisa mendapatkan kupon harian.

3. Membandingkan harga

Dengan banyaknya situs perbandingan harga yang sekarang ini sudah bermunculan, akan semakin mudah bagi kita untuk mendapatkan harga terbaik.

4. Mencari diskon

Masih berhubungan dengan cara pertama dan kedua, kita bisa menunggu saat cuci gudang, sehingga bisa berbelanja dengan lebih hemat.


Cara-cara untuk belanja online murah di atas tersebut adalah cara yang sudah terbukti sangat ampuh (pst, ada yang menyampaikan ke saya demikian juga, lho). Tapi jangan menganggap bahwa trik yang ada hanya itu saja, ya! Dengan semakin canggihnya sistem e-commerce di Indonesia, para retailer sekaligus juga konsumen akan semakin pintar. Retailer mencari celah untuk menjual sebanyak mungkin produknya, dan konsumen mendapatkan kesempatan untuk membeli dengan harga serendah mungkin.

Apa lagi trik yang bisa dilakukan demi bisa belanja murah? Saya mau share beberapa hal berikut yang saya dapatkan dari seseorang. Simak baik-baik. Berdasarkan banyak pengalaman shoppers dan nasihat pemilik online shop, ini yang bisa kita lakukan:

1. Tinggalkan item di cart (cart bisa diartikan sebagai keranjang belanja online)

Untuk ini, kita harus jadi anggota situs dulu. Jadi, tinggalkan beberapa barang yang Anda inginkan di cart dan batalkan belanja. Lihat email Anda paling tidak seminggu setelahnya, kupon diskon akan dikirim demi membujuk kita membeli. Ini pernah saya lakukan dengan tidak sengaja. Item belanja saya tidak terhapus sepenuhnya. Beberapa waktu kemudian, datanglah e-mail membujuk-bujuk itu.

2. Bersihkan cookies di komputer

Kalau kita hobi belanja, biasanya para retailer online mengetahui kebiasaan belanja lewat berbagai cara tracking. Sebagai akibatnya, kita mendapatkan harga lebih tinggi. Makanya, browsing-lah dengan incognito mode (“mode penyamaran” di Google Chrome).

3. Manfaatkan status diri

Apakah Anda pelajar, guru, atau memiliki status khusus? Di hari-hari tertentu, Anda bisa memanfaatkan diskon pelajar, diskon lansia, dan diskon-diskon lain sesuai status. Simaklah terus informasi di website atau di media-media sosial online shop yang Anda sasar.

4. Tunggu hari istimewa
Lebaran, Tahun Baru, Hari Ibu, 17 Agustus, dan lain-lain merupakan kesempatan bagi online shop untuk melakukan diskon. Ada penawaran istimewa di hari istimewa.

Tentu saja, hanya berbelanja gila-gilaan tanpa adanya perencanaan akan membuat pengeluaran lebih besar, sebanyak apapun diskon yang kita dapatkan. Karena itu, ingatlah ketika akan belanja:
  • Buat daftar belanjaan untuk tahu prioritas.
  • Buat rekening khusus untuk belanja online, dan cukup isi satu kali sebulan.
  • Siapkan kalkulator untuk berhitung. Tidak semua diskon merupakan bargain.
  • Cari alternatif merek yang lebih murah, dengan kualitas yang mendekati.
  • Lakukan pre-order kalau barang yang kita inginkan belum tersedia. Kita akan mendapatkan harga lebih baik.
Dengan melakukan cara-cara di atas, baik trik lama maupun trik yang saya katakan “baru” itu, kita – insya Allah – bisa melakukan belanja online murah yang tidak bikin bangkrut. Dengan sedikit perhitungan dan juga ketelatenan, kita bisa menghemat cukup banyak. Tentunya, ini juga menghitung faktor bahwa kita tak perlu membayar biaya bahan bakar (untuk hal ini perhitungkanlah biaya pengiriman. Kalau memungkinkan, cari yang ongkos kirimnya gratis ke kota kita).


Makassar, 29 Mei 2016


Share :

20 Komentar di "Trik Belanja Online Murah Memanfaatkan Diskon dan Kupon"

  1. Aku juga suka belanja diskonan lho Mba.. sering jalan2 ke mall bikin aku tahu harga2 baju di mall.. ketika ada diskon dan cocok dengan seleraku biasanya aku beli, hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama dong kita, ya, Mbak Rita suka diskonan hahaha.

      Delete
  2. Hihihi aku pun suka masukin item belanjaan di cart, terus baru check-in kalo ada diskon :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Owh .. cocok kalo begitu, ya yang ada di tulisan ini :D

      Delete
  3. Trik yang menarik. Thanks ya sharex 😊👍

    ReplyDelete
  4. Newsletter memang bermanfaat. Meski email penuh, harus buat khusus untuk urusan begini memang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya Mbak. Informasi sering kali datangnya dari e-mail juga, kan ya

      Delete
  5. Wah ga punya kartu kredit iki piye

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trik yang lainnya saja, Mbak, yang dipakai :D

      Delete
  6. Astaga..macam-macamnya deh istilah promo onlinenya sekarang. Sampai dikasih nama Kebab gitu hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk asli harus kreatif orang di bagian promo dih

      Delete
  7. TFS, artikelnya keren
    btw belanja discount memang hemat :)

    ReplyDelete
  8. nama kebab itu seperti toko nyata gitu, seperti toko2 di pinggir jalan gitu. unik unik.. sukses....

    ReplyDelete
  9. Sejak ada online shop ini, aku bener2 jadi jaraaaang banget ke mall ;p.. semuanya cukup dilakuin lewat online.. bnr2 membantu, walopun efeknya, pengeluaran jadi jauuh lebih boros daripada dulu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Koq bisa, Mbak? Apa karena yang tidak benar2 dibutuhkan jadi ikut terbeli karena promonya menarik? :)

      Delete
  10. saya kalo belanja sih pasti nyari yg diskonan mbak hihi.bagus mbak artikelnya sangat membantu sekali kita yang suka belanja online hihi,,

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^