Apa Kekurangan Mama?

Sabtu malam kemarin, Athifah, Mama, Afyad, dan Papa menyaksikan kuis Super Family 100 di televisi, khusus di bagian grup The Minis yang beranggotakan 5 artis bertubuh mungil: Oni Syahrial, Hendrik, Ucok Baba, Daus Mini, dan Loli.

Di babak terakhir, Daus mendapat giliran pertama untuk menjawab pertanyaan dari Eko Patrio – host kuis Super Family 100. Ucok Baba mendapat giliran kedua. Daus menjawab dengan gemilang pertanyaan-pertanyaan yang diberikan. Hampir semua jawabannya merupakan top score. Ucok Baba melengkapi kegemilangan itu dengan memberi beberapa jawaban yang juga top score.

Alhasil, The Minis memenangkan rangkaian permainan dan berhak membawa pulang hadiah sebesar seratus juta rupiah! Eko mengatakan, ini kali pertama ada peserta yang menyabet hadiah Rp. !00 juta. Wow! Para penonton di rumah itu merasa gembira juga, seolah-olah mereka yang memenangkan hadiahnya.

Kekurangan mama

Usai tayangan itu, Athifah membahasnya, “Ma, kekurangan mereka di badannya ya. Tapi mereka punya kelebihan. Mereka pintar.”

“Iya,” jawab Mama pendek.

“Semua orang punya kekurangan dan kelebihan, Ma?”

“Iya.”

“Mama kekurangannya apa?”

Glek. 

Mendadak Mama menjadi gagu. Mama punya banyak kekurangan tentu saja. Tapi bagaimana dia menjawab pertanyaan putri mungilnya ini? Ini bukan pertanyaan yang membutuhkan jawaban sederhana!

Tapi Athifah tak ingin lama-lama menunggu jawaban Mama. Dia malah melemparkan pertanyaan susulan.

“Kelebihanku apa, Ma? Kekuranganku apa?

“Kelebihanmu itu, kamu terlalu cerewet. Kekuranganmu, sama ... cerewet.”

“Iiiiih? Kenapa begitu?”

“Iya, kekurangan orang itu sekaligus bisa menjadi kelebihannya. Kelebihannya bisa juga sekaligus menjadi kekurangannya.”

Athifah terdiam beberapa lama. Setelah mencerna kata-kata Mama sesegera mungkin ia mengajukan pertanyaan, “Kalau Afyad, apa kelebihannya?”

“Afyad itu penyayang.”

Pembicaraan beralih kepada topik tentang Afyad.

Lain kali Mama akan menjelaskan, bagaimana maksudnya kelebihan yang menjadi kekurangan dan sebaliknya, kekurangan yang menjadi kelebihan. Atau bisa jadi Athifah yang akan bertanya lagi nanti.

Makassar, 7 Maret 2016


Share :

22 Komentar di "Apa Kekurangan Mama?"

  1. Betul Athifah, kadang untuk mengetahui kekurangan diri sendiri harus menanyakan pada orang lain, karena kita sering tidak menyadari. Perasaan sih kita udah baik ya ternyata bagi orang lain belum tentu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orang terdekat bisa menjadi tempat bertanya yang tepat ya, Tante? :)

      Delete
  2. wah kalau anaknya nanya gitu, mungkin karna ga ada kurangnya di mata mereka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan juga, menurut saya. Dia memang mau tahu. Athifah sdh punya pemikiran bahwa dalam diri seseorang, ada kelebihan pun kekurangan :)

      Delete
  3. kelebihan menjadi kekurangan, kekurangan menjadi kelebihan. Seharusnya saya sudah diberitahu Bu.

    ReplyDelete
  4. Dirimu fast response yaa mba. Kalau diriku yg ditanya sama anak2...yg ada cuma ngelus2 tembok sambil mikir..kemudian mereka lelah menanti..*melipir ke pojokan*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah mendapatkan aneka pertanyaan, saya berusaha utk meningkatkan kecepatan menjawab saya Mbak *halah* tapi tetap saja ada saat2 yang bikin saya terdiam :)))

      Delete
  5. Hehehehe... anak kritis....
    Trus.. apa dong kekurangan Mama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyaaak. Saking banyaknya, mamanya jadi gagap :D

      Delete
  6. Menurut Athifah, kekurangan Mama apa sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, seharusnya saya bertanya seperti itu. Pertanyaan itu baru terpikir tadi sore :D

      Delete
  7. Anak-anak kadang pertanyaannya emang kritis-kritis nyentil ya Maaak. Hehehe

    ReplyDelete
  8. haha...lucu deh athifah. kekurangan mama adalah terlalu banyak kelebihannya sampai temannya ga kebagian! :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan demikian berarti juga kekurangannya terlalu banyak. Kan harus setimbang :D

      Delete
  9. kalo anakku mungkin ga prlu nanya ke aku apa kekuranganku mbak :p.. jwabannya udh dia tau bgt kalo maminya ini tipe yg sangat ga sabaran ;p

    ReplyDelete
  10. hahhaha anak sekarang pada smart2 deh ..

    ReplyDelete
  11. hihihi... anak saya juga cerewet mba...

    ReplyDelete
  12. idem mak niar, kekurangan bs jadi kelebihan, begitu jg sebaliknya, cakep parentingnya, langsung save nih, tengkiu ya mak niar

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^