Ulah Spammer Nan Keterlaluan

Blogspot sudah memperketat lalu-lintas komentar dengan memaksa pengunjung selain pemakai akun Google Plus untuk mengisi captcha. Sebagian kawan blogger, apalagi pemakai platform selain blogspot mungkin tak nyaman dengan hal ini. Namun apa daya, hal itu bukanlah kemauan saya.

Ada-ada saja cara orang untuk berpromosi. Ada saja orang yang tega melakukan spamming comment di blog orang. Saya heran saja, apa gunanya buat mereka ya. Kalau saya, membaca komentar mereka saja sudah eneg rasanya.  Baru membaca sebagian, bahkan satu kalimat, saya sudah tahu mereka promosi, tentu saja tidak akan saya baca sampai tuntas. Boro-boro mengingat apa produk mereka.

Saya tidak memasang jerat agar teman-teman mengisi captcha usai berkomentar tapi nyatanya teman-teman harus melakukannya karena keinginan tuan rumah yang sesungguhnyan (tuan blogspot). Sekarang saat captcha sudah terpasang otomatis, eh koq masih ada juga ya yang lolos nyampah di kotak komentar blog ini. Ups, bukan berkomentar sih, tepatnya mereka berpromosi. Eh kurang tepat. Yang paling tepatnya: mereka nyampah. Ya, nyampah!


Karena akhir-akhir ini diserbu lagi oleh para penyampah, saya terpaksa memoderasi kotak komentar. Eh parahnya, saya yang suka lupa kalau saya memoderasi kotak komentar saya. Sudah lewat dari 2 hari baru saya sadar, ternyata sederetan komentar ada di bagian “comments à awaiting moderation” di dasbor blog *tepuk jidat*.

Komentar sampah
Ingiiiin sekali saya, para penyampah ini menyadari kekhilafan mereka. Apa bagusnya, mereka bikin musuh di kalangan blogger. Apakah mereka tidak menyadari hal ini ya? Harusnya mereka mencontoh para pemilik bisnis yang menjaga etika: tetap mengunjungi blog-blog secara manusiawi dan etis, bertandang dengan sopan, berkomentar yang sesuai postingan, dan tidak hanya meninggalkan link (apalagi link hidup). Apa mereka suka ya kalau banyak orang lalu-lalang di depan rumah mereka yang dengan seenaknya membuang sampah-sampah di pekarangan rumah mereka?

Wahai para spammer, segeralah bertobat. Kembalilah ke jalan yang benar!

Haha, mamak blogger ini curhat ya.

Tapi saya bukan hanya mau curhat. Saya juga mau meminta maaf kepada teman-teman blogger semua. Akhir-akhir ini saya rempong sekali dengan berbagai hal sehingga kurang melakoni BW (blog walking) dengan baik. Posting tulisan pun akhir-akhir ini tak segetol kemarin-kemarin.

Inginnya mendatangi semua kawan blogger yang sudah bertandang ke blog ini tapi apa daya, nafas ngeblog saya saat ini tersendat-sendat sehingga hanya bisa mendatangi sedikit blogger sekali BW – itu pun tak bisa tiap hari BW-nya. Maaf yaa, temans.

Makassar, 26 Maret 2015





Share :

19 Komentar di "Ulah Spammer Nan Keterlaluan"

  1. Makin ke sini ulah spammer makin keterlaluan ya, Niar. Saya capek tiap dua hari sekali harus menghapus spamming. Kalau dibiarkan takutnya komentar teman-teman yang masuk spambox tak sengaja terhapus, gegara saya malas memeriksa satu persatu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi sama saya dengan Kak Evi. Kayaknya sampe kiamat mereka akan tetap ada ya Kak

      Delete
  2. dulu waktu aku hiatus ngeblog, banyak banget komen spam masuk tante. buanyaak banget. sekarang pas udah aktif ngeblog lagi, ga ada komen2 spam itu lagi. akhirnya aku ga lagi memoderasi komen. eh eh, kemaren, ada lagi yang nyepam satu komen. hho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biarpun satu, menyebalkan juga tuh. Karena mereka bagai tamu yang tak diundang, tak sopan pula :D

      Delete
  3. Sama Mak Niaaar... di blog saya juga suka banyak yg nyampah. malah kayaknya banyak spammer daripada komen benernya. *fakir komen blog saya mah, hihihi* Saya juga memoderasi komentar Mak, dan akhir2 ini cuma BW ke blog yg saya ikuti saja. Itu juga nggak semua didatangi krn sy lg sibuk yg lain. Dulu mau puasa ngeblog krn ada prioritas lain, tp nggak sanggup mak, masih suka intip2 kyk sekarang ini. :p parah.

    Oiya, Mak, tgl 7 April sy mau sidang, mohon doanya yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk memang benar, susah kalo mau benar2 puasa ngeblog wkwkwk. Sukses ya sidangnya .. mau S2 atau S3?

      Delete
  4. Saya juga heran bin bingung. CAPCAI dipasang untuk menyarinh mana yang aseli Manusia (HUMAN) dengan BOTS atau script. Tapi nyatanya kok bisa lolos ya. Dugaan saya ini aseli HUMAN alias manusia namun niatnya cuma iseng iseng aja. Kalau saya sih kadang spammer masuk kotak SPAM kadang juga nyelonong masuk ke komen. Capek juga delete nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Pak Asep sy juga memasukkannya ke SPAM. Lebih mudah kalo saya moderasi dulu, nanti baru dimasukkan ke SPAM. Sudah itu baru dihapus.

      Delete
  5. Iya setuju Mba, itu ganggu bangat kalo ada yang nyampah.

    tapi tetap sabar ya Mba, semoga mereka yang suka nyampah itu cepat insyaf. Aamiin :D

    ReplyDelete
  6. Aku juga sering dapat spam begitu, terutama dari tempat judi2. Jd skrg pake moderasi lagi, tp tetap aja lolos :((

    ReplyDelete
  7. Virus ataupun spam adalah bagian dari proses berinternet jadi ya harus kita terima dan hadapi. Itulah pentingnya kontrol terhadap web yg kita miliki, jika ada yg masuk tidak sesuai kehendak kita ya delete saja. Masalalh chapca yg disediakan platform itu tidak akan mencegah spammer, karena yg penting bisa menulis chapca pasti bisa meninggalkan jejak.

    ReplyDelete
  8. aku gak pakai captca tapi di moderasi saja

    ReplyDelete
  9. Saya juga lagi sedih nih, Mak. Beberapa hari ini akismet (polisi spam) di blog saya yg berplatform WP lagi mogok kerja. Jadinya tiap hari saya musti bebersih ratusan spam dari kotak komen T___T
    *lah, malah curhat di mari*

    ReplyDelete
  10. sama.. aku juga sering..banyak komentar sampah..terutama dari dukun..he2

    ReplyDelete
  11. namanya internet yang semacam itu ga bakalan ilang. dipikirin malah bikin pusing. pasang pagar rapat kasian temen yang berkunjung. makanya aku pilih cuekin aja. kalo pas ada waktu luang baru hapus hapusin biar ga nyepetin mata

    ReplyDelete
  12. Aku ga pasang moderasi Mb Niar, biarin deh klo kudu nyapu2 komen yg nyepam gitu... Yg penting teman2 klo mau komen gampang dan lgs ke-publish.
    Habis mumet sih mikirin spam ini, dipasangi apa segala macam ya lolos aja tuh.

    ReplyDelete
  13. Tok... tok... tok...
    Assalamualaikum...
    tuan rumahnya ada?
    semoga bersedia menerima kehadiran ane.. Maklum udah lama nggak mampir, dan semoga kita senantiasa diberikan kelapangan untuk senantiasa bersilaturrahmi... Aamiin.. :)

    *SaHaTaGo (Salam Hangat Tanpa Gosong) pojok Bumi Kayong, Ketapang-Kalimantan Barat

    ReplyDelete
  14. Saya juga kak sering dpat spammer seperti itu

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^