Yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Produk Herbal dari MLM

Lanjutan dari tulisan sebelumnya, untuk membaca tulisan sebelumnya, klik di sini
Di zaman ini, di mana makanan instan dan fast food sudah menjadi kelaziman, ditambah dengan polusi di mana-mana, produk herbal bisa menjadi pilihan yang bagus untuk mempercepat proses kesembuhan dari suatu penyakit atau untuk menjaga kesehatan karena kemungkinan untuk terpapar zat-zat berbahaya ataupun terjadinya kerusakan sel di dalam tubuh semakin besar.
Kesibukan dalam kehidupan yang serba cepat sering kali menuntuk mencari alternatif pada produk yang instan namun tetap sehat. Inilah yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan MLM, produk-produk kesehatan herbalnya biasa diistilahkan dengan health food (makanan kesehatan) atau suplemen makanan. Berbeda dengan produk kesehatan medis, makanan kesehatan terdiri atas bahan-bahan alami yang diproses dengan teknologi tinggi dengan tetap memperhatikan faktor higienis dan kemaksimalan nilai gizinya.

Sumber: http://www.thesleuthjournal.com
Di masa ini, semakin mudah menemukan produk yang menawarkan manfaat-manfaat sebagai berikut:
  1. Detoksifikasi racun (seperti zat-zat penyebab kanker) dan zat-zat berbahaya (seperti logam berat) dari dalam tubuh.
  2. Membantu meningkatkan daya tahan tubuh.
  3. Membantu menangani masalah pencernaan.
  4. Membantu menguatkan sistem peredaran darah.
  5. Membantu menyeimbangkan kadar gula darah, tekanan darah, dan pH tubuh.
  6. Membantu proses regenerasi sel-sel tubuh yang rusak atau mati.

Maka tidak salah bila Anda mencoba mengonsumsi produk herbal karena aman bagi tubuh dan menyehatkan. Hendaklah memilih yang benar-benar berbahan alami dan memperhatikan 2 hal ini:
  1. Pelajari cara konsumsinya, harus banyak minum air karena biasanya berbentuk ekstrak agar tak memberatkan kerja ginjal. Tanyakan dosisnya. Untuk kasus yang  berbeda, bisa jadi berbeda pula dosisnya.
  2. Jangan memperlakukannya sebagai obat jika tidak diklaim sebagai obat oleh produsennya. Banyak pemahaman yang salah yang menganggap produk herbal sebagai obat sementara sebenarnya tidak. Produk herbal memperbaiki metabolisme tubuh sehingga dapat memperbaiki kondisinya. Memang secara langsung pada akhirnya mampu membantu mempercepat proses pengobatan tetapi banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan penggunaannya. Mengklaimnya sebagai obat mujarab menyebabkan timbulnya ekspektasi yang berlebihan dan itu tidak baik.

Sekarang ini banyak sekali pilihan produk herbal di pasaran, jauh lebih mudah untuk memutuskan mana yang baik bagi Anda. Anda bisa membelinya dari member MLM dengan mempraktikkan tip di atas. Bila tak tertarik dengan bisnis yang ditawarkan, mudah saja: cukup menolak dengan santun dan memberikan pengertian agar mereka tak kembali lagi memprospek Anda. Tak perlu memutus jalinan pertemanan atau kekerabatan. Toh mereka hanya berusaha, hak prerogatif berkeputusan ada di tangan Anda.
Makassar, 7 Februari 2015

Catatan:
Awalnya tulisan ini hendak diikutkan lomba menulis di website Bisnis Indonesia tetapi gagal diikutkan karena setelah usaha mendaftar berkali-kali gagal, saya kelupaan hingga batas waktu pengiriman tulisan lewat sehari. Tulisan asalnya lebih dari 1000 kata (saya beri judul Ketika Produk Herbal dan MLM Bertalian Erat), dipecah dua ke dalam blog ini.  Tulisan yang ini bagian keduanya. Semoga bermanfaat :)


Share :

27 Komentar di "Yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Produk Herbal dari MLM"

  1. Perkembangan teknologi informasi, membuat sistem penjualan online dan bisnis online kini semakin menjamur ya Mbak, kadang kalanya kita kalau tidak berhati-hati bisa menjadi korban oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.
    Nice share, happy weekend, happy blogging..

    Salam sukses.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo MLM biasanya bukan online Mas, tapi memang tetap harus berhati2 :)

      Delete
  2. Aku sering mendapat tawaran dari sahabat yang menjadi agen suatu MLM... Biasanya sih aku lihat produknya, kalau memang produk itu menjadi kebutuhanku biasanya aku membelinya... Tapi bila aku belum membutuhkan produk itu aku tolak dengan halus tawaran sahabatku itu... Dengan kata-kata yang santun saat kita menolak tawaran sang teman biasanya teman itu akan maklum dan tak merasa tersinggung dengan penolakan kita...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Mak. Namanya juga, usaha ya Mak, tentunya yang ditawari pertama kali adalah orang2 dekatnya. Kalau tidak berminat ya cukup ditolak dengan halus :)

      Delete
  3. Kalau saya sendiri sih sering ORDER produk MLM merek tertentu melalui AGEN tertentu di Jawa Tengah. Walau saya di Pontianak, saya order produk tersebut melalui jasa TIKI atau JNE. Produk herbal MLM nya diantar atau dikriim terlebih dahulu baru kemudian uangnya disusulkan, Ditransfer. Saya akan hati hati lagi setelah membaca artikel ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Pak Asep, harus hati2 supaya gak ada penyesalan di belakang hari :)

      Delete
  4. saya belum pernah mencoba konsumsi MLM herbal ini lho mak. jadi penasaran.. sering denger katanya kualitasnya bagus tapi sampai sekarang belum ada kesempatan mencoba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo butuh, tidak ada salahnya dicoba Mak. Tapi teliti dulu sebelum membeli. Kalau saya, sdah terbiasa memakai berbagai merek :)

      Delete
  5. sejauh ini aku belum pernah pake obat2an herbal tante. eh dulu pernah punya sih, produk MLM juga, tapi mualees konsumsinya, akhirnya numpuk ga jelas sampai kadaluarsa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaaaaaaa andai tahu, minta dikirimin saya, Syifa -_-

      Delete
  6. Insya Alllah bermanfaat ya mbak walaupun tidak diikutkan lomba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin .. semoga bermanfaat Mbak. Itulah asyiknya ngeblog, walaupun tidak ikut lomba, dimuat saja di blog, mudah2an ada yang membaca dan bermanfaat :)

      Delete
  7. Hiya Mak, menolak dgn santun ketika menawarkan itu perlu agar tidak menyinggung karena mereka jg sedang mencari rezeki.

    ReplyDelete
  8. Kami selaku agen obat herbal , memberi tahukan bahwa obat herbal aman digunakan untuk semua kalangan usia karena tidak menyebabkan efek samping.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, kalau bahan2nya herbal dan pemrosesannya alami tentunya aman dikonsumsi

      Delete
  9. Nice article Mak. Saya sendiri sbg pebisnis obat herbal merasa harus benar2 wanti konsumen soal penggunaan. Kadang konsumen indonesia kurang memperhatikan anjuran :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia juga kendalanya, Mak. Kadang2 maunya cepat sembuh tapi tidak mau mematuhi dosis terus menyalahkan produknya :)

      Delete
  10. Pinter2nya konsumen aja ya mak. Selagi memang perlu ya knapa tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup benar Mak, hak prerogatif ada pada konsumen :)

      Delete
  11. Perkongsia yang menarik dan bermanfaat... makasih mak

    ReplyDelete
  12. wah makasih mak sharingnya, harus banyak membaca agar kita tidak salah memilih barang ya

    ReplyDelete
  13. Sejauh ini blm terbiasa minum suplemen2 herbal, karena memang betapapun jg tetap harus jeli & hati2 tinjau dulu produknya. Thanks tipsnya, Mak. Paling aku sih baru berani kalo produk herbalnya jelas halal & terpercaya.

    ReplyDelete
  14. Sekarang memang banyak sekali produk herbal, tapi kalau melalui MLM saya kok males duluan. Kalau jualan ke saya ya kalau cocok ya saya beli tapi jangan nyuruh saya jadi member dan mencari member juga dong....

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^