Ternyata Bisa Main Game Di Google Chrome Tanpa Internet!

Ternyata bisa main game di Google Chrome tanpa koneksi internet!

Saya mengetahuinya ketika mengamati si bungsu Afyad (5 tahun) bermain komputer. Modem sudah saya simpan begitu ia duduk di depan notebook, takut kalau dia menjelajah di dunia maya dan menghabiskan pulsa. Afyad membuka Google Chrome. Dia tahu kalau saya sering membuka Google Chrome. Beberapa kali saat saya lengah, lupa menyimpan modem saat dia mengambil kedudukan saya di depan notebook, dia berhasil menjelajahhi Youtube dan menonton film Upin-Ipin kesukaannya.

Dia juga pernah mengambil alih Facebook saya dengan mengetikkan komentar pada dua tab yang tengah menampilkan status yang saya sedang terlibat di dalamnya.


Pada tampilan ini, ketikkan secara sembarangan di kotak pengetikan alamat
website (berwarna putih paling atas)
Setelah menekan ENTER, muncullah si dinosaurus ini dan tulisan di bawahnya
Si Dino tertancap di atas pohon kaktus. Awwww
Daaan ... score tertinggi saya adalah .. 447. Berapa score tertinggimu, Kawan? :)
Kali ini Afyad membuka Google Chrome. Saya santai-santai saja sebab dia tak bisa melakukan apa-apa tanpa modem. Ternyata saya salah. Di kotak tempat biasanya alamat website dituliskan, Afyad mengetik asal-asalan lalu menekan tombol ENTER.

Tampilan default pada browser Google Chrome kami adalah homepage Google. Dari tampilan homepage Google, karena tak ada koneksi internet, tampilan berubah saat Afyad menekan tombol ENTER, menjadi gambar dinosaurus berwarna hitam pada bagian atas layar. Pada bagian bawahnya muncul tulisan:

Unable to connect to the Internet
Google Chrome can’t display the webpage because your computer isn’t connected to the Internet
Details

Kemudian Afyad menekan tombol SPASI (tombol paling panjang pada keyboard). Maka muncullah game itu. Si dinosaurus itu bergerak dan bisa dimainkan!

Dinosaurus itu berjalan cepat. Bila muncul kaktus dan dia tidak buru-buru melompat maka permainan berhenti alias game over. Untuk membuatnya melompat, cukup dengan menekan tombol SPASI. Di sudut kanan atas ada score yang menunjukkan high score dan score kita.

Saya mengamati Afyad yang tengah asyik bermain. Saya sering dibuat melongo dengan penemuan anak-anak. Saya yang sehari-harinya berurusan dengan Google Chrome tak tahu ada permainan ini. Saya menduga Afyad diajari oleh Affiq. Si sulung ini sering menemukan hal-hal tak terduga di komputer. Tapi saat belakangan saya konfirmasi, bukan Affiq yang mengajarinya, juga bukan si tengah Athifah. Berarti dia sendiri yang menemukannya.

Permainan ini menegangkan juga. Kaktus yang dilewati bukan hanya satu, tapi banyak dan ada yang bergerombol hingga 4 kaktus. Sudah pernah mencobanya? Kalau belum, coba deh, lumayan juga seru-seruan!


Makassar, 10 Februari 2015


Share :

21 Komentar di "Ternyata Bisa Main Game Di Google Chrome Tanpa Internet!"

  1. wah aku jadi penasaran nih sama penemuan afyad. mau dicobain ah sekarang. haha

    ReplyDelete
  2. Putraku sering mbak main disitu. Pertamakali melihat aku ngomel juga sih, bikin habis pulsa, mereka hanya menertawakan aku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rupanya tidak perlu pakai pulsa ya Mbak hehehe

      Delete
  3. iya mbak aku juga waktu itu dikasih tau suami

    ReplyDelete
  4. Wah, aku aja baru tahu... Hihi... Boleh juga dicoba, kali pas lagi bete pengenny main game :D.

    ReplyDelete
  5. Waah, Afyad keren.. Saya baru tau lho, Mak Niar... Tengkyu ya infonyaaa. ntar klo offline saya mau coba ah. hihihi.. *girang nemu game baru*

    ReplyDelete
  6. Wah saya baru tau nih mak. Coba ah.. :D

    ReplyDelete
  7. Wowww...belum pernah nyoba, kadang2 anak bisa memunculkan hal-hal yang tidak terduga ya Mak.

    ReplyDelete
  8. wah sudah mag coba saya kak, na kasih tau pernah teman ku. ada juga sudahku posting di blog ku

    ReplyDelete
  9. Wah, baru tau, lumayan bikin anak seneng tapi kita gak manyun karna pulsa internet bakal habis :D

    ReplyDelete
  10. wah ada ya mak game ini...baru tau :D

    ReplyDelete
  11. wah baru tau, jadi penasaran dech. Perlu dicoba off internet nich :)

    ReplyDelete
  12. Aduh kalah sama anak kecil, aku baru tau :D

    ReplyDelete
  13. Wah mba aku juga baru tau nih, makasi ya untuk infonya. Kalo anakku lagi suka banget foto pake app Fotoku, soalnya framenya lucu2 mba. Aku downloadnya di play store soalnya aku pake android hihihi sekarang aku juga ikutan sering selfie sama si kecil pake Fotoku :D

    ReplyDelete
  14. Aku sudah pernah main game ini,
    susah sekali ternyata walaupun nampaknya sangat sederhana.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^