Mengenal Jepang Melalui Cerita Rakyat

Judul: Cerita Rakyat Jepang [Seri Cerita Rakyat Dunia]
Penulis: Ari Wulandari
Penerbit: Nyo-nyo – imprint Penerbit Andi
ISBN: 978-979-29-3893-7
Tahun terbit: 2013
Ketebalan: 80 + 4 halaman
Ukuran: 33,5 cm x 19 cm

Menarik sekali apa yang ditawarkan buku ini: mengenal (budaya dan kebiasaan) masyarakat Jepang melalui cerita rakyat. Dalam kisah Hanako (halaman 54) misalnya bisa diketahui asal-muasal cerita tentang hantu Hanako yang melegenda di Jepang.

Hantu Hanako ini menjadi momok anak-anak sekolah dasar di Jepang yang menghantui toilet anak perempuan di sekolah-sekolah dasar. Agak kontroversial karena sebenarnya Hanako adalah sosok anak yang berbakti pada ibunya yang menderita sakit jiwa.


Putri Hase (halaman 60) bercerita tentang bagaimana kebaikan mengalahkan kejahatan. Bertahun-tahun lamanya Putri Hase hidup di bawah kebencian ibu tirinya. Sang ibu tiri selalu punya niat untuk membunuhnya. Namun akhirnya kebenaran dan kebaikan keluar sebagai pemenang. Putri Hase dikenal sebagai nama yang melegenda sebagai sosok yang sangat bijaksana dan saleh dan menjabat sebagai menteri – menggantikan ayahnya. Bagaimana cerita lengkapnya? Baiknya menyimak sendiri di bukunya.

Ksah Seiya dan Yuuki (halaman 65) menceritakan tentang  kebahagiaan yang dicapai oleh Seiya setelah kerja kerasnya berbuah hasil. Berkebalikan dengan Yuuki yang menuai keburukan karena kemalasan dan perangainya yang buruk. Cerita lengkapnya menarik untuk disimak.

Dua belas cerita rakyat dalam buku ini terdiri atas 3 kategori: cerita masa lampau (mukashibanshi), legenda (densetsu), dan cerita masyarakat (sekembanashi). Penulis terlihat sangat memahami budaya Jepang dan mencoba menuliskan (kembali) cerita-cerita rakyat itu dengan mengambil manfaat yang cocok untuk pembaca di Indonesia. Walaupun halaman-halaman buku ini tak berwarna, ilustrasinya menawan sehingga bisa mengantar pembacanya untuk berimajinasi. Ukuran huruf dan bentuk hurufnya nyaman dibaca. Begitu pun ukuran bukunya, walau agak tidak lazim tetapi nyaman di mata pembaca.

Makassar 3 Desember 2014


Tulisan ini diikutkan Indiva Readers Challenge


Share :

1 Komentar di "Mengenal Jepang Melalui Cerita Rakyat"

  1. Waaa bagus juga ya Mak cerita2nya.
    Saya juga ngikutin cerita anak Jepang di blog tetangga :)
    Setiap cerita rakyat pasti ada hal yang bisa diambil sebagai pembelajaran ya..

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^