Bila Iman Berbicara, Usia dan Jenis Kelamin Bukan Penghalang

Judul: Umair Ikut Perang Badar (seri 30 Kisah Sahabat Nabi)
Penulis: Tethy Ezokanzo
Penerbit: Erlangga for Kids
ISBN: 978-979-075-149-1
Tahun terbit: 2009
Ketebalan: 154 halaman
Ukuran: 14 cm x 19 cm

Selalu saja menarik mengetahui kisah para sahabat Rasulullah melalui buku, termasuk buku cerita anak. Melalui buku berjudul Umair Ikut Perang Badar ini saya jadi tahu ada beberapa sahabat Rasulullah yang usianya masih tergolong anak-anak tetapi kualitas keimanannya sangat mengagumkan.

Umair bin Abi Waqqash (halaman 1) misalnya, ingin sekali ia ikut perang Badar. Walau Rasulullah melarangnya, ia tetap nekad. Sayangnya di dalam buku ini tak disebutkan usia Umair, hanya disebutkan bahwa tubuhnya kecil dan pedangnya panjang sehingga kakaknya – Saad bin Abi Waqqash harus mengikatkan pedang Umair di pinggangnya dengan tali kulit agar lebih tinggi. Kisah Umair berakhir dengan syahidnya ia di medan perang Badar.



Ada pula kisah Salamah bin Akwa yang berusia 12 tahun (halaman 6). Salamah berhasil menaklukkan gerombolan perampok berkuda sendirian dengan keberanian dan kecerdikannya.

Lain pula kisah Amru bin Salmah (halaman 82). Ia menghafal al-Qur’an sebelum masuk Islam dan menjadi imam shalat berjamaah dan shalat jenazah dalam usia 7 tahun.

Dua orang kanak-kanak lain yang diceritakan di dalam buku ini adalah Hasan dan Husein – cucu Rasulullah (halaman 95). Hasan dan Husein mengoreksi cara berwudhu seorang lelaki tua dengan cara mereka sendiri. Karena khawatir menegur langsung bisa membuat orang tersinggung, keduanya berlaku seolah-olah berdebat di depan lelaki tua itu, sama-sama merasa cara berwudhu dirinya yang paling benar. Akhirnya lelaki tua itu pun menyadari kekeliruannya.

Selain anak-anak, ada kisah beberapa perempuan luar biasa di dalam buku ini. Salah satunya adalah Ummu Haram (halaman 23) yang minta didoakan oleh Rasulullah agar dapat ikut serta dalam rombongan perang samudra. Rasulullah mendoakannya dan Ummu Haram pun mati syahid dalam perjalanan pulang dari berperang.

Ada pula kisah Asma binti Abu Bakar yang selalu mendahulukan infak (halaman 31), kisah wafatnya Fathimah binti Muhammad (halaman 138), dan Aisyah – istri Rasulullah yang telah meriwayatkan 2210 hadits (halaman 117).

Selain kisah sahabat yang usianya masih anak-anak, para shahabiyah (sahabat perempuan), buku ini juga memuat kisah para sahabat lelaki. Misalnya kisah Umar bin Khattab yang tak segan menggali parit dan hidup dalam kesederhanaan (halaman 100), Abu Bakar yang juga amat sederhana hidupnya (halaman 21), Khalid bin Walid (halaman 107), dan lain-lain.

Buku ini didukung oleh ilustrasi yang menawan hanya saja ada beberapa kesalahan ketik, seperti “mengembalakan” dan “pengembala” (halaman 6 dan 128), “radiyallahu anhu” (seharusnya “radiyallahu anha”, halaman 23), dan “tak pernah bergeming” (seharusnya “bergeming” (bergeming: tidak bergerak sedikit juga – KBBI), halaman 36).

Dari buku ini dan buku seri 30 Kisah Sahabat lainnya yang berjudul Saling Menebar Salam yang sudah saya baca, tak ada daftar pustaka tertera. Namun kedua buku ini merupakan bacaan yang sangat menarik dan bermanfaat, bukan hanya bagi anak-anak melainkan juga bagi orang dewasa yang ingin menambah wawasannya tentang para sahabat Rasulullah.

Makassar, 4 November 2014


Tulisan ini diikutkan Indiva Readers Challenge 


Share :

3 Komentar di "Bila Iman Berbicara, Usia dan Jenis Kelamin Bukan Penghalang"

  1. Perang Badar ini sering di kisahkan oleh penceramah kondang "Dai Seribu" Umat (Alm) KH.Zainuddin MZ. Sampai sekrang saya masih teringiang ngiang ceramah ALm yang sering mengisahkan Perang Badar. Subhanalllah

    ReplyDelete
  2. riwayat para sahabat memang seru kalau dikisahkan kembali. Saya salah satu penggemah tarikh dan sirah.. seru bacanya :D

    ReplyDelete
  3. jadi pengen punya juga...
    bukan hanya akan bermanfaat utk jav, tp utk saya jg :D

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^