Ada Peran Arjuna dalam Janji 10 Srikandi

Judul buku: Janji 10 Srikandi
Editor: Abdul Cholik
Penulis: Caaroline Adenan, dkk
ISBN: 978-602-14595-5-3
Penerbit: Sixmidad
Ketebalan: 94 halaman
Ukuran buku: 13 cm x 19 cm
Tahun terbit: 2014 (Maret)

Ajang Srikandi Blogger digelar untuk kedua kalinya pada tahun 2014 ini. Ada 175 peserta yang mendaftar pada awalnya. Lalu pelan-pelan oleh para juri, melalui tugas-tugas yang diberikan, jumlah peserta dikerucutkan menjadi 50 finalis. Melalui tugas-tugas yang diberikan pula, jumlah itu mengerucut lagi menjadi tinggal 10 finalis.

Kesepuluh finalis kembali dinilai lagi oleh juri melalui tugas-tugas yang diberikan sebelum hari H – hari penganugerahan gelar Srikandi Blogger. Salah satu tugasnya adalah membuat tulisan yang harus ditayangkan serempak di blog masing-masing. Kesepuluh tulisan inilah yang dikumpulkan oleh Pakdhe – blogger yang berdomisili di Surabaya yang bernama asli Abdul Cholik ini menjadi sebuah buku berjudul Janji 10 Srikandi.


Pakdhe, seorang purnawirawan perwira tinggi Angkatan Darat ini sudah tidak diragukan lagi kepiawaiannya dalam ngeblog. Pakdhe bahkan merambah dunia tulis-menulis hingga telah menerbitkan beberapa buah buku solo. Buku ini adalah salah satu hasil karyanya.

Hebatnya, Pakdhe mengerjakannya diam-diam. Ia baru mengabari para finalis dan Kumpulan Emak Blogger (KEB) menjelang hari H penyelenggaraan ajang Srikandi Blogger di Museum Nasional Jakarta. Kepada 10 finalis, Pakdhe menghadiahkan masing-masing 1 eksemplar buku Janji 10 Srikandi ini dan menghadiahkan royalti hasil penjualannya untuk KEB.

Terbayangkan kerja keras Pakdhe mengumpulkan semua tulisan dalam 1 buku sehingga siapa pun bisa belajar dari tulisan-tulisan itu. Ada niat baik yang akan dikerjakan oleh kesepuluh finalis, bahkan jika mereka tak terpilih sekali pun. Seperti yang dituliskan oleh mak Ida Nur Laila: Saya sudah merasa menjadi duta KEB. Jadi, terpilih atau tidak, inilah saya Srikandi Blogger. Inilah mimpi saya tentang Srikandi Blogger (halaman 13).

Atau bisa pula dibaca janji Pungky Febriani (yang pada hari H terpilih sebagai Srikandi Blogger 2014) di halaman 51: Aku ada dan aku ambil bagian. Berdiri di jajaran finalis Srikandi Blogger, bukan lagi saatnya diam. Dipercaya menyandang 10 besar adalah sentilan nurani untuk berani bergerak. Berani ada. Berani berbagi. Berani menggunakan dunia maya untuk bermanfaat bagi kehidupan nyata.

Bukan hanya kesepuluh tulisan dari 10 finalis, Pakdhe juga mengumpulkan profil kesepuluh blogger (halaman 64 – 70) dan info dasar blog ke-10 finalis. Dalam info dasar yang dimuat di halaman 71 – 73, Pakdhe meriset data tentang blog para finalis seperti pagerank, alexa traffic, dan page speed.

Di sampul belakang buku ini, Pakdhe menuliskan:
Banyak pelajaran yang dapat dipetik dari buku karya 10 blogger wanita hebat ini. Artikel yang dikemas renyah dan gurih bukan hanya tentang blogosphere tetapi juga berisi janji dan tekad mereka. Sebagai 10 finalis Srikandi Blogger 2014 yang tergabung dalam Kumpulan Emak Blogger (KEB), mereka tak akan berhenti dan tinggal diam. Apa yang mereka lakukan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa dan mewujudkan Indonesia yang lebih baik dapat Anda temukan dalam buku ini. Mereka ada untuk berbagi.

Benar. Bahkan bukan hanya para finalis ini. Semua blogger sejatinya “ada untuk berbagi” dan memanfaatkan dunia maya untuk meningkatkan kualitas diri. So, buku ini layak dibaca oleh siapa saja yang ingin menjadi blogger yang bermanfaat.

Makassar, 23 Juni 2014

Tulisan ini diikutkan Indiva Readers Challenge

Update 13 Desember 2019:
Pakdhe Cholik (abdulcholik.com) sudah tidak aktif ngeblog lagi. Semoga sehat terus ya, Pakdhe.



Share :

15 Komentar di "Ada Peran Arjuna dalam Janji 10 Srikandi"

  1. Wah terima kasih Jeng
    Semoga menjadi kenangan indah
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buku ini sudah menjadi salah satu kenangan indah buat saya Pakdhe. Terima kasih banyak :)

      Delete
  2. Pakde Cholik memang diam-diam menghanyutkan ya... salut padanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menghanyutkan kita agar lebih produktif :)

      Delete
  3. Proyek Sangkuriang...semoga menginspirasi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha .... saya tidak menyebut-nyebut Sangkuriang lho mas Rudi. Yang Sangkuriang siapa? :D

      Delete
  4. Keren resensinya..keren bukunya.. keren penulis resensinya..keren juga penulis bukunya.. keren semua deh...

    ReplyDelete
  5. wah mantab mantab mantab Emak Mugniar, salam kenal buat Pak Dhe Cholik.
    Arek Suroboyo an ta ?

    Colek juga Mas Ari Pradana. Belalang Cerewet dan Emak Anita .
    Selamat menikmati makan siang hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo mak .. langsung ke rumah Pakdhe di www.abdulcholik.com, blogger Jawa Timur banyak yang suka main ke rumah Pakdhe :)

      Delete
  6. Saya terharu ada dari bagian KEB walaupun saya terbilang newbie dan bukan salah satu Srikandi blogger. Saya bangga dan salut sama para emaks dan tentunya Pakdhe Cholik *salimdulu :)

    Semoga selalu menginspirasi

    Salam hangat,
    Zia

    ReplyDelete
  7. Aakkkk buku ini bikin speechless memang.. ada kisahku dan janjiku disana...
    Makasih ya mak Mugniar.. makasih juga Pakde Cholik.. *salim* :)

    ReplyDelete
  8. Pakdhe benar2 produktif menulis ya maak, apaa aja bisa dijadikan bahan tulisan, saluut

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^