Berkenalan dengan Penyakit-Penyakit Menular

Judul buku:
Ayo Mengenal Penyakit Menular di Sekitar Kita
(Seri Aku Anak Sehat)
Penulis: Meilany
ISBN: 978-979-18-4450-5
Penerbit: PT. Mediantara Semesta
Ketebalan: 68 halaman
Ukuran buku:  21 cm x 14  cm
Tahun terbit: Maret 2013

Menarik sekali ada buku yang membahas mengenai jenis-jenis penyakit menular dengan target pembaca anak-anak. Ada 20 jenis penyakit menular yang dimuat di dalam buku berjudul Ayo Mengenal Penyakit Menular di Sekitar Kita ini.

Pembahasan diawali dengan pengertian mengenai penyakit menular: penyakit menular adalah penyakit yang disebabkan kuman, dapat berupa virus, bakteri, amuba, dan jamur, yang menjangkiti (menginfeksi atau menyerang) tubuh kita. Penyakit menular ini dapat menular dari datu orang ke orang lain  (halaman 1).



Penjelasan singkat yang menggunakan bahasa yang sederhana sehingga mudah dimengerti ini dilanjutkan dengan penjelasan singkat mengenai pencegahan. Jadi, pembaca diajak untuk menjaga kesehatan dirinya karena itu yang paling utama, di antaranya adalah dengan membiasakan diri mencuci tangan sebelum makan dan sesudah dari kamar mandi.

Kedua puluh jenis penyakit menular yang dibahas di dalam buku ini mencakup penjelasan singkat mengenai pengertian jenis penyakit tersebut, masa inkubasi, gejala, terapi atau pengobatan, dan pencegahannya.

Beberapa jenis pengobatan membahas pengaruh penyakit secara khusus kepada anak-anak, contohnya: diare: virus penyebab diare pada anak-anak adalah virus Rotavirus. Biasanya, anak-anak tertular virus ini karena kurangnya kebiasaan hidup sehat, contohnya dengan tidak mencuci tangan (halaman 22).

Contoh lainnya ada di penjelasan mengenai cacingan: Penyebaran cacing melalui berbagai cara, seperti melalui mulut dan ada pula yang melalui telapak kaki. Telur cacing pada tangan, kotoran, atau kuku masuk ke dalam mulut waktu anak-anak menghisap jari atau waktu makan (halaman 10).

Penjelasan tentang penyakit SARS (infeksi saluran pernapasan sangat akut)
Pengetahuan yang diberikan amat memadai sebagai pengetahuan umum anak mengenai jenis-jenis penyakit. Sayangnya buku ini sudah tidak ada di pasaran. Buku ini amat layak untuk diterbitkan kembali dengan sedikit perbaikan. Yaitu perlu menambahkan pengertian mengenai beberapa istilah medis.

Sayang sekali, istilah-istilah seperti  inkubasi, bakteri, virus, amuba, jamur, dan limfoid tidak disertai dengan penjelasan sehingga anak-anak bisa mengalami kesulitan dalam memahami keseluruhan pembahasannya. Bila orang tua mereka bisa membantu mencarikan pengertiannya di dalam kamus ataupun di internet, anak-anak bisa terbantu pemahamannya, nah bagaimana bagi anak-anak yang orang tuanya tidak bisa membantu?

Makassar, 27 Mei 2014


Tulisan ini diikutkan Indiva Reading Challenge


Share :

6 Komentar di "Berkenalan dengan Penyakit-Penyakit Menular"

  1. dengan target pembaca anak2 diharapkan anak2 semakin tahu akan berbagai jenis penyakit yang menular, pastinya kalau bukunya disertai gambar2 akan semakin menarik minat anak2 untuk membacanya :D
    dan kalau ada istilah2 asing seperti amuba dll yang tidak dijelaskan secara lebih lanjut, mungkin menjadi tantangan juga untuk kita ketika mendampingi anak2 membaca ya mbak, karena kita jadi harus tahu, bukan tidak mungkin kan kita2 juga ndak tahu arti dari istilah2 asing tersebut :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali Kang :)
      Suka baca komen ini :)

      Delete
  2. Buku dengan konsep edukatif yang mengajarkan dan mengarahkan anak-anak agar lebih berhati-hati dan dapat menjaga kebersihan dapat membantu orang tua untuk bisa memperkenalkan hidup sehat dan juga beberapa jenis penyakit yang berbahaya yang mudah tertular ya Mba.

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas Indra, betul sekali.
      *Suka baca komennya* :)

      Delete
  3. bagus nih bukunya untuk anak-anak ya mbak, jadi bisa lebih waspada dan mengenali penyakit

    ReplyDelete
  4. hmm...target pembaca anak-anak? interesting.. tapi idealnya isinya diperbanyak gambar dan seperti mba Niar bilang, bahasa yang sederhana ...tapi aku suka sekarang banyak buku untuk anak-anak..

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^