Klappertaariza yang Lembut dan Lezat

Sayang, pengusaha klappertaart dengan brand Klappertaariza ini tidak jadi membuat kuis di twitter. Padahal saya sudah siap jadi buzzer-nya. Saya malah sudah koar-koar kalau nanti mau ada kuis.

Tapi waktu pamerannya digelar, di Mal Panakukang hari Sabtu – Ahad tanggal 19 – 20 April, saya datang. Booth Marisa – pemilik Klappertaariza persis depan Time Zone di dekat Gramedia. Pemilik blog http://risablogedia.blogspot.com yang tahun lalu menerbitkan buku cerita anak karyanya ini sudah jarang update blognya karena sibuk dengan Klappertaariza. Nampaknya pemesannya sudah mulai banyak, makanya aktifitas menulisnya sekarang jauh berkurang.

Ngomong-ngomong, pada tahu klappertaart kan? Kalau belum kenalan yuk. Berdasarkan informasi di Wikipedia, ini dia definisi klappertaart:


Klappertaart di Indonesia dikenal sebagai kue khas Manado dengan bahan dasar kelapa, tepung terigu, susu, mentega dan telur. Resep adonan tersebut merupakan pengaruh saat zaman pendudukan Belanda di Manado. Terdapat beberapa macam cara memasak klappertaart. Bila dipanggang dan menggunakan roti, maka akan menghasilkan klappertaart dalam bentuk yang padat, bisa dipotong layaknya kue taart pada umumnya. Tetapi ada juga cara memasak yang tidak panggang. Ini akan menghasilkan tekstur yang begitu lembut, seperti memakan custard yang langsung meleleh begitu masuk ke mulut. Kue ini paling nikmat bila disantap dalam keadaan dingin jadi tidak boleh dibiarkan terlalu lama di luar pendingin.

Nah, setelah membaca ini baru saya mengerti kenapa klappertaartnya Marisa lembuuuuut buuut buuut. Biasanya klappertaart yang saya cicipi itu yang bisa dipotong, diangkat, lalu diletakkan di piring. Bisa dipotong bentuk segitiga atau segiempat, atau sesuka kita.

Kalau Klappertaariza, lunak. Waktu saya mencoba memotongnya dan memindahkannya ke piring, alhasil terbentuklah sebuah onggokan. Rupanya ini jenis klappertaart kedua, klappertaart lembut berdasarkan penjelasan si Wiki itu.

Di pameran, Klappertaariza tampil serba ungu. Sampai kantung kresek dan kartu-
namanya pun berwarna ungu :)
Status Marisa tadi: "Open order #klappertaariza utk delivery Selasa dan Rabu"
Sumber: FB Marisa

Ada yang membuat klappertaart menggunakan rhum. Rhum adalah minuman beralkohol hasil fermentasi dan distilasi dari molase (tetes tebu) atau air tebu yang merupakan produk samping industri gula. Rum terdiri dari berbagai jenis dengan kadar alkohol yang berbeda-beda. Rum putih umum digunakan sebagai pencampur koktail. Rum berwarna cokelat keemasan dan gelap dipakai untuk memasak, membuat kue, dan juga pencampur koktail.

Nah, buat muslim yang berusaha menghindari kandungan alkohol, sebaiknya hati-hati mengkonsumsi klappertaart. Kalau Klappertaariza, sudah dijamin aman dari rhum. Makanya tagline-nya adalah: “Klappertaart halal”. Rasanya bagaimana? Tetap enak koq. Tanpa rhum pun, klappertaart bisa tetap terasa enak, halal lagi.

Bagaimana cara pesannya? Silakan akun Instagram @klappertaariza (update 14 Desember 2018). 

Makassar, 27 April 2014



Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Klappertaart
http://id.wikipedia.org/wiki/Rum


Share :

14 Komentar di "Klappertaariza yang Lembut dan Lezat"

  1. enak ya klappertartnya mbak Risa..? jadi pengen..
    kl aku biasa buat yg pake roti, resep yg biasa dibuat di rumah..,
    kl yg jenis satunya belum pernah tau resepnya.., yg kebanyakan dijual emang jenis kedua ya

    ReplyDelete
  2. seumur2 belum pernah ngerasain klapetart mbk,baca ini jadi pengen bangettt....dari dulu pingin buat tapi maelsnya tiada tara hahaha....soalnya ribet bin susah hihi

    ReplyDelete
  3. Waw lezatnya... thanks for visiting. I'll join to this site for update information.

    ReplyDelete
  4. Iya mbak. Rhum yg bikin hati2 kalo beli makanan jadi.

    ReplyDelete
  5. aku suka banget klappertart. Sekarang ada juga klapper pie, nah ini yg aku gak suka. Pokoknya harus klappertart :)

    ReplyDelete
  6. pengen deh nyobain klapertartnya mak marisa :D

    ReplyDelete
  7. haduuh... ngiler nih mak, saya kan penggemar klapertart hehehe

    ReplyDelete
  8. Sukaaaa banget pada Klappertart...Sekalipun agak mahal sebagai kudapan, biasanya sih aku mampu menghabiskan tiga wadah kecil itu sekali makan :)

    ReplyDelete
  9. Sampai sekarang Dhe belum pernah klappertart mba :D

    ReplyDelete
  10. baru tahu kalau ada kue dengan nama unik seperti itu dan juga belum tahu seperti apa rasanya, kalau dilihat dari bentuknya sepertinya enak sekali ya mbak.. jadi pingin nyoba..

    ReplyDelete
  11. certainly like your website but you need to take a
    look at the spelling on quite a few of your posts.
    A number of them are rife with spelling issues and I in finding it very troublesome
    to inform the truth however I will certainly come
    back again.

    ReplyDelete
  12. Somebody essentially help to make severely posts I'd state.
    This is the first time I frequented your website page
    and so far? I amazed with the analysis you made to create
    this particular put up incredible. Wonderful job!

    ReplyDelete
  13. Okay, back to the closet. Commence with the door.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^