Bolang Tetangga

Anak-anak sekitar rumah saya bagai bolang. Mereka bermain sejak melek sampai mau tidur, dengan berpindah-pindah tempat. Bisa mulainya di pekarangan masjid, lalu mandi pagi. Kemudian sekolah. Pulang sekolah lanjut bermain di rumah si A. Setelah itu ke rumah si B, setelah itu pulang untuk makan siang.

Lalu lanjut lagi di rumah si C, kemudian sore harinya pulang untuk mandi. Habis itu ke mana lagi. Kalau waktu-waktu shalat mereka ikut shalat di masjid tapi nyaris tak ada orangtua yang membiasakan mereka shalat lima waktu di rumah.

Anak-anak itu bisa membawa peralatan bermain mereka dari rumah, meletakkannya di depan rumah salah seorang warga dan bermain masak-masakan di situ. Ada meja kecil, dan aneka peralatan masak. Bahan-bahannya mereka petik dari tumbuh-tumbuhan di sekitar lingkungan kami.

Memang masa anak-anak adalah masa bermain. Seru juga memperhatikan mereka bermain. Tapi saya pribadi, tak membiarkan Affiq dan Athifah ikut bermain di luar bersama anak-anak ini. Karena bisa ikut-ikutan bermain tak kenal waktu. Sementara anak-anak harus dibiasakan mengerjakan tanggung jawabnya dengan baik, seperti mengerjakan tugas-tugas sekolah.

Kalau bermainnya tak kenal waktu, pulangnya badan sudah lelah, bagaimana bisa berkonsentrasi mengerjakan PR? Saya juga tak biasa dengan cara anak-anak ini bersenda gurau. Rentan melanggar batas-batas kesopanan yang saya anut sementara bagi anak-anak itu, hal tersebut wajar dilakukan. Ada kata-kata makian yang umum diucapkan orang dewasa, terbiasa mereka ucapkan. Orangtua mereka pun membiarkan. Saya tak mau. Akan sulit mengendalikan anak-anak bila sudah terinfeksi pola bermain dan bergaul anak-anak ini.

Jadi Affiq dan Athifah saya batasi pergaulannya dengan tetangga. Sesekali saja mereka boleh bermain di rumah kami. Itu pun saya kontrol perilaku mereka. Kalau batasan yang saya tetapkan mereka langgar, saya tak segan meminta mereka pulang. Tapi, namanya anak-anak, mereka tak memasukkannya ke dalam hati. Bila bertemu di jalan, mereka menegur saya dengan riang. Mereka pun masih suka bermain bersama Athifah.

Athifah sering protes karena tak seperti temannya yang bebas bermain di luar rumah sesuka hati mereka. Tentu saja, saya harus memberikan pengertian kepadanya. Saya katakan, “Anak-anak tidak boleh selalu bermain seperti itu. Kalau terlalu capek bermain, pasti tidak bisa belajar dengan baik. Kalau tidak belajar, bisa jadi bodoh. Athifah mau jadi bodoh?” Athifah menggeleng, “Tidak mau!”
 
Well, bukannya menghakimi anak-anak itu bodoh, mereka sungguh anak-anak yang cerdas. Saya hanya menjaga anak-anak saya saja. Saya ibunya, berhak menetapkan batas mana yang tak boleh dilewati anak-anak saya.


Makassar, 30 Maret 2014


Share :

15 Komentar di "Bolang Tetangga"

  1. Pergaulan juga mempengaruhi sikap anak ya mbak

    ReplyDelete
  2. Wah, jadi ingat masa2 kecil. Aku juga main begituan hehe, sibuk deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oya? Seru dong ya. Sy dulu anak rumahan, tidak merasakan yang seperti ini. Kadang2 suka sirik sama teman2 juga hehehe

      Delete
  3. hehe...sy jg spt itu mak wkt kcl...dr kcl ortu sdh memberi tugas2,maklum anaknya byk...jd sy main sp jam 2-3 sore,stlh itu menyapu seluruh pekarangan, halaman & rumah serta warung ibu adalah tugas sy...stlh mandi dan sholat, mainnnn lg...hbs magrib br belajar & tdr...pagi2 stlh sholat subuh wajib bantu ibu diwarung sblm brgkt sekul...tp sy sangat menikmati semuanya dg gembira...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dulu beban pelajaran gak sama dengan sekarang ya Mak jadi lebih ringan .. kalo sekarang waaaah kasian anak2 :)

      Delete
  4. setuju sekali mak Niar, kita sebagai ortu berkewajiban menjaga dan mendidik anak anak kita.
    karena pengaruh pergaulan itu sangat besar sekali, jadi kitalah yg menetapkan aturan2 agar kelak mereka mengerti apa yg baik dan yg kurang baik.


    asyiknya jadi anak anak adalah, mereka mudah sekali memaafkan dan kembali bermain setelah adanya perselisihan diantara mereka ya mak Niar :)

    salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Bunda ... memang harus ada aturan :)
      Terimakasih ya Bunda :)

      Delete
  5. Benerrr bgt....sy jg suka ngeregetan ngeliat ibu yg ngebiarin anaknya main tanpa batas waktu...anak sy menjelang magrib sy wajibkan hrs sudah d rumah,eh malah si tetangga ngebiarin anaknya main d rmh sy smpe isya,gregetanya kan sy jd g bs sholat ngaji scr khusuk,gimana mau husuk wong jagain anak org....hadehhhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh mbaak, kalo saya sudah saya suruh pulang anak2 itu, kan mereka di situ bukan karena dititipin ibunya kan? Disuruh pulang saja, mbak, kasihan anak2nya ...

      Delete
  6. jadi ingat anak-anak saya bermain mencari peta harta karun, membuat petanya, membuat tanda di sana sini ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mainnya bisa di rumah2 tetangga kalo begitu ya Mak :)

      Delete
  7. Iyaaa....si anak bandel pisan mbak...disuruh pulang g mau....nunggu emaknya sadar klo anaknya ganggu bgt jam sgtu msh d rmh org....tp g sadar2... Mau ngomong langsung g enak...huhhh!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh disuruh pulang gak mau? Untung anak2 tetangga saya mau kalo disuruh pulang ...

      Delete
  8. Idem ma aku Niar. Hawna juga kalo di rumah jarang main keluar rumah. Jadi paling di sekolah dia main sepuasnya. Di rumah tinggal tidur (pulang sekolah jam 15 soalnya)

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^