IIDN Makassar: Kopdar dan Berbagi Buku

Saya mendapat ide me-mention satu-satu teman grup IIDN (Ibu-Ibu Doyan Nulis) Makassar yang tinggal di Makassar. Karena akhirnya mereka tergerak untuk mengomentari posting-an saya mengenai ajakan untuk menjadi relawan Drop Point di kegiatan Say It With Books yang diselenggarakan oleh PenyalaMakassar.

Tentang kegiatan ini sudah pernah saya tuliskan di sini. Pendeknya, teman-teman menyetujui dan ingin berpartisipasi juga. Bahkan dua orang kawan yang baru menerbitkan buku solo bersedia menyumbangkan beberapa buku karya mereka.

Saya belum pernah cerita sebelumnya ya kalau saya didaulat teman-teman, Erlina Ayu – korwil (koordinator wilayah) terdahulu (sekaligus founder IIDN Makassar), dan bu Indari – founder IIDN untuk menjadi korwil IIDN Makassar.

Ada ibu-ibu, anak, dan buku-buku :) Eh, ada calon ibu juga :)
Buku di mana-mana, pasti ada yang dibaca-baca :)
Ayu sudah menetap di Bali, jadi posisi korwil kosong. Logis jika saya yang diminta menggantikannya karena saya merupakan anggota IIDN Makassar paling lama yang “tersisa” di Makassar. Beberapa yang seangkatan dengan saya sudah tak tinggal di Makassar dan kurang aktif di grup.

Butuh waktu lama hingga akhirnya saya mengiyakannya karena saya takut menjadi terbebani dan menelantarkan IIDN Makassar. Rutinitas sehari-hari dan kegiatan menulis selama ini saja sudah menyita waktu saya. Alasan pribadi hingga saya menerima “jabatan” itu adalah karena sudah banyak teman (mungkin ada 30 orang) yang saya “cemplungkan” ke dalam grup ini. Sayang juga kalau IIDN Makassar yang sudah susah-payah dibangun oleh Ayu tiba-tiba mati. Maka jadilah saya "bertugas" sejak Desember 2013.

Tapi saya meminta posisi korwil untuk Makassar tidak dipegang oleh satu orang, melainkan dalam bentuk presidium. Tak apalah saya sebagai ketua presidiumnya, asalkan saya didampingi dua teman lain. Lalu saya meminta Nunu (Nur Sahadati Amir) dan Uty (Phuji Astuty Lipi) untuk bersama-sama dengan saya di kepengurusan ini. Mengenai bagaimana mekanismenya, akan diatur sambil jalan saja.

Berbagai macam buku dan majalah. Ada yang bekas, ada pula yang baru
Menghidupkan grup, itu yang saya ingin lakukan pertama kali. Itu dulu, sambil melihat kegiatan apa yang bisa kami lakukan. Basis grup ini di dunia maya, sayang kalau tak aktif.

Kopdar (kopi darat) pertama sudah kami lakukan di bulan Januari lalu, hanya dihadiri oleh 4 orang. Di kopdar kedua pada tanggal 9 Februari ini, kami sepakati sebagai hari terakhir pengumpulan buku yang akan disumbangkan kepada gerakan Say It With Books. Alhamdulillah yang datang 9 orang, yaitu: bu Misrawaty, Nunu, bu Zul Khaeriyah, bu Masyitabandri, mbak Naili Amalia, Ida Basarang, Nurul Rejeki, saya, dan tuan rumah – bu Haeriah.

Banyak buku dari berbagai kategori yang terkumpul. Bahkan kak Ida Sulawati yang berdomisili di Sengkang mengirimkan satu kardus buku. Kami menyortir buku-buku yang terkumpul, menghitungnya, dan memasukkannya ke dalam kardus-kardus. Alhamdulillah, terkumpul 311 buah buku. Wow, angka yang cukup besar!

Terimakasih banyak kepada teman-teman IIDN Makassar, atas sumbangsihnya. Semoga Allah membalasnya dengan kebaikan yang berlipat. Mudah-mudahan buku-buku itu bermanfaat bagi penerimanya. Jangan malu-malu untuk lebih aktif di grup kita ya J.


Makassar, 15 Februari 2014


Share :

12 Komentar di "IIDN Makassar: Kopdar dan Berbagi Buku"

  1. Ya Allah, mbak, mulia sekali gerakannya :)
    Jumlah buku yang lumayan besar, mbak, mengingat anggota group yang belum terlalu banyak. Sukses selalu, mbak :D. Salut sama si mbak, semoga nular ke saya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gerakan teman2 Penyala, mbak. Mereka mengajak komunitas2 untuk turut serta :)

      Delete
  2. siphhh... lanjutkan!! sukses slalu buat mbaknya :D
    kunjungn blik jng lpa

    ReplyDelete
  3. positif sekali kegiatannya. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah .. diajak sama komunitas lain :)

      Delete
  4. Wah,,,, kegiatan IIDN sangat mulia sekali ya Mba, semoga bermanfaat bagi yang memerlukannya.

    Salam

    ReplyDelete
  5. Met siang mba,
    Tempo hari saya membaca juga ttg IIDN ini tp lupa dari blohnya mba siapa.
    Salut banget dgn kegiatan konstruktif seperti begini. Banyak juga ya buku-buku yg terkumpul.
    Semoga upaya baik ini memberi banyak manfaat bagi pihak-pihak yg membutuhkan.
    Salam dari saya di Bekasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak menyangka juga bisa terkumpul banyak kang. Alhamdulillah banyak dukungan, dari kawan2 dan dari mereka yang menyumbangkan buku. Alhamdulillah bisa berpartisipasi dalam kegiatan kawan2 Penyala ...

      Delete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^