Say It with Books

Bukan dengan cokelat atau bunga. Tapi: say it with books. Slogan ini digunakan oleh Penyala Makassar dalam sebuah proyek sosial yang sudah diselenggarakan dua kali. Yang pertama tahun lalu, dan yang kedua kali insya Allah puncaknya pada tanggal 14 Februari 2014 di pelataran Fort Rotterdam, Makassar.

Kategori buku yang amat dibutuhkan sebagai berikut:
  • Buku pegangan guru
  • Cerita anak
  • Ensiklopedia
  • Kamus
  • Buku latihan soal
  • Buku pengetahuan anak
  • Peta
Say It with Books adalah kegiatan menyatakan cinta kepada negeri dengan berdonasi buku layak baca bagi anak-anak sekolah yang memiliki keterbatasan akses mendapatkan buku bacaan. Tahun lalu kegiatan ini pertama kali dilaksanakan. Berhasil menggalang 175 donatur buku dan ribuan buku layak baca yang dialokasikan ke wilayah penempatan Pengajar Muda dari gerakan Indonesia Mengajar serta perpustakaan mandiri masyarakat yang membutuhkan.

Rencananya pula tanggal 14 Februari nanti akan ada kegiatan menulis surat inspirasi dan memo semangat bagi anak-anak di sekolah-sekolah di daerah terpencil, di mana para Pengajar Muda ditempatkan.

Saya pernah mengikuti kegiatan menulis surat semangat untuk anak-anak di daerah Sangihe Talaud (Sulawesi Utara), bertepatan dengan kegiatan Makassar International Writers Festival, pada bulan Juni lalu.


Beberapa orang melakukan hal yang sama dengan saya, menuliskan surat untuk anak-anak di daerah terpencil. Surat-surat itu didistribusikan oleh Penyala Makassar ke daerah-daerah tersebut. Membayangkannya saja saya sudah senang.

Maksudnya, saya membayangkan tulisan tangan saya akan sampai ke tangan anak-anak di Sangihe sana. Lalu mereka membaca sedikit tentang Makassar dalam tulisan saya. Bisa saja itu kali pertama mereka membaca tentang Makassar, lalu suatu hari nanti mereka tergerak datang ke Makassar untuk bersekolah? Tentu lebih senang lagi bila saya menerima balasan surat dari mereka. Tapi, sampai sekarang belum ada kabar L

Penyala Makassar, merupakan bagian dari gerakan Indonesia Menyala. Indonesia Menyala adalah sebuah gerakan sosial yang berfokus  pada menciptakan perilaku membaca hingga menjadi budaya di suatu daerah tertentu. Titik beratnya pada siswa, namun tidak menutup kemungkinan perilaku baca ini dapat tumbuh di lingkungan siswa, mulai dari keluarga, guru/kepala Sekolah, hingga masyarakat. Sampai sekarang sudah ada 9 "Penyala" di Indonesia, tersebar di 9 kota. Ingin tahu di mana saja itu? Silakan klik webnya: www.indonesia-menyala.org.

Oya, Penyala membuka kesempatan bagi komunitas yang bersedia menjadi “Relawan Drop Point Penggalangan Buku”. Penggalangan buku akan dilakukan sampai tanggal 12Februari2014.

Tugas Relawan Drop Point Penggalangan Buku adalah:
  • Menyediakan tempat penyimpanan buku yang digalang dari komunitas di sekitar drop point.
  • Mengampanyekan penggalangan buku sesuai kategori dan kriteria yang dibutuhkan pada
  • komunitas di sekitar drop point.
  • Memastikan buku yang tergalang sesuai dengan kategori dan kriteria yang dibutuhkan. 
  • Berkoordinasi dengan relawan Penyala Makassar untuk pengumpulan buku dari drop poin ke storage utama.

Secara individu juga bisa, datang saja ke Fort Rotterdam tanggal 14 Februari nanti dengan membawa buku yang hendak disumbangkan. Satu boleh, lebih dari satu lebih lagi.


Anda yang berminat? Atau ada yang ingin ditanyakan? Silakan kontak (via sms bisa): Arya (relawan Drop Point Say It With Books) di nomor 08991692412 atau email ke penyalamakassar@yahoo.com, atau grup facebook: Penyala Makassar.

Makassar, 22 Februari 2014


Share :

16 Komentar di "Say It with Books"

  1. Wuaaa,kegiatannya bener2 bermanfaat banget mbk...saya baru dnegan Indonesia menyala,dan baru tahu kegiatan ini....inspiratif sekali,aarkkkk pingin ikutttt...tapi jauh bangettt huhuhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada di 9 kota mbak, kayaknya ada yang dekat2 Siak deh, tapi di provinsi lain :)

      Delete
  2. Makasih informasinya kak. Waktu penyala yang tahun lalu tidak sempat sumbang buku karena lagi tidak di Makassar.

    ReplyDelete
  3. wah mesti bikin paspor dulu dong buat ke rotterdam. hehehe
    keren kegiatannya tante... sukses yaa!

    ReplyDelete
  4. Sukses selalu untuk acaranya mbak. Pengen rasanya ikut jadi relawan. Memulai sesuatu dari hal kecil untuk kemajuan yg besar.

    ReplyDelete
  5. jadi kepengin ikutan say it with books nih mak :)

    ReplyDelete
  6. wwoooowww keren banget, jadi pengen ikut bergabung juga nih mbak :)

    ReplyDelete
  7. Ini dia gerakan yang bagus banget... layak untuk didukung.
    Makasih banyak infonya mbak... jadi pengen tahu lebih banyak tentang penyala nih.

    ReplyDelete
  8. In Shaa Allah datang dan berniat mau bawa beberapa buku latihan soal.

    ReplyDelete
  9. semoga sukses acaranya, mbak... hm, cari2 info aah, apakah ada penyala berlokasi dekat rmhku & sedang menyelenggarakan hal serupa...

    ReplyDelete
  10. Menginspirasi, gerakan nyata bagi aktifis buku. Semoga berjalan lancar, sukses super meriah...dan memberi dampak yang sangat baik bagi semua :)

    ReplyDelete
  11. Kegiatan yang luar biasa bagusnya

    Semoga selalu dimudahkan oleh Allah swt dlm menjalaninya

    Sukaaa bangget ...


    Salam

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^