Mengapa Saya Ikut Pemilihan Srikandi Blogger

Temukan 57 perbedaan dari kedua gambar di bawah ini. Hahaha. Bukan … bukan … ini bukan tebak-tebakan gambar. Jadi ceritanya, saya coba-coba buat kartun di sebuah website (diajari mak Pungky – panggilan “mak” ini khas dalam KEB). Karena waktunya mepet, harus cerita tentang saya dan KEB (Kumpulan Emak-Emak Blogger) maka yang terbentuk adalah gambar amatir itu.

Saya pernah bertemu seorang ibu yang memaki batitanya hanya karena batitanya tak sengaja menumpahkan air. Saya melihat sosok ibu yang galau di diri ibu itu. Ibu rumahtangga itu memang tak lepas dari galau. Salah satu cara yang asyik dalam menjalani hari-hari adalah dengan mempunya me time. Nah me time yang asyik itu ngeblog lalu gabung dengan KEB. Tidak perlu kemampuan tinggi dalam teknis menulis, siapa pun bisa memulai ngeblog.

Saya amat bersemangat ngeblog karena bagi saya ngeblog itu seperti membangun prasasti sejarah saya sendiri. Saya suka mengkhayalkan, sekian puluh tahun ke depan di saat saya sudah tak ada di dunia ini, anak-cucu saya masih bisa membaca goresan-goresan saya di dalam blog dan bisa mengambil hikmah di dalamnya.  Ah, indahnya.

Kiri: before ngeblog
Kanan: after ngeblog
Eh, jadi ke mana-mana hahaha. Jadi maksud gambar itu adalah  kalau Ibu-Ibu galau dengan rutinitas sehari-hari, coba ngeblog, Bu.  Dan gabung dengan KEB untuk merasakan sensasinya. Jadi, gambar itu sebenarnya adalah before and after ngeblog. Before-nya di sebelah kiri, after-nya di sebelah kanan. Psst, jangan diketawain yah kalo garing .

Oya, buat yang belum kenal. Nama saya Mugniar Marakarma, akrab disapa NIAR. Ayah saya orang Bugis tulen, ibu saya orang Gorontalo tulen. Saya bahagia menjadi orang Sulawesi. Seorang emak dari 3 anak yang lahir dan besar di Makassar. Pernah merantau ke Riau selama 2 tahun lalu balik lagi ke Makassar, hingga sekarang.

Ngeblog merupakan refreshing di sela-sela rutinitas saya yang tanpa ART. Belakangan ini saya malah menganggap ngeblog juga sebagai pekerjaan saya J. Asyik sekali rasanya. Jadi saya bisa menulis dalam keadaan apapun. Baik dalam keadaan senang, pilu, segar, letih, sehat, maupun sakit sekali pun. Ngeblog dan menulis itu sudah seperti bagian dari aktivitas bernapas saya.

Saya suka berada dalam KEB yang hangat dan nyaman karena makin menguatkan identitas saya sebagai seorang emak blogger. Ini yang kedua kalinya saya mencoba ikut ajang Srikandi Blogger. Sejak 3 tahun lalu mendeklarasikan diri sebagai blogger, jumlah tulisan di blog saya http://mugniarm.blogspot.com saat ini berjumlah 1000 lebih. Makanya saya berani untuk maju lagi.

Apa lagi alasan, kenapa saya berani? Hm, karena saya suka tantangan. Walau tak muda lagi (saya tak malu mengakui, umur saya 40 di tahun ini lho  J), saya mencoba memenuhi tantangan yang kira-kira sanggup saya penuhi. Tentu saja kalau itu sesuai dengan kemampuan saya. Saya blogger makanya saya ambil tantangan ini. Kalau saya novelis, tentu saya ikut lomba novel.

Yah, minimal bisa memperlihatkan ke anak-anak saya bahwa walaupun ibu rumahtangga, mama mereka tak segan-segan berkompetisi. Masa depan adalah masa yang penuh dengan kompetisi. Persaingan semakin ketat, apalagi era AFTA (ASEAN Free Trade) terbuka lebar tahun depan di mana orang Indonesia akan bersaing dengan orang-orang dari negara-negara ASEAN dalam berbagai bidang, di negeri kita sendiri. Semangat berkompetisi sejatinya harus dipunyai oleh semua orang. Nah, saya mau menunjukkan ke anak-anak kalau saya tak segan-segan berkompetisi, walau itu melawan laki-laki, yang lebih muda, ataupun yang lebih berpengalaman selama saya merasa punya kemampuan.

Oya, KEB itu tak hanya sharing dan berkompetisi melalui menulis lho. Kegiatan sosial juga dilakukan untuk membantu korban banjir.  Bila Anda tergerak, boleh transfer ke Rekening BCA KEB atas nama mak Irma Susanti . Nomor rekeningnya ACC 066-2857-546. Kalau sudah, konfirmasikan via sms ke 0813-8909-5599 atau 0852-1033-4998.

Huaa sudah terlalu panjang pidato saya. Terakhir, mohon dukungan dan do’a karib dan kerabat semua agar saya bisa maju ke tahap seleksi #50finalisSB2014 berikutnya yaa .

Makassar, 26 Februari 2014




Share :

20 Komentar di "Mengapa Saya Ikut Pemilihan Srikandi Blogger"

  1. Saya iri membaca tulisan ini. Bagaimana tidak, mba telah menemukan bahwa me time nya itu dgn ngeblog. Terbukti dgn jumlah posting yang sudah mencapai 1000 itu.
    Iri saya itu menjadi penyemangat bagi saya untuk tetap konsisten ngeblog...
    Makasih sharingnya mba...
    Salam dari saya di Bekasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mari terus menulis Kang. Jangan dibiarkan blognya penuh sarang laba2 :)
      Salam dari Makassar

      Delete
  2. Bravo, Mbak. Semangat ngeblog terus ya... Semoga mencipratkan semangatnya ke emak-emak atau babeh2 yg lain :)

    ReplyDelete
  3. 1000 postingan, salut untuk kak niar. smoga lolos babak selanjutnya. dengan ngeblog pula kita saling mengenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak postingan pendek koq, Tia .. siapapun bisa bikin :)
      Iyaa, senang juga mengena Tia, mudah2an bisa ke Aceh atau Tia yang ke MAkassar yaa :)

      Delete
  4. Keren mbak,,,,
    btw.. maaf jeng, smsnya dulu enggak punya pulsa gak bisa bales... eh tetiba android eror, biasa memorinya kecil,,, eh udah kadaluwarsa ya,,, sudah jaman baheula baru bilang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha .. gpp mbak Nunu. Sy juga lupa, mau nanya lagi di twitter atau FB lupa terus padahal kan gampang ya :D

      Makasih ya dah mampir :)

      Delete
  5. Uwaaaa...keren bangettttt mbk.sukses sllu mbk...

    ReplyDelete
  6. Mak niar, menurut saya yang paling bersyukur dengan adanya KEB adalah Irin *nggak di marah-marahin lagi* :) Sakses pemilihan srikandi blogger nya ya mak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayangnya ... emaknya Irin tidak ngeblog maak hehehe. Kalo anak saya ... mereka pasti bersyukur mamanya ngeblog :D

      Delete
  7. Sukses untuk bunda Niar, semoga terus berkarya.. btw ngeblog juga menghindarkan kita ngobrol gak keruan sesama ibu ibu #eh.. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha benar sekali Mamie ... terimakasih ya sudah mampir di sini :)

      Delete
  8. Saya selalu kagum dengan KEB

    Mereka selalu bisa berbagi dan saling menginspirasi ... saling berkompetisi ...
    dengan cara yang eiylekhan ... santun ... smart ... tetapi tetap kenes ...

    Khas ibu-ibu ...

    Maju terus Niar ...
    (untuk pertama kalinya ... saya memakai panggilan yang diinginkan nih ... hehehe)


    Salam saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah saya menjadi bagian KEB, om Nh. Aamiin, terimakasih do'anya. Terimakasih juga sudah memanggil saya dengan nama kecil saya :)

      Delete
  9. semoga lancar, bun. proud of you :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Proud of you too, Ila - anak muda dengan semangat belajar tinggi, kreatif, dan berprestasi ^__^

      Delete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^