KEB di Mataku: Berbagi dan Berkompetisi Adalah Kekuatannya

Menulis dalam diary harian adalah hal yang tak pernah lepas dari kebiasaan para kaum hawa. Apa yang dilihat, dirasa ataupun didengar mampu terungkapkan melalui sebuah catatan apik yang tak akan pernah lekang oleh waktu.

Grup ini dibuat untuk menjalin persahabatan & memfasilitasi semua perempuan yang suka nulis, ngeblog atau sekedar curhat online di social media, untuk saling memberikan inspirasi, berbagi karya dan ide-ide positif, sehingga bisa menjadikan tulisannya sebuah karya yang bermanfaat.

Demikian yang tertera dalam profil Kumpulan Emak-Emak Blogger (KEB). Komunitas yang sudah beranggotan 1400-an anggota yang berasal dari seluruh Indonesia dan berbagai penjuru dunia ini terus berkibar, memantapkan eksistensinya.

Sudah hampir 2 tahun ini saya bergabung dengan komunitas yang semua anggotanya perempuan ini. Nyaris sama dengan usia KEB yang didirikan pada tanggal 18 Januari 2012 oleh Mira Sahid.

Basisnya di sosial media menjadikannya KEB makin mantap menggalang banyak emak dan calon emak yang antusias berbagi melalui blog-blog pribadi mereka. Demikian pula halnya saya.



Saya merasakan semangat berbagi yang tinggi, semangat belajar, dan semangat berkompetisi. Pada banyak lomba yang saya ikuti, sebagian bahkan ada yang mayoritas pesertanya berasal dari KEB. Seperti pada lomba ngeblog yang diselenggarakan oleh Kelompok Blogger ASEAN secara non stop selama 10 hari berturut-turut (kronologi lombanya bisa dibaca di link http://aseanblogger.com/lomba-blog-10daysforasean).

Ada puluhan perempuan menjadi peserta lomba ini. Tema-tema yang berbeda setiap harinya adalah tantangan menarik bagi mereka. Tak peduli bila itu mengharuskan mereka mengerutkan kening untuk mempelajari dan menelaah pengetahuan baru. Hasilnya, dari 10 finalis, 6 orang berasal dari KEB. Kemudian dari 5 orang pemenang, 3 di antaranya berasal dari KEB.

Berinteraksi dengan teman-teman di KEB membuat saya ikut merasa bersemangat. Utamanya dalam memelihara passion menulis dan dalam berlomba. Ada satu dokumen dalam grup facebook KEB berisi informasi lomba-lomba menulis dan lomba blog. Persaingan terbuka saja. Di KEB kami sportif. Di saat pengumuman pemenang keluar, sang pemenang akan menerima ucapan selamat yang mengalir dari sesama anggota. Tak ada rasa sakit hati. Masih ada hari esok, masih banyak lomba yang melambai-lambai memanggil kami untuk bertarung lagi.

Bagi saya pribadi, memelihara semangat menulis dan semangat bertarung dalam lomba menulis itu penting. Untuk kelak saya wariskan kepada anak cucu saya. Mengingat pada masa depan persaingan hidup akan semakin keras. Yang kalah adalah mereka yang cepat menyerah. Saya berharap bisa menjadi contoh nyata bagi anak cucu saya. Dengan tak berhenti menulis sampai Yang Maha Kuasa memerintahkan saya untuk berhenti.

Lebih dari itu, membaca tulisan-tulisan teman-teman KEB yang berbagi melalui blog mereka sungguh menambah wawasan saya mengenai berbagai macam hal. Bila ada yang sedang bersedih, dukungan untuknya langsung mengalir. Seperti ketika baru-baru ini seorang kawan yang berprofesi sebagai buruh migran di Hong Kong berbagi uneg-unegnya melalui tulisannya yang berjudul Surat Terbuka untuk Bapak Presiden, dukungan untuknya langsung mengalir dalam bentuk komentar-komentar dan membagikan kembali tulisan itu di wall masing-masing. Demikian pula ketika ada yang berbahagia, seakan kebahagiaan kami rasakan bersama.

Untuk KEB: selamat hari jadi kedua, semoga semakin menancap di hati para emak dan calon emak di mana saja berada. Tetap menjadi inspirasi tiada henti bagi siapa saja. 

Makassar, 18 Januari 2014






Share :

23 Komentar di "KEB di Mataku: Berbagi dan Berkompetisi Adalah Kekuatannya"

  1. Sepakat dengan Niar, KEB adalah sebuah rumah yang hangat dan mendukung anggotanya untuk berbagi dan berkompetisi secara sportif dan sehat. :)
    Selamat ulang tahun, KEB, semoga semakin berkibar dan solid. Aamiin. :)

    ReplyDelete
  2. Setuju mak...Semoga KEB selalu solid dan berkembang lebih baik lagi...Aamiin

    ReplyDelete
  3. mak Mugniar salah satu emak yang menginspirasi ^^

    ReplyDelete
  4. Terima kasih untuk doa dan ucapan ulang tahunnya, Mak Mugniar :)
    Nggak terasa ya kita sudah 2 tahun bersama-sama di KEB, semoga selalu menginspirasi buat emak blogger lainnya.
    Jangan bosan dengan KEB ya :*

    ReplyDelete
  5. semoga KEB bisa menginspirasi banyak perempuan^^

    ReplyDelete
  6. salam ...
    mak Niar adalah inspirasi saya juga, tulisannya bagus, jelas dan informatif, saya suka, dan belajar dari mak Niar.
    Terimakasih yaa
    Semoga KEB tetap menjadi rumah yang hangat bagi semua perempuan

    ReplyDelete
  7. Senang bisa kenal sama Mak Niar. Semoga ada jalan buat ketemuan ya,mak. Saya suka sama tulisan-tulisannya Mak Niar. *peluk*

    ReplyDelete
  8. cuman, jangan sampe muncul kebiasaan buruk yang identik sama emak2 ngumpul yaa.. hahaha :D

    ReplyDelete
  9. KEB memang mantab!
    Semoga kita semua bisa sukses bersama KEB ^_^

    ReplyDelete
  10. Happy Bday untuk kita semua!
    Terima kasih untuk tulisan2 Mak Mugniar yang menginspirasi.

    O iya. Yg komen kebiasaan buruk yg identik sama emak2 itu pasti belom pernah liat emak2 KEB ngumpul deh wkwkwkwk...

    ReplyDelete
  11. selamat ulang tahun KEB ^^ berbagi dan teruslah menginspirasi perempuan Indonesia :)

    ReplyDelete
  12. Sepakat. Dengan berkomunitas semangat menulis dan berkompetisi kita terpelihara. Semoga ke depannya KEB tetap menjadi wadah bernaung yang nyaman :)

    ReplyDelete
  13. betul mak

    semangat berkomunitas dan tambah pinter yaa

    ReplyDelete
  14. Senang bisa mengenal mak Niar. Keep inspiring *peluk erat*

    ReplyDelete
  15. Duuh maaf teman2 ... tidak bisa membalas komennya satu per satu. Entah ada apa dengan blog ini. Saya senang membaca komen2nya. *peluk para emak dan calon emak*

    Oomguru: tak ada yang suka berburuk2 di KEB oomguru :D

    ReplyDelete
  16. Emm... di KEB aku kenal yang namanya lomba blog, dari situ semangat nulis muncul. kalo lg bingung mau nulis apa, aku suka sibuk cari info lomba :D

    Dan senangnya aku bs kenal sama mak Mugniar dari KEB. Makasih KEB dan makasih utk kebaikan hati mak Mugniar. :)

    ReplyDelete
  17. Salam kenal ya Mak. Blognya baguuuusss banget. Selamat milad KEB

    ReplyDelete
  18. perempuan rata-rata gitu ya....

    ReplyDelete
  19. Undoubtedly, the internet is among the most preferred market places where sellers and buyers meet.
    All since then, Indica is floating in the market with a regular sale.
    00 per gallon, depending on market prices, but that is a good benchmark.

    ReplyDelete
  20. So you, as the restorer, have to set realistic goals
    as to exactly what parts of the car you are going to restore to their original states and what parts of the car you are willing to restore "as close as possible" to their original
    states. All since then, Indica is floating
    in the market with a regular sale. It is available in two versions of petrol and diesel and has been a very reasonable price.

    ReplyDelete
  21. The proceeds of selling your older car can go to the operations of the charity like giving food or clothing to the family that they supported.
    All since then, Indica is floating in the market with
    a regular sale. 00 per gallon, depending on market prices, but that is a good benchmark.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^