BSD City: Kota Mandiri yang Asri dan Nyaman

BSD City. Gambar dari: www.bsdcity.com
Kota mandiri yang saya ketahui biasanya sengaja dibangun oleh perusahaan besar yang berkegiatan di daerah yang jauh dari pusat kota atau pusat provinsi. Sebut saja distrik Minas dan Rumbai yang pernah saya tinggali pada tahun 1999 – 2002 ketika mendampingi suami yang saat itu bekerja di sebuah perusahaan eksplorasi minyak bumi di Riau.

Perumahan dibuat senyaman mungkin, berdampingan dengan fasilitas olahraga, sekolah, tempat makan, dan hiburan. Lingkungannya masih amat alami karena memang terletak di dalam hutan. Walau tidak dekat letaknya dengan pusat kota Pekanbaru, para penghuni kota mandiri di area perusahaan tersebut nyaman saja dengan keseharian mereka.

Konsep kota mandiri amat beralasan untuk dikembangkan dewasa ini mengingat pertumbuhan penduduk yang makin besar maka agar penduduk tersebar merata, perlu adanya bermacam fasilitas yang tersebar di kota-kota mandiri, agar kepadatan tidak hanya terjadi  di pusat kota.

Hunian The Green di BSD City. Gambar dari: www.bsdcity.com
Hunian Foresta di BSD City. Gambar dari: www.bsdcity.com
Dewasa ini proyek kota mandiri juga dilakoni oleh pengusaha properti. Sebut saja Sinar Mas Land  dengan proyek BSD City-nya. “Bumi Serpong Damai”, sudah lama saya mendengarnya. Kota ini didirikan pada 16 Januari 1984, merupakan satu dari 4 proyek kota mandiri yang digagas oleh Sinar Mas Land. Ketiga kota mandiri yang lainnya adalah: Kota Delta Mas, Kota Wisata, dan Grand Wisata.

BSD City yang strategis terletak di sebelah barat daya Jakarta. Luasnya setengah dari luas kota Paris, sekitar 6.000 hektar. Menggabungkan perumahan, bisnis dan properti komersial. Menyiapkan infrastruktur kelas terbaik dan fasilitas yang lengkap dan membangun rumah dengan kualitas terbaik.

Edu Town di BSD City. Gambar dari: www.bsdcity.com
Taman Tekno di BSD City. Gambar dari: www.bsdcity.com
Fasilitas olahraganya amat memadai. Ada lapangan tenis, kolam renang ukuran olimpiade, lapangan golf, dan Ocean Park – wahana petualangan air tematik terbesar di Asia Tenggara.

Tersedia berbagai fasilitas gaya hidup: shopping, makan, multi cineplex teater, dan aneka fasilitas hiburan.  Ada pula pasar modern dan sejumlah pusat perbelanjaan yang sudah dibuka untuk bisnis .

Terdapat lebih dari 63 sekolah nasional dan internasional, dari tingkat pra sekolah hingga perguruan tinggi. Ada rumah sakit bertaraf internasional, juga klinik, dan praktek dokter spesialis. Selain itu tersedia tempat-tempat ibadah dari semua keyakinan.

Menuju kota bersih dan sehat untuk hari ini dan untuk besok, BSD yang terletak pada ketinggian 40 meter di atas permukaan laut memiliki program pengelolaan limbah yang memadai. Ada taman umum yang asri, jaringan saluran air dan kanal untuk pengelolaan banjir.  BSD peduli dengan pembibitan tanaman, sebagai inisiatif yang berkelanjutan. Untuk pupuk, digunakan kompos.

BSD menyediakan hub bisnis modern bagi perusahaan lokal dan multinasional. Tersedia infrastruktur telekomunikasi yang menjamin koneksi yang konsisten dan cepat. Sekitar 400 hektar dari total luas BSD dialokasikan untuk ruang hijau untuk kegiatan outdoor. Untuk keamanan, BSD memiliki sistem keamanan elektronik didukung oleh petugas keamanan yang profesional dan ramah .

Hmm … membayangkannya saja sudah nyaman. BSD City adalah solusi bagi mereka yang mendamba kenyamanan hunian berwawasan lingkungan yang letaknya tak jauh-jauh amat dari ibukota negara. Semua fasilitas terbaik tersedia, apa lagi yang diinginkan selain menikmatinya?


Makassar, 3 Oktober 2013


Referensi:

http://www.sinarmasland.com
http://www.bsdcity.com


Share :

27 Komentar di "BSD City: Kota Mandiri yang Asri dan Nyaman"

  1. Alhamdulillah de penduduk BSD. Hehehe

    Dulu gak kepikiran mo ambil rumah di BSD, kebayang jauhnya dari Jakarta.

    Tapi setelah dijalanin dan merasakan naik KRL tiap hari, nyaman aja sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow mbak tinggal di BSD ... kapan2 kalo ada rejeki ke Jakarta pingin juga liat2 BSD .. bisa main ke rumah mbak berarti ya *kedip2* ^__^

      Delete
    2. kabarin yah kalo ke Jakarta.

      Nginep di rumah juga silakan loh

      Delete
    3. alhamdulillah saya pernah nyasar ddi dekat BSD, waktu mau balik ke rumah kakak yg tinggal di Tangerang [ Palem semi], saat itu pengennya sih bisa nyasar masuk ke lokasi BSD, tapi gak mgk bisa karena sdh larut malam banget

      Delete
    4. @Masrafa.com Waaah mudah2an kapan2 bisa main ke BSD ya mbak ... ^__^

      @Ririe Khayan: Andai nyasarnya bisa milih ya mbak hehehe

      Delete
  2. CPI skrg sdh sepi kok mak, banyak yg pilih rumah di luar & karyawan jg berkurang sangat banyak, byk dikerjakan kontraktor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak, dengar dari teman yang masih di sana juga begitu. Padahal dulu orang2 pada ngantri untuk dapat rumah. Dulu lebih banyak yang mau tinggal di dalam daripada di luar. Karena mereka memilih membangun rumah di kampung.

      Delete
  3. Nah! Kudet bener gue! Ternyata BSD tuh proyek ea? Kirain BSD yg di Tangerang itu! Ternyata (lagi) BSD ada dimana-mana! Hehe..

    ReplyDelete
  4. kalo itu emang TOP tante... tapi duitnya juga TOP ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang pasti sebandinglah fasilitas dan harga :)
      *kayak yang tahu harganya saja ya saya ini hehehe*

      Delete
  5. Mmmm ...
    Jujur bu ...
    Daerah ini masih panas banget ...
    sebagian masih gersang ...

    :) :) :)

    Salam saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm berarti sebagian masih dalam proses ya om Nh ...

      Delete
  6. wah komplit ya mbk....jujur,belum pernah lagi ke jakarta jadi penasaran banget ^^

    ReplyDelete
  7. nyaman ya kalau tinggal di tempat yang serba ada dan dekat

    ReplyDelete
  8. eemmm...enaknya ada kolam renangnya. tp sepertinya rindang ya perumahannya (liat dr foto)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Liat dari fotonya sih iya mbak ... tapi ada komen di atas yang katanya sebagian masih gersang. Tapi memang 3/4nya masih dalam pengembangan yang terus menerus. Dan menurut saya, setelah membaca2 bbrp artikel hasil browsing, untuk ke depannya SML sangat mengusahakan "kehijaua" area ini ...

      Delete
  9. Fasilitasnya lengkap ya Mbak
    Kebayang deh berapa harganya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mestinya ada harga yang harus dibayar untuk sebuah kenyamanan ya mbak :)

      Delete
  10. BSD City bukan punyanya Agung Podomoro ya..?

    ReplyDelete
  11. Hunian impian nih : asri, hijau royo-royo dan dimanjakan dengan banyaknya fasilitas....

    ReplyDelete
  12. BSD dekat ke tempatku nih, aku dulu sering main ke BSD. Memang tempatnya bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah bisa main ke tempat mbak Leyla nih kalo ada rejeki ke sana ... bisa ke tempat ibunya MAsrafa lalu ke tempat mbak Leyla ... asyiiiik :D

      Delete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^