Nasu Bale Serembar

Nasu Bale Serembar - Seperti halnya orang Makassar, orang Bugis amat menyukai “ikan masak” atau nasu bale. Di Makassar, nasu bale disebut dengan pallu mara. Tak semua jenis masakan ikan disebut dengan “ikan masak”. Ikan masak maksudnya adalah ikan yang dimasak dengan cara direbus, sejenis pindang ikan. Saya dan suami suka dengan jenis masakan ini.

Baik di suku Bugis maupun Makassar, bumbunya standar saja: asam, kunyit, bawang merah, dan bawang putih. Bila tak hati-hati mengukur asamnya, rasanya bisa menjadi teramat masam. Bagi yang tak menyukai makanan asam, tentu tak cocok di lidah mereka.

Ayah dan suami saya, sama-sama bersuku Bugis. Bagi mereka tak menjadi masalah takaran asam dalam nasu bale asal tidak kelewatan rasa asamnya. Berbeda dengan ibu saya yang bersuku Gorontalo. Di Gorontalo ada masakan pindang ikan juga, tapi takaran asam pada bumbunya sedikit, namanya ilahe. Mungkin karena itu, Ibu tak suka nasu bale yang rasa asamnya jelas sekali. Sama dengan saya, yang tak suka makanan asam.


Bahan-bahan Nasu Bale Serembar
Saya berkali-kali bereksperimen dengan bumbu-bumbu untuk memasak nasu bale. Tujuannya, supaya tak terlalu asam dan rasanya tetap enak meski tak diberi tumisan bawang. Saya tak tahu resep aslinya bagaimana, tapi kebanyakan orang memasak nasu bale, sebagian bawangnya ditumis, sebagian lagi langsung dicemplungkan ke dalam kuah setelah dipotong-potong. 

Akhirnya saya mendapatkan kombinasi bumbu dan cara memasak yang saya inginkan. Yang tidak terlalu asam dan tak perlu diberi tumisan bawang tetapi tetap enak. Menu masakan harus bervariasi, kan. Setiap hari makan lauk yang digoreng dengan minyak mesti ada penyeimbangnya, seperti masakan yang direbus dengan cita rasa yang tetap terjaga seperti ini.

Nah, saya lagi suka pakai bumbu ketumbar. Tahu tidak, ketumbar bubuk sebagai bumbu dapur yang memiliki khasiat mengurangi batuk dan pilek, lho! Sekalian ya, mendapatkan manfaat rasa dan juga manfaat nutrisinya.

Oya, untuk gorengan sebaiknya gunakan minyak goreng yang dibuat dengan teknologi mutakhir yang melalui 5 tahapan proses yakni 3 kali proses pemurnian dan 2 kali proses penyaringan sehingga menghasilkan minyak goreng yang baik, dengan karakteristik:

  • BENING. Tidak cepat hitam, minimalkan resiko kanker
  • TIDAK MUDAH BEKU. Kandungan asam lemak jenuh rendah, hindarkan ancaman kolesterol jahat
  • KARAKTERNYA SEPERTI AIR. Tidak lekat dan mudah mengalir
Meskipun demikian, tak baik selalu mengkonsumsi banyak makanan yang digoreng. Menurut sebuah penelitian yang didanai oleh sebuah lembaga di Swedia, makanan yang banyak mengandung karbohidrat, seperti kentang, singkong dan ubi yang di proses dengan digoreng terbukti dapat merangsang pembentukan senyawa karsinogenik (pemicu kanker) bernama akrilamida. 

Akrilamida merupakan senyawa kimia, yang umum dipakai di laboratorium. Selain itu pada umumnya diluar negeri Akrilamida dipakai untuk mengumpulkan kotoran dalam proses permurnian air minum pada PAM. Sementara itu, bahan makanan yang direbus atau dikukus ternyata hanya mengandung sedikit senyawa akrilamida, sehingga tak berbahaya bagi kesehatan.

Ok, kembali ke eksperimen saya. Ayah, Ibu, dan suami cocok dengan resep yang saya beri nama NASU BALE SEREMBAR ini. Oya, tak perlu pakai penyedap rasa/MSG lho, bumbu-bumbu saja sudah enak. Tahu kan kalau MSG biasanya digunakan dalam berbagai jenis makanan dan daging olahan. Sekarang, di mana-mana baik di kota maupun di desa, pada penjual bakso keliling maupun di restoran besar, MSG lumrah digunakan. MSG terdiri dari asam glutamat dan garam yang sering dikaitkan dengan pengaruh negatif yang bisa mengganggu sistem saraf otak. Bahkan, dalam dosis tinggi bisa menyebabkan serangan epilepsi.

Tak berpanjang-panjang lagi, ini dia resepnya:

 
Asam dan ikan, bahan Nasu Bale Serembar

NASU BALE SEREMBAR

Bahan:
  • 3 ekor ikan katamba berukuran sedang (bisa diganti dengan ikan jenis lain)
  • 2 buah bawang putih
  • 1 siung besar bawang merah
  • 1 sdm kunyit bubuk
  • 1 sdm ketumbar bubuk
  • 1 batang sereh yang dimemarkan
  • 1 genggam asam mangga (bisa diganti dengan jenis asam lain)
  • 3 buah cabe rawit
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya

Cara membuatnya:
  1. Cuci bersih ikan yang sudah dikeluarkan isi perutnya, masing-masing potong menjadi dua bagian.
  2. Campurkan asam dengan sedikit air, remas-remas supaya rasa asamnya keluar.
  3. Masukkan potongan-potongan ikan ke dalam campuran air asam, diamkan selama 10 – 15 menit.
  4. Haluskan bawang putih dan bawang merah.
  5. Keluarkan ikan dari rendaman air asam, jangan dicuci.
  6. Masukkan ikan ke dalam panci yang berisi air, naikkan ke atas kompor yang menyala.
  7. Masukkan bawang yang sudah dihaluskan, kunyit, ketumbar, dan sereh ke dalam panci, rebus sampai ikan masak.
  8. Janagan lupa masukkan garam, gula, dan cabe rawit utuh.

Nasu Bale Serembar

Selamat mencoba 😇

Makassar, 8 September 2013

Referensi:
  • http://minyakgorengsunco.com/tentang-sunco/tentang-produk
  • http://permathic.blogspot.com/2013/05/bahaya-makan-gorengan-terlalu-sering.html
  • http://health.okezone.com/read/2013/01/26/482/752027/menguak-bahaya-penggunaan-msg


Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog dari http://www.resepsehat.com persembahan SunCo Minyak Goreng Yang Baik. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan merupakan jiplakan

Update 10 Juli 2020


Share :

36 Komentar di "Nasu Bale Serembar"

  1. mau donk tante... Nasu Bale Serembar | nama ikan nya baru tau aq ikan katamba

    ReplyDelete
  2. waw makanannya mancab.

    ReplyDelete
  3. jadi laper mbak niar pas liat fotonya di jam istirahat siang :D

    ReplyDelete
  4. Sepertinya enak nih, apalagi jika dimakan hangat2 dgn nasi hangat pula :)

    ReplyDelete
  5. WOW....rindu sama masakan makassar, apalagi yang berciri Pallu mara.. heheeh., resep seperti ini sangat bagus, bisa diarsipkan, siapa tahu saya berjodoh sama orang jawa atau padang dan mereka mau mencoba masakan makassar atau bugis, maka ini layak jadi rujukan..

    Terimakasih Kakak Niar.. salam..

    Haerul..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah2an segera berjodoh yaa :D
      Aih saya mau ke blog ta' tapi ndak bisa link dari nama ta'

      Delete
    2. baruka lihat balasan komenta..
      insya Allah...aamiin.. mohon doanya juga..

      Delete
  6. Enak dan asemnya bikin seger nih. Kalau di Pekanbaru ada asam pedas patin atau baung :)

    ReplyDelete
  7. ini rasanya pasti seger ya mbk,namanya lucu hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Segar mbak ... namanya karangan sendiri hehehe

      Delete
  8. Enaknya mamo itu nasu bale, baru ada tommi gammi cempanya atau cecca paonya .. deehh

    ReplyDelete
  9. Aku biasanya makan ikan tuh yang dibakar, digoreng atau dipepes.
    Selain itu belum pernah mbak... jadi perlu dicoba nih :D

    ReplyDelete
  10. Mbak, yang bisa dimasak spt itu hanya ikan katamba?
    Bisa gak ikan lain dimasak dg resep itu?

    ReplyDelete
  11. pengen menikmati Nasu Bale Serembar..menggoda selera
    apalagi tidak pake MSG, sya nggak pernah pake MSG dlm masakan
    cobai resepnya, wah mungkin nggak pake ikan katamba..

    ReplyDelete
  12. eh, kayaknya kemaren sempet nyobain pindang ini di RM. sop saudara ;)

    ReplyDelete
  13. hai kak.. sukses ya buat kontesnya :)
    habis dipublis di blog pribadi jgn lupa update juga di resepsehat :).. terus masukin ke form pendaftaran . setahu saya begitu .

    ReplyDelete
  14. Asam mangga itu diganti asam jawa bisa kan Mbak?

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^